Proses Klaim Paket Hilang Anteraja yang Terkesan “Entar Aja”

Halo Tim Media Konsumen,

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada tim Media Konsumen, yang telah memberikan wadah untuk menyampaikan keluhan saya kepada Anteraja, yang amat sangat “konyol” dan cenderung mempermainkan saya.

Kejadian ini bermula ketika saya mengirim barang menggunakan layanan Anteraja dengan nomor AWB: 10006010526312, pada tanggal 20 Oktober 2022. Awalnya tracking berjalan normal, tapi sejak tanggal 21 Oktober sampai 29 Oktober 2022, paket saya stuck di hub Karawang.

Tanggal 29 Oktober 2022, saya menanyakan CS via WhatsApp, lalu paket saya dinyatakan hilang. Walaupun sampai saat ini resinya jika dilacak tidak ada keterangan hilang (di sini kejanggalannya).

Lalu saya pun diarahkan untuk mengisi form dan memberikan data-data berupa rekening bank dan bukti kepemilikan paket. Setelah itu keluarlah seperti ini.

Yang membuat saya akhirnya membawa perihal ini ke sini adalah karena tidak ada kejelasan mengenai penggantian paket saya yang telah hilang oleh Anteraja. Paket saya sendiri berisi baju, yang mana itu masuk dalam syarat ketentuan klaim asuransi paket hilang di website mereka: https://anteraja.id/id/tnc-details/insurance

Sudah beberapa kali saya hubungi via WA ataupun telepon ke CS di Nomor 02150663333, tapi jawabannya amat sangat mempermainkan. Awalnya saya diminta untuk menunggu sampai SLA klaim paket hilang yaitu estimasi 7-14 hari kerja. Jika dicek, saya sudah sesuai ketentuan dan sudah melampaui batas waktu tunggu untuk proses tersebut.

Apa respons dari Anteraja? Responsnya tergolong seperti robot template dan tidak ada kejelasan mau sampai kapan akan diganti. Mereka bilang akan ada tim resolusi yang akan hubungi saya atau pihak penerima paket untuk investigasi.

Hingga akhirnya pengajuan saya dinyatakan ditolak 18 November 2022 dengan alasan yang tidak dijelaskan oleh Anteraja. Kok bisa sih?

Pada tanggal 21 November 2022 saya pun menghubungi kembali CS via telepon. Saya kembali dipermainkan ketika saya minta alasan pengajuan saya kenapa ditolak, mereka mau menggantinya dengan voucher untuk kirim barang. Makin emosi lah saya. Terakhir pakai Anteraja saja paket saya hilang, ini mau dikasih voucher terus kirim barang via Anteraja? Yang ada paket saya hilang lagi nantinya.

Setiap saya menanyakan alasan kenapa pengajuan saya ditolak tidak pernah ada alasan jelas. Padahal jika dilihat alurnya adalah, tim resolusi harus hubungi saya dahulu baru Anteraja membuat keputusan. Ini tidak ada hubungi saya ataupun pihak penerima lalu dinyatakan pengajuan saya ditolak. Ngaco ini ekspedisi sudah gak punya SOP.

Yang membuat saya terkejut adalah ternyata tim asuransi Anteraja itu bukan satu bagian dengan Anteraja, melainkan semacam vendor. Salvus namanya, dan di sana juga sudah saya hubungi. Namun jawaban Salvus cenderung menyalahkan Anteraja. Karena resinya tidak ada keterangan yang membuktikan paket hilang, jadi dari pihak Salvus menolaknya.

Saya tunggu itikad baiknya untuk mengganti paket saya yang hilang dengan AWB 10006010526312 dan saya tidak terima voucher kalian karena kesalahan dari kalian yang mengakibatkan paket saya sulit diklaim.

Terima kasih.

