Review Produk Fitnah, Penjual Tidak Bisa Banding

Saya sebagai penjual di Tokopedia. Awalnya saya mendapatkan orderan dari Tokopedia, dengan nomor pesanan invoice: INV/20221205/MPL/2872296379 dan kurir sameday. Orderan masuk tanggal 5 Desember 2022 pukul 00:48 pagi dan di-pickup pagi itu juga. Artinya pengiriman sudah sesuai pesanan dan sampainya juga cepat.

Dalam list deskripsi produk juga sangat jelas, di situ saya tulis: Harga 1 pcs Rp3.800, minimal kelipatan 10. Sangat jelas sekali, bahkan di akhir deskripsi saya tambahkan “Masih gak paham bisa kirim pesan saja”. Terlampir deskripsi produknya:

Ketika barang sudah sampai, pembeli komplain dengan kirim pesan ke chat, kata-katanya mengancam. Baru kali ini saya nemuin pembeli yang seperti ini di Tokopedia.

Pembeli mengatakan intinya: “Kenapa dikirimnya cuma 10? Kan saya klik 10, mestinya 100”. Logika mana jika klik 10 dapatnya 100 pcs? Jadi si pembeli mengharapkan Rp38.000 dapat 100 pcs (mending saya yang beli aja, 1 kontainer saya borong). Tertera sudah sangat jelas harga Rp3.800 itu harga per 1 boneka (1 pcs). Catatan, pembeli tidak bisa baca apa ya?

Pembeli juga sudah saya laporkan ke Tokopedianya atas ancaman itu dan cuma dihapus pesan tersebut yang mengandung ancaman.ย Tidak lama berselang pembeli isi review produk dengan bintang 1 dan centang semua tuh atributnya.

Saya laporkan ke pihak Tokopedia. Tokopedia tidak bisa menghapus katanya dan akan bantu untuk bicarakan ke pembeli. Walau sudah ada bukti pun review yang sangat mencemarkan tersebut tidak bisa dihapus. Padahal sebelumnya saya pernah juga dan bisa, selama kita bisa membuktikan kebenarannya. Namun untuk kali ini tetap admin Tokopedia bilang tidak bisa menghapus, karena masih sesuai ketentuan Tokopedia.

Jadi review produk fitnah, review yang tidak sesuai fakta itu, masih termasuk syarat dan ketentuan Tokopedia). Sedangkan admin cuma bilang tidak dapat menghapus.

Admin hanya menyuruh saya bicara chat ke pembeli untuk mengemis minta dihapus. What?? Pembeli sudah mengancam saya (bahkan pesannya dihapus oleh Tokopedia atas pelanggarannya) dan tidak menyadari atas kesalahannya dia sendiri, tapi Tokopedia malah menyuruh saya untuk chat ke pembeli untuk ngemis minta dihapus? Yang benar aja solusi Tokopedia ini? Saya chat aja sudah males, malah disuruh ngemis pula?

Kalau kayak gini, semua orang bisa review menjatuhkan semua dong? Pembeli memang betul punya hak review, tapi penjual juga punya hak untuk banding. Harusnya biar adil, jika terbukti benar ya harus di-takedown. Ini kan tidak, walau terbukti benar gak bisa di-takedown review-nya.

Beda lain cerita kalau saya memang melakukan kesalahan. Mungkin saya akan terima ya.ย Sampai detik ini review tersebut masih bertengger. Saya kecewa banget sama Tokopedia. Kebenaran bisa kalah dengan kejahatan.ย Terima kasih.

Handy Suryadjaja Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Tokopedia:
[Total:118    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Review Produk Fitnah, Penjual Tidak Bisa Banding

  • 8 Desember 2022 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Sudah beres. Tokopedia sudah menyelesaikannya dengan sangat baik dan adil. Terima kasih TokopediaCare, Terima kasih media konsumen

    40
    4
    • 8 Desember 2022 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Banding saya sudah disetujui dengan bukti bukti kuat… Dan pembeli nya ternyata emang hoax kabur tanpa jejak hilang ditelan bumi ๐Ÿ˜๐Ÿ™

      36
      3
    • 8 Desember 2022 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Sampai detik ini Tokopedia jg tidak berhasil mengubungi pembeli padahal online terus pembeli nya saya liat di Tokopedia ๐Ÿคฃ. Tokopedia Terima Kasih.. Kebenaran akan tetap menjadi pemenang ๐Ÿ‘

      Case closed dan Sudah Selesai!!

