Bunga Luar Biasa dari Mandiri Kartu Kredit untuk Pembayaran Full

Sebelum surat ini ditayangkan, pengaduan telah diajukan kepada Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 11 November 2022, atas kasus pengenaan bunga tengkulak oleh Kartu Kredit Bank Mandiri ini.

Dear Netizen,

Hal ini mungkin bukan hanya menimpa diri saya, saya adalah pengguna kartu kredit Bank Mandiri dengan akhiran ****2505.

Kejadiannya berawal dari diterimanya tagihan kartu kredit bulan Oktober, dengan tanggal jatuh tempo 05 November 2022, yang jatuh di hari Sabtu, sebesar Rp38.031.514. Dikarenakan tagihan jatuh di weekend, saya melakukan pembayaran sebagaimana ketentuan umum kartu kredit, yaitu dibayar di hari kerja berikutnya, yaitu pada hari Senin tanggal 07 November 2022.

Pada tanggal itu saya membayar secara full dengan melakukan 3 kali transaksi pembayaran, masing-masing sebesar Rp28.031.514 melalui transfer online bank lain, kemudian 2x transaksi melalui platform Blibli.com, masing-masing sebesar Rp5.000.000.

Sampai di sini bagaimana pendapat Netizen sekalian, saya sudah melakukan tanggung jawab saya sebagai pemakai belum?

Tidak disangka-sangka nih, pada lembar tagihan bulan November, muncul interest/bunga sebesar Rp1.035.880 pada tanggal 16 November 2022 (terlampir billing tagihan bulan November). Padahal jelas, di billing tagihan terlihat tanggal transaksi pembayaran secara full sebanyak 3x transaksi dengan total pembayaran Rp38.031.514. Artinya tagihan dibayarkan full pada hari yang sama. Sayangnya pihak Bank Mandiri baru memposting 2x transaksi pembayaran dengan total Rp10.000.000 pada hari berikutnya.

Kesalahan siapa dong? Kesalahan yang posting atau kesalahan konsumen yang sudah bela-belain bayar pagi-pagi, sebelum jam 6 pagi malah. Parahnya lagi, bunga untuk keterlambatan posting selama satu hari sebesar Rp10.000.000 tersebut, dikenakan bunga Rp1.035.880. Luar biasa, melebihi bunga tengkulak, 10.36% per hari loh para Netizen yang terhormat! Wowwww, inilah hebatnya Bank Mandiri.

Di posting sehari setelah pembayaran dan dikenakan bunga Rp1.035.880, wahhh

Saya keberatan? Ya tentu saja, pake banget malah. Saya lakukan pengajuan keberatan sebanyak 9 kali, 4 kali melalui telepon ke call center. Bisa dibayangkan berapa banyak biaya telepon yang harus saya tanggung, dengan kinerja Bank Mandiri yang membutuhkan sekian puluh menit untuk satu case dengan nada tunggu yang mendominasi lebih dari 50% durasi telepon. Kemudian 5-6 kali keberatan saya ajukan melalui email CS Bank Mandiri. M

Mendapatkan penyelesaian? Oh iya, tentu saja saya mendapatkan notifikasi penolakan pengajuan oleh pihak Bank Mandiri, tanpa menjawab pertanyaan saya sama sekali. Tidak ada penjelasan dari mana datangnya bunga 10.36% per hari dan juga tidak ada penjelasan atas dasar apa bunga dikenakan kepada nasabah yang sudah melakukan pembayaran full pada hari kerja pertama dari tanggal jatuh tempo.

Bukti pengaduan ditolak

Semoga setelah pengaduan dilayangkan ke Otoritas Jasa Keuangan, saya bisa mendapat keadilan yang semestinya.