Vega Bimawan
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Vega

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Vega yang berjudul: “Proses Klaim Paket Hilang Anteraja yang Terkesan “Entar Aja”” di mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Proses Klaim Paket Hilang Anteraja yang Terkesan “Entar Aja”

  • 27 November 2022 - (04:35 WIB)
    Permalink

    Perusahaan ekpedisi yang nggak mau rugi, sudah jelas punya vendor asuransi kenapa nggak diarahkan ke vendor asuransi?? Apa takut nama baiknya jelek kok paket bisa hilang!! Justru kaya gini konsumen tambah kecewa kesannya nggak ada tanggung jawab, ganti paket hilang nggak bikin perusahaan bangkrut yang penting perusahaan punya itikad baik dan tanggung jawab

    • 27 November 2022 - (08:25 WIB)
      Permalink

      Betul Pak, sampai artiket ini dimuat dan komentar ini ditulis pun jawaban mereka masih sama. Anehnya akun sosmednya ekspedisi ini terus update post2 terbaru namun disana banyak komen mengenai kendala paket yang sama seperti saya jumlahnya lumayan banyak bahkan ada yang lebih lama dari saya.

    • 24 Mei 2023 - (16:29 WIB)
      Permalink

      Hallo Kak vega..
      Penggantian dana apakah sudah di Terima? Itu anteraja asa komen di bulan desember.,,

      Saya juga mengalami hal sama,
      Tapi klo di saya 3 bulan kemudian baru dapat respon dari anteraja. Ini pun karena saya masukin ke media konsumen.
      Dan penggantiannya pun gak sebanding dengan perjuangan.
      Harga barang yang rusak 300rb x2,
      Pulsa buat telpon robot anteraja sudah lebih dari 500rb,
      Tapi anehnya cuma di ganti 20rb, karena saya katanya gak ngasih bukti invoice di aplikasi anteraja. Nah yang mau saya tanya, gimana cara mau submit invoice di aplikasi, perasaan gak ada pilihan untuk masukin invoice. Sedangkan invoice nya saya punya. Mau fisik ataupun electronic,
      Pihak anteraja gak pernah minta invoice, tiba tiba menyalahkan pengirim karena gak masukin invoice,

    • 5 Januari 2024 - (12:47 WIB)
      Permalink

      Wah akhirnya kasus anteraja dengan paket hilang dan klaim yg susaaah banget betul Entar Aja ini akhirnya aku alami juga. Jadi paketku yg dikirim di awal November 2023 oleh Anteraja sampai di tangan penerima hanya setengah. Kondisi paket dalam keadaan sobek dan isinya hilang sebagian. Saya minta ganti rugi atas kehilangan tersebut dan akhirnya setelah negosiasi panjang dan telp berkali2 akhirnya disetujui penggantian full barang yg hilang sesuai invoice barang (awalnya diganti setengah dan voucher, saya menolak). Saya diminta menunggu 3-14 hari kerja untuk pengajuan dana nya dan akan segera ditransferkan ke rek saya. (Bilangnya begitu).

      Tapiiiii perjuangan masih belum selesai saudara2. Sampai hari ini setelah 1 bulan berlalu di awal tahun 5 Januari 2024… Tidak ada dana serupiah pun yg masuk. Saya sudah telp dari tgl 20 Des dibilangnya Suru menunggu 3 hari kerja, dan saya telp lagi tgl 25 Des Suru nunggu lagi, tanggal 28 saya telp bilangnya baru ada persetujuan jadi harus nunggu lagi 4 hari. Tanggal 3 Jan saya telp lagi, bilang baru disejutui untuk dicairkan dananya tgl 27 des, jadi maksimal tgl 4 Jan 2024 cair. Tapiiii kmrn ga cair juga, saya telp lagi katanya mau push finance untuk transfer Suru tunggu lagi 3 hari lagi…. Sungguh lelah mengejar2… Emang Anteraja payah banget… Jawaban CS memang template banget…. Ga bisa kasih solusi.

      Udah pas diganti ekspedisi namanya Entar Aja…Terakhir sudah saya pakai anteraja… Kapooook….

      Anteraja, Kalo Lo emang niat ganti, jangan kasih PHP orang….. Parah & buruk banget sungguh pelayanannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Proses Klaim Paket Hilang Anteraja yang Terkesan “Entar Aja̶…

oleh vega dibaca dalam: 2 menit
6