Refund yang Diterima Tidak Full

Saya melakukan pembelian tiket pesawat melalui Traveloka, dengan nomor order: 1009737078. Pembelian dilakukan pada tanggal 13 Maret 2023, dengan rute penerbangan Jakarta-Haneda pulang pergi sebanyak 4 pax. Total yang saya bayarkan adalah Rp30.243.078, tidak menggunakan promo apa pun.

Kami berencana akan pergi dari Bandara Soekarno – Hatta pada tanggal 18 Mei 2023 sekitar pukul 11 siang. Namun tiba-tiba saya mendapatkan informasi pada tanggal 3 Mei 2023, bahwa penerbangan di-reschedule ke tanggal 20 Mei 2023. Sangat tidak masuk akal, maskapai melakukan pengumuman reschedule 1 bulan lebih setelah saya beli tiket, yang mana jadwal reschedule berbeda hari dengan tanggal keberangkatan.

Saya sudah live chat ke Traveloka. Saya hanya ingin berangkat tetap tanggal 18 Mei 2023, tapi Traveloka tidak bisa membantu, karena dari maskapai tidak tersedia penerbangan untuk tanggal tersebut. Alhasil saya mengajukan refund, dengan harap pengembalian dana yang diterima adalah full, tanpa dipotong.

Saya bersikeras dana yang diterima harus full, sesuai informasi pada live chat dengan Traveloka. Setelah saya melakukan pengajuan refund pada tanggal 3 Mei dan mendapatkan informasi tentang estimasi refund, saat itu juga saya langsung chat lagi ke Traveloka. Saya kira komplain saya ditanggapi, tapi hari ini tanggal 11 Mei 2023, saya malah menerima refund hanya Rp28.691.274.

Reni Komalasari
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Traveloka untuk Reni Komalasari

Kepada Yth., Ibu Reni Komalasari, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Reni Komalasari tujukan...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Refund yang Diterima Tidak Full

  • 15 Mei 2023 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Setahu saya traveloka memang begitu. Tapi bisa diurus ke maskapai langsung. Dan tiap maskapai punya aturan masing² soal refund.
    Kalau garuda bisa kembali “full” dalam bentuk voucher. Kalau lion ada potongan yg lumayan.
    Tapi krn ini casenya sudah kembali refundnya dari traveloka, lebih baik minta ditinjau ulang soal refund ke pihak terkait.

    1
    1
  • 15 Mei 2023 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Waduh nambah dikit bisa dpt realme c55 idaman saya nih selisihnya heuheu….
    Positif thingking aja,mungkin ada perbaikan pesawat makanya ada jadwal yg molor,pesawat memang mending ngalah drpda maksain berangkat,meledak dijalan nyawa taruhannya hehe..
    Btw,lanjut terus ka perjuangannya.
    Ya kalo misal dr pihak penyedia jasa masih ga mengganti sih,mnding cari layanan lain,apalagi transaksinya besar seperti itu,harus bener bener di tempat yang terpercaya

  • 15 Mei 2023 - (20:41 WIB)
    Permalink

    dr dlu klo kita ngajukan refund ditraveloka pasti ada potongan bbrpa % gak ada ceritanya refund 100% kecuali wkt pembelian tiket diawal skalian beli paket refund 100% utk berjaga2 klo penerbngan kita batalkan krn urusan pribadi

  • 17 Mei 2023 - (07:20 WIB)
    Permalink

    Saya baru juga kemarin dana refund cair setelah 7 hari menunggu. Keberangkatan Pekanbaru – Banjarmasin harga tiket 2.5jt selisih 1 jam saya refund cairnya hanya 1.4jt😂

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Refund yang Diterima Tidak Full

oleh reni komalasari dibaca dalam: 1 menit
7