Pengembalian Dana Refund dari Tokopedia Xiaomi Official Tidak Memihak Pembeli

Terima kasih kepada Media Konsumen, karena telah bersedia menerbitkan surat ini.

Pada tanggal 11 April 2023, membeli handphone dari Xiaomi Official, dengan harga sebesar Rp2.391.000
Namun saat diterima paket tidak lengkap. Setelah saya ajukan klaim pihak tokopedia dengan sengaja mengulur waktu hingga 2 bulan lamanya. Padahal bukti video unboxing dan berkas lainnya telah saya lampirkan.

Pihak tokopedia terkesan tidak teliti dan merugikan pembeli meski berkas bukti sudah lengkap dan pihak ekspedisi mengakui bahwa paket dikirim tidak lengkap, tetapi pihak tokopedia dengan sepihak menolak klaim saya dengan alasan paket tidak tersegel yang berarti paket terindikasi telah dibongkar oleh pihak ekspedisi.

Mohon melalui mediakonsumen pihak tokopedia bisa menanggapi keluhan saya

Terima kasih.

Deni Agustiawan
Kota Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:19    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Pengembalian Dana Refund dari Tokopedia Xiaomi Official Tidak Memihak Pembeli

  • 1 Mei 2023 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Mungkin karena claim ya gak tepat… Di penulis barang tidak lengkap tapi claim ya barang hilang… Atau saya yang salah?

    3
    4
    • 2 Mei 2023 - (03:55 WIB)
      Permalink

      Banya badut beli online trus komplain..komplainnya y kyk badut..melucu..??..klo msih mindset pdesaan mnding bli offline..gw bli2 jg biasa dri si ali dri cina dtngny bsa 1 bulanan kdng 2 mnggu biasa aj…pake tokped slama ini ad prmslahan slalu d tngani dg baik..biat cs tokped smpe saat ini gw beri bntang 5…smua kmplain saya d stujui refund karena y emg dri teknis sdah sesuai…jd pihak tokped slalu merespond saya sngat baik..retur refund..dri kasus d tas..bli di xiomay official…emg apanya yg krng…krng diskonnya mnkin…kgk manuk akmal d luar fikri pembelinya nih..??

      4
      10
    • 3 Mei 2023 - (07:34 WIB)
      Permalink

      Dari gambar terlampir, dapat dilihat case yang digaris bawahi. Pihak ekspedisi mengakui jika barang tidak lengkap. Berarti kan anda sendiri sudah tau kalau barang tersebut sudah tidak bersegel dan sudah dibuka duluan oleh pihak ekspedisi. Itu komplain nya ya ke pihak ekspedisi bos, bukan ke marketplace nya. Karena pihak ekspedisi sudah berani dan lancang membuka barang orang lain.

      Disini saya tidak berpihak pada siapapun, karena selama saya berbelanja di Tokopedia, alhamdulillah baik2 saja dan tergolong salah satu marketplace yang paling aman. Sudah beberapa kali juga barang tidak diterima tetapi pihak ekspedisi mengatakan sudah dikirim. Tetapi bisa di klaim dana refundnya, karena pihak ekspedisi tidak dapat melampirkan data pendukung jika memang barang telah terkirim. Hati2 dan bijak aja dalam memilih ekpedisi pengiriman barang di marketplace, barang yang tidak amanah

      1
      1
  • 1 Mei 2023 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Itu org bdg ya. Knp beli online? Pan di gerai xiomi bec ada bnyk.
    Official store di markerplace itu BUKAN PRINSIPAL, tapi pedagang biasa cuma dpt surat dukungan doang dr distri buat nunjukin bahwa pedagang ybs itu jualan produknya.
    Jgn tergiur sma cashback atau diskon apalah itu. Kalau kejadian kek gini lama eskalasinya

    7
    4
  • 1 Mei 2023 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Maksudnya yg kurang barang apa yah?
    Lalau dr official store barangnya kan baru masih segel plastik, trus yg kurang barang apa sampe komplain dirasa merugikan pembeli?

