Pihak Shopee Memblokir Akun Saya, Padahal Saya Sudah Mengikuti Sistem

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memuat keluhan saya kepada pihak Shopee Indonesia. Sejak tanggal 16 April 2023, akun Shopee saya tidak bisa login, karena “Sistem mendeteksi ada penggunaan akun yang melebihi batas dan pesanan yang melanggar syarat dan ketentuan voucher Shopee pada akunmu (F02)“. Nama akun atau toko saya di Shopee: lodledCell.

Tampilan akun

Saya coba telepon ke CS Shopee, tapi nomornya sibuk dan hanya disuruh menunggu. Saya ada toko di Shopee dan menjual barang smartphone. Apa memang sebegitu riskannya jualnya elektronik sehingga dicurigai menyalahgunakan voucer untuk pesanan? Bukannya voucer itu disediakan memang untuk digunakan, sebagai salah satu promo untuk pembeli supaya tertarik untuk belanja online? Selama kita sebagai seller memang sesuai aturan, di mana salahnya?

Jika memang kita salah terima orderan, apakah kami sebagai seller harus memfilter akun yang beli? Sementara kalau kami cancel orderan akan kena penalti. Kami sebagai seller juga tidak berhak untuk menyuruh pembeli bayarnya pakai transfer bank ,jangan pakai SPayLater atau kartu kredit atau yang lain. Selama kami kirim barang yang sesuai, di mana salahnya?

Sebagai seller, saya juga berusaha dengan baik menjaga performa saya sebagai seller di Shopee. Saya berusaha menjaga nama baik Shopee, juga dengan menjaga rating toko (rating toko didapat dari penilaian pembeli yang melakukan orderan). Kalian bisa cek di akun saya, silakan diaudit. Setiap saya kirim, saya berusaha untuk mengirim bukti orderan pembeli, seperti unit dan packingan. Kalian bisa cek chat saya, yang selalu menolak untuk pembelian offline karena saya tahu aturan di Shopee.

Saya selalu mendokumentasikan orderan saya

Kenapa sebelum sistem memblokir kalian tidak melakukan pengecekan manual dulu? Ini sistem baru mendeteksi sudah dilakukan pemblokiran secara permanen. Kalau sudah begini, nanti turun performanya karena pasti nanti akan kena pembatasan akun lagi. Padahal ini kesalahan sistem yang belum tentu valid. Di situ juga ada saldo penjual juga yang tertahan.

Jadi saya mohon ke Pihak Shopee untuk benar-benar dievaluasi, di mana salah saya? Jujur saya kecewa, mau lebaran orderan lagi banyak, malah harus mengalami hal ini.

Lodry Maspaytela
Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Pihak Shopee Memblokir Akun Saya, Padahal Saya Sudah Mengikuti Sistem

  • 20 April 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    makanya gan saya butuh info salah saya dimana dr shopee ? orderan saya di shopee mall mengunakan voucer resmi bukan legal. akun hanya satu, bahkan saya sdh suruh silahkan diaudit jika perlu. kalau akun seller silahkan di audit dimana pelanggaran saya sbg seller saya ada bukti dokumentasi produk yg dikirim. Saya tau ini hak shopee sebagai penyedia platform tapi kita juga punya hak menanyakan salah kita dimana

    8
    2
    • 20 April 2023 - (16:48 WIB)
      Permalink

      Pernah ganti akun gak dalam 1 perangkat yang sama? Atau metode bayarnya sama tapi beda akun?

  • 20 April 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Sepertinya ada pembelian mengunakan Nomor rekening yang sama terdaftar pada akun penjualan di Shopee. Atau ada keluarga yang mau beli hape, pakai rekening penjual sekalian, biasanya deteksi pelanggaran.

    Apalagi memakai hp yang sama, deteksi imei.

  • 20 April 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    ga ada gan, dr kemarin saya sdh minta konfirmasi ke shopee ini lebih kepelanggaran mana saya sebagai buyer atau saya sebagai seller dan mereka pun blm kasih respon. Karena akun buyer jg aktif belanja di shopee mall

    2
    1
  • 20 April 2023 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Saya pernah punya pengalaman yg sama..ini lebih ke buyer .mgkn Kaka nya ada melakukan pembelian brg,yg memakai promo/voucher dr shopee..sebaiknya akun untk menjual brg di shopee dan untk membeli brg .di bedakan .
    Lebih riskan akan kejadian seperti ini .

