Saldo BNI TapCash Terpotong 2 Kali di Pintu Keluar Tol Batang

Pengalaman yang tidak mengenakkan dan membuat panik, saya alami ketika akan keluar pintu Tol Batang (dari Tol Cikampek Utama – Batang). Saat itu saya dalam perjalanan menuju Kota Batang, karena ada tugas pada tanggal 31 Oktober 2022. Seperti biasa, kami berangkat hari sebelumnya tanggal 30 Oktober 202,2 dengan taping gerbang tol pertama di Cikampek Utama.

Lalu lintas lancar menuju Batang, tetapi saat di gerbang pintu keluar Tol Batang ada sedikit kepanikan saat tap uang elektronik BNI TapCash di pintu Tol tersebut. Yang mana saldo TapCash milik saya, yang seharusnya cukup untuk keluar Tol Batang, tetapi dinyatakan petugas jaga gerbang Tol Batang kurang (walhasil bingung, gak bawa uang cash). Beruntung ada teman penumpang sebelah yang ada akses internet banking. Saldo TapCash berhasil di-top up Rp500.000 dan kami bisa keluar ke Kota Batang.

Karena penasaran terkait kejadian tersebut, saya cek histori transaksi BNI TapCash milik saya yang merupakan kartu ID saya di kantor. Dalam histori transaksi, ternyata benar ada pemotongan saldo TapCash sebesar Rp261.000,- sebanyak 2x pada tanggal dan jam yang sama di pintu keluar Gerbang Tol Batang. Tercatat tanggal 31 Oktober 2022, pukul 00:22:28 WIB pada ID TapCash milik saya.

Terkait kejadian hal tersebut saya langsung coba kontak Call Center BNI di 1500046, pada tanggal 31 Oktober 2022 pukul 01.32 WIB. Kesimpulannya permasalahan tidak bisa diselesaikan oleh Call Center, harus melapor ke bagian CS Bank BNI untuk dilakukan pengecekan histori transaksi Tap Cashnya.

Pada tanggal 1 November 2022 saya melapor ke CS bank BNI di kantor kami dan respons yang disampaikan bahwa akan dikoordinasikan kepada bagian pengelolaan TapCash, dengan tindak lanjut kurang lebih 14 hari lamanya.

Karena sudah lewat 14 hari, pada tanggal 21 November 202,2 saya kembali mengecek tindaklanjut laporan saya dan dinyatakan bahwa CS sudah menindaklanjuti dan email sebanyak 3x ke bagian pengelola TapCash. Namun tidak ada respons sampai saya menghadap kembali pada tanggal 21 November 2022.

Terkait permasalahan saya ini mohon bisa dari pihak pengelola BNI TapCash dan PT. Jasa Marga bisa melakukan klarifikasi dan merespons kendala saya. Sehingga kejadian yang saya alami ini tidak terjadi kepada pengguna lainnya serta BNI TapCash dan PT Jasa Marga bisa memperbaiki sistemnya.

Terima kasih.

Joko Sugeng Hariyadi
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BNI TapCash:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Saldo BNI TapCash Terpotong 2 Kali di Pintu Keluar Tol Batang

  • 25 November 2022 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Waktu tap pertama emang gak kebuka portalnya ya? Setau sy kalau ud tap keluar gak bisa tap keluar lg malah kena denda 2x tarif terjauh karna dianggap gak masuk. Kejar trus tuh bni dan jasa marga

  • 25 November 2022 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Seharusnya pendebitan 2x (atau lebih) di gerbang tol tidak terjadi sebelum palang terbuka. Jika tidak ada kendala lain (misal plat di bawah palang terinjak), kemungkinan ada malfungsi dari mesin kasir pintu tol, entah karena faktor kesengajaan atau pengguna terlalu cepat menarik kartu yang ditempel sebelum palang bergerak terbuka.

  • 26 November 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Parah nih pengelola tol dan BNI, semoga bisa balik tuh duit. harusnya di sistem model tap in & out, hal seperti ini bisa dihindari.

 Apa Komentar Anda mengenai BNI TapCash?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Saldo BNI TapCash Terpotong 2 Kali di Pintu Keluar Tol Batang

oleh Joko dibaca dalam: 1 menit
3