COD TikTok Shop dan J&T Merugikan Penjual

Saya ingin melaporkan transaksi penjualan di TikTok Shop. Saya selalu penjual di TikTok Shop merasa dirugikan dengan sistem COD di TikTok Shop. Nomor order: 576850075638663401, produk berupa sebuah mainan elektronik musik gelembung anak, pembayaran COD oleh J&T, nomor resi: JX1490674132, dari Jakarta ke Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Tanggal 9 Desember 2022, paketnya saya kirim, dan 13 Desember 2022, paket siap dikirimkan oleh kurir ke alamat pembeli.

Masalahnya, sistem COD di TikTok Shop dan J&T sungguh aneh. Pembeli cuma tinggal WA ke kurir saat barang akan dikirimkan ke pembeli (pembeli menggunakan bahasa daerah), yang inti dari chat-nya “Gak usah dikirim, salah pencet retur aja“. Lalu kurirnya langsung reply bahwa “Sudah retur atas permintaan pembeli“. Bisa dilihat hasil chat antara kurir J&T dan pembelinya.

Berikut ini screenshot ketika saya tanya melalui chat kepada kurir (dari hasil chat dan historinya, sepertinya kurir dan pembeli sudah saling kenal dan biasa antar ke dia).

Apa karena dah biasa anter ke orang yang sama, cukup cuma WA tidak usah kirim maka langsung retur gitu aja? Saya sih gak masalah dengan sistem COD ya, cuma sistem mekanisme COD J&T di TikTok Shop lebih parah dari marketplace lain. Berikut ini jawaban dari TikTok Shop, yang muter-muter gak jelas, seolah pembeli yang menolak COD tanpa alasan yang jelas dan seenak jidat, dianggap biasa, tanpa ada hukuman penalti ke pembelinya.

Akhirnya barang tersebut sedang dalam pengiriman balik ke Jakarta lagi. Saya sudah chat CS TikTok Shop, ternyata jauh lebih parah dari Shopee ?. Sangat amatir dan lama sekali responsnya. Komunikasi dari pihak marketplace TikTok Shop ke pembeli pun saya nilai tidak ada. Masih mending Shopee, saya lihat masih ditelepon ke pembeli. Namun tetap, Tokopedia yang terbaik sih soal komunikasi.

Jadi hati-hati untuk seller yang menggunakan sistem COD di TikTok Shop. Saya baru tahu, pembeli tinggal WA ke kurir, bilang gak usah dikirim, langsung proses retur. Hebat sekali ini J&T dan mekanisme COD di TikTok Shop.

Terima kasih.

Handy Suryadjaja Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

145 komentar untuk “COD TikTok Shop dan J&T Merugikan Penjual

  • 18 Desember 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Sama satu lagi. Biaya logistik ini ntah knapa di tiktok saya pernah ada dibebankan ke kita tapi saya liat di transaksi bulan tersebut tidak ada. Tp laporannya ada yg bulan itu. .

    9
    1
    • 19 Desember 2022 - (01:27 WIB)
      Permalink

      Halo kak. Setahu saya dari affiliator yang saya follow. Jika sering cancel/tolak COD nanti bisa di disable COD akun yang bersangkutan.

      Dan kalo ga salah 1 akun buyer hanya bisa COD 1x transaksi, tunggu orderan kelar baru Bisa cod lagi. Ini meminimalisir order fiktif atau cod anal abal.

      3
      1
      • 19 Desember 2022 - (10:38 WIB)
        Permalink

        Affiliator nya lumayan gede ga? Soalnya, saya chat ke tiktok ampe 5x saya tanya pembeli COD yg nolak sangsi nya apa. Ga dijawab jawab. Jawabnya copy paste gitu cs nya ga, menjawab pertanyaan saya soal sangsi pembeli. Pas saya udah muat media konsumen baru si cs jawab kena sangsi pembeli nya.. Jd emang mesti masukin media dulu atau nunggu viral dulu kah?

        • 19 Desember 2022 - (10:43 WIB)
          Permalink

          Ada kok kak sanksinya. Affiliator yang saya follow dan sering saya beli dari sana lumayan gede, sempet masuk ke acaranya TikTok.
          Ya mungkin mengenai sanksi ini hanya dipublish ke intern perusahaan sehingga diluar itu ngga wajib tau. Tapi setahu saya si affiliator ini pernah bilang cuma bisa 1 orderan aktif COD Per Akun untuk meminimalisir order fiktif, serta kalau sering cancel atau tolak COD bisa kena sanksi ban dari COD.

          1
          2
          • 19 Desember 2022 - (10:48 WIB)
            Permalink

            Nah itu aturannya ga jelas di tiktok. Seberapa sering mesti jelas tiktok shop dan publish sbg aturan rules COD secara tertulis. Ga boleh internal gitu.. Karena menyangkut hal orang banyak.. Salahnya tiktok gitu dia ga mau mempublish term & condition secara terbuka umum sehingga org bisa tau…

            Dan seberapa sering nya juga sebutin brp kali.. Sering bisa 10x bisa 20x itu termasuk sering. Kalo marketplace lain ada aturannya biasanya 2x kena blokir COD nya. Tiktok blum jelas dan ga tertulis resmi sbg term & condition rules COD jd ini tetep salah tiktok karena aturannya masih dijadikan internal.

            2
            1
        • 19 Desember 2022 - (21:32 WIB)
          Permalink

          Wkwwkw.
          saya ketawa melihat ini. Maaf sebelumnya. saya juga penjual. Saya juga pernah mengalami fase ini.
          jadi saya mlihat ini itu hal biasa bgt.
          kebanyakan orang luar pulau itu.
          pengalaman jualan di lazada lebih kejam. bpk blum tau exspedisi ninja sama jne di lazada ya? wkwkw ini belum apa apa asli.
          klo penilainku terhadap jnt mlah bagus.
          bpk gpernh kan paketnya di tuker. Paket sampe kastamer duit di lipet kurir si updat gagal dan yg di return kurir brang berbeda. Wkwk udh jdi mknan sehari” jdi seller di lazada. Orng order baru atur pengiriman udah minta batal sring terjadi. Myoritas maunya byr cod.

