Tidak Merasa Menerima Paket Berisi iPhone, Proses Komplain Tokopedia Bertele-tele

Saya melakukan transaksi pembelian iPhone 11 BNIB New iBOX 64 GB di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/2023/MPL/3002413119. Pengiriman dengan kurir SiCepat, nomor resi: 003123080192. Saya belanja di Tokopedia berdasarkan rekomendasi teman saya, yang katanya perlindungan buat pengguna terjamin 100%. Setelah saya cek memang benar adanya berdasarkan beberapa artikel yang ada di pusat bantuan. Namun nyatanya untuk transaksi pertama saya di aplikasi ini alhamdulillah ZONK!

Semuanya berjalan lancar, saat pesanan terbuat lalu saat pesanan dikirimkan, saya merasa khawatir karena pengiriman stuck pada tanggal 28 Januari 2023. Lalu tiba-tiba pada tanggal 30 Januari 2023 statusnya terkirim. Pada keterangan alamat, saya sudah menginformasikan jika itu merupakan kos. Yang mana jika pesanan hanya ditaruh saja, kemungkinan besar bisa pindah tangan. Status terkirim pada pukul 6 sore dan saya pulang kerja pukul 10 malam ke atas. Keesokan harinya saya bertanya ke seluruh penghuni serta penjaga kos, tidak ada pesanan yang dititipkan.

Saya ajukan komplain pada tanggal 1 Februari 2023, dengan informasi jika proses investigasi membutuhkan waktu 7 hari. Di sini saya mencoba menunggu dengan sabar. Namun hingga detik ini admin yang menjawab seolah-olah tutup mata dan bertingkah seperti robot, yang hanya mengirimkan pesan template dengan kosakata yang berbeda.

Jika sesuai ketentuan Tokopedia sendiri pada link: https://www.tokopedia.com/help/article/bagaimana-cara-klaim-asuransi-untuk-barang-yang-hilang, dijelaskan kalau investigasi membutuhkan waktu 7 hari. Jika realitasnya kalian hanya bisa bertele-tele, mohon dihapus atau diubah saja ketentuan yang sudah dibuat. Saya harap setelah ini masalah dapat terselesaikan dengan baik tanpa harus melakukan somasi atau jalur lainnya. Terima kasih.

Bayu Utomo
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia:
[Total:57    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

43 komentar untuk “Tidak Merasa Menerima Paket Berisi iPhone, Proses Komplain Tokopedia Bertele-tele

  • 7 Maret 2023 - (14:22 WIB)
    Permalink

    di menu lacak kan ada fotonya yg difoto oleh kurir tersebut šŸ™ kamu bisa lihat foto di aplikasi tokped beneran lokasi kosmu apa bukan.. kalo benar foto pengiriman / peletakan sudah sesuai, ya brati dimaling orang seputar km tinggal, buktikan dg cctv.

    14
    1
    • 7 Maret 2023 - (15:57 WIB)
      Permalink

      Nah bener nih, aku jg baru tahu ternyata sekarang ada foto, cuma sepertinya terbatas 1 bulan terakhir saja.

      1
      5
  • 7 Maret 2023 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Segera minta bukti foto penyerahan dari kurir ke penerima, biasanya kurir pada saat barang diserahkan itu di foto…buktikan klo barang sdh terkirim dan siapa penerimanya..

  • 7 Maret 2023 - (14:44 WIB)
    Permalink

    maaf klo waktunya lebih lama di tempat kerja, kenapa gak dikirim ke tempat kerja? semoga masalahnya segera terselesaikan

    11
    2
  • 7 Maret 2023 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Sekedar saran, pertama jika pembelian barang yang harga nya lumayan, pilih asuransi, ( beberapa toko sudah memasukan asuaransi sebagai input wajib pada produknya )
    Kedua pemilihan kurir anteraja sangat tidak disarankan di tokopedia atau marketplace lainnya, karena ya, tidak usah dijelaskan sudah pada tahu lah, pelayanan anter aja istimewa sekali, sampai sampai saya kapok pake anter aja, mending kurir lain aja semacam jnt yang lebih bisa dipercaya, mending keluar uang lebih drpada pake gratis ongkir, tapi jadi repot kaya gini

