Belanja Online via Alfagift Alfamart Barang Banyak yang Kurang

Salam Pembaca Media Konsumen,

Perkenalkan saya Roni, pelanggan Alfamart. Semoga tulisan ini bisa didengar oleh management Alfamart.
Langsung ke topik, pada tanggal 30 April 2023 pukul 11.03 WIB saya berhasil belanja online melalui aplikasi ALFAGIFT, dengan total 32 produk. Toko yang ditunjuk dari aplikasi ALFAGIFT adalah Alfamart K708-RENGAS RAYA.

Orderan
Orderan

Pukul 12.42 WIB dapat notifikasi dari kurir toko atas nama M. Nursyahban, menginfokan bahwa pesanan meangalami keterlambatan pengiriman karena antrean.

Pukul 15.00 WIB kiriman saya terima 2 kantong kresek, tanpa pengecekan dengan kurir barang yang saya terima. Kurir hanya info, nanti dicek lagi aja ya bang dan kurir langsung pergi. Saya langsung melakukan pengecekan dari rincian belanjaan saya, dan ternyata belanjaan saya banyak yang kurang.

Konfirmasi kekurangan ke toko rengas raya
Konfirmasi kekurangan ke Toko Rengas Raya

Seketika saat ini call Toko Rengas Raya mengkonfirmasi, dengan jawaban ketus di wa aja bang kurangnya apa, tanpa ada permohonan maaf. Lanjut saya rincikan kekurangannya dan no respond sama sekali.

Karena no respond, saya coba hubungi kurir toko yang bersangkutan yang mengatar, tersebut menjawab di WA saja bang yang kurangnya apa. Saya detailkan yang kurangnya kembali melalui wa, yang bersangkutan menginfokan akan mengirim ulang barang yang kurangnya.

Sampai pukul 17.00WIB barangnya belum juga diantar, lalu saya FU kembali ke kurirnya, dan menginfokan akan dikirim pukul 19.00 malam. Namun ternyata sampai pukul 20.30 juga belum dikirim juga. Saya kembali menanyakan jadi dikirim atau tidak, dibalas pukul 21.19 “otw”. Karena ketiduran (bukti dihapus chat yang bersangkutan).

Pukul 21.40 saya terima kembali barang kekurangannya. Tetap saja ternyata masih ada yang kurang. Konfirmasi kembali akan mengirimkan besoknya lagi kekurangannya.

Chat dengan kurir

Dan sampai tulisan ini dibuat, kekurangan barangnya belum dikirim. Ya walau tidak seberapa, saya ikhlaskan walau tidak dikirim juga. Namun poinnya bukan di situ, di cara penanganannya.

Melalui surat pembaca media konsumen, hanya mengkritik pelayanan dan SOP yang diberikan, kenapa belanjaan tidak di QC dengan baik, apa sengaja dikurangi? Sampai berkali-kali harus konfirmasi kekurangan. Bagaimana dengan tipe pembeli yang tidak mengecek belanjaannya setelah diterima. Ah sudahlah…

Sebagai customer, saya tidak mendapatkan layanan baik customer oriented dari pihak toko. Semoga menjadi perhatian dari pihak toko Alfamart Rengas Raya dan pihak management ALFAGIFT khususnya.

Terima kasih.

Roni Sukmana
Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Belanja Online via Alfagift Alfamart Barang Banyak yang Kurang

  • 4 Mei 2023 - (13:22 WIB)
    Permalink

    Pelayanannya gimana kali. Saya disini aman pesanan cepat kurang lebih 10menit langsung sampe, kadang ga nyampe 30menit sampe semua.

    Terus aja kejar pak.

  • 4 Mei 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    kalo saya selalu pakai pembayaran COD.
    jadi kurir gak bakal bisa langsung pergi, karena harus terima uang pembayaran dulu.
    saya cek semua barang pembelian.. kalo sudah sesuai baru dibayarkan uangnya ke kurir.

    dan selama ini aman dan nyaman sih belanja lewat Alfagift

    • 6 Mei 2023 - (11:45 WIB)
      Permalink

      Saya aman2 saja, memang ada yg kurang kadang, tapi di wa saja kalau sudah malam besoknya di bawa koq. Memang si kurir salah tapi bapak juga ngak usah berharap dia mau minta maaf, bisa jadi dia baru masuk tapi belum di trianing dengan baik gimana cara hadapi konsumen dan proses service yg baik. Makanya jawabnya hanya kayak dia ngejawab temannya. Ingat pak, karyawan alfa indo itu keluar masuk dan bisa jadi ada yg memang belum pernah belajar tata krama yg baik.

