Shopee Masih Menolak Menonaktifkan Shopee Xpress, Padahal Sering Banget Bermasalah

Sebelumnya saya ucapkan kepada Media Konsumen, karena telah membantu menerbitkan surat ini. Sebelumnya saya klarifikasikan terlebih dahulu bahwa apa yang saya tulis tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan nama Shopee.

Sudah belasan kali saya menulis formulir untuk menonaktifkan kurir Shopee Xpress, tapi sampai sekarang masih belum dinonaktifkan juga. Padahal banyak sekali masalah, contohnya seperti paket ditolak customer tanpa alasan yang jelas, yang menyebabkan toko saya mengalami kerugian yang tidak bisa dihitung.

Padahal setelah saya chat beberapa pembeli saya, katanya memang mereka gak menolak paketnya, tapi memang gak diantar. Saya gak tahu entah kurir Shopee Xpress sengaja tidak mau mengantar atau gimana, tapi ini tidak hanya terjadi untuk 1 orang pembeli saja. Masih ada lagi, yang gak mau saya sebutkan berapa jumlahnya.

Padahal sebelum Shopee Xpress aktif sendiri, saya hanya menggunakan ekspedisi J&T saja dan paket saya sangat jarang ditolak saat menggunakan J&T.

Tidak hanya kerugian dari paket ditolak, kerugian lainnya seperti paket lama sampai, karena Shopee Xpress tidak menjangkau hingga pelosok, jadi harus dioper ke ekspedisi lainnya.

Melalui surat ini saya mohon Tim Terkait Shopee membantu saya, untuk menonaktifkan kurir Shopee Xpress, supaya kerugian toko saya tidak bertambah. Semoga pelayanan Shopee Xpress bisa ditingkatkan, supaya seller lain gak mengalami hal yang sama, seperti paket ditolak pengantaran oleh kurir tanpa alasan yang jelas.

Terima kasih.

Eric Santoso
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Shopee Masih Menolak Menonaktifkan Shopee Xpress, Padahal Sering Banget Bermasalah

    • 2 Mei 2023 - (17:27 WIB)
      Permalink

      spx mmg gitu ka,, lain kali belanja ingat ja klik detail pesanan dan ubah kurirnya ka.. samping alamatnya ada tombol ubah.. max 1 jam setelah order ya

      6
      1
      • 3 Mei 2023 - (14:12 WIB)
        Permalink

        Kalau ga cocok dan sering dirugikan, tinggalkan aja sopi. Pihak sopi tidak pernah memaksa siapapun yg dirugikan utk tetap berjualan di sana. Daripada anda ribet buang waktu komplen berkali² ga didengar, angkat kaki aja dari sana

        1
        13
    • 2 Mei 2023 - (19:44 WIB)
      Permalink

      Untuk yg blm tau ,jgn sampai lewat 1 jam setelah checkout segera rubah dan pilih expedisi selain Shopee express, soalnya klo sdh lewat 1 jam tdk bisa dirubah…inget itu..

      • 3 Mei 2023 - (08:32 WIB)
        Permalink

        Shopee besar karena perilaku kita sendiri.. skrg mereka py kuasa untuk monopoli apapun di marketplacenya ya wajar..
        Org indo suka bgt kl dikerjain org luar. Xixixi

        Kl gak cocok yg angkat kaki… diapq sih yg gk pernqh bernasala ama shopee hege

      • 3 Mei 2023 - (08:42 WIB)
        Permalink

        Saya jg sebagai seller untuk kurir Shopee Express sbnrnya tergantung dr lokasi kita drop off, di tempat saya ada beberapa lokasi drop off, dan kecepatan juga berbeda-beda. 1 lokasi itu ada lengkap berbagai jenis kurir, dan itu semua tidak ga ada masalah. Namun jika tdk ingin menggunakan kurir tertentu bukannya bisa kita setting ya untuk menonaktifkannya?

        • 3 Mei 2023 - (10:59 WIB)
          Permalink

          Beneer kak, kayanya tergantung daerah sih. Soalnya malah aku kalo tiap checkout selalu ganti jasa kirimnya pake shopee express karna cepet nyampenya tapi ada juga temen aku yg beda daerah pake shopee express dia suka lama nyampenya. Jadi kalo aku sih aman2 aja pake shopee express hehe

  • 2 Mei 2023 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Opsinya cuma nonaktif sementara untuk 30 hari.
    Nanti bulan depan pasti aktif lagi.
    Toko saya pernah di acc pengajuannya, ujungnya sekarang aktif lagi.
    Yah, emang akhirnya dipaksa pake jasa mereka, termasuk top up ShopeePay yang sekarang “dipaksa” pake SeaBank kalau mau free admin. ?

    • 3 Mei 2023 - (11:03 WIB)
      Permalink

      Jalur hukum mana pak? Hukum netizen? Wkwk, bapaknya gak nyambung yg ada nanti diketawain gak bisa nonaktifkan jasa kirim kok lapor ke jalur hukum ???