          • 19 Desember 2022 - (21:36 WIB)
            Permalink

            hati hati bnykan orang luar pulau yg suka cod return.
            dan alasan yg seperti castamer bapak saya jg pernah. Alasnya bayi umur 6 thun yg mencet. Tapu bisa ngetik di chat pesan nama. Kebetulan sya juala jersey bola dan bisa melayani pake nama. Nh ini dia pesan nama. Pas di cek pngiriman gagal jwbnya saya ga mesen mngkin anak saya yg mencet. Hahhha

          • 23 Desember 2022 - (02:30 WIB)
            Permalink

            Yap emang yg nolak COD justru yg luar pulau yg jauh jauh attitude nya emang ga bgus .

        • 20 Desember 2022 - (11:29 WIB)
          Permalink

          Kalo ga jadi beli jangan di checkout juga kak. Ga sopan ga ada mannernya.

          Karena penjual kadang ga sedia barang, kalau harus pre-order dulu gimana mana barang udah kebeli. Juga emang packing ga perlu modal atau biaya?

          • 23 Desember 2022 - (02:40 WIB)
            Permalink

            @rizky
            Bener tuh rata rata pembeli COD Indonesia sebagian manner nya ga bagus.. Biasanya emang yg COD karakteristik org pedalaman luar pulau atau aBg abg ..
            Ga mikir gitu biasanya. Untuk mencapai wilayah yg antar pulau aja udah jauh. Blum lg kita proses nya cepat. Jd makin sakit hati. Udah proses cepat trus digituin. ?

        • 23 Desember 2022 - (02:32 WIB)
          Permalink

          @broko curah
          Kalo ga jd beli batalin dari awal
          Bukan batal pas mau sampe kirim ke alamat. Buang waktu aja blum kalo rusak bolak balik retur antar pulau gt jauh.

          Ga ada otak loe

      • 21 Desember 2022 - (08:09 WIB)
        Permalink

        Itu hoax, baru 4 hari yg lalu saya kirim paket dari 1 user untuk 2 paket COD, krn saya g perhatiin setiap ID yg order di tiktok shop jd semua di proses, 1 paket retur karena katanya terlalu lama pdhl dr Surabaya ke Kalimantan cuma 3 hari dia bilang terlalu lama dia g mau bayar, trus saya cek satu persatu orderan lg ternyata ada 1 COD dia lagi yg masih on proses jd dia COD 2 kali pdhl retur nya aja msh di Kalimantan baru di proses, memang udh pembelinya kurang ajar kurir jnt juga g jelas, seminggu bisa retur berkali” Pdhl antar aja g ada retur” Wlpn alamatnya di luar pulau, udh komplen jnt knp paket g ada sejam udh proses retur katanya layanan akan di perbaiki, seandainya di tiktok g hanya jnt kurir otomatis nya mending g pakai jnt

      • 24 Desember 2022 - (19:08 WIB)
        Permalink

        Udah beres sudah sesuai yg di inginkan.
        Case closed..
        Kita nantikan kasus kasus berikutnya. Stay tuned bersama me, penjual pedagang ?? ?

      • 23 Januari 2023 - (12:11 WIB)
        Permalink

        Kata siapa ka? Saya penjual 2x menerima orderan alamat buyer yg sama. 1 oderan sedang di proses kirim. 1 orderan akan di kirim dua2 nya ke alamat yg sama dengan Fitur COD dan alhasil dua2 nya di tolak pembeli. Sy kira memang harus ada regulasi dan peraturan punishment yg di berikan oleh tiktokshop kpd buyer2 nakal fitur COD. Dan saya masih berfikir bagaimana cara blokir account pembeli tersebut karna di tiktokshop tidak ada fitur blokir account beda dengan marketplace lain yg bisa blokir buyer2 nakal. Dan sempat belanja dengan fitur COD ternyata verfikasi nya hanya lewat hp saja, sehingga sangat memungkin kan sekali anak yg sedang bermain dengan hp orang tua nya bisa CO dengan sistem COD. Untuk yg pd nyinyir dengan kata ” tidak usah aktifkan fitur COD” Anda mungkin belum terbentuk mindset berdagang atau mungkin belum berdagang ya? Kami pedagang mau tidak mau mengikuti perkembangan dari pasar. Karna memang fitur COD di utamakan membantu buyer yg tidak memahami dunia digital. Dan Fitur COD 5-10% resiko batal. Tapi kami pedagang berusaha meminimal kan potensi tsbt dengan cara memberikan kritik dan saran kpd MP untuk membangun dan memperbaiki agar ada pembenahan dan peraturan yg adil. Selama ini jika gagal COD yg di rugikan pihak penjual dan ekspedisi.
        Kalau saya sebagai pedagang Berharap KAPAN FITUR COD INI DI HAPUSKAN. Fitur ini hanya menjadikan bangsa pedalaman sana semakin primitif. Semakin tidak mengenal perkembangan Digital.

    • 19 Desember 2022 - (05:15 WIB)
      Permalink

      Kebanyakan org2 pake COD gini sih, mereka nyari aman tnp mikir ulasan dan tnp tahu mekanisme COD. Kalo pemain marketplace lama rata2 langsung tf tp ngecek ulasan barang2.

      3
      1
    • 19 Desember 2022 - (11:37 WIB)
      Permalink

      tiap kerjaan ada resiko nya. ya resiko cod emg gini. tapi klo gada peraturan dr tok2shop ya parah si. apa seller nya yg ga tau peraturannya.

      • 19 Desember 2022 - (12:01 WIB)
        Permalink

        Saya baru jualan di tiktok jd ga tau… Karna emang katanya aturan COD cuma secara internal ga di publish sbg term & condition gitu.

    • 19 Desember 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Terimakasih jadi jadi tau kalo jnt retur ribetin gtu. Kalo saya gak buka cod selain di tokopedia dan khusus kurir sicepat. Krn aman. Titik. Walo dah aman pun sebelum kirim kalo alamat lengkap selalu chat ulang kalo gak lengkap chat bahkan sampe wa utk minta tambahan alamatnya. Kalo gak mau bales (alamat tidak lengkap langsung arahkan permintaan pembatalan). Memang cod tu magnet buat pembeli apalagi penjuak baru cuma lebih selektif saja cek alamat atau komfirmasi wa sblm kirim

      • 19 Desember 2022 - (12:04 WIB)
        Permalink

        Tiktok ga bisa WA. No HP alamat semua di hiden nya banyakan. Liat tuh ss dari saya nama no HP alamat ampir ga kebaca di xxxx full gt sama tiktok. Jd susah mau nanya ke WA. Pas saat order baru masuk.