Best regards,

Charlene
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Mandiri:
[Total:66    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Ibu Charlene Fang

Menanggapi pengaduan Ibu Charlene Fang melalui Media Konsumen terkait dengan pembebanan bunga Mandiri Kartu Kredit, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

64 komentar untuk “Bunga Luar Biasa dari Mandiri Kartu Kredit untuk Pembayaran Full

  • 12 Januari 2023 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf saya mau nanya. apakah ada ketentuan resmi bahwa apabila jatuh tempo weekend pembayaran boleh mundur ke hari kerja? soale saya bnr2 tidak tau. dan kenapa pula harus mepet bgt bayarnya hehehe dan perhitungan bunga itu dr all tunggakan bukan dr sisa tunggakan. jadi klo dr kasus ini, bunga 1 juta itu atas keterlambatan 38juta itu. bukan 10juta. kasus ini pernah masuk MK juga. dan semua setuju bahwa bunga dihitung dr total seluruh tagihan. waktu itu rame bgt bahas ini 😀

    22
    • 12 Januari 2023 - (17:03 WIB)
      Permalink

      yg 2x pembayaran lewat blibi itu gak langsung masuk..
      makanya kena bunga keterlambatan,
      coba cek lagi pas bayar lewat blibi kan ada keterangannya proses 2-4 hari kerja. gak bisa langsung masuk hari itu juga seperti transfer online

      22
      • 14 Januari 2023 - (11:47 WIB)
        Permalink

        Itu bayar pakai blibli sampai 2x bayar, masing2 5jt buat apa tujuannya dipisah2 gitu? Apa spy dpt promo cashback dari blibli? Klw iya ini artinya gara2 ngarep dpt cashback recehan jd kena bunga 1jtan, lalu klw jth tempi tgl 5 kenapa hrs byr tgl 7 kan byrnya juga via online kan bukan dtng ke bank yg tutup di hari sabtu, byr online bisa kapan saja nggak hrs hari kerja..

    • 12 Januari 2023 - (17:28 WIB)
      Permalink

      Tidak semua bank.
      Belakangan setahu saya, kalau tgl jatuh tempo jatuh di sabtu atau minggu,otomatis tanggal tercetaknya sudah diubah oleh sistem ke hari senin. Jadi nasabah gak perlu berspekulasi soal tanggal jatuh tempo bisa digeser ke hari senin.
      Apalagi sekarang processing system makin realtime, sudah makin minim namanya pending transaction. Kita bayar jam 23.59.59 saja bisa langsung posting masuk di hari yang sama lho.

      Oleh karena ini, pembayaran apapun gak cuma kartu kredit, sebaiknya jauh2 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Kecuali dana mepet atau belum ada, atau memang niatnya nunggak… Biar enak di kita juga gak kena masalah… CMIIW

      13
      • 17 Januari 2023 - (07:02 WIB)
        Permalink

        Terlalu mepet sih menurut saya pembayaran nya kalo bisa itu sebelum jatuh tempo melakukan pelunasan biar sistem melakukan pembukuan..

    • 13 Januari 2023 - (00:13 WIB)
      Permalink

      Udah gitu nyalahin ‘tengkulak’ pula. Padahal arti kata tengkulak itu pedagang perantara/pengepul/pembeli grosir dari petani.
      Kalau bunga tinggi itu rentenir atau lintah darat.
      Tapi ah ya sudahlah.

      10
      • 13 Januari 2023 - (10:49 WIB)
        Permalink

        @Suprapto
        Saya tengkulak lho di komoditas pertanian.
        Jadi TS nyalahin saya doooong? 😂

        1
        2
    • 13 Januari 2023 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Tergantung kebijakan masing-masing bank penerbit kartu kredit deh sepertinya.
      Untuk bank BCA, apabila jatuh tempo di akhir pekan, maka tgl jatuh tempo di hari kerja berikutnya. Berikut copy paste dari billing statement yang tercetak.
      BATAS AKHIR PEMBAYARAN
      Bila tanggal jatuh tempo jatuh pada hari libur,
      maka tanggal jatuh tempo adalah hari kerja
      berikutnya. Proses autodebet dilakukan di hari
      kerja sebelumnya.
      Untuk bank penerbit lain, bisa di cek di website halaman, billing statement atau lebih baik tanyakan langsung ke CS nya biar lebih jelas.
      INFORMASI PELAYANAN

