Transaksi QRIS I.Saku ke Merchant DANA Bisnis Belum Masuk, Padahal Status Sukses

Selamat malam redaksi Media Konsumen, terima kasih bila surat saya berhasil dimuat. Perkenalkan saya Hizyam Kurniawan dari Sampang Kabupaten Cilacap. Begini, pada hari Jum’at tanggal 18 November 2022 pukul 11 : 17 : 51 WIB, saya melakukan transaksi pemindahan dana melalui fitur scan QRIS dari aplikasi I.Saku saya ke DANA Bisnis milik saya sendiri, sebesar Rp. 300.000. Pada saat itu transaksi berjalan lancar tanpa kendala jaringan apa pun.

Namun di sini permasalahan muncul, pada laporan mutasi I.saku saya tertera Status Transaksi: Berhasil. Namun pada akun DANA Bisnis saya tidak kunjung masuk dan menampilkan “Saldo Diproses”. Okelah saya tunggu beberapa saat, tetapi Saldo DANA Bisnis saya tidak kunjung berubah sampai detik ini.

Mulailah setelah itu saya menghubungi CS I.Saku melalui chat bantuan lewat aplikasi I.saku dengan mengirimkan screenshot bukti mutasi aplikasi i.saku dan screenshot halaman DANA Bisnis saya. Namun sama sekali tidak ada jawaban.

Lalu saya mengirimkan keluhan via email beserta bukti screenshot mutasi aplikasi dan halaman DANA Bisnis tersebut di atas kepada CS I.Saku pada tanggal 18 November 2022 pukul 13.20 WIB, yang baru dibalas pada tanggal 21 November 2022. Itu pun hanya meminta kembali dikirimkan bukti mutasi yang saya kirimkan sebelumnya.

Sampai hari ini tanggal 23 November 2023 belum ada kejelasan kembali. Untuk keluhan ke CS I.saku via telepon sudah saya lakukan pada tanggal 21 November 2022 pukul 08.16 WIB.

Untuk DANA sendiri, saya pun sudah melakukan hal yang sama, komplain via email dengan mengirimkan screenshot bukti mutasi dan halaman DANA Bisnis saya. Bahkan saya mengirimkan screenshot settlement mingguan dari tanggal 14-19 November 2022. Memang saya sudah mendapat tiket laporan untuk permasalahan ini, dengan nomor tiket 21319745. Namun yang saya dapatkan hanya disuruh menunggu terus menerus.

Setiap hari saya menanyakan hal tersebut via email ke CS DANA, jawaban selalu sama sedang ditindaklanjuti. Yang saya pertanyakan mau sampai kapan berlarut-larut? Untuk CS DANA juga sudah saya hubungi via telepon pada tanggal 21 November 2022 pukul 08.26 WIB (tidak lama berselang setelah saya hubungi CS I.Saku), tetapi terputus di menit ke 11 karena pulsa saya habis. Sampai hari ini pun belum ada kejelasan kembali.

Terus terang saya sangat butuh sekali dana sebesar Rp300.000 segera kembali. Mohon kepada I.Saku dan DANA, mau sampai kapan saya harus menunggu? Saya juga tidak mau bolak-balik telepon CS, karena tarif sangat mahal.

Untuk penggunaan I.Saku, jujur ini baru pertama kali saya melakukan transaksi tersebut dan sudah sangat kecewa. Untuk DANA Bisnis sendiri biasanya penerimaan QRIS dari aplikasi perbankan mana pun lancar, kenapa bisa begini?

Saya tunggu untuk kejelasan selanjutnya ke mana uang saya dari pihak DANA Bisnis dan I.Saku. Sekali lagi terima kasih saya haturkan untuk Media Konsumen, yang telah menjadi tempat untuk saya menyampaikan permasalahan ini. dan terima kasih kepada pihak yang sudah membantu saya.

Salam sehat. Hormat saya,

Hizyam Kurniawan
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai QRIS DANA Bisnis:
[Total:7    Rata-Rata: 1.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Transaksi QRIS I.Saku ke Merchant DANA Bisnis Belum Masuk, Padahal Status Sukses

  • 26 November 2022 - (15:44 WIB)
    Permalink

    salah scan qris itu.
    merchant pan dana itu kode pertamanya 93600915xxxxxx

    sedangkan yg TS scan itu merchant pan nya 93600898xxxx penerbit TMoney.

    silahkan cek lagi qris nya

    1
    1
    • 26 November 2022 - (16:12 WIB)
      Permalink

      tapi kalo memang salah merchant kenapa Nama Merchantnya Benar (Zamora Design) padahal dia pakenya DANA bukan TMONEY, dan itu sudah sering Barcodenya saya pakai …

      • 27 November 2022 - (12:17 WIB)
        Permalink

        gini, misal zamora punya qris dana dan tmoney, trus yang di pajang qrisnya tmoney bukan dana, karna anda scannya yg tmoney, sedangkan pihak zamoranya ngecek nya di aplikasi dana, ya ga akan masuk di dana dong

        1
        1
        • 27 November 2022 - (12:25 WIB)
          Permalink

          Ini QRIS Zamora punya saya sendiri soalnya bang, saya mindahin duit saya sendiri …. , dan saya sama sekali belum pernah daftar Tmoney … saya bingung dong, wong belum pernah daftar kok bisa2nya Nyasar ….

  • 26 November 2022 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Kan jadinya aneh … wong saya cuma pake QRIS DANA nyasarnya ke TMONEY … systemnya gimana itu ????? kalo saya mau klaim bagaimana caranya … udah CS kinerjanya lemot banget nggak ada tanggapan …

  • 26 November 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Di tunggu dulu. Dari pengalaman saya pakai qris misalnya hari ini scan besok hari masuk biasa ada jeda 1hari

  • 27 November 2022 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Scan pake cris itu mengkhawatirkan lama baru nyampe. Lbih baik transfer cepat

  • 27 November 2022 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Punya pengalaman juga teman transaksi via qris ke dana status menunggu lebih dari 1 bulan dan sampai sekarang transaksi masih menunggu.

    • 27 November 2022 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Iya bang, entah kenapa lagi apes kali ya saya-nya, biasanya saya mindahin dr aplikasi perbankan lain ke Dana via QRIS lancar dan aman2 aja selama ini, eh ini dari aplikasi I.saku bisa2nya status SUKSES gak masuk, mana nama acquirernya TMONEY lagi … yang bikin saya nggak bingung lagi, padahal saya punya kode QRIS ya di Dana Bisnis itu tok, gak punya yang lain …

  • 27 November 2022 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Fix semua Fintech masalah customer support pada gak beres.. balik aja lah ke mbanking lebih aman dan jelas CS nya

  • 28 November 2022 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Wah sama nih kasusnya. Bedanya kalau saya scan QRIS via Jenius ke Dana Bisnis.

    Jadi agak kapok kalau lawan transaksi nya Dana 😅

    • 28 November 2022 - (07:09 WIB)
      Permalink

      Iya bang … komplen udh nggak didenger, parah … mana duit segitunya doang gak jelas nasibnya sampai sekarang, :'(

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS DANA Bisnis?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Transaksi QRIS I.Saku ke Merchant DANA Bisnis Belum Masuk, Padahal Sta…

oleh Hizyam Kurniawan dibaca dalam: 2 menit
15