Satu Bulan Menunggu Refund Debit Online dari Tokopedia

Melalui surat pembaca ini, saya ingin menyampaikan keluhan terkait pengembalian dana oleh pihak Tokopedia, untuk pesanan saya yang dibatalkan dengan nomor: INV/20221110/MPL/2807827074. Pembelian dilakukan dengan menggunakan Debit Online CIMB Niaga pada 10 November 2022, dan berdasarkan chat pesan bantuan saya per 19 November 2022, pihak Tokopedia menyatakan telah melakukan pengembalian dana pada 12 November 2022, dan saya diminta menunggu 14 hari kerja.

Saya pun menunggu hingga 1 Desember 2022 (14 hari kerja), tapi dana tidak masuk juga ke rekening CIMB saya. Saya bermaksud melakukan komplain ke bank CIMB Niaga, tapi diminta kode ARN oleh Bank, yang mana ini adalah hal yang wajar.

Maka melalui chat Tanya Plus, saya dibantu oleh Kak Eki. Sejak tanggal 30 November 2022 saya tiap hari meminta bukti refund dan kemudian kode ARN. Sejauh ini dari pihak Tokopedia telah memberikan saya bukti screenshot refund. Namun pihak Bank CIMB Niaga tidak bisa membantu, jika tidak ada ARN. Sayang sekali kalau memang sudah di-refund tapi tidak diterima oleh customer dananya. Saya harap tim Tokopedia mengurus refund tidak setengah-setengah.

Pihak Tokopedia hingga hari ini belum dapat memberikan kepada saya kode ARN refund, karena menurut Tokopedia belum mendapatkan kode ARN dari pihak Bank. Sehingga dana saya hingga hari ini terkatung-katung. Berikut saya lampirkan bukti percakapan dengan Pihak Tokopedia:

Semoga dengan diterbitkan surat pembaca ini, masalah saya dapat diselesaikan lebih cepat. Terima kasih.

Peter Alimin
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Satu Bulan Menunggu Refund Debit Online dari Tokopedia

    • 12 Desember 2022 - (10:05 WIB)
      Permalink

      sudah saya hub callcenter dan tetap minta ARN, sementara tokopedia tidak memberikan saya ARN, padahal detail transaksi saya ada dan bukti screenshot dari tokopedia ada. percuma kalau cuma komen template

    • 30 April 2023 - (23:03 WIB)
      Permalink

      Apakah masalah ini udah ada solusinya? Saya mengalami hal serupa, jawaban dari pihak tokopedia seperti tidak membantu sama sekali karena hanya disuruh menunggu saja

  • 11 Desember 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    sudah selama itu dan melebihi estimasi max, kemungkinan memang gak niat mengembalikan.. jangan transaksi lagi ada di tokped dan memakai cimb, tau sendiri kan keduanya sama sama ribet.. harusnya cimb tau diri yg aktif menelusuri atas keluhan nasabahnya !

    5
    2
  • 11 Desember 2022 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Sering di kolom penarikan dana Tokopedia ada peringatan, “penarikan ke bank cmib berpotensi mengalami keterlambatan” , untung cuma pake bca & mandiri, penarikan saldo hasil penjualan atau refund gk sampai 1 menit. (Asal jgn diatas jam 21.00) yg bisa lama prosesnya, wlo mmg tetap akan terkirim)

  • 12 Desember 2022 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Itu adalah resiko belanja di toko online, atau pihak ketiga, yg paling aman adalah cash on hand, jadi tunggu ajah dan sabar

    3
    5
  • 12 Desember 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Masalah ini akan selesai setelah CIMB Niaga yang menghubungi Tokopedia, padahal kesalahan sepertinya ada di pihak Tokopedia yang terkesan tidak kooperatif memberikan ARN. Tapi ini bisa dimengerti juga sebagai alasan keamanan. Itu di atas sudah ditanggapi oleh CIMB, semoga segera cepat selesai.

    1
    1
    • 12 Desember 2022 - (10:04 WIB)
      Permalink

      mekanisme seharusnya adalah max 14 hari kerja otomatis masuk, jika belum nasabah melaporkan sanggahan ke CIMB tapi dari CIMB membutuhkan ARN. Di ecomm lain masalah serupa saya diberikan ARN untuk saya hub bank dan kira2 1 minggu kemudian dikreditkan ke rekening saya. Masalahnya saya tidak diberikan ARN oleh Tokopedia sehingga tidak bisa trace ke bank. ARN setahu saya ada di data ecomm dari payment gateway nya, CMIIW

      • 14 Desember 2022 - (09:35 WIB)
        Permalink

        Kak kalo misalnya sudah diberi tahu kode ARN oleh pihak marketplace & sudah memberi tahu pihak bank perihal kode ARN tersebut ,tetapi lebih dari 14 hari kerja saldo tidak kunjung masuk/ di refund juga,apakah kita harus membuat surat sanggahan? Terima kasih sebelumnya

  • 12 Desember 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Setahu saya di Toped kalau ada pengembalian dana maka masuknya selalu ke Saldo Tokopedia, kecuali jika pakai mekanisme ngutang seperti CC atau TelatBayar (PayLater).

    Memang tidak akan nampak di halaman utama aplikasi, apalagi kalau TS malas mengecek notifikasi dan inbox. Cara melihat jumlah Saldo Tokopedia, dari halaman utama aplikasi ketuk tombol tiga garis di pojok kanan atas kemudian ketuk nama pemilik akun. Coba di cek dulu, kan malu udah koar-koar ternyata selama ini udah dikembalikan. ?

    4
    6
  • 12 Desember 2022 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Aku saran jangan pakai debit lewat cimb nanti bermasalah saya lewat bukalapak pakai debit untuk bayar BPJS tetapi di aplikasi gagal tetapi di mutasi berhasil.

  • 21 Februari 2023 - (20:00 WIB)
    Permalink

    oalah, saya juga baru saja ngalamin nih. Mau beli laptop, masukin OTP dll lancar seperti biasa, tapi kok langsung muncul notifikasi pengembalian barang anda dalam waktu 14 hari kerja ??? Harus nunggu 3 minggu sampe duit balik lagi padahal ga salah apa2. Ga enak sama sellernya udah chat panjang lebar. Masuk ke tokopedia care yg jawab cuma robot yg pakai template jawabnya. Mudah2an ga sampe kasus sama kaya mas disini…

  • 7 April 2023 - (16:17 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal yg sama, beli hp di toped, lalu batal transaksi karena ingin pilih kurir lain, ditunggu”14 hari kerja tidak masuk juga refund dana di kartu debit CIMB niaga, ketika di tanyain alasannya lagi follow up dengan pihak bank, dan tidak mau memberikan kode ARN .

    proses refund di mulai dari tgl 24 feb, hingga saat ini belum ada masuk sama sekali.

    ini gimana ya sebenarnya masalahnya di CIMB atau toped ya?

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Satu Bulan Menunggu Refund Debit Online dari Tokopedia

oleh peter alimin dibaca dalam: 1 menit
19