    • 19 Desember 2022 - (12:15 WIB)
      Permalink

      Halo Pak mungkin bapak baru pertama kali jualan ya prosedur retur j&t ini karena saya pernah kerja di j&t dari mulai saya jabatannya kurir hingga kepala gudang dan quality control jadi gini Pak yang pernah saya alami waktu saya jadi kurir kurir yang ngantar di Jabodetabek atau yang di kampung-kampung yang ibarat kata jalannya tuh gang ke gang ibarat kata jaraknya tuh deket beda dengan yang di luar sana yang jaraknya bisa nganter dari gudang ke rumah penerimanya bisa jaraknya Bekasi Depok atau Depok Bogor kalau paketnya itu bukan COD biasanya nggak langsung wa langsung aja diantar karena paketnya nggak ada pembayaran apapun cashless beda dengan COD coba bapak pikirin misalnya kita ngantar paket gede nih COD kalau kita udah capek-capek nganter sama yang penerima ditolak kesel juga hati Pak sebagai kurir panas-panasan itu udah resiko yang terpenting kurir rersebut sudah Wa udah ngechat ke pembelinya gitu kecuali enggak ada pod atau bukti retur tersebut baru bapak nge up . kalau memang enggak mau dirugikan dimatikan saja fitur cod-nya Pak mungkin bapak baru pertama kali jualan takut paket sering diretur capek-capek packing rugi biaya packingnya yang lebih baik dimatiin aja cod-nya Pak gitu

      16
      2
  • 18 Desember 2022 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Saya chat ke pembeli baik baik sekedar nanya knapa di tolak juga ga dijawab. Setelah itu baru saya chat kurir nya..

    9
    1
      • 19 Desember 2022 - (00:09 WIB)
        Permalink

        Heii bro namanya order ya harus tanggung jawab. Pahami COD itu apa ??
        Memang kamu pikir biaya packing itu gratisss.
        Kalau nggak paham sistem nggak usah ketawain oranglah.
        Di ecommerce aja menolak COD bisa kena suspend akun kok.

        • 19 Desember 2022 - (00:19 WIB)
          Permalink

          Maklumin aja itu salah satu pecinta COD yg biasa nolak orderan. Maklumin aja.. ?

          6
          1
        • 19 Desember 2022 - (00:21 WIB)
          Permalink

          Ga ada yg aneh dan ga ada yg lucu.. Loe kira ga lucu pembeli order iseng? ? asal ngemeng aja. Kurir loe ye ngerasa tersinggung?

          6
          1
          • 19 Desember 2022 - (10:44 WIB)
            Permalink

            @lismana ya nama nya juga negara kita warga netizen nya kan emang gitu.. Sesuatu yg buruk pun dijadiin idola… Ga heran sis… Biasanya yg dukung buyer itu buyer pecinta COD yg iseng jg. ? . Berarti cukup banyak jg ya pembeli COD iseng kita bisa survey dari yg pada komen ??

        • 19 Desember 2022 - (10:30 WIB)
          Permalink

          Alasannya lucu, bilang gak mau terima paket langsung main bilang retur aja. Lagian kalo kepencet bisa langsung cancel gak nunggu sampe barang dikirim sama seller. Kalo begini jelas yang dirugikan seller. Tapi kok masih ada aja yang bela buyer

          • 19 Desember 2022 - (12:58 WIB)
            Permalink

            sepertinya tidak ada yg bela buyer, yg dibela kurir …. karena di sisi kurir memang serba salah jika paket sudah diantar ke alamat jauh2 tapi nanti direject, jadi menurut saya tidak masalah wa dulu apakah benar ada orderan cod nominal xxx dan kapan ada dirumah biar bisa diantar sekaligus dibayar. yang ngerepotin itu sistem retur COD khususnya J&T karena kadang status ditulis sudah kembali ke seller, tapi begitu dicek ke gudang belum ada ternyata masih dalam perjalanan.. harus rajin2 ngecek

            3
            1
  • 18 Desember 2022 - (14:48 WIB)
    Permalink

    di shopee 2x menolak paket cod akun pembeli diblok untuk order COD selama 1 bulan.. resiko COD memang begitu, kadang via telp buyer bilang tdk mau terima maka paket diretur langsung ke penjual… yang penting ada garansi barang kembali seperti di shopee

    • 18 Desember 2022 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Masalah nya di tiktok saya tanya ga dijawab soal itu… Muter muter mulu jawaban cs tiktok.. Sampe sy ancam muat media konsumen baru dijawab tp saya ga yakin jawaban tiktok itu bener ga. Soalnya regulasi soal mengatur soal jika pembeli nolak ga, ada juga. Boleh info ga regulasi tiktok shop jika menolak orderan pembeli kena pinalti apa? Saya tanya ke cs tiktok ga dijawab soalnya. Shopee emang 2x diblokir saya tau makanya mending an Shopee dari tiktok yg ga, ada jawaban.

      10
      1
        • 18 Desember 2022 - (16:08 WIB)
          Permalink

          Ya kan…tiktokshop makanya banyak berkumpul pembeli COD yg iseng. Atau yg type lapar mata pas udah sampe suruh retur.. Ga ada pinalti soalnya.

          • 18 Desember 2022 - (20:30 WIB)
            Permalink

            jika memang tidak ada dan tiktok tdk mendengarkan saran ini, mau bagaimana apakah tetap aktif COD nya di sana? ada teman saya yang cerita persentase kegagalan COD nya 2-3 % dari total orderan COD yang dia terima di tiktok. kadang barang retur ini juga gak kembali, bahkan kadang barang retur isinya sudah berubah jadi barang bekas. dia bilang ikhlas saja selama masih cuan

          • 18 Desember 2022 - (20:34 WIB)
            Permalink

            Kita liat aja nanti deh. Tiktok saya jg baru soalnya masih cari nama… ?

