Modus Penipuan Mengaku Sebagai CS Yup PayLater di Instagram

Pada tanggal 25 November 2022 pukul 10:50, saya tanya ke IG Yup karena kartu saya tidak bisa dipakai. Lalu saya minta cek dan akun IG yang mengatasnamakan Yup tanya tentang kenaikan limit. Saya tanggapi untuk kenaikan limit dan dia ngasih link (saya tidak tahu kalau link itu jebakan: https://bit.ly/Yupcard_online).

Saya klik di link dan perintah masukan kode OTP, tapi kodenya tidak muncul di link tersebut. Lalu saya klik tidak bisa, karena hang. Lalu dia kirim lagi link https://linktr.ee/thinkYup_id untuk pilihan ke Mastercard. Kode OTP dikirim lagi, tetapi tidak bisa diklik karena hp ngehang lagi.

Tiba-tib hp hang tidak bisa ditekan sama sekali. Terus saya tanya lagi, kenapa tidak bisa diklik sama sekali? Saya curiga dan ketakutan. Terus saya tanya lagi, dia bilang butuh kartu kredit pendukung, dia minta foto belakang kartunya. Saya jawab tidak bisa, ada kodenya. Saya dalam hati berbicara ini sudah tidak benar yang ditanya, kok malah minta foto kartu kredit.

Saya tanya apakah Anda asli dari Yup? Dia jawab iya asli dari Yup. Saya jawab tidak jadi naik limit, kemudian saya cek saldo Yup akun saya. Pas dibuka, nge-hang gitu dan pas bisa masuk tiba-tiba ternyata saldo sudah berkurang dengan 2 kali transaksi sebesar Rp1.920.000 dan Rp1.940.000 untuk transaksi di FAZZ. Saya sangat kaget sekali, saya tidak melakukan transaksi itu sama sekali, kenapa muncul 2 transaksi? Dugaan saya, pada saat saya klik link kiriman tersebut, akun saya sudah di-hack.

Kemudian saya telepon langsung untuk laporkan penipuan ini. Semua bukti saya kirim ke Yup dan saya disuruh tunggu investigasi berhari-hari, tapi tidak ada balasan lagi dari Yup. Saya telepon kembali untuk minta segera tutup akun saya, karena akun saya sudah kena hack dan kebobolan saldo transaksi yang tidak saya pakai sama sekali. Saya tunggu berhari-hari, baru dikabari akun sudah tutup.

Pikiran saya sudah sangat kacau. Perkiraan saya, setelah tutup akun sudah tidak ada lagi telepon minta saya bayar tagihan, karena saya memang tidak pakai (saat akun dibobol, saya sedang bekerja, sangat tidak mungkin saya melakukan transaksi). Namun ternyata saya tetap ditelepon dan disuruh/dipaksa bayar tagihan sebesar Rp3.860.000 saya ketakutan dan bingung harus bagaimana ini. Saya akhirnya buat laporan ke pihak kepolisian.

Saya minta tolong untuk pihak Yup, 2 tagihan tersebut dihapus. Saya tidak mau bayar, karena saya tidak melakukan transaksi tersebut. Saya di sini hanya korban. Untuk segera bisa selesai kasus ini, tolong kasih solusi terbaik.

Helmina Widjaja
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:21    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Yup atas Keluhan Ibu Helmina Widjaja

Yth. Ibu Helmina Widjaja, Sebelumnya kami ucapkan terima kasih telah senantiasa menggunakan Yup dan meluangkan waktunya untuk berbagi pengalaman dengan...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Modus Penipuan Mengaku Sebagai CS Yup PayLater di Instagram

  • 8 Januari 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Selamat anda telah belajar,, silahkan tdk bayar tapi SLIK OJK anda akan buruk sehingga anda susah/tdk bisa kredit dimanapun..

    9
    2
  • 8 Januari 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    klik link itu mungkin yang bikin akunnya terbobol.
    jangan pernah berani klik link apapun dari sumber yang tidak dikenal.

    8
    1
  • 8 Januari 2023 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Maaf nih sebelumnya mbaknya gak ngecek akun IG nya dulu kah resmi atau enggak? Ya semoga bisa terselesaikan ya masalahnya

  • 8 Januari 2023 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Agak riskan ini perusahaan, akun resminya aja gak ada centang biru (verified) jadi bisa terjebak penggunanya.
    Akun resmi yang udah ada centang birunya aja penggunanya bisa kena tipuan akun bodong, apalagi yang ngga ada verifiednya.

    Untuk penulis tagihan ga bisa dihapus, tetep harus dibayar. Karena pasti pihak aplikasi ga mau tau soal kasus ini, yang jelas limit berkurang maka disebutnya tetap hutang.

    Dan untuk pihak yup paylaternya semoga deh bisa urus akun sosmed resminya supaya minimal dapet verified (centang biru) dari pihak platform sosmednya untuk menandakan akun resmi dan yang tidak.
    Ngeri kalau begini, penipu bisa dapat banyak korban karena ga ada perbedaannya, kalau ngga teliti liat usernamenya bisa jadi korban macem penulis.