      29
      2
      • 8 Desember 2022 - (09:16 WIB)
        Permalink

        Satu lagi… Penyelesaian ini sudah selesai kemaren sebelum terbitnya media konsumen pada hari ini. Jadi penyelesaian ini murni hasil investigasi pihak Tokopedia. Semoga kita semua bisa belajar atas kejadian ini untuk menjadi kan kita baik itu penjual dan pembeli utk menjadi lebih baik lagi.

        29
        2
        • 8 Desember 2022 - (12:59 WIB)
          Permalink

          Apresiasi buat Tokopedia, siiip. Mulai bulan November kemaren (kalau tidak salah), pemberian reputasi bintang 1 dan 2 dari pembeli yang disebabkan oleh kendala kurir akan otomatis tidak diperhitungkan, tapi gak tahu apakah otomatis akan dihapus dari display komentar.
          Thanks bro

          12
          1
          • 8 Desember 2022 - (13:01 WIB)
            Permalink

            Tetep ditampilkan sih… Cm emang kalo soal kurir nya ga masuk perhitungan nilai total.

  • 8 Desember 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Oh nama tokonya Unique Toys Collection toh. Kupikir ratingnya sudah 1000+ ๐Ÿคญ

    1
    47
    • 8 Desember 2022 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Oh ya akun saya ini gabungan dari ratusan member di forum kami. Jadi jika didalam forum ada yg berkendala kita muat pake 1 akun ini aja. Jadi ga hanya 1-2-3-4 toko saja tapi semua member kami jika ada yg berkendala.

      15
  • 8 Desember 2022 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Saran aja kalau jualnya kelipatan 10 pcs ya harga langsung disetting untuk harga 10 pcs dan di judul dibeli keterangan per set isi 10 di deskripsi jg. Jd gak salah paham untuk buyer yg agak b*doh gitu.

    39
    • 8 Desember 2022 - (10:07 WIB)
      Permalink

      Untuk yang link khusus per set ada tersendiri sih bang. . Terima kasih masukannya..

      12
      2
  • 8 Desember 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Mungkin pembelinya itu piaraan saingan usaha. Piaraan memang susah dihubungi kalau udah bikin kasus. Maklum lah mereka kan ghoib, nista, dan bukan siapa-siapa. ๐Ÿ‘น

    Ada baiknya ikuti saran @Squall supaya tidak pakai gimmick “minimal pembelian sekian pcs”. Langsung saja harga total dan di deskripsi dijelaskan isinya sekian pcs. Harap maklum warga +62 tidak semua yang pakai smartphone juga ikut smart.

    24
      • 9 Desember 2022 - (23:28 WIB)
        Permalink

        Saya dukung penjual apalagi u toko2 yg baru mulai, krn rating n komentar akan pengaruh ke minat pembeli lain. Saya sendiri selaku pembeli di banyak marketplace, tapi hanya sbg seller di tokopedia menemukan bhw kl ada rating jelek 1-3 dgn komentar menyudutkan seller sementara rating2 komentar org lain baik n brg juga sesuai poto deskripsi arti nya itu berasal dr pesaing atau berasal dr pembeli yg kurang smart atau pembeli yg dari lahir hobinya dasar nyinyir. Tindakan saya selaku seller??? Cuekin saja sbg virus n bukti nyata n bukti hidup bhw walaupun sudah bener selalu saja akan ada virus gentayangan. Selama saya jualan bener sesuai poto deskripsi, tdk melanggar SK, saya keep rating di atas 4 kalau di antara misal 400 org komentar ada 2 yg sengaja nakal itu tanda2 ada virus. Selama rating lain bagus2 krn sesuai kenyataan, yg buyer real n smart masih banyak jadi virus 1-2 org tdk akan menang melawan kejujuran n kebenaran. Tdk usah panik n baper sama buyer virus begitu. Bisa juga direply di kolom.komentar. Be smart buyer. Sesuai deskripsi.produk bisa dibaca bagi yg lulus n smart baca, agar menjadi pertimbangan n pengetahuan buat buyer2 lain bhw ada buyer yg maaf kecerdasannya kurang. Saya salah satu penjual yg tdk mau diatur atur juga oleh buyer misal jual kerudung atau baju disuruh pakai dulu n dipoto sbg model, lah apa tdk bisa baca itu size n contoh di manekin? Mending gk usah beli kl bikin ribet. Contoh lain, jelas2 dlm deskripsi n poto misal tas/baju bekas dgn defect dijelaskan, eh saat review bilang gk worth it lah… bla bla …. sdh dikasih murah, maunya murah mau barang bagus spt baru tanpa defect, disebut pembeli kagak tahu diri. Pembeli adalah raja? Benar tapi raja itu biasanya org yg pintar, smart n. bijak. Kl kurang pintar, fitnah, nyinyir itu jauh dr sifat raja. So, pede saja jd penjual selama benar barang yg dijual. Pembeli model virus tdk akan hilang dr muka bumi n dlm ecommerce dimanapun. 1 lagi, saya setuju seller u trik marketing yg mininal beli 10 pcs dgn harga satuan krn ini akan membantu penjualan dgn lbh mudah dicari oleh buyers, krn buyer normally klik filter harga terendah terlebih dahulu. Dan saya setuju ada note harap chat jika kurang paham u detail n saya lbh setuju jika setiap ada order ada chat response dr seller ke buyer tsb u konfirm ulang bhw harga per pcs dgn total brg sekian u menghindari buyer2 kurang smart sebelum proses/kirim. Ditunggu jawaban dlm misal 8 jam atau 24 jam kl buyer tdk reply akan diproses Jd ada trik ada pula konsekuensi nya agar lbh nyaman. Salam sukses n semangat seller

