2 Poin Penalti dari TikTop Shop, Gara-gara Kesalahan “Lost Scan” Paket oleh Pihak Kurir

Saya adalah seller TikTok Shop. Kode toko saya di TikTok: IDLCPNW2QU. Sejujurnya saat ini saya sangat tidak terima atas pemberian 2 poin keterlambatan pengiriman yang dianggap mencapai 33.33℅ oleh TikTok Shop. Saya pun bingung, kok bisa ada masalah keterlambatan pengiriman? Sedangkan paket selalu di-pick up tepat waktu.

Setelah saya cek, ternyata ada 1 transaksi dari pembeli dengan nomor pesanan 577203963028278082 dan nomor resi JX1643638895, yang status resi pengirimannya double seperti foto screenshot yang saya lampirkan di sini. Hal itu yang mengakibatkan TikTok jadi menganggap seolah-olah toko saya mengalami keterlambatan pengiriman. Di situ terlihat jelas bahwa paket saya seolah-olah diambil pick up tanggal 26 April 2023, padahal paketnya sudah di-pick up sejak tanggal 13 April 2023.

Seperti yang terlihat jelas di screenshot itu, bahwa tanggal 13 April 2023 ke atas saja, status resinya sudah ada di perjalanan. Bahkan pada tanggal 20 April 2023, saya juga menghubungi pembeli saya dan kata pembeli saya paketnya sudah diterima di tanggal 18 April 2023. Namun kenapa kok bisa ada status yang muncul lagi di bawahnya? Status pengiriman seolah-olah paket di-pick up tanggal 26 April 2023. Dan status yang saya tandai dengan kotak merah dan hitam itu yang jadi titik permasalahannya.

Saya sendiri juga bingung, entah itu sistem dari ekspedisinya yang sedang eror atau sistem TikTok-nya yang eror. Yang jelas, gara-gara ada status double dari ekspedisi J&T Express yang melakukan pick up itu, akhirnya TikTok menganggap toko saya ada keterlambatan pengiriman sehingga diberikan 2 poin dan banding saya sudah 2 kali ditolak. Bahkan saya juga sudah mengikuti kuis yang katanya bisa mengurangi poin, tapi nyatanya tetap tidak dikurangi poinnya.

Saya juga sudah menghubungi customer service TikTok, tapi kata CS TikTok tidak bisa membantu masalah ini. Bahkan dengan entengnya, CS TikTok shop bilang sudah tidak bisa diganggu gugat lagi jika bandingnya sudah ditolak 2 kali.

Selain itu, saya juga sudah menghubungi CS J&T Express untuk menanyakan terkait status pengiriman yang double itu tapi tidak ada CS yang menjawab. Yang menjawab hanyalah robot Jeni yang tidak jelas.

Setelah itu, saya menghubungi staf J&T Express cabang Srandakan tempat paket saya di-scan. Di sini saya mendapat jawabannya, ternyata memang kesalahan dari jasa kirimnya sendiri. Katanya paket dengan nomor resi yang saya tulis di atas tadi “lost scan“. Itu artinya kesalahan dari jasa kirimnya.

Ya kalau memang kesalahan dari jasa kirimnya kenapa toko saya yang kena imbasnya? Bahkan saya sudah menjelaskan sedetail mungkin saat banding di TikTok, tapi TikTok tidak mau tahu dengan alasan dan bukti dari saya, bahwa bukan saya yang salah tapi jasa kirimnya yang lost scan. Bisa dilihat sendiri bukti chat saya dengan staf JNT Express yang saya lampirkan di sini

Intinya, dengan surat ini, say minta kepada Tiktok Shop dan J&T Express untuk menindaklanjuti masalah yang terjadi pada toko saya ini. Ini menyangkut performa toko saya. Saya butuh keterangan status yang detail dan jelas terkait status double itu tadi yang katanya mengalami lost scan.

Tolong TikTok Shop, saya minta masalah performa toko saya ini diusut sampai tuntas dan jasa kirim J&T Express juga harus diinvestigasi diselidiki dengan benar. Jangan asal memberikan poin dengan seenaknya dan gak mau tahu alasan dari saya. Ini jelas-jelas paket saya lost scan yang diakibatkan oleh jasa kirim, tapi toko saya yang dijadiin korban oleh TikTok Shop atas kesalahan pihak JNT Express. Saya sangat tidak terima, dikasih poin atas kesalahan yang tidak saya perbuat.

Teruntuk TikTok, jika memang tim internal anda tidak bisa mendeteksi masalah yang terjadi pada toko saya ini, lebih baik cari pekerja lain tim internal yang bisa bekerja dengan benar dan teliti

Sekali lagi saya minta terutama dengan J&T Express, kenapa paket saya lost scan? Gara-gara itu performa toko saya jadi tidak sehat. Saya minta pihak anda tanggung jawab membantu saya memulihkan performa toko saya yang sudah kena poin gara-gara kesalahan dari jasa kirim anda sendiri itu. Karena jika kejadian lost scan seperti ini terulang kembali, sangat merugikan seller karena poinnya bisa berdampak penutupan toko.

Bayangkan saja, cuma satu resi yang lost scan saja bisa diberikan 2 poin oleh TikTok. Bayangkan misalnya ada beberapa paket yang lost scan, pasti toko saya sudah kena pembatasan orderan tuh. Bahkan kalau poinnya terkumpul ada 48 poin, bisa berujung penutupan toko. Ini benar-benar sangat merugikan toko saya. Saya gak maulah kehilangan mata pencaharian saya atas kesalahan yang gak saya perbuat.

Intinya, saya gak terima atas tuduhan TikTok Shop terhadap toko saya yang disebabkan oleh kesalahan dari J&T Express. Saya pun sangat kapok dengan kejadian ini.

Wiji Lestari
Bantul, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “2 Poin Penalti dari TikTop Shop, Gara-gara Kesalahan “Lost Scan” Paket oleh Pihak Kurir

  • 6 Mei 2023 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Tiktok shop mah aneh tau. Loe penjualan menurun aja langsung dapet notice dari tiktok dianggap sbg pelanggaran karena menurun penjualannya. Terus misalnya rate product loe masih di 4,8 tp ada yg kasih bintang 1 (3-5 user) langsung product loe di blokir walau rate nya masih rata rata 4,8 dari 5 dan affiliator ga bisa promosiin lagi. Kayaknya mesti banyak di muat di media konsumen tiktokshop supaya masukan buat tiktokshop juga sih.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di TikTok Shop?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

2 Poin Penalti dari TikTop Shop, Gara-gara Kesalahan “Lost Scan&…

oleh Wiji dibaca dalam: 3 menit
4