  • 2 Mei 2023 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Marketplace satu-satunya yang tidak mau mendengar masukan/aspirasi dr masyarakat. Padahal notabene ‘ikut numpang usaha’ di Indonesia.

    2
    5
    • 3 Mei 2023 - (03:34 WIB)
      Permalink

      Engga satu-satunya.
      Masih ada Tokopedia alias GoTo Grup yang gak pernah kasih tanggapan di media konsumen.
      Yang suka kasih tanggapan dan respon cuma Bukalapak, Blibli dan Lazada (sejauh ini)
      Dua pemain gede itu (oren dan ijo) tetap cuek mau dibikinin surat pembaca sebanyak apapun juga.

      2
      5
  • 2 Mei 2023 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Biasanya kurir nganter gk pernah ada orang di rumahe.atau pemesan tidak nitip uang kr orang rumah,misal mau pergi.. misal pemesan di chat penjual perihal retur. Jelas si pemesan beralasan begitu(agar dia tidak di salahkan penjual)

    • 3 Mei 2023 - (00:42 WIB)
      Permalink

      Bener banget.. Just info aja, banyak juga pembeli yg ruwet, pesan barang tp gk punya uang itu buanyak banget, tp klo ditanya seller ya alasan yang bisa membuat mereka tidak disalahkan. Di blokir akunnya gak bisa buat cod ya bikin akun lagi. Kadang ya bingung tujuan buyer seperti itu apa ya..

      • 3 Mei 2023 - (09:12 WIB)
        Permalink

        yg ini memang sengaja.. shopee udah ngaku sih kurirnya kewalahan jdi sengaja direturn

  • 3 Mei 2023 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Kurir shopee itu suka main lempar. Ngetuk juga ngga apalagi nelepon tiba2 paket ada di halaman rumah.

    • 3 Mei 2023 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Ya logikanya dipake dong. Ekspedisi punya dia sendiri masak mau dinonaktifkan. Ya kalau gak terima cara kerja sistem nya ya tinggal cabut aja. Gitu aja kok repot

  • 3 Mei 2023 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Sebagai seller saya malah lebih suka Shopee express walaupun banyak retur tapi aman paket hilang langsung ganti, ada retur langsung kembali. Beda sama jnt paket retur harus di tanyakan ke kurir pickup dulu baru dikembalikan dan paket juga sering ketukar karena salah tempel resi padahal resi toko itu saya print gede masih jg bisa salah tempel aneh, udah mau saya nonaktifkan jg ga bisa karena gratis ongkir toko saya butuh mengaktifkan jnt dan Shopee express ?

  • 3 Mei 2023 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Nah bener,, shopee expres emang bermasalah,, dulu saya beli barang dr tempat sama dgn tujuan sama cuma butuh 2 hari udah nyampe tujuan (make J&T express). setahun kemudian saya beli lagi barang yg sama dari tempat yg sama & tujuan sama bedanya make kurir shopee express butuh 9 hari baru nyampe,5 hari tu barang muter2 di pulau jawa,, dari jakarta dikirim ke surabaya abis tu balik lagi ke jakarta ,, hedehh, udah gitu gk bisa milih kurir sesuka hati pembeli mau make yg mana kayak dulu

  • 3 Mei 2023 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Saya pake j&t jg gak diantar ke pembeli malah digagalin pas musim lebaran kmrn. Padahal sdh sampai kotanya pembeli. Selama ini pake spx blm ada masalah

  • 3 Mei 2023 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Dulu shopee express lumayan cepet, tapi belakangan untuk pick up saja agak lama. Saya dulu suka pakai shopee express, tapi karena sekarang agak lama pick up di sellernya, jadi habis pesan barang saya usahakan ganti kurirnya ke jne atau yg lainnya

  • 4 Mei 2023 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih kepada Tim Terkait Shopee Akhirnya Jasa Kirim Shopee Express saya berhasil dinonaktifkan meskipun hanya sementara sampai 30 hari kedepan,, semoga bulan depan bisa diajukan kembali untuk nonaktifkan shopee express nya

    • 8 Mei 2023 - (04:10 WIB)
      Permalink

      Saya sbgai custumer jg gk suka bgt klo kurirnya shopee ekspress cm trkadang diseller trsbt gk ada pilihan ekspedisi lain, 2x paket sy hilang&itu paket sdh byr pke shopepay krn kurir yg kirim salah alamat pdhl dipket tertera jelas alamat&nmr tlp tp kurir gk mau konfirmasi dulu sblm paket diantar.

  • 6 Mei 2023 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Kan jualannya di ekosistem shopee tapi enggak mau pakai shopee express saja sudah aneh

  • 14 Juni 2023 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Ga akan di dengar di tulis di sini, shopee aja ga pernah nanggapin tulisan2 disini 1 kali pun tidak pernah, biasa lah buatan luar kan selalu begitu…

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Shopee Xpress di Shopee?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Shopee Masih Menolak Menonaktifkan Shopee Xpress, Padahal Sering Bange…

oleh Eric dibaca dalam: 1 menit
28