    • 13 Januari 2023 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Itu ketentuan lama pak, waktu msh jarang yg pake mbanking. Kalo skrg udh gak bs, malah kalo lg mau lebaran atau libur akhir thn selalu dpt SMS dr bank utk bayarin tagihan sblm libur karna bakal diposting (dibukukan) di hari kerja berikutnya. Mengenai bunga cc, bnyk yg gak tau dan sadar kalo bunga dihitung dr tgl posting transaksi, bukan dr jatuh tempo. Misalnya posting tgl 5, trs jatuh tempo tgl 1, kita bayar tgl 5 bukan depan, itu bunganya udh masuk hitungan sebulan bukan 4 hari makanya gede bngt. Kalo sy sih menghindari bayar cc di tgl jatuh tempo, apalagi setelahnya walaupun pas hari libur, toh skrg bs transfer online antar bank lewat mbanking, langsung masuk gak pake 2 hari kerja kyk bayar lewat bank lain (menu pembayaran) apalagi lewat pihak ketiga seperti ecommerce. Selama ini cm BRI yg msh toleransi telat bayar sehari 2 hari, gak dikenakan denda apalagi bunga.

      • 14 Januari 2023 - (14:13 WIB)
        Permalink

        Bener .. CC ku jatoh tempo Minggu .. Sabtu pagi udah bayar . Trs bank nel kalo pembayaran sudah diterima …

  • 12 Januari 2023 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Uda jelas kena bunga bayar lewat blibli..
    Lwt pihak ketiga jelas terposting kira2 3 sampai 5 hari kerja
    Uda salah seolah2 bnar..

    14
    1
    • 12 Januari 2023 - (16:47 WIB)
      Permalink

      Setahu saya kalau bayar tagihannya ngga di bank penerbit, postingnya agak lama. Pernah di tokopedia baru keposting 3 hari kerja..

      Sebaiknya kalau udah mepet tgl jatuh tempo bayarnya lewat bank penerbit cc tsb 🙏

      14
      • 13 Januari 2023 - (06:49 WIB)
        Permalink

        Bener banget. Si TS aja yang bayarnya di pepetin tanggal jatuh tempo dan telat sehari pula. Pemenang kartu kredit biasanya pasti bayarnya maksimal 5 hari sebelum jatuh tempo agar tidak ada masalah. Ini TS salah seolah benar. Dikira kerja ngecek payment pembayaran kredit kartu kredit itu dalam hitungan detik kali ya. Semoga jadi pembelajaran TS agar tidak menunda-nunda pembayaran.

  • 12 Januari 2023 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Ini mah terlalu mepet bayarnya… Harusnya sebelum jatuh tempo, dan harusnya anda tau itu. Saya juga ada cc juga.. Tgl cetak 15 dan tgl 16 uda dapet biliingnya dan saya bayar tgl 17,walau jatuh tempo saya tgl 2.
    Jadi jangan terlalu dekat dengan temponya… Walau anda memang membayar kewajiban anda tp jangan mendekati tempo bahkan pas jatuh temponya.

  • 12 Januari 2023 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Pembayaran masuk di tanggal 08 itu terhitung telat 2 harian sejak tanggal cetak jatuh tempo.
    Itulah risiko pembayaran via pihak ke-3, gak langsung posting di hari yang sama.

    Untuk perhitungan bunga… Dihitung sejak tanggal transaksi sampai jatuh tempo atau cetak berikutnya, tergantung sistem. Bukan sejak jatuh tempo. Coba dicek di booklet atau informasi umum simulasi perhitungan bunga kartu kredit… di mana2 sama, namanya kalo telat bayar entah disengaja atau tidak, perhitungan mulai dari tanggal transaksinya. Makin jauh ya makin apes bunga makin gede. Untuk rate persen sih, pasti ikut aturan Bank Indonesia yaitu 1,75% per bulan, tinggal disesuaikan hitungan dimulai dari tanggal terjadinya masing2 transaksinya /posting.

  • 12 Januari 2023 - (17:33 WIB)
    Permalink

    sepertinya pembayaran via blibli lah yg telat.
    usahakan kalo pembayaran menggunakan third party jangan pernah mepet. krn membutuhkan waktu yg tidak sebentar.
    Sebelumnya jg pernah ada yg seperti ini, bedanya dia memakai tokopedia sbg pembayaran kartu kreditnya.

  • 12 Januari 2023 - (17:38 WIB)
    Permalink

    bunga dihitung dari jumlah tagihan, bukan dari sisa tunggakan.
    jd kalo ada yg kurang bayar Rp 1 pun, akan tercetak bunga dari jumlah tagihan. jd jangan sampai kurang bayar / telat bayar ya. krn system kartu kredit memang demikian.