    3
    2
    • 7 Maret 2023 - (15:29 WIB)
      Permalink

      sicepat itu bro, bukan antar aja
      trus buat TS jika memang setiap hari pulang jam 10 malam, harusnya alamat tujuannya diarahkan ke tempat kerja saja.
      btw semoga ada titik terangnya.

      10
      1
      • 10 Maret 2023 - (18:28 WIB)
        Permalink

        Oh iya sorry sicepat, bukan anter aja, tapi dua dua nya kualitas layanan nya sama sih wkwk

    • 7 Maret 2023 - (20:10 WIB)
      Permalink

      1. Walau sudah asuransi, harus tetap dibuktikan kalau memang barang hilang di ekspedisi, kalau hilangnya kaya kasus penulis susah sih klaim asuransi, soalnya kalau ekspedisi bs buktikan sudah diterima oleh org kos2an situ ya ga bs disalahkan ekspedisinya.
      2. Penulis kayanya bilang ekspedisinya si cepat, bukan anteraja.
      Sekian dan terima kasihšŸ˜

  • 7 Maret 2023 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Makanye gan, klo ente beli alat elektronik yg lumayan mehong, jgn pelit2 pake jasa kurir Instant atau minimal sameday, jgn pake expedisi,. Banyak bgt kasus kyk beginian,.. bwt pelajaran aje.. šŸ˜

    • 7 Maret 2023 - (18:11 WIB)
      Permalink

      kurir instan juga byk yg maling.
      susah emang kalo belanja online barang 5jt ke atas, resiko hilang tinggi. beda dgn barang receh, so far ga pernah hilang tuh.
      yg paling bener kalo mau beli barang harga 5jt ke atas, on the spot. bs pergi ke mall. Ga apa apa harga pasti lebih mahal

      4
      1
      • 7 Maret 2023 - (20:12 WIB)
        Permalink

        Nah ini gunanya asuransi, mencegah barang hilang saat di tangan ekspedisi (kurir)….
        Teman saya seller di toped, kalau pakai kurir instant, dia sampe foto drivernya pegang paketan, foto ktp nya juga loh.
        Nah ini baru contoh seller yg hati2

    • 10 Maret 2023 - (15:00 WIB)
      Permalink

      Terakhir sy beli HP seharga 6,3jt pake anteraja, aman2 aja nyampe ke tangan sy. Kebetulan sering belanja jd udh kenal sm kurir2nya.

  • 7 Maret 2023 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Kalo kost dan tdk stanbye ditempat mending beli offlen atau gak instan kurir saat off kerja masa hp 7jt tdk sanggup bayar kurir

    9
    1
  • 7 Maret 2023 - (15:59 WIB)
    Permalink

    TS sudah benar sih pakai asuransi pengiriman dan asuransi proteksi. Cuma ini masalahnya berada di area abu-abu. Jika prosedur pengiriman sudah benar, berarti lingkungan yang tidak benar. Sulit klaim asuransi pengiriman jika barang utuh sampai titik pengantaran. Klaim asuransi proteksi biasanya juga banyak ngeles dan belum tentu cover kehilangan karena di embat orang.

    Barang berupa produk buah bekas digigit memang rawan digerogoti tikus dan mengundang banyak kucing garong. Sekalipun sudah sempurna di pemesanan dan pengiriman, kalau lengah di tujuan akhir ya tetap zonk juga.

    Ingat, kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku dan kesempatan, tetapi juga karena kelengahan korban. Waspadalah, waspadalah!

