Shopee Mendukung Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan

Komplain saya tujukan ke Pihak Shopee dan toko yang bersangkutan: “sepatuwanita888”.

Pada tanggal 20 Maret 2023, saya melakukan pembelian produk di toko tersebut dengan rincian nomor resi 2303200E2WBA0S. Dikarenakan ingin menambah variasi barang yang ingin saya beli, maka saya mengajukan pembatalan pesanan (tenggat waktu -10 menit). Dan bermaksud ingin order pesanan di toko tersebut sesuai tambahan variasi yang saya inginkan.

Pengajuan pembatalan pesanan dilakukan pukul 19.45, akan tetapi pihak toko menolak pembatalan dengan alasan produk sudah dikirim. Tanpa melihat chat dan pengajuan pembatalan yang saya ajukan. Parahnya lagi, Shopee malah melihat hal tersebut sebagai hal wajar, bahkan untuk produk yang sudah dikirim dalam tenggat waktu 1 menit setelah proses pemesanan oleh pembeli.

Saya tidak dirugikan sama sekali dalam transaksi ini, karena pakai COD dan masih bisa membatalkannya langsung setelah barang sampai. Akan tetapi pasti ada imbasnya untuk akun saya dan jika melakukannya lagi, COD di akun bakal dibekukan sesuai SOP dari Pihak Shopee

“Sebagai bentuk perlindungan dari Shopee untuk Penjual, metode pembayaran COD (Bayar di Tempat) dari Pembeli akan dinonaktifkan sementara apabila Pembeli pernah membatalkan pesanan sebanyak 2 kali dalam 60 hari kalender setelah penolakan kedua”.

Di sini kesimpulan yang dapat diambil seperti judul di atas “Shopee Mendukung Semua Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan”. Fitur pembatalan pesanan dari Shopee di transaksi ini hanya GIMMICK. Artinya apabila kalian semua belanja di toko tersebut dari e-commerce tersebut. Kalian salah ambil pesanan dan berniat membatalkannya (bahkan saat tenggat waktu 1 menit), kalian gak bisa membatalkannya SAMA SEKALI dan apabila sistem yang dipakai bukan COD, ikhlasin aja.

Fendi
Blitar, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “Shopee Mendukung Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan

  • 22 Maret 2023 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Ya kalau penjual sudah atur pickup pembeli ga bisa batalin sepihak.
    Ini toko berarti gercep dan kemungkinan bukan dikelola perorangan.
    Dalam arti ketika orderanmu masuk, admin langsung klik atur pickup, diteruskan ke bagian packing dan ditumpuk di paket yang masuk jadwal pickup hari itu.
    Lagian kalau mau nambah variasi kan tinggal bikin orderan baru. Susah banget kayaknya.
    Lain kali kalau mau sempat dibatalin minimal cari tokonya yang ga gercep , sedang offline atau diluar jam operasionalnya dia.

    41
    72
    • 23 Maret 2023 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Kalo masuk online bussiness ya mmg harus gercep..GK ada istilahnya atur lusa kecuali lupa

      13
      2
    • 23 Maret 2023 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Pertanyaannya dijawab 1 1 ya.

      Cek SS, tenggat waktu 1 menit pesanan dikemas.
      Jadi intinya fitur pembatalan pesanan Shopee cuma GIMMICK kan? Ga sekalian dihapus aja, atau mungkin dari pihak shopee dirubah sistemnya.

      “admin langsung klik atur pickup” atau “robot langsung klik atur pickup”.
      “Lagian kalau mau nambah variasi kan tinggal bikin orderan baru. Susah banget kayaknya”! anda mungkin tipe org yang tidak peduli ongkir dan biaya tambahan
      “Lain kali kalau mau sempat dibatalin minimal cari tokonya yang ga gercep , sedang offline atau diluar jam operasionalnya dia.”! Chat dijawab robot, toko star bintang 4.8, dia offline tapi ga balas chat

      Kesimpulan : untuk pembatalan pesanan ditolak di jangka waktu 1 menit dari proses pemesanan, jika lu menganggapnya wajar, lu aneh (sudut pandang pembeli)

