TransNusa Membatalkan Tiket Pesawat Sepihak

Saya membeli tiket pesawat TransNusa melalui Tokopedia tanggal 6 Februari 2023, 21:19 WIB, rute tujuan CGK – YIA penerbangan tanggal 15 April 2023 dengan kode booking 121DR8 dan tujuan YIA – CGK tanggal 25 April 2023 dengan kode booking 121DR7. Dan semuanya status sukses dan sudah tercetak tiketnya.

Pada tanggal 09 April 2023, pihak dari Tokopedia menghubungi saya, bahwa dari pihak maskapai membatalkan tiket tujuan CGK – YIA tanggal 15 April 2023, tanpa alasan yang jelas. Padahal mereka masih menjual tiket tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Sebelumnya saya memesan untuk pukul 15:00, tapi di-reschedule jadi pukul 12:00 dan akhirnya malah di-cancel.

Apakah pihak Trans Nusa ingin mencari keuntungan? Tiket yang telah dibeli dengan harga murah oleh penumpang, dibatalkan sepihak demi mendapatkan harga yang lebih tinggi ? Pihak Maskapai yang membatalkan penerbangan, tetapi penumpang yang dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp20.000/penumpang. GILA BANGET!!

Di akun mendia sosial TransNusa juga banyak yang mengeluhkan bahwa tiket dibatalkan oleh TransNusa secara sepihak. Buat masyarakat, jangan pernah naik maskapai ini kalau gak mau deg-degan tiket dibatalkan sepihak saat dekat-dekat waktu keberangkatan.

Mohon tanggapan dari pihak TransNusa.

Himawan Sukma Nirmala
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai TransNusa Airlines:
[Total:30    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “TransNusa Membatalkan Tiket Pesawat Sepihak

  • 12 April 2023 - (04:06 WIB)
    Permalink

    seharusnya + kompensasi selisih harga feb sd april , krn kl maskapai ini tidak jualan di feb , mngkn bapak sdh pilih maskapai lain dgn harga yg lebih murah drpd beli skrg

    • 12 April 2023 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Aman mas, sudah selesai kok masalahnya, senin kemarin saya sudah datang langung ke kantor Transnusa untuk minta penjelasan. ternyata ada miskomunikasi.

      awalnya saya membeli tiket pesawat jam 16, tetapi kemudian tanggal 3 maret saya dapet email bahwa pesawat di reschedule menjadi jam 12 siang . Nah tgl 9 April dihubungi pihak tokopedia bahwa pesawat saya di cancel, padahal sebenernya yg di cancel adalah yang jam 4 sore.

    • 12 April 2023 - (06:52 WIB)
      Permalink

      Masih banyak koq seat penerbangan dari Jakarta ke Jogja di tgl 15 April 2023 dengan harga 500 ribuan, harga tiket Transnusa juga kisaran segitu kan? Mudah2an anda dapat full refund. Kan di chat jelas disebutkan “….kakak TIDAK akan dikenakan untuk biaya pembatalan sebesar Rp.20.000…”
      Tidak perlu menyampaikan black campaign ke masyarakat bahwa maskapai ini jelek dan yang lain bagus, nanti bakal kecewa, karena maskapai LCC lain pun ada yang lebih sering delay & membatalkan jadwal penerbangan.

      5
      1
      • 12 April 2023 - (09:03 WIB)
        Permalink

        sudah selesai kak masalahnya pas saya datang ke kantor transnusa, ternyata ada misskomunikasi yang cancel adalah penerbangan yang jam 4 sore. Masalahnya sudah clear kok, dan uang saya sedang dalam proses refund full.

    • 12 April 2023 - (09:16 WIB)
      Permalink

      Aman bang, sudah selesai masalahnya, hari senin saya sudah berkunjung ke kantornya TransNusa dan diterima dengan baik oleh mas “R”. ternyata ada miskomunikasi dan missinformasi aja, pembatalan penerbangan yang di jam 16:00

    • 12 April 2023 - (09:21 WIB)
      Permalink

      Aman Mas haris, sudah selesai kok masalahnya, senin kemarin saya sudah berkunjung ke kantornya Transnusa untuk minta penjelasan, ternyata ada misskomunikasi dan missinformasi.

      awalnya saya membeli tiket pesawat jam 16, tetapi kemudian tanggal 3 maret saya dapet email bahwa pesawat di reschedule menjadi jam 12 siang .

      Nah tgl 9 April dihubungi pihak tokopedia bahwa pesawat saya di cancel, padahal sebenernya yg di cancel adalah yang jam 4 sore.