    7
    1
    • 7 Maret 2023 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Bukan daerah abu2, sudah jelas kok klaim asuransi bs diajukan kalau memang terbukti hilang saat proses pengiriman, kalau ekspedisi bs buktikan ya wassalam deh asuransinya, artinya kan salah lingkungan kos ts yg bnyk org ga jujurnya.

  • 7 Maret 2023 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Biasa nya kurir akan wa/tlp dan foto sebelum pickup selesai. Coba konfirmaasi juga ke jasa pengiriman. Semoga cepat ktemu. Trimkasih

    • 7 Maret 2023 - (20:16 WIB)
      Permalink

      Sekarang jarang kurir mau telpon2 penerima segala, soalnya kalau mereka telpon itu ya pakai duit sendiri, kuota sendiri. Beda kl kurir instant, biasanya mereka telpon ke penerima, kl ekspedisi macem sicepat, anteraja dll jarang mau tlp penerima, apalg kl di lokasi penerima ada orangnya, kosan kan kemungkinan ada orgnya, jd pasti ga mau repot tuh kurir telpon2 penerima

  • 7 Maret 2023 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Jadi ini sudah selesai atau belum? Klo belum ya sabar saja asalkan duit kembali utuh daripada ga balik. Saya Pernah kejadian kurir sicepat itu keterangan ud diterima pas saya cari ga ada karena memang tak saya terima langsung lalu kurir juga lupa fotokan saat barang diserahkan atau ditaruh jadi ga tau siapa yang terima atau barang di mana. Akhirnya ya dapat klaim asuransi. Kadang orang lain di tempat tinggal itu suka ga peka klo ada paket atau dimintai tolong. Lebih baik kita sendiri yang terima atau ada di lokasi.

    1
    1
  • 7 Maret 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Kalau lagi proses klaim asuransi ya ditunggu aja om emang prosesnya lama. Yg penting sudah diproses klaim asuransi nanti uang dikembalikan ke saldo toped.

    2
    1
  • 7 Maret 2023 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin bang, semoga casenya bisa mendapat solusi. Tahun lalu saya juga membeli ip 11 di tokoped dan barang saya ambil langsung pd gudang jnt di kota saya, sy slalu cari aman mengambil langsung ke gudang kurir untuk stiap barang2 yang harganya lumayan. buat jaga-jaga

  • 7 Maret 2023 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Kenapa tgl 28-29 gak gerak karna ente pakai reguler bosku. Septuminggu pan nda ngirim. Kalo gitu caranya, udah bener input yang lain supaya dikirim ke kantor.

    • 12 Maret 2023 - (16:37 WIB)
      Permalink

      Wkwk gak bisa baca ya bot ? Tu resi diatas udah jelas, wkwk giliran udah di blow up di sosmed, baru so so peduli wkwkw, auto reply dari robot pula jawabannya

  • 7 Maret 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Bisa aja ts nyuruh orang lain yang terima dan ngaku blm terima, gmn coba kalo dibalikin ky gitu

    6
    2
    • 7 Maret 2023 - (20:19 WIB)
      Permalink

      Setujuhhhh… kaya kasus yg bnyk di MK belakangan, paket dah dibuka diambil isinya diganti barang receh, nulis di MK bilangnya paket hp isi pasta gigi, nyatanya kejelian netijen MK lbh canggih, bs liat paketan pernah dibongkaršŸ¤­šŸ¤­

      1
      1
  • 7 Maret 2023 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Barang mahal beli ots aja, kalau mau beli di marketplace pake kurir instant/sameday, lagiankan dapet cashback, anggap aja cashback buat bayar kurir yg penting barang langsung di tangan.
    Percuma pake asuransi kalo kirimnya pake yes atau reguler. Regulasi ribet, nunggunya lama, belom lagi kalo ditolak.

