Jumlah Kuota XL Axiata yang Didapat, Tidak Sesuai dengan Pembelian

Selamat siang para pembaca yang budiman. Saya merupakan pelanggan provider XL, dengan nomor +628776829***. Pada tanggal 09 Februari 2023 melakukan pembelian paket internet Extra Combo Mini + Youtube dan IG, dengan rincian sebagai berikut: Kuota Youtube 3 GB, Kuota 24 jam 3 GB dan Kuota Lokal (Kab. Bandung Barat) 3 GB, total semuanya menjadi 9 GB sesuai dengan lampiran berikut:

Pembelian dilakukan melalui aplikasi MyXL, dengan system pembayaran melalui pemotongan pulsa. Saya sehari-hari bekerja di Bandung Barat dan mengaktifkan kuota juga di kab. Bandung Barat. Sebelum pembelian, ada konfirmasi kuota yang akan didapatkan sesuai screenshot. Akan tetapi setelah pembelian, kuota yang didapat hanya sebanyak 6 GB, yaitu kuota YouTube 3 GB dan kuota 24 jam 3 GB. Saya coba ajukan keluhan melalui aplikasi MyXL melalui Live Chat, akan tetapi sangat susah sekali tersambungkan.

Sampai lebih dari 1 jam, setiap chat pasti AI akan menawarkan untuk disambungkan dengan agent (personal customer service) dan diberikan nomor antrean. Selalu seperti itu, tiap saya chat ulang untuk test apakah masih tersambung apa tidak. Akhirnya saya menyerah komplain via live chat dan dilanjutkan dengan komplain via telepon ke 817, yang mana saya dikenakan biaya sebesar Rp500 sekali telepon.

Singkat cerita saya ajukan keluhan via telepon kepada pihak XL. Akan tetapi dari pihak XL mengatakan bahwa paket yang saya beli memang hanya 6 GB, dengan alasan kuota lokal yang dimaksud tidak masuk untuk area tempat saya beli paket tersebut.

Jika dilihat pada tangkapan layar (screenshot) yang saya lampirkan, di situ terlihat dengan sangat jelas benefit yang akan saya dapat jika membeli paket tersebut. Namun pihak XL tidak memberikan hak saya yang sudah membeli paket tersebut. Sebagai pribadi, saya klasifikasikan ini sebagai penipuan terhadap saya.

Setelah bertahun-tahun menggunakan provider XL, setelah kuota ini habis saya akan berhenti berlangganan. Hal ini dikarenakan masalah yang terjadi memang bukan hanya ini saja. Nilai kerugian materiil saya memang tidaklah besar, paket tersebut hanya bernilai Rp24.850, akan tetapi hal tersebut mengikis kepercayaan dan meningkatkan kekecewaan saya sebagai konsumen setia XL yang telah berlangganan selama bertahun tahun.

Rudi Gunawan
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Rudi Gunawan

Jakarta, 25 Februari 2023 Ref.CM/CU/E/005/0223/WH Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Rudi Gunawan melalui...
Baca Selengkapnya

32 komentar untuk “Jumlah Kuota XL Axiata yang Didapat, Tidak Sesuai dengan Pembelian

    • 15 Februari 2023 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Sudah ajukan complain ke 817 dan live chat di myxl apps, kalau hasilnya sama aja percuma.. Silahkan bawa kekurangan kuotanya

      3
      1
      • 16 Februari 2023 - (15:57 WIB)
        Permalink

        Itu kuota lokal broo beda” tiap beda lokasi misal gw di jawa 5engah kuota lokal yg gw dapet bisa sampe 70GB+ (untuk paket extra combo 72GB VIP), tapi kalo di kepri cuman 30GB
        Perlu bukti dm IG gw @arya_v3_hdt.

        • 16 Februari 2023 - (16:20 WIB)
          Permalink

          Iya beda2.. Di aplikasi sudah di state seperti di screenshoot saya klo di kab. Bandung Barat dapet 3 GB, tapi kenyataannya tidak.. Klo di aplikasinya gk nyantumin itu sih saya fine fine aja gak akan protes..

