Shopee Mendukung Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan

Komplain saya tujukan ke Pihak Shopee dan toko yang bersangkutan: “sepatuwanita888”.

Pada tanggal 20 Maret 2023, saya melakukan pembelian produk di toko tersebut dengan rincian nomor resi 2303200E2WBA0S. Dikarenakan ingin menambah variasi barang yang ingin saya beli, maka saya mengajukan pembatalan pesanan (tenggat waktu -10 menit). Dan bermaksud ingin order pesanan di toko tersebut sesuai tambahan variasi yang saya inginkan.

Pengajuan pembatalan pesanan dilakukan pukul 19.45, akan tetapi pihak toko menolak pembatalan dengan alasan produk sudah dikirim. Tanpa melihat chat dan pengajuan pembatalan yang saya ajukan. Parahnya lagi, Shopee malah melihat hal tersebut sebagai hal wajar, bahkan untuk produk yang sudah dikirim dalam tenggat waktu 1 menit setelah proses pemesanan oleh pembeli.

Saya tidak dirugikan sama sekali dalam transaksi ini, karena pakai COD dan masih bisa membatalkannya langsung setelah barang sampai. Akan tetapi pasti ada imbasnya untuk akun saya dan jika melakukannya lagi, COD di akun bakal dibekukan sesuai SOP dari Pihak Shopee

“Sebagai bentuk perlindungan dari Shopee untuk Penjual, metode pembayaran COD (Bayar di Tempat) dari Pembeli akan dinonaktifkan sementara apabila Pembeli pernah membatalkan pesanan sebanyak 2 kali dalam 60 hari kalender setelah penolakan kedua”.

Di sini kesimpulan yang dapat diambil seperti judul di atas “Shopee Mendukung Semua Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan”. Fitur pembatalan pesanan dari Shopee di transaksi ini hanya GIMMICK. Artinya apabila kalian semua belanja di toko tersebut dari e-commerce tersebut. Kalian salah ambil pesanan dan berniat membatalkannya (bahkan saat tenggat waktu 1 menit), kalian gak bisa membatalkannya SAMA SEKALI dan apabila sistem yang dipakai bukan COD, ikhlasin aja.

Fendi
Blitar, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “Shopee Mendukung Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan

  • 24 Maret 2023 - (04:54 WIB)
    Permalink

    Ini saya seller ngalamin loh repotnya kl udah packing tp ada yg cancel. Sy packing ga mudah asal masuk plastik aja. Meski memang dia co ulang dgn nambah item, ujungnya memang melelahkan, apalagi kl hari itu banyak paket dan udah mepet ke jam datang kurir pick up.

    Lagipula, bisa aja seller tsb dropship Dr supplier gede dan udah langsung bayar. Yg mana ga mudah utk cancel dan memproses ulang orderan krn kepentok aturan supplier.

    Ini ga bisa jg nyalahin seller. Mau baru 10 menit, memang bisa jadi udah dikirim beneran. Krn sy sering jg packing di detik2 terakhir menjelang kurir datang ambil paket sy. Oiya, statusnya d MP ga selalu langsung berubah, tergantung kurirnya scan paket sy langsung atau engga. Kl sicepat scan langsung, jnt baru berubah beberapa jam kemudian

    • 24 Maret 2023 - (07:53 WIB)
      Permalink

      Iya kak, maaf kalo salah.
      Tapi kan walau sudah dipacking dan pesanannya malah ditolak pas sampai ke konsumen malah tambah merugikan? Makanya saya ajuin pembatalan di awal”. Maaf lagi kalau salah.

  • 24 Maret 2023 - (04:55 WIB)
    Permalink

    Orderan yg sdh diatur pengiriman tidak bisa dibatalkan jk seller tetep konfirm pembatalan maka seller yg akan dpt imbas dgn turunnya perfoma ato lainnya yg bs merugikan seller,,, buyer yg salah order ga mau akunnya di frozen,,, begitupun seller dy jg ga mw performanya turun apalagi itu bukan kesalahan seller… so seller py hak jg utk tidak dirugikan dgn menolak pembatalan tsb

    • 24 Maret 2023 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Maaf sebelumnya, tapi bukannya tambah merugikan kalau pesanannya malah ditolak konsumen pas udah sampai (COD)?

  • 24 Maret 2023 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Saran saya brli di toko offline aja yg bs ganti2 karena kl sdh d proses dan pelanggannya ga cm 1 itu sangat menggangu penjual utk bolak balik urusin ganti2 produk blm plastik dus lakban print resi dll…. Harap dipikir posisi kita klsebagai penjual piye

  • 24 Maret 2023 - (06:07 WIB)
    Permalink

    ya udah COD ini, nggk usah d terima. kan baru 1 kali Cancel… jd kgk bakalan d bekukan juga oleh shopee klo baru 1 kali.. lagian klo d bekukan tinggal bayar via tf dulu, atau bayar d minimarket…

    semua e-commerce klo barang udah req pick up kgk bisa d cancel..