      1
      17
      • 23 Maret 2023 - (10:23 WIB)
        Permalink

        “Dikarenakan ingin menambah variasi barang yang ingin saya beli, maka saya mengajukan pembatalan pesanan (tenggat waktu -10 menit). Dan bermaksud ingin order pesanan di toko tersebut sesuai tambahan variasi yang saya inginkan.”
        Itu anda bilang mau nambah variasi ya??? Ya sudah tinggal transaksi lagi dengan variasi tambahan yang anda inginkan, kok susah amat sih??!! Kan di shopee setau saya banyak kupon free ongkir….. Ga akan kena ongkir juga kok anda….
        Please deh……

        18
        1
      • 23 Maret 2023 - (10:25 WIB)
        Permalink

        Ini lah kelemahan sistem pembatalan pesanan. Buat kedua belah pihak. Sebagai pembeli kadang merasa salah barang/varian/ingin nambah item tetapi karena sudah telanjur diproses jadi tidak bisa. Disisi penjual kadang ada pembeli yg ingin membatalkan karena merasa sudah menemukan penjual lain yang lebih murah, jadinya hampir semua pemgalaman saya ingin cancel pesanan selalu ditolak karena penjual tidak percaya pembeli akan order kembali. Jadi mereka buru2 proses dan menolaknya. Dilema memang makanya jika sudah proses maka butuh penjual yang berbesar hati mau menerima pembatalan pesanan. Menurut saya ecommerce disini tidak bisa dikatakan membela siapapun. Ada penjual yg sudah gerak cepat dlm 1-2 menit langsung cari driver/request pickup kurir. Ecommerce tidak bisa membatalkan sepihak. Jadi menurut saya satu satunya cara memang hanya menolak cod tersebut.

        12
        3
        • 28 Maret 2023 - (11:55 WIB)
          Permalink

          Intinya kan berat kalo nambah ongkir, besok2 kl mo beli apa2 ke pasar aja. 1000% free ongkir, mo dibtlin 1000x jg g ngaruh

        • 29 Maret 2023 - (05:28 WIB)
          Permalink

          Saya pernh ngalami pembatalan karna sdh 5hr mshbd kemas dan ada perubahan estimasi barang sampai sampai 2minggu..tp pas saya batalin lgs ditolak setelag itu sore hari lgs brubah status udh dlm pengiriman…
          Entah lah bsa kya gtu…sementara sya pernh ngajuin pembatalan krn alasan rubah pesanan d plafom toped dan alhamdulillah pihak toko pun enak d ajak komunikasi dan fast respon trs toped jg gak menghambat pengembalian dana k rek.sya…mga shoppe mkin bebenah yaa…secara byk sya baca soal komplenan k pihak shopee

      • 23 Maret 2023 - (11:45 WIB)
        Permalink

        Gimmick darimana dah? Kan udah jelas di aturan Shopee kalau pesanan bisa dibatalin JIKA penjual belum atur request pickup / drop off.
        Jadi bukan perkara 1 menit, 1 jam, 1 hari, 1 minggu, 1 bulan dsb. Tapi perkara penjual seberapa cepat atur pesanan tersebut.
        Kalau lu belanja di toko yang lemot mah mau 1 hari setelahnya lu batalin tetep bisa. Tapi apesnya lu ketemu toko yang sat set, jadi langsung di atur pesanan lu.
        Masalah dia offline, dijawab chat robot, eh gue kasih tau ye. Chat di Shopee itu gak realtime. Meski kondisinya offline tapi belum tentu menandakan toko tersebut lagi gak online. Masalah ongkir dan biaya tambahan? Ya itu resiko lu lah karena mau nambah variasi. Lagian kupon free ongkir di Shopee juga banyak.

        15
        2
      • 23 Maret 2023 - (17:27 WIB)
        Permalink

        Kaya gini aja di up di media konsumen ???. Kamu aja yg nggak paham aturan ! Semua ecommerce aturannya sama kok, kalau udah cetak resi ya nggak bisa batal. Apalagi posisi udah di pick up kurir, itu udah masuk di sistem ekspedisinya Bambang ?. Kalau batal ya pengaruh ke performa toko/penalty, PAHAM nggak kamu??!!

        13
        2
      • 23 Maret 2023 - (19:35 WIB)
        Permalink

        Belanja onlen pakai smartphone, mohon diupgrade juga otak nya agar smart, agar serasi.