  • 12 April 2023 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Tadinya saya berpikir apa mungkin karena tokopedia menggunakan traveloka di mana sering kasus serupa tapi saya sampai cek ke medsos transnusa dan keyword nya, wuih benar banyak yg komplain…
    Baru beroperasi seumuran jagung lah ini maskapai ya tapi kok sudah problematik?

    • 12 April 2023 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Aman mas, sudah selesai kok masalahnya, senin kemarin saya sudah datang langung ke kantor Transnusa untuk minta penjelasan. ternyata ada miskomunikasi.

      awalnya saya membeli tiket pesawat jam 16, tetapi kemudian tanggal 3 maret saya dapet email bahwa pesawat di reschedule menjadi jam 12 siang . Nah tgl 9 April dihubungi pihak tokopedia bahwa pesawat saya di cancel, padahal sebenernya yg di cancel adalah yang jam 4 sore.

  • 12 April 2023 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Update informasi

    Hari senin kemarin saya mendatangi kantor TransNusa, alhamdulillah diterima dengan baik oleh Mas “R” dan dijelaskan bahwa tidak ada pembatalan untuk penerbangan yang jam 12:00.

    Yang dibatalkan adalah pembatalan yang tanggal 15 April jam 4 sore, awalnya saya memang membeli yang jam 4 sore, tetapi tgl 3 maret saya di email bahwa pesawat saya dirubah menjadi jam 12 siang.

    Nah ternyata terjadi miskomunikasi antara saya dan pihak tokopedia, karena pihak tokopedia menginformasikan bahwa tiket saya di cancel, padahal yang dicancel oleh pihak maskapai adalah penerbangan yang jam 4 sore (tiket awal saya) bukan yang jam 12 siang yang telah di reschedule.

    Masalah ini sudah selesai dan dana saya akan di refund oleh pihak maskapai dan sedang dalam proses oleh tokopedia. Untung aja saya datang ke kantornya, jadi bisa dapet penjelasan yang jelas bahwa terjadi misskomunikasi.

    • 12 April 2023 - (15:48 WIB)
      Permalink

      “tgl 3 maret saya di email bahwa pesawat saya dirubah menjadi jam 12 siang”

      Ini e-mail langsung dari maskapai?
      Kalau iya, hebat bener maskapai ini ataupun makelarnya (tokopedia), karena sepengalaman saya, begitu konsumen pesan tiket via makelar, langsung si maskapai cuma ngerti alamat e-mail dari si makelar, sehingga segala komunikasi e-mail dari maskapai cuma nyampe ke makelar, di mana si makelar kemudian mesti mem-forward-kan e-mail tersebut ke konsumen. Sehingga kalau si makelar gagal mem-forward ke konsumen (saya sendiri mengalami beberapa x), maka mampuslah konsumen karena tidak ngerti apabila ada perubahan2 dari maskapai. Pernah ada 1x kejadian, untunglah si maskapai juga kirim info via SMS ke no HP saya (yang syukurnya: tidak diganti juga dengan no HP si makelar…)

      Entah lah kalau sistem per-makelar-an tiket pesawat ini sudah diperbaiki, yang mana memang jadi lebih bagus/aman bagi konsumen.

      Tapi yang ngerti ya sistemnya si tokopedia yang bisa miskom begini.

      • 12 April 2023 - (21:29 WIB)
        Permalink

        yang ngirim email dari tokopedianya, ngasih tau kalau penerbangan saya buat tanggal 15 April dari jam 4 sore dirubah jadwalnya jadi jam 12 siang.

        Nah ternyata ada miskom, pihak tokopedia nelp gue tgl 9 April ngasih tau kalau tiket gue dicancel sm maskapai, padahal mah sebenernya yg dicancel sm maskapai itu yg penerbangannya jam 4 sore. sedangkan tiket gue udah berubah dari tgl 3 maret jadi yang ke jam 12.

    • 13 April 2023 - (22:03 WIB)
      Permalink

      Enggak mas, karena begitu hari minggu malem dihubungi pihak tokopedia kalau tiket di cancel, saya langsung cari tiket yang lain, dan akhirnya dapet kereta untuk PP, dan pas hari seninnya ke kantor TransNusa, baru dikasih tau sama pihak maskapai kalau gak ada pembatalan pesawat yang jam 12, pembatalannya yang jam 16:00 (tiket awal saya sebelum di reschedule berdaarkan email yg saya terima tgl 3 Maret). Jadi saya minta refund semua tiket PP saya sama pihak tokopedia, dan udah di approve sama TransNusa, tinggal nunggu dana balik aja (30 harian)..

 Apa Komentar Anda mengenai TransNusa Airlines?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

TransNusa Membatalkan Tiket Pesawat Sepihak

oleh Himawan dibaca dalam: 1 menit
15