    3
    1
    • 20 April 2023 - (12:37 WIB)
      Permalink

      nah makanya ka, seharus kan ga masalah selama kita benar dalam mengunakan saya hanya mengunakan 1 akun untuk order, ini sistem baru mendeteksi sdh dilakukan pemblokiran dan tidak bisa login pula di seller center. Mana proses komplain lama. Yah saya paham mau lebaran banyak karyawan yg libur. Tapi saya juga butuh uang yg tertahan di saldo penjual, saya jg butuh info kesalahan dimana apakah sistem 100% valid apakah tidak ada evaluasi manual

      2
      1
  • 20 April 2023 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Dari notif yang ada di aplikasi gagal loginnya, ini bukan karena kamu jualan fake order atau melanggar ketentuan. Lebih ke akunmu sebagai buyer.
    Sebaiknya memang seperti saran agan diatas, akun jualan dan beli dibedakan, yang jualan biar untuk jualan aja. Supaya lebih aman.

    1
    36
    • 20 April 2023 - (14:37 WIB)
      Permalink

      bukan gan teryata akun sellernya yg bermasalah, sistem mendeteksi adanya akun yg dicurigai tp saya ga tau kenapa akun saya kena blokir dari ribuan transaksi gara2 1 akun kena blokir yg dicurigai sistem. tp sdh melakukan sanggahan tinggal nunggu keputusan seminggu lagi dr shopee nya.

    • 21 April 2023 - (03:45 WIB)
      Permalink

      Saya jualan HP juga dan akun saya juga beli HP juga Alhamdulillah aman2 aja. Cuma saya setiap jualan selalu infokan dan fotokan produk yg akan dikirim, saya infokan di chat . Biar gak di kira barang fiktif.

  • 21 April 2023 - (02:29 WIB)
    Permalink

    sudah jualan di tiktok aja, disana sekarang yg lagi rame, fee nya juga murah, minusnya dana penjualan cairnya aja yg lama

    1
    1
  • 21 April 2023 - (02:35 WIB)
    Permalink

    shope mmg banyak masalahnya akun banyak yg di blokir atau dibatasi dan tidak bisa tarik saldo, banyak yg posting video ttg akun dibatasi di tiktok, seharusnya jika akun dibatasi tetap bisa login dan dana tidak diganggu seperti tokopedia, sy pernah belanja di tokopedia pake voucher jika voucher gak bisa dipake maka pesanan akan langsung dibatalkan. jadi tidak perlu menahan duit orang seperti yg dilakukan shopee

    1
    1
    • 21 April 2023 - (08:24 WIB)
      Permalink

      nah ini gan kalau transaksi jangal seharusnya sistem yg mendeteksi kalau perlu transaksi dibatalkan otomatis karena waktu itu jg pernah 5 transaksi pembayaran kartu kredit dibatalkan sistem otomatis. jangan seller yg menangung resiko transaksi kapan kena blokir kapan,

      • 22 April 2023 - (02:26 WIB)
        Permalink

        iya kak seharusnya memang seperti itu, sy sering kok belanja di tokopedia pake voucher begitu payment langsung dibatalin pas blm ngerti sy tanya penjual krn sy pikir penjual yg batalin, baru tanya cs katanya melanggar syarat karena ada pembelian dgn voucher yg sama ke alamat yg sama pdhl kan 1 alamat bisa beberapa org yg belanja.

        nah kl di shope itu penjual kena blokir, pembeli kena blokir uang kedua belah pihak pun di blokir itu setau sy,
        ada yg jualan masker juga kena blokir kata shopee masker itu termasuk barang dan obat obatan terlarang wkwkwk penjualnya upload ke youtube makanya sy tau

  • 21 April 2023 - (03:37 WIB)
    Permalink

    Yg masih jualannya di Shopee harus maklum, knp maklum, karena disitu udah garansi gak ada, barang mahal hilang tanggung jawab penjual, tapi masih mau juga bela belain jualan disitu, berarti Anda harus siap menanggung resiko nya apapun itu, paham?

    1
    3
    • 21 April 2023 - (08:28 WIB)
      Permalink

      garansi ada gan pakai pengiriman shopee express sdh dpt asuransi gratis barang saya hilang 2x diganti Full. makanya shopee mall banyak yg pakai shopee express klau elektronik. Mgkin setiap marketplace pasti punya aturan yg berbeda beda

    • 21 April 2023 - (15:41 WIB)
      Permalink

      Kebalikan dari akun shopee istri saya. Yg dimana gara2 sering kasih bintang 5 ke seller, akunnya di tutup permanen, duit hasil jualan pulsa mitra shopee diembat.

      1
      1
      • 21 April 2023 - (20:46 WIB)
        Permalink

        seharusnya kalau ada saldo salah gan, mereka seharus ga boleh nahan akun saldo penjual. Coba bikin keluhan aja gan kesini

  • 21 April 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Pedagang yang jujur akan mendapatkan
    Artinya: Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu ‘anhu bahwa Rasuluillah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seorang pedagang muslim yang jujur dan amanah (terpercaya) akan (dikumpulkan) bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan orang-orang yang mati syahid pada hari kiamat (nanti).”
    1 rupiah pun akan di minta pertanggung jawaban kelak di akherat.