  • 12 Januari 2023 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Karena saya pernah salah bayar total tagihan kartu kredit dan kena bunga yg sangat besar, semenjak itu saya selalu bayar pada tanggal cetak billing.

  • 12 Januari 2023 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Bang Klu Bayar jgn pake blibli 3 hari kerja baru masuk efektif no sabtu minggu jgn di hitung.Lgan Knp ngak pake Transfer Bank online.Mengharap cashback dari BLIBLI Ya.NGAKU?Demi cashback malah Buntung Sejuta.Iklas in saja lah Bang.Km yg salah kok malah Teriak2 di media Konsumen.Bank Mandiri Bener karna emang sistem nya dia Begitu.Itung2 Buat Bayar Kuliah Pengalaman.

    16
  • 12 Januari 2023 - (18:38 WIB)
    Permalink

    1.kl bayar di ecommerce mesti jauh2 hari dr jatoh tempo krn ada waktu proses.di ecommerce nya jg pasti sdh ada informasinya.kl mau langsung diterima,bayar dibank penerbit langsung
    2.denda biasa dihitung dr total tagihan,jd kl tagihan 50jt, kl bayar bukan 50jt,dendanya dihitung dr 50jt.
    Demikian. Kartu kredit bs sangat membantu tp kl kita tidak hati2 bs bahaya utk keuangan jg. Semoga kedepannya bs lebih bijak

  • 12 Januari 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Ternyata jaman skrg ungkapan “tong kosong nyaring bunyinya” masih berlaku yah.

    Bisa2 nya nge claim bunga 10%, bisa2 bilang males posting.

    #indonesiadaruratmembaca

  • 12 Januari 2023 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Kok kayaknya masih banyak banget ya pemilik CC yang ngga ngerti kalo bunga CC itu dihitung dari total tagihan bukan dari sisa tagihan. Emang ngga dijelasin kah di terms and condition pas CC nya dikirim? Saya ga pernah apply CC sendiri sih, cuma pegang suplementary card dari suami, tapi ya ngerti2 aja ttg itungan bunganya, karna baca2 dari internet.
    Balik ke kasus TS sih salahnya bayar mepet banget pas hari jatuh tempo, pake pihak ketiga lagi. Nyesek banget sih didenda sejuta padahal taunya udah bayar full. Semoga keberatannya diterima sama Mandiri. Kalo ngga ya wes diikhlasin aja, buat pelajaran kedepannya. Daripada jadi beban pikiran, malah bisa jadi penyakit

    • 12 Januari 2023 - (20:46 WIB)
      Permalink

      Betul sekali masih kita kurang 5.000 aja tghan 5 juta..bunga yg di hitung 5 jutanya…bukan 5 rbnya…

      • 12 Januari 2023 - (22:45 WIB)
        Permalink

        akhirnya kena bully jg,,,yg tabah yh anggap aja sbgi pendewasaan mental. smoga jg masalah cpt dpt penyelesaian.

    • 12 Januari 2023 - (22:52 WIB)
      Permalink

      setahu saya jika jatuh temponya sabtu atau minggu ,pembayaran yang disarankan maksimal hari jumat , bukan malah senin . ya salah sendiri kalo dapat bunga. pemegang kartu kredit seharusnya paham. gak ada pembayaran melewati jatuh tempo. walaupum libur sekalian. gak ngaruh walupun bawa bawa ojk. ketentuannya sudah jelas ts yang salah.

  • 12 Januari 2023 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Ayo jawab ts, udh ngegas loe, yg salah siapa nih? Harus berani ngomong kalau salah hihi

    2
    1
      • 13 Januari 2023 - (00:06 WIB)
        Permalink

        2-3 harian sudah bayar terlebih dahulu jangan ngepas kalau lewat pihak ke 3 bakalan delay, gatau jg sih biasanya walau delay Klo transaksi masuk ok ok aja sih

  • 12 Januari 2023 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Penulis bertanya “saya salah?” Ya jelas salah. Bayar kartu kredit via e-commerce dan pihak ketiga itu tidak real-time walaupun pembayaran di hari kerja. Butuh waktu proses sekitar 3-5 hari kerja atau bahkan lebih jika ada kendala. Itu sudah tertera jelas apalagi di Blibli ada keterangan pembayaran baru akan diproses 3 hari kerja. Tapi sepengetahuan saya biaya keterlambatan dan denda itu bisa dihapuskan karena saya juga pernah telat bayar bahkan hampir seminggu dari tanggal jatuh tempo dan bisa dihapuskan.