        • 18 Desember 2022 - (20:59 WIB)
          Permalink

          Point’ ke 2 Bikin gagal paham om…
          Tanggung jawab expedisi yg utama yg mengantar pesanan…
          Cm emang SOP nya paket cOD kurir menghubungi penerima,untuk apa? Untuk memastikan paket yg dibawanya bener diterima ato gak…
          Masalah Pembeli sering iseng nolak paket(return) itu bukan urusan Kurir…
          Di expedisi manapun,kurir akan lebih Mendengarkan Pembeli ketimbang Penjual..Khususnya Paket COD..

          7
          4
          • 18 Desember 2022 - (21:03 WIB)
            Permalink

            Jnt emang cuma urus pengantaran yg disana. Yg saya maksud loint 2 barang retur tracking dibilang sudah diterima ke pengirim. Padahal barang blum ada di tempat saya drop. Jadi saya dah 2x bolak balik mau ambil tuh barang retur yg kata tracking jnt nya bilang udah sampe ke pengirim. Kalo saya bilang komplen jnt itu artinya keseluruhan. Bukan cuma bahas sebatas pengiriman yg disono doang… Barang retur gue kemana woiii itu pointnya. . Web bilang dah sampe tp faktanya blum itu namanya penipuan jnt

    • 19 Desember 2022 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Sampe sekarang blum ada juga di tempat saya drop… Padahal dah tulis diterima 2 hari yg lalu.

      • 19 Desember 2022 - (13:06 WIB)
        Permalink

        kalo di tempat saya sejak desember ini paket retur ke gudang terdekat J&T, tidak di diserahkan ke ke tempat drop/kirim awal lagi

        • 19 Desember 2022 - (13:11 WIB)
          Permalink

          Kacau dong. Malah nombok cm aMbil barang retur 1 biji mpe jauh jauh ke cabang . Bahaya … Tp kan prosedure pas gue telp pihak jnt kalo pickup maka akan dikembalikan ke tempat dimana dia pickup . Sedang jnt pickup ke wahana tempat drop points jnt. Masih kok ditelp gitu jawab nyaman berarti dia mesti balikin ke drop points .. Per Desember ada tertulis ga bro rules nya. ? Daerah mu jakarta juga kah?

          • 19 Desember 2022 - (13:16 WIB)
            Permalink

            kebijakan cabang setempat, sy di kab.tangerang…
            jika menurut petugas di tempat drop katanya ada pengurangan kurir jadi kurir tidak ditugaskan lag mengembalikan paket2 retur tersebut

          • 19 Desember 2022 - (14:47 WIB)
            Permalink

            @sony td gue cros cek lg malah gudang pun blum ada… Nah loh. Apalagi di drop poin… Tp tracking udah selesai.

        • 23 Desember 2022 - (02:36 WIB)
          Permalink

          Udah beres.. Jnt suka input data mendahului barang nya . Barang ditulis sudah diterima pengirim tapi 4 hari kemudian yaitu hari ini baru diterima / sampe di drop points suka input data mempunyai kesan pencitraan jnt.

          Itu saya tekan itu juga.

  • 18 Desember 2022 - (17:15 WIB)
    Permalink

    pembeli berhak menolak paket cod selama paket cod belum di buka. masalah ada finalti atau tidak ke pembeli, itu tergantung dari kebijakan tiktok.

    2
    8
    • 18 Desember 2022 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Coba kamu jualan deh tokonya apa. Nanti saya beli trus cancel. Jualan bukan utk main main. Itu namanya ga menghargai.

      10
      1
      • 18 Desember 2022 - (17:25 WIB)
        Permalink

        pembeli berhak menolak paket cod selama paket cod belum di buka. untuk finalti, tergantung dari pihak tiktok, apakah di tiktok ada kebijakan finalti untuk pembeli yg menolak cod? kalau gak ada, yah sudah berarti tiktok kurang bagus untuk penjual cod.

        3
        3
        • 18 Desember 2022 - (17:29 WIB)
          Permalink

          Ya itu makanya aku masukin media konsumen karena regulasi COD tiktok shop ga bagus. Tujuannya :

          1. Supaya lebih didenger tiktok ketimbang kita contact cs tiktok yg mirip mirip cs Shopee ndablek.

          2. Supaya pihak ekspedisi jg lebih meningkatan service nya jg.

          3. Menginfokan seller lain juga utk hal ini supaya mempertimbabgkan dgn adanya regulasi COD yg ada di tiktok yg kurang bagus itu. Karna pembeli COD yg biasa iseng iseng di marketplace lain pada hijrah ke tiktokshop dgn kelengahan regular COD yg ada di tiktok shop ini.

          4. Lebih waspada aja…

          6
          2
        • 18 Desember 2022 - (17:50 WIB)
          Permalink

          Oh anak kaskus jg toh saya juga ?. Saya justru komplen nya Indosat.. Pulsa kepotong mulu dan kuota internet yg mati mulu. Jaringan susah padahal di jakarta barat. 4G rasa 2G. Provider emang rada susah bro mau komplen sampe nungging mana mana mereka ha peduli. Kalo market place biasa nya ada perubahan sih walau waktu yg ga sebentar..

          Provider Indosat yg gue komplen aja 3 tahun lalu aja masih tetep ga berubah Indosat. Provider emang mereka ga peduli soal komplenan.. Ditanggapi cm basa basi kalo soal regulasi mereka.

          Telkomsel doang yg oke kalo provider sayang Telkomsel gue dah koit lupa isi pulsa..