        • 9 Desember 2022 - (23:32 WIB)
          Permalink

          Thank dukungannya kak. Lebih enak emang kalo pembeli ga paham chat nanya dulu sih. Kalo yg ini gak sis. ๐Ÿ˜. Thank u ya support nya .

  • 8 Desember 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    mungkin penamaan di judul harus diubah jadi: 1 set boneka jari (isi 10). harganya 38ribuan.
    jadi jelas orang beli quantity 1, artinya 1 set seharga 38ribuan. toh pembelian mesti kelipatan 10 kan, kalo beli 11 atau 12 gimana, ini utk meminimalisir aja kesalahan, antisipasi misunderstanding. seperti yg kita tau sendiri, buyer sering ga baca deskripsi produk, sering ngomel2 atas apa yg sudah jelas2 dijabarkan. buat sedetail mungkin

    • 8 Desember 2022 - (14:18 WIB)
      Permalink

      banyak penjual yg berusaha agar harga dagangan nya terlihat terjangkau (murah), jadi di tulis nya harga per pcs, padahal sudah jelas pembelian nya harus kelipatan 10. arti nya harga yg ditampilkan baru 10% dari harga asli nya.

  • 8 Desember 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    wah enak komplainnya setelah tokopedia merger jadi goto admin pusat resolusinya bukan pahlawan pembela buyer penipu lagi dulu saya komplainnya sebelum merger sama goto admin pusat resolusinya pahlawan pembela buyer penipu jual processor sesuai pesanan dituker Ama buyer penipu komplain malah toko dibanned permanent gak diganti rugi biaya iklan + bikin toko baru pula

  • 8 Desember 2022 - (17:10 WIB)
    Permalink

    saya juga jualan di tokopedia sama shope….jujur lebih enak di tokopedia kalo ada masalah…cepat beres gak ribet kayak shope….ya tapi masing2 punya kelebihan

  • 8 Desember 2022 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Secara B.Indonesia, tulisan di deskripsi produk tsb ada penekanan mengenai detil (harga, jumlah, dll) serta adanya pengulangan serta di kalimat terakhir adanya itikad baik dari penjual (akan di jelaskan secara lebih detil lg di chat jika masih ga paham). Sudah jelas deskripsinya.

    Klo brg / jumlah / dll ga sesuai, standardnya kroscek deskripsi utk meyakinkan baru chat / komplain. Tapi klo sudah komplain dan di jelaskan kembali akhirnya memberikan rating jelek (fitnah), berarti pembeli tsb org ga baik.

    Klo saya jd penjual dan di begitukan akan saya kasih saran ke si pembeli:

    a.Silahkan di tanya / share saja ke keluarga / teman / media sosial bpk/ibu mengenai perihal ini agar bpk/ibu paham siapa yg salah. Setelah itu bpk/ibu kasih rating.

    b.Jika cara a ga mempan, sarankan kembali ke SD / di buka kembali (browsing jg bisa) pelajaran B.Indonesia nya agar bpk/ibu dpt lebih memahami arti & makna dari sebuah kata atau kalimat di dlm B.Indonesia. Setelah itu bpk/ibu kasih rating.

    c.Jika cara a & b ga mempan, sarankan untuk memeriksakan otaknya sehingga mampu utk ber pola-pikir di dalam menghadapi sebuah hal. Setelah itu bpk/ibu kasih rating.

    d.Jika cara a-c ga mempan jg, berarti orang tsb ga baik.