  • 12 Januari 2023 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Hari ini tgl 12 Jan saya bayar tagihan CC Citibank yg jatuh tempo tgl 19 Jan secara full payment dari rekening Mandiri.
    Untuk tagihan CC Mandiri yg jatuh tempo setiap tgl 11, saya selalu membayarnya full payment dari rekening Mandiri juga paling lambat tgl 7 setiap bulannya.
    Contohlah saya 😄😉

    6
    1
  • 12 Januari 2023 - (21:23 WIB)
    Permalink

    MK ini kalau kagak drama pinjol ya drama CC. Parahnya banyak pengguna yang bertindak sesuka hati lalu menyalahkan sistem. Memang sistem punya kelemahan tapi ayolah manusia lebih pintar dan bijak. Coba baca dan pelajari syarat dan ketentuan sebelum mencoba sesuatu.

    Dalam hal ini jelas kalau di e-commerce sudah muncul peringatan kalau pembayaran tagihan Kartu kredit butuh verifikasi sekitar 3 hari kerja tidak termasuk weekend dan hari libur.

    Apalagi di Blibli udah jelas ada keterangan pas pembayaran. Konfirmasi pembayaran butuh waktu 2-4 hari kerja. Itu gak dibaca kah? Atau memang gak pernah membaca? Ngejar cashback sampe segitunya atau gimana? Kesalahan sendiri tapi dilimpahkan ke bank.

    • 13 Januari 2023 - (06:31 WIB)
      Permalink

      Tambah drama tertipu tapi menyalahkan sistem padahal klik link / ngasih data / otp / dll.

  • 12 Januari 2023 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Mungkin anda mengira jatuh tempo tagihan cc itu seperti auto debit cicilan kendaraan/rumah ya biasanya memang diproses saat hari kerja tp cc bukan seperti itu. Itu tetap hitungan sudah telat, baiknya jangan bayar via pihak ketiga klo mepet apalagi weekend. Saya sarankan bpk ubah tanggal cetak ke 20 nanti jatuh tempo akan jadi tanggal 30 tiap bulan biar mudah diingat, mandiri paling gampang kok klo bank lain biasanya malah ga bisa diganti.

  • 12 Januari 2023 - (22:30 WIB)
    Permalink

    kakak salah? iya kak..salah..
    salahnya kakak bayar pake ecommerce pas tgl jatuh tempo..lain kali klo mau bayar via e commerce amannya 5-7 hari kerja sebelum jatuh tempo..

    • 13 Januari 2023 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Saya kagum sama TS dalam hal merangkai kata-kata buat bikin postingannya. Hebat !

      Tapi tidak kagum, sama pemikiran & sifatnya yang pemalas membaca & ogah memahami dengan layanan yang digunakannya.

  • 13 Januari 2023 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Bunga bukan dihitung dari tanggal jatuh tempo, tapi dari tanggal transaksi, misal tagihan 30 juta, sudah bayar 20 juta, 10 juta telat ya tetap kena bunga yg 30 juta.
    – Pertama jangan bayar terlalu mepet
    – Jangan bayar dengan bank lain karena perlu kliring.
    Mestinya yg punya CC ini paham lah.

