Saldo Refund Tidak Langsung Kembali ke Limit Kartu Kredit, Padahal Status “Canceled”

Halo, saya pengguna aplikasi DANA dengan nomor +62823***6977. Pada tanggal 2 Februari 2023 pagi, saya melakukan transaksi pembelian token listrik menggunakan kartu kredit. Ketika membayar, status pada mutasi kartu kredit saya sudah terpotong oleh DANA. Namun pada histori DANA tercantum bahwa saya belum membayar. Akhirnya saya cancel, karena tidak ada kejelasan bahwa transaksi saya terbayarkan.

Ketika di-cancel, saldo yang terpotong pada kartu kredit saya tidak kembali. Saya sudah membuat laporan pada digital assistant DANA, dengan nomor tiket: 23799200. Namun jawabannya hanya template dan berulang-ulang, sehingga tidak ada kejelasan kapan dana saya dikembalikan. Sedangkan saya butuh saldo tersebut segera kembali ke limit kartu kredit saya.

Saya sudah coba lapor melalui emailnya help@dana.id (tiket nomor 23801036). Namun lagi-lagi dibalas dengan template saja dan tidak ada respons lagi. Saya sangat kecewa dengan pelayanan customer service DANA, karena hanya membalas keluhan dengan template, tapiĀ tidak ada tindaklanjutnya yang jelas.

Dari pengalaman saya, dana refund kembali ketika transaksi cancel saat itu juga dan otomatis masuk kembali ke limit kartu kredit. Saya tidak bisa percaya dengan kata-kata “DANA PROTECTION“, karena saya merasa pihak DANA membuang-buang waktu untuk merespons keluhan saya.

Bella Chintya Vadlan
Samarinda, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

6 komentar untuk “Saldo Refund Tidak Langsung Kembali ke Limit Kartu Kredit, Padahal Status “Canceled”

  • 4 Februari 2023 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Butuh waktu maksimal 14 hari kerja pengembalian ke liimit kk untuk transaksi yang gagal atau batal. Di tunggu aja !

    • 5 Februari 2023 - (09:05 WIB)
      Permalink

      haha sistem dana gini amat yašŸ˜‚ sebelumnya kasus serupa dgn nominal kecil, kembali saat itu juga saat saya cancel transaksi, dan itu juga saya buat reports ke resolution center langsung, dikembalikan setelah 2jam kemudianšŸ˜…

  • 5 Februari 2023 - (00:53 WIB)
    Permalink

    Sepemahaman saya, transaksi kartu debit / kredit butuh maksimal 14 hari kerja buat refund. Jadi disini kamu lah yang tidak sabaran.

    • 5 Februari 2023 - (09:03 WIB)
      Permalink

      halo, saya sudah pernah mengalami sebelumnya hal serupa namun nominal tidak besar seperti yg saat ini. Dan saat itu juga refund/pengembalian otomatis masuk lg ke rekening saya. Kalau bukan nominal besar, saya masih bisa santai saja. Ini nominal yg harusnya saya pakai lagi utk transaksi penting lainnyašŸ˜ trims, saya mmg tdk sabaranšŸ˜†šŸ‘šŸ»

  • 5 Februari 2023 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Solusinya ajukan kartu kredit lain aja. Jadi banyak cadangan kalau kejadian serupa dan ente ga usah repotĀ² nulis dimari

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Saldo Refund Tidak Langsung Kembali ke Limit Kartu Kredit, Padahal Staā€¦

oleh bella chintya dibaca dalam: 1 menit
6