Pembelian PS 5 Saat Flash Sale Tokopedia Funstation Dibatalkan Sepihak

Pada hari Senin tanggal 27 Januari 2023, saya gak sengaja melihat promo flash sale Funstation Tokopedia. Lalu saya beli produk PS 5 yang harganya Rp219.00 (dari harga normal Rp11 jutaan) dari toko LE Gamingshop di Tokopedia. Namun 10 menit kemudian kurang lebih, pesanan saya dibatalkan sepihak, dengan alasan salah masukin promo.

Lah kalau salah dia, kenapa kita yang nanggung? Ini kan namanya flash sale. ada jangka waktu, ada kuantitas yang terbatas, jadi wajar aja dong kita sudah berhasil pesan lalu dibatalkan dan menjadi kecewa.

Padahal ada ketentuan jelasnya dari Tokopedia, kalau sudah ikut promo flash sale, seller tidak bisa membatalkannya. Ini malah seenak gitu aja dibatalkan.

Di mana hak perlindungan konsumen? Di luar negeri komit tuh sama promo yang gila-gilaan. Di sini mah cuma mau ambil benefit dari crowd yang kunjungi tokonya doang. Begitu berhasil order langsung dicuekin, dibatalkan, dll.

Saya cuma mw kejujuran dan tanggung jawab dari seller dan Tokopedia.Ā Terima kasih.

Ricky Riyanto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia Funstation:
[Total:99    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Pembelian PS 5 Saat Flash Sale Tokopedia Funstation Dibatalkan Sepihak

  • 1 Maret 2023 - (08:16 WIB)
    Permalink

    Point 5 itu maksudnya produk yang sudah didaftarkan promo tidak bisa dibatalkan ikut promonya. Bukan tidak bisa dibatalkan pesanannya.
    Kemarin ada kasus begini , tapi di official store. Kabarnya sih diganti, kalau cuma paling cuma kena penalty.

    6
    1
  • 1 Maret 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    iyaa bner kata mas bro di atas, bukan berarti pesanan dibatalkan , tidak ada point yang mengatur itu..palingan kena pinalti atau pengurangan point tokonya

  • 1 Maret 2023 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Uninstall tokopedia. Sering banget seller sesuka hati batalin pesanan. Dan di tokopedia, gak bisa gabungin gratis ongkir dengan cashback. Hapus aplikasi tokopedia!

    14
    19
      • 2 Maret 2023 - (15:41 WIB)
        Permalink

        sellernya php
        buyernya sakit hati maksa hrs kirim šŸ¤£
        tgl siapa yg mau nanggung rugi
        seller (paling cm – pinalty)
        toped? ( mana mau)
        buyer (duit balik, cm gigit jari)

    • 1 Maret 2023 - (16:05 WIB)
      Permalink

      Halah, nanti ada berita keluhan shopee komenlagi.. uninstall shopee, nanti ada dari Bukalapak..komen lagi uninstall Bukalapak, banyak bacot ente

      9
      2
      • 2 Maret 2023 - (15:52 WIB)
        Permalink

        Iya bener kebanyakan bacot udah aja enggak usah belanja online uninstal ini uninstal onoh ….

      • 7 Maret 2023 - (08:46 WIB)
        Permalink

        Seller bisa saja salah input krn champaign dari pihak marketplace sering suka minta promo harga yang tidak masuk akal dan tanpa sengaja terapproved oleh seller,
        bagi pembeli musti dipakai akal sehatnya berlogika lebih baik lagi jangan hanya menuntut maunya sendiri krn anda sudah tahu barang normalnya 11 juta ada harga promo 200rban tanpa syarat & ketentuan lalu di percaya begitu saja (itu sudah selisih yg tidak realisitis/nyata) , lalu bila di riect ngamuk ngamuk di medsos itu sikap seperti anak kecil yang tidak jadi dibelikan mainan sama emaknya padahal nalar anda yang musti di perbaiki, bagaimana kalo posisi di balik ke anda yang jadi seller / karyawan toko online lalu di suruh nombokin >10juta?
        Kesimpulannya ada 2 yaitu
        1. Untuk penjual : Hati Hati dg Champaign Marketplace, cek kembali harga2 produk yang di ikutkan champaign supaya tidak salah input & menyesatkan konsumen.
        2. Untuk pembeli : ini terjadi karena nafsu atas kebodohan anda sendiri plus anda adalah orang yang suka memanfaatkan kesalahan orang demi keuntungan pribadi, sudah tahu lihat org lain rugi masa bodo, yang penting diri anda untung?
        3. Untuk Marketplace tingkatkan saja terus sistemnya menjadi lebih baik

        16
        2
    • 7 Maret 2023 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Biasa aja jangan baper…ingat kita ini manusia masih bisa input kesalahan…yah legowo ja lah memang kl ps5 219.000 mana ada..jgn bandingan luar negri…mereka ada black ftiday cums potongan paling 1 juta doang..
      Kl maksa nuntut ini itu..giliran ente jual di online salah input PASTI JUGA BATALIN PESANAN…GINI AJA DI RIBUTIN.