      • 19 Desember 2022 - (14:10 WIB)
        Permalink

        @Penjual Pedagang

        semua ada resiko nya coy, klo takut sama resiko bobo cantik aja, jgn jadi pesimis gitu 🙂

    • 19 Desember 2022 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf Pak, pembeli bs nolak tp sbnrnya gak berhak utk nolak. Pembeli wajib menerima dan membayar orderan yg sudah dikirimkan seller dan diterima olehnya. Kalau kepencet bs dicancel kok sblm dikirim, atau chat ke seller minta cancel. Itu namanya etika belanja online. Tolong dipahami, konsep COD itu utk memudahkan org2 yg gak punya mbanking atau sulit ke ATM atau ke minimarket buat bayar orderan belanja onlinenya, bukan yg iseng mentang2 blm bayar nanti bs nolak kalo tiba2 berubah pikiran atau duitnya kepake buat yg lain. Pikirkan seller yg udh keluar modal buat packing, isi paket yg bs jadi akan rusak selama perjalanan bolak balik, dan siapa yg menanggung ongkir kalau ada kejadian pembeli nolak paket COD? 2x jalan lho, emang dipikir gratis ya ongkir COD itu? Sy termasuk yg anti COD, baik sebagai pembeli atau seller. Mau dibilang orderan bakal lbh rame kalo na COD jg, bodo amat. Buat yg suka COD iseng, tolong ya, belanja itu sesuai kemampuan, kalo gak punya duit gak usah sok2 CO dulu berharap udh ada duitnya pas paket diantar dan nolak paket kalo ternyata emang duitnya gak ada jg pas paket nyampe. Buat TS, sy gak belain kurir, tp bs jadi pembeli ini oknum yg sering nolak paket COD makanya kurir nanya dulu apa mau diantarin karna resiko jg dia bawa2 ntar paket makin rusak.

      • 19 Desember 2022 - (09:32 WIB)
        Permalink

        aya, pembeli berhak nolak cod. namun, pihak marketplace yg menentukan apakah akan memberikan sanksi pada pembeli

        1
        1
        • 19 Desember 2022 - (09:55 WIB)
          Permalink

          @fatah, Tolong bedakan antara berhak sm bisa. Gak punya duit, gak berhak checkout, tp karna ada COD jd bisa. Paket COD wajib diterima dan dibayar, tp karena pembeli gak tau diri, jd bs ditolak. Anda tau kenapa ada yg namanya sanksi? Karna ada kewajiban yg dilanggar. Kalau pembeli berhak menolak seperti yg Anda blg, hrsnya dia jg gak wajib utk diberikan sanksi donk.

          • 19 Desember 2022 - (10:03 WIB)
            Permalink

            @aya anda komen paling cerdas aku suka. Pengalaman di dunia jual beli olshop. Berimbang dan berdasarkan data pengalaman. Sukses ya kak aya.. Tuhan Memberkati…

          • 21 Desember 2022 - (06:41 WIB)
            Permalink

            Awal cek out ada duit, pas barang datang duitnya kepake. ?. Terpaksa Cancel barang. Gimana kalau seperti itu. Ya.. Terima saja COD gagal. Yg penting masih Cuan. Rejeki gak bakal ketuker kok. ?

      • 19 Desember 2022 - (09:47 WIB)
        Permalink

        @aya zhou Terima kasih atas support nya.. Ya saya tau kemungkinannya lebih ke pembeli nya yg iseng. Karena dari chat sepertinya dah terbiasa dgn kurir nya panggil ade ade gitu. Sudah saling kenal sepertinya… Barang retur nya kebetulan ada elektroniknya. Ngeri rusak juga bawa bawa bolak balik mana tracking bilang udah diterima saya. Tp saya ke drop poin buat ambil tuh barang blum ada juga udah 2x bolak balik. kan jnt ini bisa dibilang input data manipulasi data.

        • 19 Desember 2022 - (10:00 WIB)
          Permalink

          Memang yg namanya paket return atau balikan rawan ilang kak. Karna biasanya udh dlm keadaan rusak packing aslinya. Sy sering liat sendiri packingan sy rusak dari ulasan pembeli, untung sy selalu bubble isi paket jd aman, hanya dus yg penyok malah kadang robek. Ini yg pembeli COD iseng gak mikir, sekali jalan aja bs penyok, gimana pas balik ke seller? Bs nyampe aja udh untung, sy berapa kali kehilangan paket retur dari pembeli, untung di blibli semua paket diasuransikan jd dpt pengembalian penuh.

          • 19 Desember 2022 - (10:09 WIB)
            Permalink

            @aya. Tiktok rada beda sis. Tik tok shop masih amatir ini marketplace nya kalo sistem COD. Makanya utk berbau elektronik saya nonaktifin dulu COD khusus di Tik tok shop .. Agak agak gimana gitu tiktokshop nya pembelinya rata rata soalnya abg yg ngsal gitu ?

          • 19 Desember 2022 - (14:14 WIB)
            Permalink

            @Penjual Pedagang
            coy sistem COD itu yang aktifkan atas persetujuan pemilik Shop, berati nte yg amatir coy bukan marketplace Tik tok shop nya :p

        • 19 Desember 2022 - (14:17 WIB)
          Permalink

          @serabutstore ga kepancing cuy. Tiap komenan loe di semua surat pembaca gue dah detect ?. Apa kata loe aja… Slat ?

          • 19 Desember 2022 - (14:18 WIB)
            Permalink

            @Penjual Pedagang
            mancing i laut coy, masa di MK

          • 19 Desember 2022 - (14:20 WIB)
            Permalink

            @serabutstore mancing keributan ??

  • 18 Desember 2022 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Saya masih ingat kamu bully komentar saya karena menyarankan nonaktifkan COD di artikel penulis lain dengan dalih “kalau jualan online ga aktifin COD ya nggak rame.”
    Sekarang ketemu kasus retur COD di up juga ke media konsumen.
    Yang penting kan orderan toko kamu jadi rame.
    Betul kata kurirnya tuh “yang sabar ada rejeki laen” ☺
    Kalau saya sih masih tetep pada pendapat gamau aktifin COD. Jualan ke orang yang udah bayar bukan sekedar kepengen lalu klik beli.
    Secara logika, ga masuk di saya kirim barang yang belum dibayar. Itu saja. ✅

    10
    2
    • 18 Desember 2022 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Selama ada pinalti buat pembeli yg menolak sih gpp ya. Tiktok saya baru tau karena kan baru dapet masalah 1 yg COD. Jd baru tau kalo tiktok begitu.. Kalo marketplace lain kan jelas jd saya tetep aktifin COD . Ada marketplace yg specialis COD spt Shopee dan tiktok. Kalo tokopedia jarang yg COD. Jd semua marketplace punya market sendiri sendiri asalkan jelas pinalti terhadap kedua belah pihak. Ga kaya tiktok khusus COD, penjual yg di push abis abisan, Pembeli nya kagak. …

      Iya i know tiap penjual mempunyai jalan pikirannya masing masing gpp. Berbeda itu indah kok. Sukses ya jualannya ??