    1
    2
  • 21 April 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    di shopee mah memang sudah gak kaget begitu, akun seller saya juga gak ada angin & gak ada badai tiba-tiba diblokir dgn alasan ada transaksi mencurigakan. Setiap ditanya ke CS atau bagian lain, jawabannya sama aja, masih dalam proses investigasi di bagian terkait. Sudah 3 bulan lebih investigasi sampai sekarang masih gak jelas.
    Akun buyer juga begitu sm saja, padahal beda hp beda imei dan tidak pernah membeli di toko saya sendiri, beli juga normal-normal aja.
    Udah capek-capek bangun rating bagus,…eh malah digituin.
    Parah…parah…
    Akhirnya dgn sangat berat hati, pindah ke toko ijo saja.

    Intinya hati-hati deh jualan atau membeli di shopee, sistemnya semakin kesini semakin gak jelas.
    Mending jualan di lapak sebelah lebih aman & jelas sistemnya.

    1
    1
    • 21 April 2023 - (20:53 WIB)
      Permalink

      nah ini lo ka, sdh lelah bangun toko supaya baik menjaga performa membangun reputasi tapi malah diblokir dengan alasan yg ga masuk akal, padahal sebagai seller star admin yg dipotong dr penghasilan jg ga kecil, banting tulang kirim sampai jam 8-9 malam senin – minggu ke ekspedisi. mengelola sendiri, itu lebih terasa dan berharga . ada pepatah yg mengatakan 1000 kebaikan menjadi tak berharga hanya karena 1 kejahatan yg belum tentu itu benar.

      1
      1
      • 22 April 2023 - (02:43 WIB)
        Permalink

        kk coba jualan di tiktok aja, sy tidak tau sistem di tiktok karena sy bukan penjual tapi para seller tempat sy belanja yg di shopee banyak yg jualan di tiktok juga dan mereka bilang di tiktok omzetnya jauh lbh besar dr shope juga ada promo utk pembeli. katanya harga disana bisa jual lebih murah karena admin nya juga murah.

        dan sbg pembeli sy bisa punya 3 akun di hp yg sama tingal switch account saja utk ganti akun, belanja pun enak gak takut blokir blokiran walaupun punya beberapa akun di hp yg sama

        1
        1
  • 22 April 2023 - (02:33 WIB)
    Permalink

    dan kalau shope main blokir gitu saja, gak bisa login akun gak bisa lihat transaksi lantas bagaimana jika ada transaksi yg sedang berjalan dan ternyata ada komplain. bukanya bahaya gitu.

    kalau tokopedia setau sy gak pernah ada berita mereka blokir akun sampai tidak bisa login

    1
    1
    • 28 April 2023 - (14:04 WIB)
      Permalink

      ada juga kemarin yg komplain bahkan paket yg saya kirim ke malang ada yg ditolak pembeli dengan alasan takut ditipu karena toko kena blokir. Tapi ya sdh lah ka resiko

  • 28 April 2023 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih ke pada shopee atas kebijaksanaannya sdh membuka akun saya kembali, walapun disini saya dirugikan hampir seminggu ga bisa terima orderan, ada yg menolak terima paket jadinya retur ke saya dan sekarang ada masalah di akun voucer tidak bisa di gunakan, proses claim paket hilang yg belum ada kabar. Saat ini saya sedang mengajukan banding untuk proses penggunaan voucer. Terima kasih juga ke pada pihak media konsumen semoga nanti ga bosan kalau saya mengajukan keluhan kembali, Terima kasih kepada rekan rekan semua yg mendoakan doa terbaik untuk kalian semua…

    • 15 September 2023 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Salam kenal kak.
      Sebelumnya maaf menganggu waktunya.
      Kebetulan sy ada membaca masalah kak di media konsumen, terkait akun kak di shope yang d blokir / dihapus, dan skrg sudah didapatkan kembali.

      Saya punya kendala sama dengan kak, akun toko kami tiba2 di blokir / hapus, kami sudah telepon cs shopee berkali-kali, dan sudah chat cs nya juga. Tetapi setelah seminggu di suruh menunggu akan di proses tim terkait, dan terakhir di email bahwa akun kami tidak dapat di gunakan kembali. Jadi di sini sy mau tanya bagaimana prosedur kak hingga akun kak bisa dipulihkan kembali? Terima kasih sebelumnya

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Pihak Shopee Memblokir Akun Saya, Padahal Saya Sudah Mengikuti Sistem…

oleh lodry dibaca dalam: 1 menit
40