  • 1 Maret 2023 - (10:46 WIB)
    Permalink

    apa yg mau diharapkan dari toko biasa?
    ini bukan official store yg punya ijin usaha resmi

    • 1 Maret 2023 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Intinya seller nggak mau rugi/tekor.
      Akal2an doang flash sale cuma buat naikin traffic seller.
      Laporin aja tokonya rame2. Klik tombol “Laporkan” trus upload screen shot pesanan dicancel sepihak. Biar tokonya kena pinalti/banned Tokopedia.

      12
      5
      • 7 Maret 2023 - (18:25 WIB)
        Permalink

        Gan batalin pesanan juga kena pinalty. Justru malah rugi kek begituan bayangkan misal 100 kali pembatalan pesanan dalam sehari langsung auto baned dia.

  • 1 Maret 2023 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Pengalaman gue waktu belanja di tokped beli daging 1 kg dari harga normal 130 rb. Dan di tulis di tokonya 13.000 . Langsung dah gue beli via instant kurir . Beli 4 kg . 10 menit kemudian admin chat gue salah kasih harga dan infoin ga bisa kirim mau di proses refund. Hoki nya gue ternyata itu toko daging punya artis tiktok si d***s the m**t guy. Setelah gua DM ig nya si d***s. Dengan case yang gue alami. Ga sampe 5 menit. Admin toko nya revisi pernyataan nya ke gue, bahwa mereka bilang itu memang promo. Daging pun tetep dikirim. Walau case ini beda dengan yang beli PS. Gue rasa pembeli pa bisa coba ngajuin hardcomplaint ke Tokopedia nya.

    7
    3
  • 1 Maret 2023 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Jng harap hal lebih dari flash sale…lain kali abaikan saja klo ada promo2 model bgitu..percuma di pelototin sampai pagi jg

  • 1 Maret 2023 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Udahlah … Anda belum beruntung mending sekarang pantengin lagi flash sale siapa tau ada ipon 12 harga 1000 …
    Intinya jangan mudah menyerah terus berusaha pemburu flash sale ā˜ŗ

    • 8 Maret 2023 - (00:01 WIB)
      Permalink

      Haha jangankan ipon, mobilpun ada yg serba seribu dulu di marketplace sebelah. Serba seribu atau 10rb lupa karena udah lama ngak ngikutin flash sale atau undian2 di markerplace lagi.

  • 1 Maret 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Pernah kaya gini, tapi bukan gara2 flashsale šŸ˜…
    Gua beli tas utk adek gua cewe, harga nya murah dibanding yang toko lain. Gua tanya produk nya ada? Jawabnya masih ada. Gua beli lah itu pake gopay, eh tiba2 dia bilang harga barang nya naik, terus ekspedisi nya jauh dari tempat dia. Akhirnya dibatalin penjual, udah komplan komplen gak ada hasil šŸ¤£
    Tokopedia gak seenak dulu šŸ˜…

  • 1 Maret 2023 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Ps5 200rb? Ps3 aja yg udah hampir punah ga ada yg harga segitu kecuali bangkenya aja mungkin buat kanibalan šŸ¤£šŸ¤£.. udah lah ga usah ngarep flash sale harga gak logik gitu, toh ga ada yg dirugiin juga kan, saldo bakal dibalikin juga kecuali saldonya ga balik baru deh ubekĀ² tu toko!

  • 1 Maret 2023 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Selamat Malam, saya dari Pihak Toko Le Game Shop ingin mengkonfirmasi bahwa promo ini memang ada kesalahan dari pihak Tokopedia bagian Funstation kami dari pihak toko juga sudah menghubungi pihak tokopedia dan sudah di konfirmasi juga bahwa memang ada kesalahan dan hal ini bukan terjadi di toko kami saja tapi ada beberapa toko lain nya yang terkena masalah ini.

    jadi apabila hal ini mau di lanjutkan sampai ke jalur Hukumpun kami siap karna memang pada kenyataan nya bukan pihak kami yang memberikan promo tersebut dan yang membatalkan orderan customer pihak tokpedia kami diminta untuk memberikan semua invoice customer yang telah order promo funstation dan mereka akan membatalkan nya secara otomatis dan toko kamipun tidak terkena pinalty karna memang kesalahan pure dari pihak tokopedia bukan kami Terima Kasih.