  • 8 Januari 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Jangan main comot no cs dari web, ig dll. No cs ada di aplikasinya dan ada centang biru. Kalau asal ya kayak gini nih

    2
    1
  • 8 Januari 2023 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Pas Anda ksh kode OTP trus nge hang itu sbnrnya cm akal2an dr penipunya aja pdhl mreka lg proses membobol akun Anda.. Smoga bs dijadikan pelajaran yg berharga spy k depannya lbh cermat dan berhati2 lg..

  • 8 Januari 2023 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Klik LINK,masukan OTP…silahkan mulai transaksi anda….setelah itu KAGET.
    ANDA SADAR, MEMPERSILAHKAN MALING MASUK KERUMAH ANDA.

  • 8 Januari 2023 - (20:58 WIB)
    Permalink

    Kok ngakak…liat si TS
    Maka y pinter dikit dong, lain kalee..
    Solusi y bayar, ente jg salah main asal klik link phising..
    Bukan pihak yup yg salah tp ente yg salah..

  • 8 Januari 2023 - (21:26 WIB)
    Permalink

    Maaf ya cerita nya gak logis makanya di acc sama yup.. karena transaksinya itu udah sah. Gak mungkin hanya karena klik link tanpa kasih otp/no kartu kredit.dll bisa jebol gitu.. mengarang cerita saja pak hmmmm

  • 8 Januari 2023 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Kalau bisa MENGARANG cerita nya lebih bagus lagi pak.. gak mungkin hanya klik link tanpa kasih otp atau no kartu kredit dll.. hacker itu bisa jebol.. udah izinin maling masuk rumah ehh barang ilang malah mengarang cerita pak.. hmmm..

  • 8 Januari 2023 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Ganti ah judul nya jgn penipuan,dengan sadar kamu sendiri kok yg kasih otp nya. Kuliah lagi kak ..

  • 9 Januari 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Saya hampir mengalami penipuan seperti ini, Alhamdulillahnya saya keburu sadar akun yang mengirimkan pesan pada saya bukan akun resmi, akun-akun ini mengincar ketika kita komplain sesuatu dikolom komentar medsos akun resmi, jadi sebaiknya jika ingin komplain yang bersifat pribadi seperti kesulitan masuk akun dll jangan via kolom komentar tapi via DM.

  • 9 Januari 2023 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Gausah sok paling bener deh, saling introspeksi diri aja.
    Ibu ini nulis artikel bukan untuk di judge.
    Semoga kejadian ini tidak menimpa kalian ya yg judge.
    Intinya gini
    1 . Akun Yup ig resmi Yup memang tidak ada CENTANG biru (cek saja kalau ga percaya wahai netijen)
    2 . Saat kk nya dm ig Yup resmi ko gampang bgt ya hacker bisa tau , dimana kah keamanan aplikasi Yup nya?? Ko mudah bgt hacker tahu. Berarti ga aman dong
    3 . Cs Yup memang slow respon bgt
    4 . Dan saat kejadian kasus urgent gt penanganan nya lama sekali
    5 . Sudah banyak loh korban Yup yg seperti ini.
    6 . Mohon untuk aplikasi Yup, lebih ditingkatkan untuk keamanan tekhnologi nya agar konsumen” Yg lain tidak merasa kecewa apalagi ini kan terkait tagihan yg tidak dipakai oleh konsumen melainkan di bobol.

  • 14 Januari 2023 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah bertanya /komentar yang berbau keuangan di postingan IG ataupun Twitter,karena penipu bersarang disana,memantau setiap komentar,mencari mangsa.
    Jika kita melakukan nya,percayalah,tidak lama akan banyak DM yg masuk dr akun2 palsu,mirip akun resmi seolah2 menawarkan bantuan,yg ujung2nya nipu.
    Lebih baik jika ada keluhan/pertanyaan,lgsg DM ke akun resmi.

  • 14 Januari 2023 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Kasihan sih, ketidaktahuan menyebabkan terjadinya masalah dibelakang. Tapi dengan tidak membayar tagihan, menyebabkan akan muncul masalah dibelakang..

    Tindakan pertama sudah benar, membuat laporan polisi, dan tidak cukup hanya surat laporan tapi dilanjut sampai muncul Berita Acara Pemeriksaan.

    Disini bisa ke cs (offline) pihak penerbit kartu kredit untuk dibekukan karena adanya surat laporan itu. Datangin gerainya, untuk diproses jangan lagi via telp atau online. Selama dalam 1 kota, datengi. Kerja? Cuti. Minta kompensasi hari.

    Tidak mau/males proses dengan hanya asumsi menjadi korban? Maka siap2 aja masuk daftar hitam OJK. Inget, surat laporan itu biasanya ada batas waktu, kecuali sudah ada BAP.

  • 25 Januari 2023 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Diwajibkan cek ig Yup Paylater @think_yup.id centang biru, jika tidak centang biru dipastikan palsu ya kk

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Modus Penipuan Mengaku Sebagai CS Yup PayLater di Instagram

oleh helmina dibaca dalam: 2 menit
25