        12
        1
      • 24 Maret 2023 - (07:38 WIB)
        Permalink

        Itu mempengaruhi performa toko bro,
        Makanya d pikir dl sblm CO, kalau masih labil jgn beli online dehkasian penjualnya

    • 24 Maret 2023 - (04:54 WIB)
      Permalink

      Jangan menjatuhkan pihak manapun dgn alasan yg menurutmu benar, karena belum tentu benar menurut orang lain, mikir aja sendiri, lu sdh dewasa, saran gw, berfikir dulu sblm berkomentar!

    • 13 Juni 2023 - (10:28 WIB)
      Permalink

      typenya memang tidak ada dietalase lalu saya tanya seller terkait barang tersebut dan seller bilang barang dengan type yang saya mau ready lalu saya melakukan pemesanan dengan pembayaran shopeepay. lalu jam 12 malam seller ngechat saya kalo barangnya tidak ada, saya ajukan cancel seller tidak mau karna barang sudah status menunggu pickup. lalu ini gimana ya kak? kalo ntar barangnya datang trus saya ajukan pengembalian dan seller menolak, saya yang rugi dong beli barang yang tidak dibutuhkan

  • 22 Maret 2023 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Toko gercep, salah.
    Toko lambat kirim, salah.

    Maunya apakah pembeli?

    **Dikarenakan ingin menambah variasi barang yang ingin saya beli, maka saya mengajukan pembatalan pesanan**

    Order aja lagi, apa salahnya? Atau saya yg gagal paham?

    33
    6
    • 22 Maret 2023 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Kalo udah dikirim emang gak bisa bang, kecuali masih dalam proses packing, mau dibatalkan kemungkinan bisa selama dalam catatan “belum dikirim” statusnua

      7
      2
    • 23 Maret 2023 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Toko gercep, salah.
      Toko lambat kirim, salah.
      Toko yang menolak pembatalan pesanan di jangka waktu 1 menit benar? (sudah pandang pembeli), kalau di sudut pandang anda sebagai penjual gatau juga sih

      4
      19
      • 23 Maret 2023 - (10:25 WIB)
        Permalink

        Anda mau batalkan, apa mau nambah variasi sih??? Kok cenderungnya anda tuh mau batalkan sebenernya!!!

        11
        1
      • 23 Maret 2023 - (10:59 WIB)
        Permalink

        Saya mewakili sbgai sudut pandang pembeli juga gak salah sihh wkwkwk namanya udh diklik proses ya wajar klo gak bisa dibatalin haduh2 saya juga sering kok. kadang mau batalin itu untung2an. klo disetujui penjual ya alhamdulilah klo gak yaudah namanya juga udh diproses kak. gak bisa salahin penjualnya

        14
        1
        • 29 Maret 2023 - (04:11 WIB)
          Permalink

          Bro..saya sering batalkan pesanan untuk rubah pesanan, dan semua lancar aja…bahkan 2 hari yg lalu, pesanan yg sudah 2 hari belum di packing, bisa saya batalkan..jadi semua itu bukan GIMICK broo..klo memang sudah di packing, ya chat penjualnya, kordinasi yg baik, jangan maksa.. di sini terlihat klo ente murni mau BATALIN dan ga mesan lagi makanya terkesan maksa….lagian hal gini aja di muat di media konsumen..smart buyer broooo..??

      • 24 Maret 2023 - (04:32 WIB)
        Permalink

        Kalo ga punya uang, ga usah sok2an pesan barang.
        Pake nulis dsni yg isinya keluhan ga mutu.

    • 23 Maret 2023 - (10:49 WIB)
      Permalink

      Kalo saya, berdasarkan pengalaman saya sbg penjual memilih tengah tengah. Ga terlalu cepet dan ga terlalu lambat utk antisipasi yang kaya gitu .. Cancel cancel trus ada yg ancem ancem segala loh minta batalinnya sakin cepet nya saya proses ?. Kecuali si pembeli dm minta segera pickup khusus yg instant sameday.. Baru saya lgs detik itu jg klik pickup. Biasanya saya diemin dulu orderannya 10 menit . Kalo ga ada yg cancel baru saya proses.. Untuk mencegah saja sih.

      Kalo typikal konsumen Shopee soalnya ongkir menjadi masalah. Walaupun ada subsidi free ongkir. Jk nambah dikit di kena subsidi ongkir nya dikit jg. Beda dgn segmen market Tokopedia yg ongkir ga jadi masalah selama wajar menurut pembeli.