    14
    9
    • 5 Maret 2023 - (11:25 WIB)
      Permalink

      jika memang bukti lengkap baik dari pihak penjual maupun pihak pembeli
      mungkin jalur hukum (perdata) langkah terbaik buat menyelesaikan kasus ini

      kalo cuma lewat mk gini sih besar kemungkinan pihak buyer tidak akan mendapatkan ps5 nya
      kecuali buyer mau nerima dengan legowo, bola nya ada di pihak buyer

    • 8 Maret 2023 - (01:06 WIB)
      Permalink

      Telepon Direktorat Perlindungan Konsumen atau YLKI jelasin masalahnya, nanti mereka bantu. Either itu kesalahan system Tokopedia atau kesalahan toko online nya, mereka akan kena sanksi tegas berupa nominal yg seharusnya lu dapetin. Gw paham mungkin lu males ya urusan sama direktorat pemerintah, cuman kalo diikutin pelan-pelan bisa kok. Lo coba telepon aja dulu, terus tanya-tanya.

  • 2 Maret 2023 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Bro ini bukan cuma masalah duit di balikin.
    Ada namanya etika bisnis bro, komitmen, good will (nama baik), kalau flash sales cuma di jadiin gimmick utk ningkatin traffic vendor di toped yg rugi customer Bro.

    Mgkn lu tanya rugi apaan, kan duit di balikin.
    Iye, duit lu bisa balikin, tp waktu org lu bisa balikin gak?

    3
    1
    • 8 Maret 2023 - (01:07 WIB)
      Permalink

      Telepon Direktorat Perlindungan Konsumen atau YLKI jelasin masalahnya, nanti mereka bantu. Either itu kesalahan system Tokopedia atau kesalahan toko online nya, mereka akan kena sanksi tegas berupa nominal yg seharusnya lu dapetin. Gw paham mungkin lu males ya urusan sama direktorat pemerintah, cuman kalo diikutin pelan-pelan bisa kok. Lo coba telepon aja dulu, terus tanya-tanya.

    • 7 Maret 2023 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Wkwkwwk lawak lo, ya mikir lah ps5 200 rebu šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£ lo aja jual sana gw yang beli biar tau perasaan seller kaya gimana šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£

  • 2 Maret 2023 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Koo gw sih ga mau di balikin duitnya karna itu emg lagi flashsale dan itu toko ikut mending di selisihin trus sampe ps5 dikirim… Jngn mau tuh toko ga ada etika bisnisnya. Culas

    • 2 Maret 2023 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya bukan tokonya, tp Tokopedia nya.
      Krn dia yg salah tp ga bisa megang konsekuensinya, coba kalau user atau toko yg salah, pasti akan kena sanksi.

      Sementara toped nya santai aja melakukan kesalahan.
      Buang2 waktu.
      Namanya flashsale ya.
      Wajar aja kalau harganya sampai semurah itu.

      2
      1
  • 3 Maret 2023 - (08:27 WIB)
    Permalink

    “Di luar negeri komit tuh sama promo yang gila-gilaan. Di sini mah cuma mau ambil benefit dari crowd yang kunjungi tokonya doang. Begitu berhasil order langsung dicuekin, dibatalkan, dll.”

    Nah itu udah tau dari kalimat penulis sendiri.. Makanya flash sale paling males liat kecuali msh logis.. Contoh harga 5jt, flashnya 4.2jt mgkn tertarik.. Kalo 11jt jadi 200rb… Lgs gw skip ga akan terjadi di dunia nyata ini.. Paling kecewa ujungnya hihi

  • 4 Maret 2023 - (03:15 WIB)
    Permalink

    Ya asal tau aja Tokopedia komitmen dan tanggung jawabnya dilempar ke konsumen atas kesalahan yg internal toped buat.

  • 4 Maret 2023 - (03:51 WIB)
    Permalink

    Saya ditawarkan voucher 50 RB utk masing2 transaksi yg dibatalkan, oleh tokopedia.
    Dan saya secara tegas menolak, waktu yg saya luangkan terbuang sia2 yg sejatinya tidak bisa dibeli meskipun dengan uang.

    Saya hanya ingin pesanan saya diproses.

    Sekali lg ya, ini kesalahan input harga dr Tokopedia, kenapa saya sbg Cust yg hrs nanggung.

    Coba bagaimana kalau saya misalkan salah liat harga, lalu saya membatalkan transaksi tsb, apakah akan diterima?

    TLG bisnis itu ada etika, etika itu berhubungan dengan nama baik, nama baik itu trust dr customer, gmn bisa kesalahan fatal yg nanggung hrs customer.

    1
    3
  • 7 Maret 2023 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Udahlah direlain aja, jalan selanjutnya kan ke jalur hukum, apa udah siap dgn sgala tetek bengeknya.. Kasian yg jual jg rugi berjuta2, anggap aja blm rejeki, msh ada rejeki yg laen lg..

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Funstation?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Pembelian PS 5 Saat Flash Sale Tokopedia Funstation Dibatalkan Sepihakā€¦

oleh ricky dibaca dalam: 1 menit
42