    • 15 Februari 2023 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Kuota Lokal.
      Bonus Kuota Lokal hanya dapat ditemukan dan digunakan oleh pelanggan yang berada di kota tertentu
      Bonus Kuota Lokal yang didapatkan pelanggan berbeda-beda tergantung lokasi aktivasi & waktu pembelian paket
      Informasi jumlah Bonus Kuota Lokal dapat dilihat dengan memilih varian Xtra Combo Mini di aplikasi myXL.

      Memang ga sesuai harapan.
      Di web xl hanya ada combo extra mini 6gb 7hr dgn harga 23,500.
      Yg 3 gb kuota lokal extra hanya bonus di area tertentu.

      Kalau tidak puas dgn XL tinggal beli kartu perdana baru misal 3 three, paket happy yg 52gb @77rb 1 bln unlimited youtube, di simcard ke 2 misal nya

      • 15 Februari 2023 - (14:55 WIB)
        Permalink

        Sebelum melakukan pembelian sebelum klik aktivasi saya sudah baca dulu benedit yang akan di dapat, dan sudah terpampang jelas apa saja yg akan didapatkan, sebaiknya kalau kita dirugikan kita jangan hanya diam terus ganti provider, itu gak akan menjadi pelajaran buat provider yang curang, saya memutuskan beli paket ini karena paket utama sudah habis itung2 nunggu siklus abis jadi sementara beli dulu yg buat 7 hari..

        3
        2
      • 16 Februari 2023 - (13:58 WIB)
        Permalink

        Hal yg sama baru saja saya alami,saya jawab ini menggunakan quota tersebut
        Saya beli paket combo seharga 59.900 an untuk mendapatkan quota total dgn perincian 10 gb + 3gb + 3gb + 3gb sesuai perincian di my xlnya.Yg saya dpt hanya 10+3+3….yg 3 lainnya hilang tak ditemukan ujung rimbanya
        Tapi saya berusaha setia dgn *my xl*

      • 16 Februari 2023 - (16:24 WIB)
        Permalink

        @henryh coba perhatikan screenshoot yang saya lampirkan baik2 dan bandingin dengan apa yg di dapat..

    • 10 April 2023 - (19:59 WIB)
      Permalink

      Kasus nya sama dengan saya, saya sering beli paket kuota xtra kombo mini dengan harga 18 ribu masa waktu 7 hari dan kuota yang saya dapat sebesar 8 GB dengan rincian sebagai berikut. kuota lokal 4 GB, kuota utama 2 GB, kuota youtube 2 GB. Namun setelah saya aktif kan dan bayar saya hanya mendapat 2 GB kuota utama dan 2 GB kuota youtube, sedangkan untuk 4 GB kuota lokal saya tidak dapat sama sekali padahal di situ tertera untuk di zona saya kabupaten majalengka dapat kuota lokal 4 GB tapi nyatanya tidak, saya coba telpon ke CS alasan nya di zona saya itu masuk zona 1 dan memang tidak dapat kuota lokal. Lantas untuk apa keterangan yang ada di paket tersebut, jelas jelas untuk kuota lokal bisa saya dapatkan di kabupaten majalengka.. Kalo misalnya memang di area saya tidak dapat kuota lokal seharusnya tidak usah di cantumkan, saya merasa di tipu berkali kali.. Apalagi promo promo yang tidak jelas, contohnya di kartu XL saya ada promo kuota 12 GB dengan harga 22 ribu setelah saya cek di kartu XL milik istri saya malah beda padahal promonya sama namun nominal harganya beda.. Baik nya kalo XL axiata tidak bisa adil dan konsisten untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan mending tutup perusahaan saja, karena banyak pelanggan yang banyak merasa di tipu..

  • 15 Februari 2023 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Mungkin jika beli paket lewat aplikasi maka fungsi GPS harus diaktifkan dan aplikasi diberi izin akses lokasi (GPS), sehingga kuota lokal aktif sesuai lokasi pembelian. Ini cuma asumsi saya saja, mengingat paket terbagi-bagi model begini banyak celah berkelit bagi operator, dan cenderung disengaja.

