Pihak DANA Tidak Bisa Mengembalikan Dana yang Salah Top Up, Padahal Nomornya Tidak Terdaftar di Aplikasi DANA

Pada tanggal 06 Januari 2023, saya melakukan salah top up saldo DANA dari BRImo Bank BRI. Saya ingin top up seharusnya ke nomor saya 08969626**61, tapi salah input menjadi 08969623**61 (salah 1 digit angka).

Saya sudah tanyakan kepada provider 3, infonya nomor tersebut ada yang menggunakan. Namun data-datanya tidak bisa diinfokan kepada saya. Saya pernah menghubungi dan chat nomor tersebut, tapi yang mengangkat adalah anak kecil dan jarang diangkat. Nomor WA tidak terdaftar, di aplikasi GetContact nomor tersebut tidak ada, di aplikasi DANA pun jika ingin mengirim melalui nomor hp tidak ada namanya.

Laporan yang saya ajukan ke DANA hanya mendapat jawaban kalau dana tidak bisa dikembalikan, karena nomor tersebut (yang salah) tidak bisa dihubungi dan tidak ada solusi. Seharusnya jika nomor tersebut tidak memiliki akun DANA, Pihak DANA bisa menarik dananya. Saya gak paham tentang peraturan mengenai salah transfer seperti ini.

Nori Metriani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Nori

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Nori dengan judul “Pihak DANA Tidak Bisa Mengembalikan...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Pihak DANA Tidak Bisa Mengembalikan Dana yang Salah Top Up, Padahal Nomornya Tidak Terdaftar di Aplikasi DANA

  • 7 Februari 2023 - (17:37 WIB)
    Permalink

    buat pelajaran aja yuk kak biar kalo mau top up dicek balik nomornya, aku juga hampir pernah salah digit karna kalo udah gitu penyelesaiannya emg di dompet digital tujuan

    10
    1
    • 8 Februari 2023 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Itu bukan tidak terdaftar, tapi si pemilik akun belum verifikasi pake ktp jadi wajar gak ada namanya

  • 7 Februari 2023 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Harusnya pihak DANA mengantisipasi kalau ada orang yang tranfer/top up ke nomor handphone yang tidak terdaftar di aplikasi dana maka transaksi otomatis tertolak / gagal, seperti layaknya kalau salah tranfer ke rekening bank yang tidak terdaftar, tapi saat ini ketika hal tersebut terjadi transaksi tetep berhasil, dan bikin runyam, karena nomor tersebut kadang kala memang nomor tidak aktif bahkan nomor tidak ada, dan yang mengherankan itu uangnya lari kemana sih? Masa iya pihak dana yang ngambil?

    • 7 Februari 2023 - (22:16 WIB)
      Permalink

      Yah sprtnya diambil oleh pihak Dana Pak, rejeki nomplok buat developer dan pemilik aplikasinya, bayangin aja klo 1000 pengguna D*na salah TF dgn rata2 nominal 20.000 aja udah bisa dpt 20jt Pak secara gratis ??

      7
      10
        • 8 Februari 2023 - (14:13 WIB)
          Permalink

          Jaman sulit dan ngga ada duit harusnya lebih teliti dalam bertransaksi , supaya ngga salah dan karena ngga bisa di kembalikan , dia paling senang kalo ada salah top up , karena kalo salah top up langsung di angkut dan masuk keuntungan tambahan , maka dari itu mulai dari sekarang jangan salah top up , karena kalo salah top up akan hilang ?? ?? , paham .

  • 7 Februari 2023 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Untuk kedepannya kalau mau transfer/top up e walet ke nomor rek/no hp kita atau nomor yg sering kita gunakan untuk transfer atau top up e walet lebih baik langsung disimpan aja. Untuk mengantisipasi salah ketik. Baik aplikasi brimo maupun yg lain sudah menyediakan menu simpan nomor. Smoga cpat slesai mslahnya mbak

  • 7 Februari 2023 - (20:12 WIB)
    Permalink

    kasus di MK salah satu nomor terus ajah terulang lagi ??‍♂️ tiap bulan.

    kalau Pihak E-wallet memberikan nama jelas tanpa di sensor sblm top up, jadi bahaya juga, bisa disalah gunakan juga oleh para penipu utk mencari nama langkap org lain lewat no HP ???