      Dan kita ga bisa menyalahkan jg sih sbg pembeli, karena rejeki sudah ada yg atur.. Kecuali pembeli nya udah 2 hari baru minta cancel salah alamat misalnya .. Nah yg itu bisa gue omelin malah ?.

      8
      0
  • 22 Maret 2023 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Asik asik asik

    Anda order jam brp itu ? 19.35 order itu mungkin jam toko mao closing
    Pas ada orderan 1 masuk, lsg di siapin, lsg di scan sama kurir shp dan berangkat

    Jelas toko ga akan liat chat, wong lg pd sibuk beberez mao pulang, toko repot bener harus cari2 paket yang di cancel oleh anda karena mao ganti varian / alamat / salah tipe / ukuran

    Jika stok ready, kirim

    Giliran kirim cepet salah
    Giliran lama kirim / nyampe, di bintang 1

    Padahal yang ngirim / antar paket bukan seller ??

    Itu salut sama toko nya
    Jam segitu order bisa lsg di kirim
    Biasa nya itu masuk besok hari….

    24
    7
    • 22 Maret 2023 - (23:16 WIB)
      Permalink

      Betul banget gan. Saya pernah beberapa x terima orderan pas lagi mau closing, kebetulan kurir juga uda otw mau pickup, langsung deh saya proses packing n kurir langsung bawa. Besokannya paket sampe ke pembeli, pembeli senang n puas, kasih review bagus ke toko saya n kurir nya. Radanya bahagia gitu bisa menyenangkan pembeli, apalgi pembeli nya gak neko”

      14
      4
    • 23 Maret 2023 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Asik asik asik
      Terus saya sebagai pembeli harus memikirkan toko yang mau closing gitu? Ga sekalian ditanyain kabarnya, sudah makan belum, puasa hari pertama lancar kah?

      4
      24
        • 23 Maret 2023 - (11:34 WIB)
          Permalink

          “Minding kilii gik mii ribit, bili iffline, silisii misilih” ucap si Omen

          2
          15
          • 23 Maret 2023 - (11:47 WIB)
            Permalink

            Apa si egois lu FENDI K O N T O L

            5
            1
          • 24 Maret 2023 - (04:20 WIB)
            Permalink

            TS nya yang ngeyel kok ditanggapin, harusnya TS juga baca postingan pembaca bukan ingin menang sendiri, kelihatan TS nya dari tulisan pembaca tak berarti buat TS, kalau bisa buat ADMIN mediakonsumen dellet saja tulisan TS ini sbb percuma yang baca ikut mengemukakan pendapat tak dianggap oleh TS

  • 22 Maret 2023 - (23:04 WIB)
    Permalink

    Terkadang ada customer yg udah order mengajukan pembatalan, alasannya ingin membuat rincian baru, atau ganti alamat, begitu di setujuin ujung2nya nggak order ulang. Sama aja PHP kan, itulah sebabnya kadang kami sbg seller nggk mau menyetujui begitu aja pembatalan, terlebih klo pesanan udah terlanjur di proses.

    16
    4
  • 23 Maret 2023 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Kasian tokonya kak. Barang udah dikirim trus maen batal. Kalo di setujui dan barang dh jalan. Toko kehilangan barang dah.

    13
    2
  • 23 Maret 2023 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Gimana yaa… Sebenarnya COD atau engga… Pembeli tetap bisa membatalkan paket saat paketnya diantar oleh kurir…. Ini pengalaman pribadi krn gue bekerja sebagai kurir…

    Pembeli kadang menolak pesanan dengan alasan udah dibatalkan di sistem tapi ga bisa…jadi mereka pilih dibatalkan lewat kurir Meskipun paket itu bukan COD yaa…. Yaa klo mereka menolak paket.. Kita sebagai kurir tentu akan mengembalikan paket tersebut ke gudang untuk dikembalikan ke seller..

    Nah klo uda begini yg rugi kan kurir dan penjual.. Kurir rugi waktu dan bensin krn ga dibayar.. Penjual juga rugi biaya paking .. Sedang pembeli akan aman… Uangnya akan dikembalikan karna paket ga mereka Terima…

    Jadi pelajaran utk penjual.. Klo pembeli udah minta batal… Setuju in aja… Jgn pake alasan udah paking atau udah kirim daripada nanti kecewa krn pembeli bakal batalin lewat kurir.