  • 18 Desember 2022 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Yang saya belum tau, kalau retur COD trus rusak atau hilang apa ada asuransi penggantian seperti di Shopee y?

    Sabar bos, resiko COD, mending barangnya masih balik tapi lama, coba aja kasus penjualan offline atau grosir , kasih bon ke toko yg nakal, barang jd diambil,laku kejual , uang ga dibayar wkwk

    • 18 Desember 2022 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Blum tau tiktok bro. Baru ini saya.. Ini aja masalah pertama di tiktok ?. Peraturan di tik tok shop saat ini lebih menguntungkan pembeli. Blum kaya marketplace pada umumnya yg 50-50 . Ya kita liat aja nanti tp jgn sampe deh.. Haha…

      Ini aja barang bilang dah diterima pengirim pas tracking web jnt padahal saya dah 2x bolak balik ke drop points jnt yaitu wahana blum ada jg tuh barang retur. Kan kupret nih jnt.. Ada permainan dalam input data

  • 18 Desember 2022 - (20:36 WIB)
    Permalink

    nunggu netizen pembela tiktokshop komen “anda gagal paham dan miskomunikasi dgn penjelasan cs”. wkwkkwkw

    2
    1
    • 18 Desember 2022 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Ga ada yg gagal paham. Saya tanya pertanyaan yg sama 5x di jawab copy paste yg samax5x juga. Cs tiktok shop ga menjawab pertanyaan saya dia cm menjawab sudah retur gitu trus 5x copy paste. Paham.?. Paling yg komen pembela tiktokshop pecinta COD ?

    • 18 Desember 2022 - (20:40 WIB)
      Permalink

      fatah, lu nyindir si dimas, yah? tuh orang kenapa, yah membela xl mati matian, lalu nyalahin gw. ngatain gw gagal paham, dirinya sendiri jg gagal paham. menyerang gw dgn asumsi. tuh si dimas gw lihat kagak komentar lg di mk.

      • 18 Desember 2022 - (20:42 WIB)
        Permalink

        Oh si Fatah lg nunggu ada, keributan biasanya baru nimbrung soalnya. Pembuat onar ?. Jd makanya nunggu ada yg ribut..

        1
        1
      • 18 Desember 2022 - (21:09 WIB)
        Permalink

        keknya ni orang sakit hati banget ama yg namanya dimas
        tiap komen selalu ungkit-ungkit masalah dia

        maaf buat TS jadi OOT

          • 18 Desember 2022 - (21:25 WIB)
            Permalink

            Wkwkwk gua aja beli botol minum di tiktok Dateng” ancur lebur trs retur kn dan si penjual mau ganti katanya tpi sampe 1 bulan lebih kgk di kirim” tu botol padahal gua cod dan gua dh bayar

        • 19 Desember 2022 - (08:10 WIB)
          Permalink

          putra, gak apa2, biar tuh orang baca sekalian. dia jg harusnya belajar jgn nyalahin orang pakai asumsi.

    • 18 Desember 2022 - (21:26 WIB)
      Permalink

      Nah itu kita dah bantu COD buat menjembatani in buat yg primitif di pedalaman. Masih aja di kerjain ma model pembeli primitif gt. Kesel kan ?.

  • 18 Desember 2022 - (22:35 WIB)
    Permalink

    D tempat ku rata-rata yg pake cod itu kurir chat dulu ke pembeli sebelum barang d antar sekalian kasih tahu nominalnya,, jadi kurir tdak capek capek nganter kalo misal kejadian orang yg bersangkutan tdak ada d tempat,,
    Soal barang return yg tdak sampe ke penjual itu sih .
    Kemungkinan lenyap atau hilang meskipun d web nya sudah d terkirim kembali ke seller..

  • 18 Desember 2022 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ,itu karena pembelinya yg tdk mau membayar atau pembeli cuma pencet aja tdk punya uang,kalau seperti itu biasanya dari pihak ekspedisi disuruh return,dan itu ulah dari oknum pembeli ya iseng2

  • 19 Desember 2022 - (00:08 WIB)
    Permalink

    Orang Iseng banyak
    Aq juga Jualan online dan retur pasti ada, kadang sebulan bisa 50an paket retur
    Tapi biasa aja sih
    Kecuali Baru latihan Jualan Online baru kaget kelakuan orang kyak gtu.

    Semangat kak

    • 19 Desember 2022 - (00:16 WIB)
      Permalink

      Semangat jg kak. Biar utk pembeli yg iseng rejeki nya pasti akan seret. ??. Semangat

        • 19 Desember 2022 - (14:19 WIB)
          Permalink

          @serabutstore
          Napa? Mau mancing mancing? Ga kepancing gue ?? .. Slayyy ? loe kan di semua komen media konsumen terkenal provokator ?

          • 19 Desember 2022 - (14:22 WIB)
            Permalink

            @Penjual Pedagang

            sok tau bocah ini, mana ada gw komen semua di mk 🙂

          • 19 Desember 2022 - (14:27 WIB)
            Permalink

            @serabutstore
            Loe kan kepo tiap ada surat pembaca dususupin loe ?. Trus komen komen nyeleneh… Dikira gue ga tau apa. Gue kan pemantau surat pembaca ?

          • 19 Desember 2022 - (14:28 WIB)
            Permalink

            @Penjual Pedagang

            duh maaf olshop ane rame jadi sibuk ane coy 🙂

          • 19 Desember 2022 - (14:59 WIB)
            Permalink

            @serabutstore ??? oh ya? ?

  • 19 Desember 2022 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Ini yang di salahin tiktok atau J&T?
    Setahuku expedisi emang tugasnya nganterin, kecuali kalau barang tidak dikirim sampai dibatalin sistem baru salahin J&T. Lagian kurir biasa kalau mau anter tanya perihal paket. Ya dari pada buang buang waktu nganter ke rumah, kalau udah ditolak ya sudah. Apa harus di videoin pas nolak. Nanti pas udah di videoin pas nolak masih nyalahin J&T lagi. Saya juga seller kok, jadi ya bener kata kurir bersangkutan bukan rezeki. Ini baru satu kiriman, saya aja pernah dari 140 kiriman saya dalam satu bulan 35 diantaranya ditolak.