  • 13 Januari 2023 - (05:05 WIB)
    Permalink

    Mau ikutin kasih pendapat
    Saya pakai cc mega, dengan limit yang masih dibawah dibawah 10 juta, ya udah beda kelas kali ya,
    Cuma saya dari awal sudah tahu apa itu bunga keterlambatan dan bagaimana cara menghindari nya dengan membayar tepat waktu, malah secepat mungkin bayar setelah tanggal cetak tagihan, saya tau sistem bank, kapan pembayaran diupdate, dan lainnya, karena enggak mau kena denda keterlambatan,
    Saya kira semua pengguna layanan perbankan kelas tinggi seperti limit kartu kredit tinggi ini, itu semua orang yang high class dari segi pengetahuan, thread ini mematahkan pandangan saya, wkwkwkw

    • 13 Januari 2023 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Nggak pernah merhatiin sih CC kalo tanggal jatuh tempo weekend atau libur nasional apakah memang digeser ke hari kerja berikutnya.. karena sepengetahuan saya ya tanggal jatuh tempo itu batas akhir pembayaran.. tapi sebenernya sejak tanggal cetak ke jatuh tempo itu kan hampir 3 minggu kenapa kok harus mepet sekali bayar pas jatuh tempo malah setelah jatuh tempo.. karena perhitungan bunga bedasarkan tanggal transaksi saya asumsikan disini anda melakukan transaksi 17 september 2022 H+1 tanggal cetak sebelumnya maka anda akan kena bunga selama 50 hari dikali 0.058% dikali 38 juta.. maka didapat nilai sekitaran 1.1 juta.. ini asumsi saya saja ya anda yang lebih paham transaksi anda.. jadi interest itu bukan untuk yang 10 juta karena bank telat posting tapi untuk tagihan 38 juta..

      • 15 Januari 2023 - (00:34 WIB)
        Permalink

        Mmg gak pernah digeser..TS asal ngarang bebas. Justru kalau jatuh tempo di hari libur bank selalu menyarankan bayar sebelum jatuh tempo. Gak pernah ada sejarahnya digeser ke hari kerja.

  • 13 Januari 2023 - (05:15 WIB)
    Permalink

    Mbaknya mau pamer limit apa gimana? Kl sy baca narasinya merasa seolah sudah paling benar semua tp malah kelihatan salahnya: 1) Bayar tagihan mepet jatuh tempo, padahal rincian tagihan sudah jelas jauh2 hari kl pakai aplikasi Livin; 2) Bayar tagihan tidak melalui bank penerbit kartu malah pakai e-commerce (mungkin tergiur cashback/diskon) dimana butuh waktu paling cepat 2 hari kerja agar dana diteruskan ke bank penerbit; 3) Salah memahami penghitungan interest untuk tagihan yg tidak full payment. So fix itu kelalaian nasabah, percuma posting di medkon, bayar saja tagihan bunga itu. Jika keberatan sebaiknya tutup CC daripada jd nasabah CC tp gagal paham.

    • 13 Januari 2023 - (07:11 WIB)
      Permalink

      Saya jg pengguna MKK dan saya jg sering melakukan pembayaran pada weekend atau tanggal merah, mau pagi siang sore malam pembayaran langsung masuk dan limit kembali, karena saya bayar menggunakan m-banking ybs atau transfer online dari bank lain. Beda cerita kalau melakukan pembayaran melalui menu pembayaran KK di m-banking bank lain atau e-commerce dimana pembayaran akan diterima bank maksimal 3 hk, kecuali pembayaran dilakukan jauh2 hari sebelum jatuh tempo itu beda cerita.

  • 13 Januari 2023 - (06:03 WIB)
    Permalink

    Mmg bgitu sistem kartu kredit bekerja, tdk hnya bank itu aja, tp bank lain jg sama. Maka bijaklah menggunakan & bayar tepat pada waktunya pake channel pembayaran di bank yg sama, jgn via pihak ketiga. Sayang sekali kartu sdh signature, tp pemahaman produk kurang, jd anda tdk mndpt mnfaat maksimal dr kartu anda

  • 13 Januari 2023 - (07:31 WIB)
    Permalink

    Weleh2 uy TSnye mana nihh??.. td nanyain ke netizen “Saya salah apa bener??”,. Udh dijawab2in nihh, lah ente malah gak nongol2??.. 😅

  • 13 Januari 2023 - (08:06 WIB)
    Permalink

    1. Setahu saya pembayaran jatuh tempo kartu kredit tidak bisa diundur, kesalahan nasabah bayar telat
    2. Bunga tersebut dari total tagihan 38jtaan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Mandiri?

Ada 64 komentar sampai saat ini..

Bunga Luar Biasa dari Mandiri Kartu Kredit untuk Pembayaran Full

oleh Charlene Fang dibaca dalam: 2 menit
64