Tokopediacare Mengulur-ulur Waktu Penyelesaian Masalah

Jumat, 6 Januari 2023 saya melakukan order di Makuku Official Store Tokopedia. Tanggal 8 Januari 2023 saya meminta untuk dibatalkan saja via chat ke seller dan juga melalui channel batalkan pesanan Tokopedia karena tidak kunjung dikirim hanya status ‘proses’. Seller tidak merespon tetapi tetap mengirim produk tersebut.

Sesuai dengan anjuran dan arahan dari Tokopediacare, saya melakukan komplain untuk retur barang setelah barang sampai karena Tokopediacare sudah mencoba menghubungi penjual namun tidak ada respon.

Tanggal 10 Januari 2023, setelah barang sampai saya langsung melakukan komplain untuk retur barang. Penjual menolak retur dengan alasan kurang bukti. Sesuai dengan rekomendasi tim Tokopediacare untuk melengkapi bukti, Saya mencoba melengkapi dengan foto produk, karena produk juga masih terbungkus belum dibuka. Selanjutnya, tim Tokopediacare meminta tanggapan penjual sampai dengan batas 11 Januari 2023 pukul 17.59.

Tanggal 13 Januari 2023, saya mencoba menanyakan tim Tokopediacare apakah tertidur karena proses komplain yang seharusnya menunggu tanggapan penjual maksimal tanggal 11 Januari 2023 pukul 17.59 sudah lewat batas. Namun tim Tokopediacare menyatakan butuh konfirmasi penjual kembali sampai batas yang tidak disebutkan.

Saya mencoba melakukan chat dengan tokopediacare namun balasannya hanya pemanis saja.

Hingga saat penulisan ini tanggal 16 Januari 2023, saya mencoba menanyakan kepada Tokopediacare namun tidak mendapatkan jawaban yang sesuai.

Mohon kepada Tokopediacare memberikan dan menyelesaikan permasalahan dengan baik dan benar, bukan sesuai template yang ada.

Terima kasih.

Salam,

Gomgom
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Tokopediacare Mengulur-ulur Waktu Penyelesaian Masalah

  • 16 Januari 2023 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Ada batas waktu proses sblm dikirimkan, 2/3 hari klo tidak salah. Tokopedia menyediakan hal tersebut. Pengembalian produk hanya ketika produk itu cacat, beda spesifikasi. Semuanya ada aturan main. Itu sudah diluar kewenangan Tokopedia. Klo Tokopedia menekan seller, artinya waktu yg diberikan tokopedia utk mengirimkan orderan hny omong kosong.

    • 16 Januari 2023 - (17:29 WIB)
      Permalink

      Makanya sebelum dikirim, saya minta untuk dibatalkan saja melalui seller. Tanggal 8 saya minta seller batalin karena belum ada request pickup. Bukan langsung ke tokopediacare.

      1
      6
      • 16 Januari 2023 - (20:37 WIB)
        Permalink

        sifatnya hanya permohonan , seller berhak menolaknya… jadi tergantung niat seller aja apakah tetap dikirim dengan resiko bisa dapat feedback jelek.. dan pengalaman disaat penjualan online saingan banyak, sering permohonan ditolak oleh seller

        2
        1
  • 16 Januari 2023 - (16:55 WIB)
    Permalink

    TS order hari jumat jam 4 sore. Artinya waktu prosesnya memang bs sampai lewatin weekend. Ini hal wajar. apalg toko yg punya jam kerja tertentu,pegawainya jg mau libur kl sdh lewat jam kerja.
    Nextnya kl butuh segera kirim chat dulu utk pastikan apakah bs langsung kirim, dan mestinya pakai kurir instan, soalnya bbrp kurir reguler diweekend jg lbh lama.

    3
    1
    • 16 Januari 2023 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Gak ada instant dan samdaynya om, emang pemalas x sellernya. Mau santai² hehehe,, itu aja dia bilang kurir gak ada pickup, padahal dia gak ada request pickup dia malah drop ke gerai hehehe

      1
      7
  • 16 Januari 2023 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Misalkan setelah diterima tanggal 11 diklik selesai terus dikasih bintang 1 sellernya ( walaupun ga salah), kan sudah selesai ya. Ga rugi waktu dan pikiran, apalagi itu popok pasti kepakai lagi kan lain waktu.

    Untuk komentar diatas memang benar adanya, mungkin bisa lebih bersabar kalau mau belanja online. Asal tidak melebihi batas pengiriman seller tidak salah.

    1
    1
  • 16 Januari 2023 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Pembatalan tidak bisa cuma lewat chat seller. Pembatalan lewat mekanisme marketplace juga biasanya diterima jika status pesanan masih di status “menunggu pembayaran” dan “pesanan diteruskan ke penjual”.