    • 19 Desember 2022 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Dua dua nya tiktok dan jnt
      Tiktok nya tidak ada pinalti ke pembeli yg nolak nolakin barang COD. Dan jnt barang retur saya dibilang susah diterima. Tp saya bolak balik ga ada tuh di drop points barang retur saya. Artinya apa?

  • 19 Desember 2022 - (08:30 WIB)
    Permalink

    COD itu dikonfirmasi dlu sebelum di antar, kalo pembeli membatalkan dengan alasan apapun bukan salah kurir, datengin aja pembelinya berantem apa gmn bebas.
    Daftar pns aja om kalo mental pengusaha masih baperan.

    3
    1
    • 19 Desember 2022 - (09:53 WIB)
      Permalink

      @anggit gue salahin jnt nya. Dan pembeli juga. Maaf ye bukan baper tp model pembeli gini wajib dikasih pelajaran sebenernya. Kita itu jualan bukan cm wadah utk dipermainkan. Bukan soal baper.. Ini soal money!!! Buat pemain kecil berasa . Mungkin anda pemain besar yg ga berasa. Sini mana olshop anda? Saya mau belanja trus cancel nti bikin akun baru khusus beli COD cancel buat ke olshop anda. Apa olshop anda?

        • 19 Desember 2022 - (14:49 WIB)
          Permalink

          @serabutstore Kurang lebih gini deh tiap komentar ke semua media konsumen. ? ga, ada faedah sama sekali ?

          • 19 Desember 2022 - (15:00 WIB)
            Permalink

            @Penjual Pedagang

            yg penting olshop ane rame dan lancarrr 🙂

  • 19 Desember 2022 - (08:54 WIB)
    Permalink

    TS nya aneh..di Ulasan/Aduan awal dia gak ada tuh kalimat yg Ngomong dia musti bolak balik ke JNT,atau tracking udah nyampe tp barang kagak ada meski di Web status udH sampai…Gak konsisten..
    Yaa Manusiawi sih,Seller pemula yg Mau menang aja…
    Kalo mau menang sendiri,coba deh jualan Jersey Argentina Aja..Td malam menang tuh…pasti laris n gak bakal retur…hahahaha

    • 19 Desember 2022 - (09:58 WIB)
      Permalink

      @dedi Hey ini surat masuk duluan sblum proses gue bolak balik jnt… Makanya ga tertulis… Udeh deh ga usah bawel.. surat pembaca media konsumen ini gercep kerja nya cepet di proses.

      Type pembeli COD yg nolak orderan sepertinya ini orang

  • 19 Desember 2022 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Sepertinya, transaksi itu terjadi karena anaknya kurang pengawasan, Kak.

    Kakak jualnya mainan dan waktu itu anaknya yang sedang pegang hape, terus lihat postingan Kakak dan tanpa sengaja dia Check out, lalu terjadilah hal seperti itu.

    Mungkin kakak chat sama pembelinya saja, kalau merasa ada yang dirugikan. Misal dari biaya packing atau apa?

    Kalau pembeli yang memang punya itikad baik, pasti beliau mau ganti packing gitu.

    • 19 Desember 2022 - (10:21 WIB)
      Permalink

      @aryiella
      Haha sblum saya muat di media konsumen saya dah lakukan itu. Ga ada respond tuh ?. Artinya bukan karena anaknya. Org masih muda kok dan spt nya blum merrid… Kali pembelinya itikat baik minimal reply chat saya.. Ga perlu ganti biaya packing. Ini itikat baik reply aja kagak boro boto ganti biaya packingn pembeli type lapar mata sis memanfaatkan COD tiktok yg blum ada pinalti nya.

      Jd semua ini uda saya lakukan sblum saya muat media konsumen. Hehe..

      Jadi pembeli COD yg tidak merespond chat saya. Saya anggap fox 1 juta persen pbeli COD yg iseng

      • 19 Desember 2022 - (12:46 WIB)
        Permalink

        @Penjual Pedagang
        spt nya blum merrid….

        tau darimana masalah merid sih pembeli ? aneh2 aja nih TS wkwkwkwk

          • 19 Desember 2022 - (12:50 WIB)
            Permalink

            @Penjual Pedagang

            baru liat seller sampe bahas masalah merid sih pembeli di public…. wkwkwkwkkkk

          • 19 Desember 2022 - (12:53 WIB)
            Permalink

            @Penjual Pedagang

            ini contoh penjual/ seller bocil…
            biar pembaca MK lain yang bisa artikan sih TS ini 🙂

          • 19 Desember 2022 - (14:23 WIB)
            Permalink

            @anggita Olshop loe apa. Sini gue belanja trus batalin ? pengen tau reaksi loe. ?. Gue mau kasih pelajaran loe aja. ?

        • 19 Desember 2022 - (12:58 WIB)
          Permalink

          Gue ga mau respond serius utk id id yg kaya gini jd tanggapinnya ya santai aja biar ga kepancing 2x ?. Terserah loe lah mau bilang bocil, mau bilang tua bangka, mau bilang apa.. Yg penting slayyyyy ?.

          Mau daftar ga buat calon client gue nanti di wedding organizer gue. ?

    • 19 Desember 2022 - (11:50 WIB)
      Permalink

      @TS ..emang kita2 tau hal2 yg elu lakuin n udah lakuin sblm upload di MK???bego gak ketulungan mlh ngatain bawel..Anehh..
      Kalo baperan jgn Jualan online…
      Kalo mau dpt respon yg 100% ngedukung kedunguan elo ya sana cari Media Seller ato apalah namanya jng di MK…Media Konsumen tu yg punya Semua pihak yg trlibat dalam Transaksi ..Penjual – Pembeli n Expedisi (dlm case elu)..

      • 19 Desember 2022 - (12:27 WIB)
        Permalink

        @dedi so???
        Loe punya mata ga?? Loe cek aja tracking nya tgl brp . Tgl posting ke media konsumen masuk tgl brp. Jadi orang tuh smart dikit.

        Herannya loe katanya ga tau apa yg gue lakuin tapi ngejudge gue?? ?. Netizen indo luar biasa..

  • 19 Desember 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    @dedi so???
    Loe punya mata ga?? Loe cek aja tracking nya tgl brp . Tgl posting ke media konsumen masuk tgl brp. Jadi orang tuh smart dikit.

