“Bug” QRIS Aplikasi Livin’ by Mandiri ke Merchant PermataBank

Tanggal 18 Januari 2023 sekitar pukul 01.08 WIB, saya mencoba test fasilitas baru QRIS Livin’ Mandiri menggunakan sumber dana kartu kredit. Saya mencoba nominal Rp 1 juta. Setelah transaksi, saya mendapatkan notifikasi dari Bank Mandiri berupa SMS, yang menyatakan transaksi berhasil.

Namun kemudian notifikasi di Livin’ Mandiri, status transaksi PENDING dan tertulis di notifikasi jika pembayaran pending/gagal, akan segera refund ke rekening Bank Mandiri, bukan ke merchant penerima. Saya juga tidak mendapatkan notifikasi transaksi berhasil ataupun pending via email. Padahal transaksi saya sebelum sebelumnya di Livin’ Mandiri selalu mendapatkan email, entah itu berhasil, gagal ataupun pending.

Kemudian pada tanggal 18 Januari 2023 sekitar pukul 16.37 WIB, saya melakukan transaksi QRIS Livin’ ke merchant ShopeePay dan transaksi berhasil, mendapat notifikasi SMS, email dan di aplikasi Livin’ semuanya tertulis berhasil. Pihak merchant ShopeePay juga mendapatkan notifikasi ada pembayaran transaksi baru dan sudah masuk ke saldo merchant, yang artinya transaksi QRIS Livin’ ke merchant ShopeePay normal.

Kemudian saya melakukan komplain (sanggahan transaksi) ke Bank Mandiri via email tanggal 20 Januari 2023 dan mendapatkan nomor tiket komplain: 3295267. Hingga tanggal 21 Januari 2023, selalu dibalas oleh CS Mandiri, yang intinya suruh refund ke pihak merchant. Padahal dari pihak merchant tidak menerima pembayaran dari Mandiri via QRIS.

Mohon agar pihak Bank Mandiri segera mengembalikan transaksi yang gagal/pending tersebut. Segera perbaiki BUG kalau ke merchant Bank Permata, serta segera pihak Bank Mandiri melakukan/meninjau kembali kerja sama pembayaran QRIS ke merchant Bank Permata, agar tidak terjadi lagi transaksi pending ke merchant Bank Permata.

Ade Fajar Santoso
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai QRIS Livin' by Mandiri:
[Total:6    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Ade Fajar

Menanggapi pengaduan Bapak Ade Fajar Santoso melalui media konsumen terkait dengan sanggahan transaksi Mandiri Kartu Kredit, kami mohon maaf atas...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk ““Bug” QRIS Aplikasi Livin’ by Mandiri ke Merchant PermataBank

  • 24 Januari 2023 - (22:39 WIB)
    Permalink

    normalnya, merchant wajib memeriksa notifikasi transaksi yang masuk pada merchant appnya. Apabila tidak ada notif transaksi masuk, maka merchant berhak menolak memberikan barang/jasa.

    Di kasus ini, kalau memang transaksi gagal, maka merchant seharusnya tidak memberikan barang/jasa dan kalaupun terjadi gagal setelah notifikasi masuk (jarang sekali terjadi) dan barang/jasa terlanjur diberikan, maka merchant-lah yang akan mengajukan complain kepada Permata dengan mengajukan bukti2 transaksi yg valid untuk kemudian diselesaikan dengan Bank Mandiri dan biasanya rekening/kartukredit anda akan didebet apabila terbukti.

    Apakah sudah dicoba lagi bayar di merchant yang sama atau di merchant Permata lainnya? Karena kalau hanya gagal satu kali atau hanya di satu merchant, tidak bisa dikatakan sebagai gangguan transaksi QRIS Mandiri ke Permata.

    • 24 Januari 2023 - (23:10 WIB)
      Permalink

      Betul nih, suspect gestun. Dilakuin pagi buta pas bank lagi proses batching akhir hari, nyangkut deh. Kwkkwkwk…

    • 25 Januari 2023 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Cuma hal gini doang ampe di up ke MK?? Transaksi gagal lapor ke lembaga pemyedia nya 2 sampe 3 hari juga dana balik ..dah biasa itu mah apalagi itu transaksi jam rawan gitu ..ga usah di komplen nanti juga sukses atau batal otomatis

      1
      1
      • 26 Januari 2023 - (08:21 WIB)
        Permalink

        Waduh, bayarnya bulet 1jt di toko nomer cantik… agak mencurigakan sii.. bs jd dianggap gestun atw froud 😁 dananya mgkn ditahan bbrp hari diperiksa, tp nanti balik lg ke limit cc nya… q dlu jg pernah

  • 26 Januari 2023 - (09:19 WIB)
    Permalink

    case closed, limit cc sudah dikembalikan. Mohon untuk mandiri & institusi QRIS seharusnya kalau QR sudah standar seluruh indonesia analoginya semua QR diperlakukan/sistem/prosedur sama semua tanpa kecuali. Tapi yg saya alami ke QR merchant Bank Permata gagal payment butuh 7 hari kalender, tapi ke merchant lain bisa realtime diterima pihak merchant. Jadi dapat disimpulkan ada beda sistem/perlakuan untuk tiap merchant QR yg notabene sudah QRIS yg artinya semua QR hatusnya mendapatkan sistem/perlakukan yg sama.

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS Livin' by Mandiri?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

“Bug” QRIS Aplikasi Livin’ by Mandiri ke Merchant Pe…

oleh Ade Fajar dibaca dalam: 1 menit
6