    Untuk meminimalisir masalah ada baiknya pilih paket internet flat yang tidak dibagi-bagi ini-itu. Meski umumnya lebih mahal tetapi benefitnya bisa dipakai untuk akses internet apapun dan biasanya downrate lebih besar. Jika operator ini tidak menyediakan paket internet flat dimaksud, pindah saja selagi masih banyak pilihan lain.

    3
    1
    • 15 Februari 2023 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Selama kita membaca dengan seksama apa benefit yang didapat, saya rasa tidak masalah kita membeli paket walaupun ribet, akan tetapi jika kita tidak mendapatkan hak seperti yang dijanjikan setelah pembelian, sebagai konsumen kita tidak bisa diam saja.. Kerugian saya sangat kecil sekali gak sampe 10ribu, tapi jika itu dibiarkan tidak akan ada perbaikan dari pihak XL

      2
      1
  • 15 Februari 2023 - (16:06 WIB)
    Permalink

    @rudi. Apakah sebelum nya sdh pernah membeli paket ini? Apakah selalu dapat extra bonus yg 3gb atau baru pertama kali? Semoga xl kembalikan yg 3gb di paket berikut.
    Ibarat sudah pernah di sakiti tetapi tetap setia ber tahan. Kaya lagunya siapa ya?

    • 15 Februari 2023 - (16:17 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya memang sudah biasa dapet kuota lokal itu.. Selain itu saya suka teliti sebelum membeli barang/jasa apapun mengenai term&condition nya biar gak pernah di rugiin dan kemakan promo iklan..

      • 16 Februari 2023 - (11:23 WIB)
        Permalink

        Bener, kalo disaya berubah biasanya, kalo tadinya kuota lokal saya (samosir) dapet 5 gb begitu pindah kota (jakarta) langsung turun jadi 2gb, namun bila kuota lokalnya sudah terpakai lebih 2gb kuota lokalnya langsung hilang

  • 15 Februari 2023 - (21:09 WIB)
    Permalink

    Saya pakai XL. paket extra combo VIP plus 22 giga 30 hari. Dapat potongan harga 75% cm kepotong pulsa 18.000 tiap bulan. dapat kuota lokal 2 (6 giga), dan kuota lokal 3 (3 giga), bonus reward 3 giga, kuota utama 10 giga. sampai ga kepakai kuotanya? sampai perpanjangan terus tiap bulan dan di akumulasi 10 giga tiap bulan, sampai sekarang sudah 100 giga lebih? karena dirumah pakai Wi-Fi dikerjaan pakai Wi-Fi ??. murah meriah kuota melimpah kartu SIM ga masa tenggang…?

  • 16 Februari 2023 - (00:32 WIB)
    Permalink

    Mungkin kuota lokal itu cuma bonus yang bisa di dapatkan sekali saja kalau dilihat dari ss kamu sepertinya sudah pernah beli paket yang sama.

  • 17 Februari 2023 - (10:11 WIB)
    Permalink

    coba di cek, nomor anda nomor area mana, apakah area Bandung/jawabarat atau bukan, atau kuota habis terpakai juga tidak tahu, sepertinya bonus kuota lokal aktif jika baru beli paket ( tidak ada paket lain yang aktif ) soalnya saya juga pernah beli, masih ada paket aktif, dan tdk dapat bonus kuota lokal,

    • 18 Februari 2023 - (14:42 WIB)
      Permalink

      Konsennya pada tampilan sebelum konfirmasi pak, itu sama dengan janji dagang.. Secara hukum jika pembeli tidak menerima sesuai dengan yang di janjikan maka itu melanggar hukum.. Kita jangan diam aja ditipu pengusaha

  • 9 September 2023 - (02:15 WIB)
    Permalink

    Iya parah kali XL ku kira knp jadi boros x , pas ini malam beli baru sadar yg di beli dgn data yg di dapat udh gk sesuai ,klo mau protes di alih kn ke mana2 , mau mempertanyakan pun susah x ,kok bisa kepotong berulang2 , harus nya bisa di up aja ini kasus , biar kementrian tau busuk nya penyedia layanan skrng , terlalu nyaman klo blm heboh.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Jumlah Kuota XL Axiata yang Didapat, Tidak Sesuai dengan Pembelian

oleh Rudi dibaca dalam: 1 menit
32