    4
    1
  • 1 Mei 2023 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Ini penulis aneh dah.
    Katanya dia transaksi 11 April 2023, tapi nulis gini “tokopedia dengan sengaja mengulur waktu hingga 2 bulan lamanya”.
    Perasaan sekarang aja baru tgl 1 Mei 2023, blm ada sebulan kali.
    Trus dia bilang barang ada kurang, tp kok komplain barang hilang?

    10
    1
  • 1 Mei 2023 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Barang ada yg kurang ko komlplainya ke barang hilang?padahal hp nya ada,dus nya ada terus apa yg hilang?
    Terus pembelian belum ada 1 bulan tapi bilangnya Xiaomi official udah 2 bulan mengulur waktu
    Apa emang sengaja ngincer asuransi ni!!

  • 2 Mei 2023 - (01:24 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, bapak/ibu yang terhormat. Ini penulis kasih info bahwa ada barang yang tidak lengkap. Lalu di chat Tokopedia penulis menjelaskan bahwa rusak, dan di alasan pengembalian menerangkan barang hilang. Yang bener yang mana toh pak? Yang kurang tu apa, ga dijelaskan. Yang hilang tu apa, tidak dijelaskan juga ?

  • 2 Mei 2023 - (06:18 WIB)
    Permalink

    Untuk @Deni kalau anda beli dari tanggal 11 april 2023 dan komplain anda diabaikan selama 2 bulan lamanya berarti itu bulan JUNI kan? Tapi sekarang masih tanggal 2 Mei 2023, Artinya anda mau MENIPU? Anda ingin uang anda kembali dan paketnya ditangan anda, begitu?.

    Untuk Tim Tokopedia abaikan saja surat ini.

  • 2 Mei 2023 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Pak deni komplain anda kurang jelas.
    Kalo ada sertakan link video sekalian biar para pembaca yang budiman bisa bantu liat dan komentari… ?

  • 2 Mei 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Soal 2 bulan penanganan, ada kemungkinan TS berkata benar karena dari screenshot #3 disitu jelas bahwa penjual menolak klaim pada tanggal 1 Maret (sudah 2 bulan per 1 Mei), dan pada tanggal 20 Maret penjual (baca: bukan pembeli ya) mengklaim barang hilang.

    Sayangnya disini TS tidak menyertakan bukti lengkap jika ingin membawa masalah ini ke ranah publik. Screenshot #1 dan #2 hanya terlihat bukti foto, bukan video unboxing sebagaimana di klaim TS pada SP-nya. Juga percakapan dengan tim resolusi hanya berkutat di tanggal 30 April. Selain itu TS tidak menyertakan screenshot invoice sehingga sulit ditelusuri mengenai rentang waktu dan klaim barang yang tidak lengkap.

      • 4 Mei 2023 - (06:10 WIB)
        Permalink

        Masuknya emang barang hilang sih tetapi bukan hapenya apa gimana ini ?
        Yang hilang charger doank kah atau accessories lainya biasanya itu bisa di ganti, kalau emang mau Refund semua coba aja balikin semua tuh hape

  • 2 Mei 2023 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Minimal sampaikan barang apa yg kurang, dari cerita beli handphone apakah headset bonus mungkin, agar masalahnya jelas. Tapi di screenshoot yg di lampirkan juga tidak dijelaskan apa yg kurang.

  • 3 Mei 2023 - (05:13 WIB)
    Permalink

    Bener lah tokopedia… Komplain anda tuh ngalor ngidul ga jelas… Sah saja kalau ditolak bahkan kl tokpedia mencap anda membohongi… 🙂 Lain kali kl komplain, di cek dulu, tulis kronologi yg jelas, sama laporannya jg yg jelas, hilang, tidak lengkap, atah gimana…

  • 3 Mei 2023 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Itu instruksinya nya aja ga di ikutin, di suruh capture tgl di video properties. Malah makin ngalor ngidul.. Besok2 beli offline aja ente ya

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Refund dari Tokopedia Xiaomi Official Tidak Memihak …

oleh Deni dibaca dalam: <1 menit
21