COD TikTok Shop dan J&T Merugikan Penjual

Saya ingin melaporkan transaksi penjualan di TikTok Shop. Saya selalu penjual di TikTok Shop merasa dirugikan dengan sistem COD di TikTok Shop. Nomor order: 576850075638663401, produk berupa sebuah mainan elektronik musik gelembung anak, pembayaran COD oleh J&T, nomor resi: JX1490674132, dari Jakarta ke Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Tanggal 9 Desember 2022, paketnya saya kirim, dan 13 Desember 2022, paket siap dikirimkan oleh kurir ke alamat pembeli.

Masalahnya, sistem COD di TikTok Shop dan J&T sungguh aneh. Pembeli cuma tinggal WA ke kurir saat barang akan dikirimkan ke pembeli (pembeli menggunakan bahasa daerah), yang inti dari chat-nya “Gak usah dikirim, salah pencet retur aja“. Lalu kurirnya langsung reply bahwa “Sudah retur atas permintaan pembeli“. Bisa dilihat hasil chat antara kurir J&T dan pembelinya.

Berikut ini screenshot ketika saya tanya melalui chat kepada kurir (dari hasil chat dan historinya, sepertinya kurir dan pembeli sudah saling kenal dan biasa antar ke dia).

Apa karena dah biasa anter ke orang yang sama, cukup cuma WA tidak usah kirim maka langsung retur gitu aja? Saya sih gak masalah dengan sistem COD ya, cuma sistem mekanisme COD J&T di TikTok Shop lebih parah dari marketplace lain. Berikut ini jawaban dari TikTok Shop, yang muter-muter gak jelas, seolah pembeli yang menolak COD tanpa alasan yang jelas dan seenak jidat, dianggap biasa, tanpa ada hukuman penalti ke pembelinya.

Akhirnya barang tersebut sedang dalam pengiriman balik ke Jakarta lagi. Saya sudah chat CS TikTok Shop, ternyata jauh lebih parah dari Shopee ?. Sangat amatir dan lama sekali responsnya. Komunikasi dari pihak marketplace TikTok Shop ke pembeli pun saya nilai tidak ada. Masih mending Shopee, saya lihat masih ditelepon ke pembeli. Namun tetap, Tokopedia yang terbaik sih soal komunikasi.

Jadi hati-hati untuk seller yang menggunakan sistem COD di TikTok Shop. Saya baru tahu, pembeli tinggal WA ke kurir, bilang gak usah dikirim, langsung proses retur. Hebat sekali ini J&T dan mekanisme COD di TikTok Shop.

Terima kasih.

Handy Suryadjaja Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

145 komentar untuk “COD TikTok Shop dan J&T Merugikan Penjual

  • 24 Desember 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Sudah beres ya. …
    Dan sudah selesai. Sudah sesuai yg di inginkan. . ??

  • 24 Desember 2022 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Udah beres sudah sesuai yg di inginkan.
    Case closed..
    Kita nantikan kasus kasus berikutnya. Stay tuned bersama me, penjual pedagang ?? ???

  • 16 Maret 2023 - (23:56 WIB)
    Permalink

    Nama penerima sama yg order di toko kami ya,.dan di cancel jg alias di tolak,.kemungkinan pembeli ini hy iseng² atau main².
    Lebih parahnya bila ada pembeli yg kasih bintang 1 alias negatif,tp tidak ada keterangan apa salah dr penjual.
    Biarkan lah kak,siapa yg berbuat pasti jg akan menerima balasannya.

 Apa Komentar Anda mengenai TikTok Shop?

Ada 145 komentar sampai saat ini..

COD TikTok Shop dan J&T Merugikan Penjual

oleh Penjual Pedagang dibaca dalam: 1 menit
145