    5
    16
    • 23 Maret 2023 - (12:02 WIB)
      Permalink

      Jd kurir yg bener lah, jangan merugikan penjual. Masa seenaknya penerima bisa menolak paket walau bukan COD. Banyak penjual yg dropship, atau ngga pegang stok… Jadi pas ada order masuk baru “dibelikan”, dan sebagian juga ada jasa custom order (sablon, print, dll). Nah trus kalo kamu sbg kurir membuka jalan utk retur paket begitu, barang yg balek mau diapakan?!? Jd kurir fokus aja tugasnya, anter paket! Urusan pembeli mau batal, ikuti prosedur pengajuan via aplikasi.

      5
      3
      • 23 Maret 2023 - (17:12 WIB)
        Permalink

        Memang nyatanya begitu… Kita sebagai kurir ga bisa maksa pembeli untuk menerima paket klo mereka sendiri yg menolak…

        Emang lo pikir kita sebagai kurir ga rugi klo paketnya ditolak pembeli…? Kita rugi waktu.. Rugi tenaga.. Rugi bensin jg… Tp kita bisa apa?? Bisa maksa…? Ga mungkinlah…

        Jadi jika anda sebagai penjual.. Klo pembeli nya udah nolak.. Jangan paksain kirim barang… Krn yakinlah.. Pas paketnya sampe tetep ditolak jg oleh sang pembeli dan ini nyata…..

        3
        6
    • 23 Maret 2023 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Waduhh malah jadi merugikan pihak ke 3 kalau begitu ya…
      Jadi pembeli yg smart dong…yg legowo…mindsetnya ditata lagi…jangan suka mikir diri sendiri alias egois…ada orang cari rejeki bener² malah jadi susah gitu lo…

      Saya itu pernah beli barang cod krn nominalnya besar, dikirim dr cina….setelah dibuka ternyata isinya tidak sesuai (bukanya tdk didepan kurir). Karena sudah dibuka saya pikir tidak bisa dibalikin, yasudah ambil saja.
      Order berikutnya, saya buka didepan kurir (sambil jelasin takut barangnya beda ga sesuai kaya sebelumnya), eh malah kurirnya bilang kalau begitu kembalikan saja tidak apa² mbak… Ya saya bilang saja sudah terlanjur. Kurirnya baik si…padahal tau kalau cancel tidak jadi dibayar.
      Terimakasih buat Bapak kurir yg pernah kasih informasi ini pada saya ??

      3
      1
  • 23 Maret 2023 - (04:01 WIB)
    Permalink

    Klo COD ya order uang kembali. Beda klo transfer, msh dimaklumi klo ada kupon CB yg lupa dipake atau CB up to yg nilai nominal transaksi berpengaruh ke nilai cashback.

    Ya mgkn buyer setelah order liat model lain yg lbh menarik atau lbh murah di bawah produk yg dia order jd ingin membatalkan. Mudah2an pembeli tdk membatalkan transaksi setelah barang sampai, krn alasan “kesal” tdk peduli dgn kerugian org lain (seller & kurir)

  • 23 Maret 2023 - (04:17 WIB)
    Permalink

    Penjual kalau sering acc pembatalan orderan juga kena teguran shopee. Makanya yg teliti jadi pembeli. penjual udah gercep itu. Krn admin dan bagian pengemasan kl ud barang masuk gak bisa di intervensi. Ya wajar gak merespons anda. Pembeli juga bukan cuman anda saja. Ini berarti penjual gercep. Nanti kl penjual lambat disalahin, gercep juga salah. Mohon jadilah penjual bijak dan teliti.

    6
    2
    • 23 Maret 2023 - (10:09 WIB)
      Permalink

      WAKAKAKAKAKAKKAKA

      TERUS NGPN U RIBUT2 SAMPE BIKIN TULISAN DI MK ?????

      U MAO DI PEDULIIN, MAO DI GUBRIS
      LAH U SENDIRI JUGA GA MAO MENGERTI KEADAAN PADAHAL SUDAH DI JELASKAN OLEH BANYAK PIHAK ???????