  • 4 Mei 2023 - (20:53 WIB)
    Permalink

    ikut komen
    udah lama beut pake alfagift hampir zero mistake
    dimanapun posisi, pasti lengkap
    anter/kirim keluar kota pun masih aman
    mantap sih alfagift dibanding klik

  • 4 Mei 2023 - (21:05 WIB)
    Permalink

    Saya jga sering belanja di AG, mmg harus di cek barang kita, kadang mmg suka ada yg kurang, klo di indomaret malah sering lebih barangnya, tp tetap saya balikin. Alfa harus mengkhususkan tim Deliverynya jgn anak toko, krn mereka jd ga fokus, nyiapin orderan , nganter sedangkan personil yg masuk terbatas, terus nganter jg klo pagi, yg shif 3, terlalu nanyak loyalitas

    • 5 Mei 2023 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Top komen nih..di AG ga ada driver khusus buat antar pesanan online..mreka anak toko semua yg kerja di lapangan antar pesanan plus beresin semua kerjaan di dlm toko..

      • 6 Mei 2023 - (11:38 WIB)
        Permalink

        Kadang klo yg anter pagi, itu anak shif 3 yg sekalian pulang, klo yg siang, nunggu shif siang datang dulu, baru anter, blm beres barang datang, display, kebersihan rak, loyalitasnya luar biasa, alfa mmg harus benahi system deliverinya jgn cm mikirin sales dan omset tp di lapangan amburadul, imbasnya orang toko. Bayanggin sajah orang beli Teh kotak 1 ajah jika via AG bisa di anter.

  • 4 Mei 2023 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Beda toko mungkin pengalamannya berbeda pula. Saya jg mengalami hal yg sama.. Sering bgt pke alfagift, kirim untuk saudara yg jauh. Beberapa kali kejadian sama, barang kurang. Tp msh dikirim. Kejadian juga mengganti barang tanpa ijin krn sistem pickup (diambil oleh saudara, kami yg bayar) krn saudara krg paham jd diterima2 aja tanpa protes. Pernah juga dikasih barang kadaluarsa, meski bukan makanan tp sanitizer. Trakhir, kirim lagi untuk saudara. Kurir sllu buru2 pergi sblm dicek, dikasih makanan yg kalengnya sdh berkarat mski blm kadaluarsa. Sdh DM IG tp tdk pernah ada tanggapan. Smg kedepan bs lbh baik lg layanannya.. pdhl memudahkan untuk berkirim2 kpd sanak saudara yg jauh..

  • 5 Mei 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Aslinya harga di warung lbh murah ketimbang alfamart/indomart. Males ke luar rumah kali ya.

    • 5 Mei 2023 - (13:01 WIB)
      Permalink

      Alfamart tanpa ada biaya antar atau biaya apapun padahal ya kak.belanja 2rbu rupiah pun ttep di antar..salah beda barang 1pcs lngsung masuk customer care..dan kryawan ybs bisa kena sanksj sp..yg berakibat bisa memutus kontrak kerja’y..

      • 6 Mei 2023 - (23:41 WIB)
        Permalink

        Walaupun tanpa ada biaya antar kan ttp harga lbh murah di warung. Sy beli freshcare di alfamart/indomart 15rb lbh, beli di warung cm 13rb.

    • 5 Mei 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      kalo beli mie instan aku lbih suka ke warung dket rumah, komplit, apalagi beli banyak bermacam2.
      klo beli online males ribet, paling beli yg emang di toko terdekat gk ada.

    • 6 Mei 2023 - (23:22 WIB)
      Permalink

      Betul.
      Kebetulan istri buka usaha warung kelontong dan melayani pembelian via WA untuk pelanggannya dan barang diantarkan sebagai salah satu servicenya (biasanya pembelian dalam jumlah banyak).
      Mungkin untuk warung kelontong lain bisa meniru cara istri saya tersebut untuk menambah pelanggan.

  • 6 Mei 2023 - (23:13 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan memang pada saat itu, stok barang yang dipesan sedang kosong di toko alfamart (terdekat) yang di tunjuk oleh aplikasi.
    Sehingga toko alfamart tersebut perlu waktu, karena harus menunggu pengiriman dari gudang.

  • 6 Mei 2023 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Kalo saya yg jadi ts, beli banyak item kaya gitu, jelas saya cek dulu semuanya, sampe bener-bener lengkap
    Paling kurir nunggu 5 menitan

 Apa Komentar Anda?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Belanja Online via Alfagift Alfamart Barang Banyak yang Kurang

oleh roni_sukmana dibaca dalam: 1 menit
16