Ketidakjelasan dalam Proses Refund Traveloka

Terima kasih kepada Media Konsumen, karena telah bersedia menerbitkan surat ini. Pada tanggal 11 April 2023, saya memesan tiket pesawat PP dari Jakarta – Banyuwangi, dengan harga sebesar Rp 2.756.552 dan pembayaran via BCA VA. Dikarenakan ada kendala yang mendadak, saya tidak bisa berangkat pada tanggal keberangkatan, yaitu tanggal 15 April 2023.

Tentunya saya meminta refund (hanya untuk keberangkatan Jakarta – Banyuwangi saja) dan pihak Traveloka menyetujui permintaan refund saya sebesar Rp1.5 juta. Akhirnya saya pun tetap berangkat ke Banyuwangi menggunakan bus.

Namun pada tanggal 24 April 2023, saat saya bermaksud pulang kembali ke Jakarta, dikatakan bahwa tiket saya sudah tidak aktif. Padahal di aplikasi dikatakan bahwa tiket Banyuwangi – Jakarta saya masih aktif. Saya pun akhirnya bertanya ke CS Traveloka dan disampaikan bahwasanya tiket saya Banyuwangi – Jakarta “ikut ter-refund“. Padahal saya sudah jelas-jelas memilih refund tiket Jakarta – Banyuwangi saja.

Permasalahan saya ada 3 di sini:

  1. Apakah memang sebesar itu potongannya? Dari tiket seharga Rp2,7 juta dipotong menjadi Rp1,5 juta?
  2. Kenapa status tiket yang katanya sudah “di-refund” masih dinyatakan aktif? Hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman.
  3. Jika pun benar-benar bahwa Rp1,5 juta itu total semua dana refund dari tiket saya, kenapa di bukti refund hanya tertulis tujuan JKT – BWI saja?

Dimas Rizky Hutama
Banyuwangi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Ketidakjelasan dalam Proses Refund Traveloka

  • 26 April 2023 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Berangkat tgl 15 APR, minta refund berapa jam sebelum penerbangangan?

    Yang menyatakan tiket tidak aktif siapa? PIhak Traveloka atau Maskapai?

    • 26 April 2023 - (15:49 WIB)
      Permalink

      saya batalkan 1 jam sblm berangkat, untuk itu memang kesalahan dari saya, yang lebih saya masalahkan adalah tiket tertulis aktif di aplikasi traveloka tetapi saat saya ingin check in dikatakan tiket tersebut juga ikut te-refund oleh pihak bandara, seharusnya jika tiket juga ikut terefund alangkah baiknya tiket tidak muncul di page “active E-ticket & Voucher” karena dapat menimbulkan kesalah pahaman, karena saat saya memilih refund saya jelas-jelas memilih untuk melakukan refund penerbangan JKT – BWI

      • 26 April 2023 - (22:16 WIB)
        Permalink

        1 jam sblm berangkat sdh tidak bs drefund. Artinya tiket yg drefund adlh tiket tujuan Jkt sebesar 1,5jt. Sebaiknya kalau beli tiket via OTA, cek kembali kode booking d situs resmi maskapai drpd trouble d perjalanan kalau perlu sekalian web cek in aja. Saya soalnya pernah nemu kejadian yg sama. Masi 1,5 jam sblm berangkat ada org d counter yg dtolak cek in nya. Akhirnya ga bs berangkat.

  • 27 April 2023 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Saya dulu pernah kerja di bagian tiketing travel. Memang kalau sudah 1 jam sebelum keberangkatan dianggap no show atau tiket hangus. Kalau tetap minta refund benar kemungkinan tiket pulangnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Ketidakjelasan dalam Proses Refund Traveloka

oleh Kazama dibaca dalam: 1 menit
6