      Btw
      Buyer punya hak untuk membatalkan pesanan untuk mengganti alamat, nambah variasi atau semacam nya

      TAPI JANGAN LUPA !!!
      TOKO JUGA PUNYA HAK UNTUK MENOLAK
      Dan itu tidak melanggar aturan apapun di shopee

      Buyer dan Seller mempunyai hak dan kedudukan yang sama
      Jadi stop berkata PEMBELI ADALAH RAJA
      RAJA MANA YANG GA BS BACA ? RAJA MANA YANG GA TAU ATURAN ? #EH

      6
      1
  • 23 Maret 2023 - (06:14 WIB)
    Permalink

    Disini banyak pembeli yang oon udah diproses apalagi udah dipacking penjual maunya main batalin aja seenaknya.

    11
    2
  • 23 Maret 2023 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Kocak pembeli kyk gini zaman udah secanggih sekarang masih ada type pembeli seperti ini, kocak, kocak, +62 ,
    Ga lihat apa barang udah di proses mepet pula minta di batalkan, situ sehat?
    Ngakak kocak, beli di toko aja dek

    7
    2
  • 23 Maret 2023 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Belibet amat ni tulisan… Order tambahan? Ya order lg aja, kan pake cod doank ga keluar uang, ongkir juga free Rp.0, “saya ga dirugikan apa apa dlm hal ini” Lah ya udah ngapain ribut di mediakonsumen? Kelihatan kalo penulis rempong sangat.. Hhaha

    11
    2
    • 23 Maret 2023 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Kalau udh dikirim ya memang gak bisa dibatalkan dari ekspedisi. Juga sepertinya admin ekspedisi nya nanti kena denda jika tidak jadi mengirimkan paket yg sudah diinput/dibuatkan resi. Pembeli harus lebih bijak juga, bisa order ulang variasi tambahannya. Tidak lalu mau membatalkan COD saat paket dikirim kurir nanti.

      3
      2
    • 23 Maret 2023 - (10:52 WIB)
      Permalink

      Iya bner. kayaknya ni TS cuma cari alasan deh. mukin nemu toko lain yang lebih murah wkwkwkwk

      3
      1
  • 23 Maret 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    TS oh TS, bukan salah penjual, itumah penjualnya gercep, w klo dpt penjual ky gitu mah bersyukur, klo alasannya cuma mau nambah barang y order ulang, klo udh keatur pick up lo maen batalin, apalagi smpe ke pick up beneran, yg ada tuh barang nyampe di elu tp duitnya ga nyampe di seller, barang yg udh di ekspedisi tuh ga bisa seller maen minta balikin dgn alasan pembelinya cncel, klo udh masuk ekspedisi harus nyampe pembeli dulu mau itu pke shopee express/j&t ya gitu emg, klo batal di tengah jalan biasanya hanya karena paket hilang, pake nyalahin ga baca chat lah, itu tandanya seller gercep di kerja ga bacot doang

    6
    2
  • 23 Maret 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    sy jg pernah pake alasan itu, untungnya toko nya mau approve pembatalannya. dan memang sy beli lg barang di toko itu dgn ada penambahan bbrp item. semua tergantung keputusan toko mau atau gak. kl ga mau ya ga bisa disalahkan juga. kita lah sbg buyer yg harus teliti dan final kalo mau belanja, jangan plin plan

    5
    1
    • 23 Maret 2023 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Di posisi saya, penjual sama sekali tidak peduli kak. Bahkan sama sekali tidak menanggapi keluhan saya, cuma menjawab “barang sudah dikirim sayy” setelah pesan yang saya kirim 1 jam yg lalu untuk pembatalan pesanan (di jangka waktu 1-10 menit setelah pesanan dibuat), trs dighosting lagi.

      1
      16
      • 23 Maret 2023 - (10:29 WIB)
        Permalink

        ANDA YAKIN MAU ORDER LAGI DI TOKO YANG SAMA???? Kayanya sih nggak deh, coba anda jujur ke diri anda dulu….. Bulan puasa loh ini…..