  • 19 Desember 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Tiktok shop memang gt om, parah
    Saya kemarin sempat lihat yg jualan basreng atau apa itu sehari nya bisa RATUSAN paket COD di retur

    Sebenarnya ini bukan hanya masalah sistem, tapi masalah “manusia” di negara kita yang memang kurang beradab

    Jika tidak mau beli ngapain pesan
    Alasan “terpencet” itu adalah bukan alasan

    Mari kita semua bantu doa semoga pembeli nya kenak musibah ja
    Bukan jahat tapi jika manusia seperti ini dibiarkan, bagaimana nasih para penjual UMKM kedepannya?

    • 19 Desember 2022 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Hooh.. Ngeselin bgt.. Betul itu manusia kita nya yg ga ada akhlak. Nasib penjual kecil kaya kita dah ?. Ngeselin emang. Dia ga tau kita, lg berjuang utk sesuap nasi. Dipermainkan pembeli yg ga ada akhlak. Basreng yg penjualan pas live ya? Saya ga pernah live. Yg live itu lebih parah emang karena type type gelap mata…. Nti pasti di tolak pas datang kalo COD.. Yg live live penontonnya, pecinta COD soalnya ?

    • 24 Desember 2022 - (19:20 WIB)
      Permalink

      Udah beres sudah sesuai yg di inginkan.
      Case closed..
      Kita nantikan kasus kasus berikutnya. Stay tuned bersama me, penjual pedagang ??

  • 19 Desember 2022 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Resiko Jualan Online, yg Cashless aja Bisa Retur Bahkan Kadang Alasannya gk Jelas, Apalagi yg COD, Bs Lbh Parah lg.
    Di Toped Malah gk Ada Pembeli yg di Kenakan Sanksi Meskipun COD Sering di Tolak.
    Saya Udah Jualan Online Cukup Lama Sejak 2017,
    Jadi Udah Tahu Banyak Manis Pahit Jualan Online.

    • 19 Desember 2022 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Toped ada sangsi nya bro yg COD nolak barang. Toped saya jarang sih yg nolak. Blum pernah jg sih ?. Jgn sampe. Yg sering di Shopee sih ?

  • 22 Desember 2022 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Halo kak, saya juga seller dari TIKTOK dan shopee..
    Pembeli tsb sudah sangat fair ya.. Return tanpa membuka paket..
    Jadi bisa di maklumi..
    Seller aja yang harus packing aman, untuk keamanan paket dalam perjalanan

  • 22 Desember 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Kalau di kampung mau 10 desa juga 75% kenal semua sebaik nya gak usah pake cod karna kebanyakan orang sekarang pengen besok udah gak penggen kecuali emang bener² butuh barang nya

  • 22 Desember 2022 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Intinya klo jd seller jualannya secara online jgn terlalu baper klo ada pembeli yang ngegunain sistem cod dan barangnya direturn. resiko sistem cod yah seperti itu mau kita jualannya di market place manapun yang penting paketnya dikembalikan lg ke pihak seller, palingan ruginya dari biaya pengemasan sja klo untuk masalah ongkir return prosedur di tiktok saya blm mengetahuinya. Klo di marketplace ijo, orange, merah, biru otomatis ditanggung oleh platform marketplacenya.

    • 23 Desember 2022 - (02:24 WIB)
      Permalink

      Bukan baper sih om. Tp lebih ke sama sama menghargai. Jika pembeli ga, menghargai ya gue obrak abrik juga.. Biar bisa rasain bagaimana ga dihargai. Gitu aja sih. Biar dunia itu adil dalam perdagangan. Ada sebab ada akibat. Prinsip gue gitu. Bukan baper ye.

      Kalo soal tik tok blum jelas tadi gue di info tuh copy paste ama cs tik tok . Kalo retur kayaknya dibebankan ke kita penjual ongkir nya. Makanya itu masih mau bicara baper buat pembeli yg seperti itu??? Soal pinalti pbeli COD yg menolak aja blum ada kejelasan. Kalo marketplace lain kan ada banned jk menolak 2x COD. Tiktok cn lisan info nya bilang kalo sering. Sering ini kan ambigu. Bisa 10x bisa 20 x haha jadi tiktok masih serba ambigu.

    • 23 Desember 2022 - (02:16 WIB)
      Permalink

      Kalo soal pinalti pembeli yg menolak COD sepertinya ga di publish umum. Ya jika kita beri punishment baru dia (tiktok) bilang tp ga tau sejumlah brp kali nolak baru ditindak blocked. Sebab tiktok cm bilang kalo sering menolak. Ambigu bgt ini tiktok… Ga ada disebut jumlah brp kali nyaman sangat ambigu. Dan tidak tertulis juga…

      Untuk barang retur pihak jnt nya sudah saya Terima. Tp jnt suka input data mendahului sblum barang nya. Jd ditulis sudah diterima pengirim retur nya tp 4 hari lg baru barang nya bener bener ada di tempat. Nyebelin bgt. Notabene baru hari ini barang sudah ada.

    • 24 Desember 2022 - (19:05 WIB)
      Permalink

      Udah beres sudah sesuai yg di inginkan.
      Case closed..
      Kita nantikan kasus kasus berikutnya. Stay tuned bersama me, penjual pedagang ??

    • 24 Desember 2022 - (19:07 WIB)
      Permalink

      Udah beres sudah sesuai yg di inginkan.
      Case closed..
      Kita nantikan kasus kasus berikutnya. Stay tuned bersama me, penjual pedagang ?? ??

    • 23 Desember 2022 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Kalo ga niat beli jgn check out. Bukan nolak. COD itu utk mempermudah buat pembeli yg bener butuh COD. Bukan pembeli COD yg ga ada akhlak

  • 23 Desember 2022 - (02:49 WIB)
    Permalink

    Sudah beres ya. Kasus ditutup.
    Nantikan berikut nya komplenan komplenan berikut nya di masa mendatang ?

 Apa Komentar Anda mengenai TikTok Shop?

Ada 145 komentar sampai saat ini..

COD TikTok Shop dan J&T Merugikan Penjual

oleh Penjual Pedagang dibaca dalam: 1 menit
145