  • 8 Februari 2023 - (05:23 WIB)
    Permalink

    Cek nama cek nomer
    Cek nomer cek nama
    Cek jumlah top up
    Biasanya di tanya dulu atas nama siapa top up berapa yg di top up

  • 8 Februari 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Seharuse bisa di balikin…kecuali dna tersebuut blm di ambil..
    Klau uda di ambil anggep aja…beli hp masuk ke kali..bblas ikhlas ?

  • 8 Februari 2023 - (10:14 WIB)
    Permalink

    saya transfer 50rb saja saya cek berkali2, ada kali sampe 3x. aplg yg jutaan, pasti minimal sy cek 5x, nomor rekening, penerima dana, sama jumlah. udah yakin baru transfer

  • 8 Februari 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    coba hubungin lagi nomor tersebut. Minta ngobrol sama yg udab dewasa. Ajak diskusi masalahnya apa. Semoga dia mau bantu. Minta daftar dana pake nomor hp nya. Ketika akun dana dia udah dibuat. Otomatis masuk itu saldonya

  • 8 Februari 2023 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Biasanya gagal itu kalau ga ada akun dana di nomor tersebut, mungkin ada yg nakal juga disana

    • 8 Februari 2023 - (14:56 WIB)
      Permalink

      Saya pernah salah top up ke nomor yg blm ada akun dana nya.tp masi nomor sendiri. Akhirnya sengaja buat dan emng ud masuk top up nya ke nomor tsbt.

  • 8 Februari 2023 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Ga mungkin kl nomer yg ke daftar di dana itu bisa di isi saldo dana.. Sedangkan nomer yg sdh terdaftar di dana saja kl blm pernah isi req via virtua account ga bakal ke isi via mbanking apa lg brimo.. Jd nomer yg sdh ke isi sm TS itu fix nomer pengguna dana aktif.. Jd kesalahanya ya dr anda sendiri itu bro kelalaian..

    • 11 Februari 2023 - (05:40 WIB)
      Permalink

      Itu bukannya gk kedaftar,itu nomornya kedaftar cuma akunnya belum premium jadi gk ada namanya.
      Lain kali hati2 ya dan lebih teliti lagi kalau mau transfer.

  • 9 Februari 2023 - (01:11 WIB)
    Permalink

    Saya top up malah belom masuk dari Alfamidi.
    Kacau ini dana
    Email sudah
    TLP cs sudah
    Ig komentar di nonaktifkan
    Kacau dana dana

  • 9 Februari 2023 - (10:59 WIB)
    Permalink

    DANANYA dipinjam dl sama DANA,buat DANAIN yang salah transfer DANA sebelum ANDA.

  • 9 Februari 2023 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Kek gini teros masalahnya, dah bejibun masalah gini masih aja salah tf, ga liat apa thread2 sebelumnya yg salah tf, udah diingetin cek kembali nomornya, masih aja teledor jadi orang

  • 9 Februari 2023 - (23:13 WIB)
    Permalink

    Anda bukan anak kecil lain kali harap berhati-hati. mau topik up mau transfer uang. harap di teliti kembali nomor tujuan.

  • 10 Februari 2023 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Hehehe.. ini orang yang komen teliti lagi.. teliti lagi kek manusia sempurna yaak.. orang tuh pasti ada miss-nya dalam hal apapun.. jangan pada sok laaah.. karna saya juga pernah kok salah Top Up ke DANA, nominalnya nominal maksimal DANA yg bisa di top Up pula, senilai 20 juta.. kalo diinget2 kenapa kok bisa salah yaa emang kebetulan lagi missed ajah hari itu.. biasanya ngecek yaa gak ngecek, entah karna diburu-buru atau gimana, pokoknya missed ajah..
    Tapi yaa alhamdulillahnya masih rezeki.. itu uang 20 jt balik lagi.. walau yaa agak ribet dan memakan waktu ngurusnya.. Intinya selama penerima Top Up itu gak aktif nomornya pihak DANA bisa membantu mengembalikan dana yang salah top up tersebut.. dengan catatan kitanya jangan kayak orang bener.. maksa2 orang kerja cepet supaya uang kita balik.. sabar ajah ngurusinnya.. Insya Allah nominal yang dalah top up tadi kembali ke rekening asal top up..

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Pihak DANA Tidak Bisa Mengembalikan Dana yang Salah Top Up, Padahal No…

oleh Nori Metriani dibaca dalam: 1 menit
27