        5
        2
      • 23 Maret 2023 - (10:54 WIB)
        Permalink

        Kok bilang gak peduli sih kak. itu kan udah dibalas klo barang sudah dikirm makanya gak bisa batalin. klo gak peduli ya gak dibalas samakali welehhh

        5
        1
  • 23 Maret 2023 - (10:58 WIB)
    Permalink

    kl sy baca, TS cenderung egois, hanya melihat dari sudut pandang diri sendiri tetapi tidak berusaha melihat dari sudut pandang penjual ataupun pembeli lain. bukan masalah baru 1 menit, 5 menit, dst, tp masalahnya spt yg sdh disebutkan di bbrp komentar, toko kayanya punya prosedur dan waktu kirim yg kebetulan pas kurir dateng juga jd ngga liat chat lg langsung kirim. dalam konteks cepat-proses/kirim ini, pembeli2 lain pasti senang krn order dibuat bisa langsung kirim,tokopun senang jg krn artinya bs lbh cepat trx selesai. cobalah utk melihat suatu permasalahan dr bbrp sudut pandang agar dalam hidup kita semakin bijak. peace

    5
    1
    • 23 Maret 2023 - (12:15 WIB)
      Permalink

      Gpp sih egois, hak kita kan! Kalau menurut saya ada yg salah, yg saya yakini ya itu.

      Dan menurut saya penolakan pembatalan bahkan setelah pesanan dibuat cuma lewat 1-10 menit salah. Kenapa ga dibatasi minimal 1 jam saja, atau lebih !? Artinya penjual sama sekali tidak MENERIMA PEMBATALAN PESANAN “TITIK” betul ga?

      16
      • 23 Maret 2023 - (12:25 WIB)
        Permalink

        ini ide yang bagus, ecommerce harus bikin menu dimana saat pembeli order muncul pilihan (checklist) dimana penjual baru bisa proses dan kirim setelah satu jam, jadi jika pembeli centang opsi ini, pesanan yang masuk dianggurin dulu selama 1 jam dan penjual tidak bisa proses sama sekali,, nanti lewat 1 jam tidka ada pembatalan oleh pembeli baru lah pesanan bisa diklik proses oleh penjual.. dan untuk pesanan semacam ini waktu proses pesanan dihitung setelah 1 jam biar tidak merugikan reputasi seller ..

        cuma masalahnya…. nanti muncul lagi pembeli yang komplain 1 jam tidak cukup… harus 3 jam DST

        4
        2
        • 23 Maret 2023 - (14:27 WIB)
          Permalink

          “Bagus” idenya…. Status barang di-lock oleh pembeli. Kalo beli 100 pcs, pembeli lani gak bisa order tu barang 🙂
          Barang milik seller belum deal transaksi sudah di-booking selama satu jam oleh pembeli…
          Setelah satu jam, pembeli batalin… masuk lagi pembeli ke-2, order lagi pake opsi ini dan karakternya sama dengan pembeli pertama tadi (seneng batalin alasan pengen nambah item)… 1 jam barang di lock lagi (sebanyak 100 pcs).
          Setelah 1 jam pembeli ke-2 batalin lagi, demikian seterusnya dan karena market lagi rame.. ada 150 pembeli seperti itu……. 🙂
          Itulah sistem yang “sangat baik” untuk membuat Seller hanya menyiapkan stok tanpa ada yang terjual… laris di-booking doang….. mari kita desain e-commerce seperti ini…. hihihii 🙂

          10
          1
      • 23 Maret 2023 - (14:38 WIB)
        Permalink

        jangan belanja online kalau sering plin plan gak jelas. klu sudah pilih cekout order harus Terima dan tanggung jawab dan bayar. penjual jualan bukan buat main main cansel semaunya

        5
        1
        • 24 Maret 2023 - (08:12 WIB)
          Permalink

          Mending suruh tidur aja dia, trs bangunnya besok klo nyokapnya dan naruh ikan di meja makan

          2
          1
  • 23 Maret 2023 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Kalo di shopee kalau anda order dan penjual sdh klik terima order ya gak bisa serta merta bisa dibatalin. Tergantung seller mau batalin apa gak. Kalau seller blm klik atur pengiriman itu bisa langsung batal pas buyer klik cancel order. Itu 1 menit artinya seller bgitu dapat notif langsung klik atur pengiriman bukan berarti langsung kirim ke kurir. harusnya anda ancam kalo tetap kirim anda gak mau bayar karna cod dan barang bisa aja hilang atau rusak kalo diretur dan anda repot ngambil lg ke kurir. Gitu cara ngomongnya

