Pembelian Paket Akrab XL Tidak Bisa Digunakan

Pembelian Paket Akrab yang ditawarkan XL, bertujuan untuk dapat digunakan bersama-sama dengan anggota keluarga ataupun nomor yang telah didaftarkan sebagai member, melalui nomor yang telah terdaftar sebagai pengelola. Namun hal tersebut tidak sesuai dengan yang telah diiklankan oleh pihak XL. Kronologinya adalah sebagai berikut:

Pada tanggal 3 Januari 2023 05:20, saya top up pulsa. Sesaat setelah pulsa masuk, saya langsung melakukan pembelian Paket Akrab S senilai Rp62.000 melalui aplikasi MyXL. Beberapa saat kemudian pembelian dinyatakan berhasil. Selanjutnya, saya cek kembali di aplikasi MyXL, nomor saya, yang saya gunakan sebagai pengelola memang berhasil mendapatkan kuotanya. Berbeda halnya dengan nomor istri saya (sebagai member), tidak mendapatkan kuota tersebut.

Masih di aplikasi yang sama, MyXL, pada menu detail paket, nomor istri saya tertulis sebagai nomor yang terdaftar, tetapi limit-nya tertulis nol. Saat saya mau pilih Adjust, opsi Quota Access Permission dan Unlimited Quota Access saya aktifkan, tapi saat saya simpan hanya menampilkan pesan eror yang berbunyi, “An error occurred in MyXL while loading this page. MyXL is currently working on fixing it. Please update the MyXL application or contact customer services (Code: 141).“, serta menampilkan menu “Back to Dashboard“.

Saat saya mencoba untuk menghapus nomor member yang dinyatakan terdaftar, dengan maksud mau didaftarkan ulang, tertulis bahwa penghapusan berhasil. Namun saat saya tekan menu kembali, nomor yang dinyatakan terdaftar tersebut belum terhapus. Yang anehnya, saat saya melihat nomor istri saya di MyXL, di detail paket nomor istri saya, tidak ada keterangan terdaftar dalam Paket Akrab.

Saya sudah menghubungi XL melalui Live Chat dari aplikasi MyXL dan menelepon ke 817, dan hanya diberikan tiket pelaporan tanpa adanya penyelesaian. Paket ini hanya berusia 30 hari. Jika seandainya permasalahan ini diselesaikan tidak pada hari ini, apakah itu termasuk XL melakukan penipuan kepada konsumen? Soalnya usia paket akan mengikuti 30 hari dari waktu pengaktifan paket. Sedangkan hari H pengaktifan paket, paket tersebut tidak bisa dinikmati sebagaimana mestinya. Apalagi jika semisal penyelesaian dilakukan dua hari setelahnya, berarti masa paket saya bukan 30 hari, tetapi cuma 28 hari dan seterusnya.

Semoga pihak XL Axiata menanggapi hal ini.

Yohanes Abad Widyantoro
Surabaya, Jawa Timur


Update (8 Januari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata Untuk Keluhan Bapak Yohanes Abad

Jakarta, 24 Januari 2023 Ref.CM/CU/E/003/0123/SM Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Yohanes Abad Widyantoro...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Pembelian Paket Akrab XL Tidak Bisa Digunakan

  • 6 Januari 2023 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Pihak XL sudah menanggapi dan pendaftaran member sudah berhasil dilakukan (06 Januari 2023 22:05). Thanks for this by the way…

    Meski sudah berhasil, yang sangat disayangkan adalah pembelian tanggal 3, member berhasil tanggal 6, reset kuota tetap tanggal 2 Februari 2023. Rugi 3 hari.
    Tapi mau gimana lagi. Pebisnis mah kalah menang tetap menang. Rakyat jelata ya tetep kalah.

    • 7 Januari 2023 - (17:11 WIB)
      Permalink

      Update terbaru, per 7 Januari 2023 17:07, semua kendala telah terselesaikan. Kompensasi atas paket yang tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya selama 3 hari, yang semula saya meminta kompensasi berupa perpanjangan penambahan masa aktif tidak memungkinkan, namun pihak XL menawarkan opsi melalui pengembalian pulsa, dan saya sudah menyetujui pilihan yang telah ditawarkan. Thank you XL Axiata untuk respon dan penanganannya.

    • 8 Januari 2023 - (20:01 WIB)
      Permalink

      saya tanggal 4 belum terselesaikan paket xxl akrab 160GB ,sudah aktif reset kouta ga bertambah 1 bulan,chat cs putar balik bkin pusing

    • 17 Maret 2024 - (17:22 WIB)
      Permalink

      Kasus yg sama terjadi pada saya, tgl 4 mar 2024 beli paket family 120 gb, untuk xl One lite, dgn kuota bersama, tetapi ternyata kuota bersama nya tidak bisa dibagi di myxl, jadi sy beli Booster 20 gb seharga 70 ribu, sama tidak bisa dipakai, telp ke cs dikasih tiket number, tidak selesai, telp lagi beberapa hari kemudian, sama tidak selesai, akhirnya dtg ke xl center BSD, sama tidak selesai juga, telp lagi ke 820, dikasih tiket number yg berbeda ke 3 kakinya, sampai hr uji tgl 17 mar 2024 masih belum selesai masalahnya di my xl, masa berlaku sudah mau habis tetap tidak bisa dipakai itu kuota bersama.

 Apa Komentar Anda mengenai Paket Akrab XL?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Pembelian Paket Akrab XL Tidak Bisa Digunakan

oleh Abad dibaca dalam: 1 menit
6