    • 24 Maret 2023 - (07:58 WIB)
      Permalink

      Udah saya cancel sih bg, untung juga si kurirnya enak diajak bicara. Ya maaf juga kalau ada kata saya yg salah, karena emang baru pertama nemu aja kasus kayak gini. CASE CLOSED!

  • 24 Maret 2023 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk, malah kena buly , kena mental kan lu,????, kayak gini aja di upload,
    Yg kek gini Jangan² ntr barang sampe malah ngasih bintang 1, parah?

    Gw klo seller ny jg ga akan Gw approve pembatalan dr buyer kek gini,
    Nyari orderan susah, biaya iklan dah habis, pesanan masuk eh malah dibatalin, itu pun blm tentu jg lu order ulang,
    Be smart ya deck, ?

  • 24 Maret 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Mau batalin alasan nambah pesanan? Wkwkwkwk.. Pasti ngarang.. Yg bener mau batalin karna lupa klik promo cashback?.. Kalo mau nambah pesanan tinggal order lagi aja.. Pake COD kan Shopee bebas ongkir.. Sekarang penjual nih yg deg2an.. 60% pas barang dateng pasti ditolak sama customer baperan model begini??

    • 24 Maret 2023 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Kalo emang gak niat beli ngak usah merangkai kata2 seolah2 sebagai penderita.. Tau ngak lu tuh nyusahin & rugiin penjual.. Packing pake duit, barang dibalikin pasti kardus dalam rusak kudu ganti, pake duit juga beli kardus.. Untuk Shopee seharusnya akun2 kayak gini diblokir biar ngak ngerugiin penjual..

      • 24 Maret 2023 - (11:00 WIB)
        Permalink

        Iya juga sih ka, aduh gimana sih shopee. Harusnya fitur pembatalannya dihapus sekalian juga ya kak? Biar omset penjualnya lebih gede

        1
        3
  • 24 Maret 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Makin kesni makin keliatan **** nya si TS,
    Udh dikasih tau tp ngeyel.
    Intinya seller ga liat chat, mungkin karna udh mau closing, jdi stanby di orderan yg masuk dan langsung proses. Klo udh sampe step ini ya ga bisa di cancel karna udh masuk scan kurir. Mau lewat 1 detik kek, 1 menit kek ya ga bisa karena udh sistem. Saya selaku buyer & seller jg di shopee, itu hal yg wajar. Jdi TS jgn ngeyel mlu napa

    • 24 Maret 2023 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Iya kak reiza, selaku buyer & seller yang terhormat. Justru saya menyarankan agar shopee menghapus fitur pembatalan, agar anda sebagai seller lebih tenang di proses pesanan. Dan bisa memprosesnya 1 detik setelah pesanan dibuat, cmiiw

      1
      2
      • 24 Maret 2023 - (15:56 WIB)
        Permalink

        Gagal paham macam ini yang membuat diskusi sering kali tidak nyambung. Satu bicara apa. Yang lain bicara apa. Kisanak engkaulah maha benar, jika itulah yang engkau inginkan. Sesungguhnya ketika orang cerdas diingatkan dia akan merenung, tapi ketika orang titik titik yang diingatkan dia akan tersinggung. Isilah titik titik di atas dengan kalimat yang tepat.. sekian

        • 24 Maret 2023 - (16:36 WIB)
          Permalink

          Bodoh kan? Astaghfirullah,, iya bang kisanak “Si Paling Cerdas” Saya sadar diri kok. Mungkin bang kisanak bole memberikan wejangan kepada saya si paling “bodoh” di mata bang kisanak ini.

          1
          1
  • 24 Maret 2023 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Dari baca keluhan diatas sepertinya pembeli terlalu fanatik pada shopee. sebagai penjual tentu wajar ada rasa khawatir bila sering membatalkan pesanan nantinya kena tegur pihak shopee, tapi anda kan sebagai pembeli, kalau saya di posisi anda sebagai pembeli tetap saya retur itu barang, karena kan jika barang tersebut kita terima, pastinya tidak cocok dihati, jadi walapun resikonya akun kita di blokir shopee, emang gue pikirin. Emang marketplace online hanya shopee doang?

  • 26 Maret 2023 - (11:48 WIB)
    Permalink

    bukan masalah menit nya sih.

    Sekarang kalau pas anda order, seller langsung gercep packing orderan anda.
    Apakah ketika packing bisa sambil liat chat shopee? ya engga, pasti tangan sama mata liat lakban sama memastikan barang yang anda pesan engga salah.
    Sudah packing, sudah rapi, sudah diambil kurir, baru baca pesan anda.
    Apakah seller bisa cancel? ya udah gak bisa…

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

Shopee Mendukung Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan

oleh fendi dibaca dalam: 1 menit
94