    2
    1
  • 23 Maret 2023 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Maklum kk, toko ecek2 alias abal2 ya begini takut kehilangan omset. Memang dia ga pikir apa? Jika itu COD akan ditolak oleh pembeli yg menyebabkan brg terhambat di expedisi. Belum lagi kalo lama dan hilang, yg rugi justru penjualnya.
    Saya pribadi jualan di Orange Shop, namun jika ada pembeli yg ingin membatalkan justru saya terima dprd ditolak lbh sakit hati kan? Tp btw Orange Shop memang BERENGSEK dibandingkan yg lain.
    Coba kalian semua analisa harga barang apapun rata2 lbh murah di Orange Shop, tapi sebagai penjual MENCEKIK LEHER biaya adminnya macam RENTENIR. Mereka cuma menang grup besar dan berani bakar duit utk promosi makanya banyak pembeli beralih ke Orange Shop.

    1
    8
  • 23 Maret 2023 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Bukan masalah mendukung gan. Coba dilihat dari sisi marketplacenyaa.. kalo dia nurutin anda langsung dibatalin nanti seller yg bikin surat di MK. Shopee mendukung pembeli langsung batalkan sepihak wkwkwk. Itu udah bener si marketplacenya batal setelah diproses ya kesepakatan kedua pihak dulu ? Rasanya pun solusi dari masalah anda dari awal kan mudah order lagi kelar wkwk

    • 24 Maret 2023 - (08:30 WIB)
      Permalink

      Tpi klo seller profesional nanti bkl bilang begini, gak papa klo mau nolak paketnya pas udh sampe barangnya tdk usah dibayar, kalopun nanti paketnya diretur lagi ke sy, gak masalah, dan klo rusak/hilang biar jdi tanggung jawab jasa kirim, tpi nanti klo kaka nolak pembayaran COD akun kaka bisa dinonaktifkan pembayaran cod nya. Dan biasanya barang returan itu gak musti ngambil ke kurir, kadang dianterin sama kurirnya tergantung exspedisinya

  • 23 Maret 2023 - (23:02 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sih anda sebagai pembeli tetep salah, kalo anda mau membatalkan dan sudah tidak bisa yaudah diem aja. Anda bilang anda bayar COD, dan kemungkinan ini yg kedua kali anda ga bayar COD anda makannya akun anda akan di Frozen. Dr hal kayak gini aja keliatan anda pembeli yg ga bertanggung jawab. Kalo udah beli ya bayar, jangan mangkir. Kalo ga punya duit jangan beli, kalo salah ya akuin salah. Repot deh manusia kek gini.

    1
    1
    • 24 Maret 2023 - (00:57 WIB)
      Permalink

      Pembatalan COD pertama sih bg dan pertama juga ketemu toko kek gini dari 50 pesanan lebih yg saya order

      1
      6
  • 23 Maret 2023 - (23:55 WIB)
    Permalink

    Pembatalan Shope ada 2
    1. Instan : Jika Pesanan belum di generat/atur pengiriman
    2. Approval : Kalo sudah Generat, request pembatalan nunggu Approve Penjual

    Tapi kalo Paket sudah di pickup oleh Kurir (Scan Pickup) paket sdh tidak bisa dibatalkan lagi. Solusinya di Tolak ajak paketnya apalagi cuma COD (resiko jatah COD berkurang).
    Selamat untuk TS karena telah memberikan ruang dab materi untuk Pembully2 ? lumayan buat olahraga jari.
    * Vocher Ongkir Shopee di akunku seabrek banyak sekali, hari ini 23 Vocher mulai dari Min 0 sd Min 30rb, Vocher live dll. jadi kenapa gak order lagi aja.?
    * Dari ciri2nya sih TSnya tmsk orang Egois dan lebih cepat tangannya dari pada otaknya

    1
    3
    • 24 Maret 2023 - (00:58 WIB)
      Permalink

      Dan anda mungkin tipe org yang kebanyakan mikir mulu pakai otak daripada aksi/tindakan. Introvert kah?

      3
      6
      • 29 Maret 2023 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Wkwkw,,,,, saya mah gak mikirin dan gak peduliin hal SANGAT RECEH kayak gini, apalagi secara ekonomi gak merugikan, BAYAR JUGA belum tapi BA.COTnya kegedean. Dasar Kaum COD.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

Shopee Mendukung Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan

oleh fendi dibaca dalam: 1 menit
94