    Belanja online mesti tahu kapan harus sabar. Kalau kurang sabar nanti anaknya keburu tua lho, seperti iklan Gojek beli popok. 😁

    • 16 Januari 2023 - (20:12 WIB)
      Permalink

      Selesai CO, seller langsung ubah status jadi proses. Menunggu 2 hari masih tetap proses, coba minta dibatalkan saja via chat dan via batalkan pesanan di markeplacenya. Seller gak ngerespon request permintaan batal sampai akhirnya minta bantuan tokopediacare. Tokopediacare juga sudah coba menghubungi penjual dengan menelepon tapi tidak ada respon. Tau taunya barang dikirim. Itu sih yang jadi poin nya gan. Kalau belum proses, masih bisa dibatalkan langsung gak butuh konfirmasi

      1
      4
  • 16 Januari 2023 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Inti dari artikel ini adalah: pembeli yang tidak sabaran kena dikerjain sama penjual. 🥱
    FYI pembeli yang terhormat, jika orderan dibuat hari jum’at maka penjual punya waktu untuk proses pesanan 2 hari kerja sampai hari selasa (sabtu & minggu tidak dihitung oleh sistem)
    Kamu order tanggal 6 (jum’at) jam 16.35 (ini udah masuk kategori sore)
    Jika penjual kirim tgl 9 maka tetap masuk hitungan 1 hari kerja (sekali lagi sabtu & minggu tidak dihitung sistem) , sampai di kamu tgl 10 (1 hari kerja) juga pengiriman oleh kurir.
    Jadi disini, ga ada poin kesalahan yang dilakukan penjual. Apa yang dia lakukan masih dalam batas estimasi Tokopedia.
    CS juga sudah menjelaskan, tidak bisa seenaknya retur, karena penjual juga punya hak untuk menolak.
    Dalam hal ini, udah dipastikan, kamu tipe orang:
    1. Gak sabaran.
    2. Ngeyelan.
    3. Gaya elit, paham sulit.

    6
    1
    • 17 Januari 2023 - (06:15 WIB)
      Permalink

      Sepertinya anda penjualnya atau petugas tokopedianya ya hehehe canda bos. Bukan begitu bos, yang jadi garisbawahin itu adalah : penyelesaian masalahnya. Disitu sudah disebutkan batas akhir konfirmasi penjual adalah pukul 17.59, kalau tidak ada konfirmasi solusi retur akan dilakukan. Setelah itu kan berulang lagi, tokopediacarenya seperti mengulang kembali.

      1
      5
      • 17 Januari 2023 - (11:54 WIB)
        Permalink

        Dari awal kamu bilang saya “bos” udah cukup.
        Karena 99,9% orang yang suka manggil / nyebut bos baik di dunia nyata atau maya tipikalnya orang ngeselin.
        Sudah terbukti kan? Nah coba lihat dirimu sendiri. User “bos” itu kebanyakan bapak-bapak yang baru melek gadget.

    • 17 Januari 2023 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Saya juga seller di Tokopedia.

      Dana pembeli akan batal otomatis bila penjual mengirim barang MELEWATI BATAS KETENTUAN HARI mengirim brg tsb. Baca kasus ini maka pesanan hari jumat dan seller sudah pasti OLEH SYSTEM TOKOPEDIA harus mengirim brg tsb hari Senin sore/malam alias tgl 9. Dan penjual mengirim brg tsb hari Senin tanggal 9 dan sampai pembeli tanggal 10.

      Alit pengiriman sudah sesuai dengan PERATURAN DARI TOKOPEDIA

      Pembeli bisa return bila brg belum diterima sesuai ESTIMASI BARANG HARUS DITERIMA, mungkin ESTIMASI ya sekitar hari rabu kamis sementara barang sudah diterima hari selasa artinya pembeli tidak bisa retur barang tsb.

      Bila PENJUAL MENOLAK PEMBELIAN TSB SESUAI KEINGINAN PEMBELI maka rating toko tsb akan turun Dan bila beberapa Kalai MENOLAK pesanan dgn mengembalikan Dana ke pembeli maka toko penjual nakan di moderasi Dan bisa ditutup permanent tak bisa jualan lagi.

  • 17 Januari 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Estimasi penerimaan sistem topednya dari beli hingga proses 8-9 Januari. Tokopediacare juga yang menyarankan karena sudah lewat estimasi agar dilakukan komplain retur nantinya setelah barang sampai. Kalau tidak ada saran, akan saya komplain retur sesuai estimasi tokopedianya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Tokopediacare Mengulur-ulur Waktu Penyelesaian Masalah

oleh Gomz dibaca dalam: 1 menit
15