  • 7 Maret 2023 - (21:27 WIB)
    Permalink

    Minta poto bukti penerimaan barangnya kalau kurirnya ga bisa kasih bukti bisa jadi permainan kurirnya bukankah sudah banyak kasus expedisi yang satu ini kurirnya sering menghilangkan paket kiriman

  • 7 Maret 2023 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Waktu beli itu hp yang di harapkan buyer untuk terima paket itu siapa? Diri sendiri? Ngga mungkin kan, karena selalu pulang malam. Jadi pasti ada yang di andalkan dong di kos? Dalam hal ini paling mungkin penjaga kos/pemilik kos. Kurir yang pengalaman atau SOP nya benar pasti bakal memastikan kalo penerima adalah benar atau misalnya sudah sering kirim kesitu bakal faham kasih ke penjaga/tetangga dengan bukti nama dan foto. Sekarang harusnya buyer inisiatif datang ke cabang ekspedisi tersebut, tanya nomer paket tersebut siapa yang antar, nanti pasti dikasih tau petugas nya. Baru deh konfirmasi benar apa tidak kiriman tersebut sampai ke tempat buyer? Kalo ia siapa yang terima.
    Bukan apa2 sekarang SCAM bermacam macam… Termasuk dari para buyer sendiri yang bermain dengan segala celah kelemahan yang bisa di manfaatkan. Dalam kasus ini hanya pihak ekspedisi yang bisa membuktikan paket sampai atau tidak.

  • 8 Maret 2023 - (02:47 WIB)
    Permalink

    Klo pulangnya jam 10 malem gitu ya harusnya nitip ke temen kos yg lain supaya stand by, kan tracking pengiriman lengkap udeh sampai di mana. Kurir gk bakal telp, gk bakal nunggu, klo penerima gk bs dihubungi ya bakal ditaruh atau dilemapar malah, mrk juga kudu cepat antarin semua paket.

    Saya klo udh udeh status “kurir akan mengirim ke alamat tujuan” ya bakal stand by atau titip terima. Dah puluhan beli barang mahal dr toped status diamond gk pernah drama spt ini, klo hilang biasanya diganti klo asuransi.

  • 8 Maret 2023 - (06:19 WIB)
    Permalink

    Saya dukung gan, lanjutkan ke ranah hukum gan, biar tau apa yang sebenarnya terjadi. Kalo di ajukan ke ranah hukum minimal kalo bermasalah di lingkungan sekitar agan jadi pada “jiper” ngelakuin hal kek gitu lagi. Tapi kalo misalkan yang bermasalahnya ada di pihak ekspedisi jadi si pihak ekspedisi benar2 serius investigasi. Syukur2 “pelaku” nya kena. Biar jera dan jadi contoh yang lain.
    Soalnya di ekspedisi ini lagi banyak kejadian ilang. Saya juga sampai detik ini belum jelas apa yang terjadi di paket yang saya kirim. Investigasinya setengah2. Terakhir saya di wa mau menutup investigasi hanya karena penerima gak bisa di hubungi, kalo mau serius ya datang ke alamat langsung kan ada alamat di data base mereka. šŸ˜ƒ

  • 8 Maret 2023 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Tiap hari pulang jam 10 malam, pakailah Gosend kirimnya ke kantor, contreng asuransinya saat checkout Tokopedia. Saat kamu lihat di aplikasi paket di pickup oleh kurir, kamu bisa telpon kurirnya buat kasih petunjuk alamat detail pengirimannya, tapi tanpa terlihat/terdengar cerewet. Kalo masih hilang maksimal diganti sampai 10juta oleh Gojek.

  • 9 Maret 2023 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya beberapa kali barang sudah terkirim tapi dirumah merasa belum ada yg Terima barang, langsung cepat hubungi jasa pengiriman terdekat, untuk cek foto tempat/penerima, bila perlu datengin langsung penerimanya bareng si kurir, biasanya bakal ketemu titik terang, ingat! walaupun asuransi jangan pasrah 100% giliran udah gini bingung sendiri.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Tidak Merasa Menerima Paket Berisi iPhone, Proses Komplain Tokopedia Bā€¦

oleh High dibaca dalam: 1 menit
43