Bunga Luar Biasa dari Mandiri Kartu Kredit untuk Pembayaran Full

Sebelum surat ini ditayangkan, pengaduan telah diajukan kepada Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 11 November 2022, atas kasus pengenaan bunga tengkulak oleh Kartu Kredit Bank Mandiri ini.

Dear Netizen,

Hal ini mungkin bukan hanya menimpa diri saya, saya adalah pengguna kartu kredit Bank Mandiri dengan akhiran ****2505.

Kejadiannya berawal dari diterimanya tagihan kartu kredit bulan Oktober, dengan tanggal jatuh tempo 05 November 2022, yang jatuh di hari Sabtu, sebesar Rp38.031.514. Dikarenakan tagihan jatuh di weekend, saya melakukan pembayaran sebagaimana ketentuan umum kartu kredit, yaitu dibayar di hari kerja berikutnya, yaitu pada hari Senin tanggal 07 November 2022.

Pada tanggal itu saya membayar secara full dengan melakukan 3 kali transaksi pembayaran, masing-masing sebesar Rp28.031.514 melalui transfer online bank lain, kemudian 2x transaksi melalui platform Blibli.com, masing-masing sebesar Rp5.000.000.

Sampai di sini bagaimana pendapat Netizen sekalian, saya sudah melakukan tanggung jawab saya sebagai pemakai belum?

Tidak disangka-sangka nih, pada lembar tagihan bulan November, muncul interest/bunga sebesar Rp1.035.880 pada tanggal 16 November 2022 (terlampir billing tagihan bulan November). Padahal jelas, di billing tagihan terlihat tanggal transaksi pembayaran secara full sebanyak 3x transaksi dengan total pembayaran Rp38.031.514. Artinya tagihan dibayarkan full pada hari yang sama. Sayangnya pihak Bank Mandiri baru memposting 2x transaksi pembayaran dengan total Rp10.000.000 pada hari berikutnya.

Kesalahan siapa dong? Kesalahan yang posting atau kesalahan konsumen yang sudah bela-belain bayar pagi-pagi, sebelum jam 6 pagi malah. Parahnya lagi, bunga untuk keterlambatan posting selama satu hari sebesar Rp10.000.000 tersebut, dikenakan bunga Rp1.035.880. Luar biasa, melebihi bunga tengkulak, 10.36% per hari loh para Netizen yang terhormat! Wowwww, inilah hebatnya Bank Mandiri.

Di posting sehari setelah pembayaran dan dikenakan bunga Rp1.035.880, wahhh

Saya keberatan? Ya tentu saja, pake banget malah. Saya lakukan pengajuan keberatan sebanyak 9 kali, 4 kali melalui telepon ke call center. Bisa dibayangkan berapa banyak biaya telepon yang harus saya tanggung, dengan kinerja Bank Mandiri yang membutuhkan sekian puluh menit untuk satu case dengan nada tunggu yang mendominasi lebih dari 50% durasi telepon. Kemudian 5-6 kali keberatan saya ajukan melalui email CS Bank Mandiri. M

Mendapatkan penyelesaian? Oh iya, tentu saja saya mendapatkan notifikasi penolakan pengajuan oleh pihak Bank Mandiri, tanpa menjawab pertanyaan saya sama sekali. Tidak ada penjelasan dari mana datangnya bunga 10.36% per hari dan juga tidak ada penjelasan atas dasar apa bunga dikenakan kepada nasabah yang sudah melakukan pembayaran full pada hari kerja pertama dari tanggal jatuh tempo.

Bukti pengaduan ditolak

Semoga setelah pengaduan dilayangkan ke Otoritas Jasa Keuangan, saya bisa mendapat keadilan yang semestinya.

Best regards,

Charlene
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Ibu Charlene Fang

Menanggapi pengaduan Ibu Charlene Fang melalui Media Konsumen terkait dengan pembebanan bunga Mandiri Kartu Kredit, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

65 komentar untuk “Bunga Luar Biasa dari Mandiri Kartu Kredit untuk Pembayaran Full

  • 13 Januari 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    dah berapa lama pake CC?
    harusnya dah tau/sering dikasi peringatan di lembaran juga deh. jangan bayar mepet.
    prosesnya kan bsa 1 hari kerja, jadi jangan pas banget jatuh tempo.

  • 13 Januari 2023 - (10:14 WIB)
    Permalink

    Rasanya pengen ketawa campur marah sama TS. Jatuh tempo tgl 5 trs bayar tgl 7, udah jelas2 telat ko malah merasa dirinya paling bener !!!!

  • 13 Januari 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Pdhl ada duit tuk bayar tagihan sebelum jatuh tempo. Tp mgkn emg niatnya bayar pas mepet2 gt kali ya

  • 13 Januari 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Jatuh tempo tgl 5, dibayar tgl 7 dengan alasan tgl 5 wiken jd bayar di hari kerja aja dan berharap tidak dpt denda keterlambatan, udah gt bayar pake 3rd party bukan via mandiri langsung…. EMANG BANK MANDIRI PUNYA NENEK MOYANG LO BISA LO ATUR BAYAR TAGIHAN CC DI HARI KERJA AJA GA PERLU IKUT JATUH TEMPO? ??????

  • 13 Januari 2023 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Maksudnya eman e bayar bunga ajaa 1jt-an… Kan bwt belanja kan lumayan.. Pengin sih rasanya berhenti pake CC tapi apa daya sudah telanjur.. Ada untung dan ruginya..

  • 13 Januari 2023 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Cba deh pembayaran nya jangan di pisah gitu, system itu membaca angka paling besar dr 3x bayar dalam sebulan. Makannya yg 5jt2x d anggap blm bayar walaupun sudah CR

  • 13 Januari 2023 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Kalau belum lunas atau telat sehari pun akan kena bunga seperti orang yang belum bayar tagihan. Sebaiknya bayar paling lambat 3 hari sebelum jatuh tempo agar bebas bunga, atau lebih baik 1 hari sebelum tanggal cetak tagihan agar bebas bunga dan bebas asuransi kartu kredit (bila ada). Misal asuransi 0,6% x tagihan yang belum terbayar 40 juta, sebulan = 240 ribu kalau setahun hampir 2,9 juta buat bayar asuransi jiwa kartu kredit. Lumayan kan buat beli beras.

  • 16 Januari 2023 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Aduh sih mbak anda itu salah udah pake banget itu!!!! Gak semua CC bank punya kebijakan itu jatuh tempo weekend boleh bayar di hari kerja berikutnya. Kalau bayar di platform e commerce itu bisa 3 hari kerja masuknya (baca ketentuannya). Yg langsung masuk hanya bayar dengan debit tabungan sesuai bank penerbit atau transfer antar bank misal BIfast. Kalau melalui menu pembayaran CC itu kena 3 hari jg. Masa gitu aja kagak tau sih…..????

  • 16 Januari 2023 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Dan lagian perhitungan bunga CC bukan berdasar sisa tagihan kalau dianggap telat membayar. Tapi bunga dihitung berdasar tgl per transaksi secara keseluruhan. Jd dalam kejadian ini bunga dihitung berdasar transaksi 38jtan tersebut bukan sisa 10 jt yg gantung itu kalau kurang bayar pas jatuh tempo. Hitung bunga transaksi ada rumusnya itu!!

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Mandiri?

Ada 65 komentar sampai saat ini..

Bunga Luar Biasa dari Mandiri Kartu Kredit untuk Pembayaran Full

oleh Charlene Fang dibaca dalam: 2 menit
65