Dana Klaim Atas Barang Hilang Tidak Kunjung Cair oleh Shopee Hingga 2 Bulan

Perkenalkan sebelumnya, saya Shanty sebagai pemilik dari toko di shopee Grocery Hall. Saya menulis surat pembaca ini atas kekecewaan saya terhadap pihak JNT dan Shopee yang hingga saat ini tidak kunjung mencairkan uang kompensasi atas barang saya yang hilang di ekspedisi sejak bulan November 2022. Berikut kronologis yang terjadi.

Pada tanggal 25 Oktober 2022 saya mendapat order dengan nomor pesanan 221025A2XQHJX1 dengan total pesanan 6 barang dalam 1 nomor order. Saya mengirim paket tersebut di hari itu juga dengan packing kardus (saya ada bukti CCTV pengemasan, barang yang dikirimkan lengkap). Total barang yang dibeli oleh konsumen saya senilai 153.600.

Paket tersebut sampai di konsumen saya 2 hari berikutnya di tanggal 27 Oktober 2022. Setelah menerima paket tersebut konsumen saya langsung menginfokan ke saya bahwa paket diterima dalam kondisi ada kardus yang terbuka. Hal ini janggal karena kardus yang terbuka ini rapih tidak seperti terobek, melainkan seperti di-cutter.

Saat diterima pun konsumen saya sudah curiga kalau isinya tidak benar, karena barang yang diterima harusnya seberat hampir 3 kg. Sedangkan saat menerima barang tersebut kardusnya sangat ringan. Yang mana saat dibuka benar isinya hanya tersisa 1 barang kecil seberat 250 gram. Sedangkan barang lain dengan total berat 2.6 kg lainnya sudah tidak ada.

Hal ini sangat janggal karena di CCTV jelas kalau karyawan saya packing dengan posisi kardus bawah bukan kardus sambungan, tetapi kardus dilipat.

Selain itu barang yang dikemas di bagian bawah adalah barang besar, yang mana jika memang barang jatuh di gudang tidak mungkin keluar dengan sendirinya kalau tidak ditarik ( dilihat dari keadaan kardus yang dirobek, kerobekannya kecil dan tidak mudah untuk barang selai 1 kg keluar/lolos dengan sendirinya dengan lubang seperti itu ). Dengan ini jelas terjadi pencurian di ekspedisi JNT.

Saya akhirnya mengarahkan konsumen untuk melakukan klaim ke Shopee agar dapat diinvestigasi lebih lanjut ke pihak JNT. Berikut data halaman pengajuan klaim.

Proses investigasi berlangsung alot hingga akhirnya diputuskan dana dikembalikan ke pembeli dan akan ada dana pengganti ke pihak penjual dalam waktu 5 hari kerja. Berikut chat di halaman klaim yang menginformasikan kalau dana akan dikembalikan dalam waktu 5 hari kerja.

Namun hingga saat ini belum ada penggantian dana atas barang yang hilang ke pihak saya sebagai penjual, total dana yang seharusnya diberikan atas dana yang hilang ke pihak saya adalah sebesar 136.700 ( berikut rincian barang yang hilang dan bukti pengecekan dana penyesuain 3 bulan terakhir ).

Saya berharap adanya tanggung jawab dari pihak ekspedisi JNT maupun shopee untuk segera dapat mencairkan dana atas klaim barang hilang atas nomor pesanan tersebut, mengingat ini sudah melebihi 5 hari kerja bahkan sudah lebih dari 1 bulan.

Dan untuk JNT lebih ditingkatkan kembali seleksi terhadap kurir maupun pekerja di gudang JNT untuk kedepannya dapat terhindar dari hal – hal yang merugikan saya yang juga sebagai KONSUMEN dari ekspedisi JNT.

Shanty
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Dana Klaim Atas Barang Hilang Tidak Kunjung Cair oleh Shopee Hingga 2 Bulan

  • 22 Desember 2022 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Terima kasih saya ucapkan kepada media konsumen sudah membantu saya menyelesaikan masalah ini, pihak shopee sudah menghubungi saya perihal dana yang belum cair di tanggal 19 Desember 2022 dan dana sudah saya terima per tanggal 21 desember 2022 pukul 9 malam. Saya harap kejadian seperti ini tidak akan kembali terulang kedepannya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Dana Klaim Atas Barang Hilang Tidak Kunjung Cair oleh Shopee Hingga 2 …

oleh Shanty dibaca dalam: 2 menit
1