  • 8 Desember 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Ya Terima kasih kak atas dukungannya. Pembelinys emang ga ada niat baik. Karena dari pihak Tokopedia sudah telp berkali kali selama 2 hari ga di angkat dan ga di respond padahal saya cek online trus di Tokopedia 1 jam sekali… Indikasi akun akun pesaing sih kalo saya nilai.. Biasalah dunia persaingan bisnis. Yg kecil kaya saya aja di hajar juga ๐Ÿ˜๐Ÿ‘. Terima kasih atas dukungannya kak.

  • 8 Desember 2022 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Banyak yang kasih saran agar harganya di buat untuk per 10 pcs jangan lagi dibuat per pcs. Karena tidak semua pembeli yang smart, sering saya baca komentar-komentar buruk di aplikasi yang bikin saya tertawa, contohnya dia beli Hp terus kasih bintang 1 dengan komentar, “Kok ada bayangan tulisan dilayar Hp dan tidak bisa dilepas.” Padahal itu hanyak lapisan plastik pelindung saja yang bisa dilepas dengan jari.

  • 8 Desember 2022 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Syukurlah masalah sudah clear. Sekedar saran saja, kalo memang minimal pembelian 10 pcs sebaiknya hitungannya per set saja, jadi harga barang 38.000 isi 10 pcs. Soalnya pembeli ada 2 mcm, smart buyer dan dumb buyer. Gitu om.

    • 8 Desember 2022 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Sudah beres tp ga tau buyer nya blum kena banned sepertinya yg mengancam itu.

  • 8 Desember 2022 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Saya Sebagai Penjual Sering di Gituin Oleh Pembeli.
    Seenaknya Mereka Memberikan Bintang 1, yg Lbh Parah Kata2nya Menjelekan, Bahkan Ada yg Sampai Fitnah, Seperti Contoh Kemasan Tidak Aman, Chat Tidak Baik, Padahal Barang / Produknya Kita Kemas Pakai Dus & Bubble Warp Serta Semua Chat Dia Kita Jawab Dengan Sopan, Tapi Bisa2 Fitnah Seperti itu.
    Kita Hanya Bisa Pasrah, Biarkan TUHAN yg Membalasnya. ๐Ÿ™

    • 8 Desember 2022 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Semoga semua marketplace bisa segera dibuat peraturan yang juga ya biar ketat ke pembeli jd penjual jg merasa ga terintimidasi ya. Tp banyak juga sih penjual sekarang apalagi di Shopee yg model judi tuh yg misteri box yg menurut ku ga boleh ada di marketplace. Shopee makin marak

  • 9 Desember 2022 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Klw bikin judul atau informasi barang tu yg jelas… Terkadang tdk semua org faham dgn yg anda maksud,, klw udh gini baru merasa di rugikan krna penilaian buruk dari konsumen yg dampaknya ke toko anda,
    Saya tau trik intrik penjual sering membuat istilah2 di barang yg dia jual tujuannya biar konsumen tergoda dan membeli, ketika konsumen terjebak dan merasa kurang faham dia seolah-olah tdk bersalah

  • 10 Desember 2022 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Emang gitu sih gk enaknya tokped gua sebagai pelanggan juga kasian sama penjual,kadang liat ada yg spam bintang 1 pakai akun yg sama tapi gk disembunyikan dan ngaruh di rating barangnya,coba aja kasih fitur lapor dan balas chat yg spam rating bintang satu di komentar kayak di lazada,kalau lapor sih bisa tapi kayak gk ngaruh dah.

  • 10 Desember 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Yailah ini akun yang suka ngebully/menyudutkan/merendahkan penulis artikel lain di mediakonsumen, kan?

    Sukanya ngatain orang bego, goblok, tapi Anda sendiri punya kaca ga di rumah? Anda sendiri juga suka komplain di mediakonsumen, tapi malah ngebully penulis artikel lain.

    Saran saya stop membully penulis artikel lain, dan fokus jualan saja

  • 10 Desember 2022 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Mungkin dia udah kebiasaan klu makan,ambil gorengan 5 bayar 1๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Review Produk Fitnah, Penjual Tidak Bisa Banding

oleh Penjual Pedagang dibaca dalam: 2 menit
42