Pemasangan Jaringan IndiHome Dipersulit Teknisi

Pada tanggal 17 Desember 2022, saya mendapat tawaran dari sales IndiHome untuk melakukan pemasangan di rumah saya. Dengan berbagai promosi yang mereka tawarkan, membuat saya dan keluarga begitu tertarik untuk berlangganan IndiHome. Lalu saya memutuskan untuk berhenti berlangganan dari provider sebelumnya, karena kebetulan sering terjadi kendala jaringan dan lain sebagainya.

Singkat cerita, saya telah berhasil mendaftarkan diri melalui sales tersebut. Kemudian saya diarahkan untuk mengisi formulir online. Setelah beberapa saat, ada panggilan dari 147 untuk konfirmasi data pribadi, persetujuan dan informasi terkait teknisi akan melakukan kunjungan ke rumah.

Hari berikutnya, ada panggilan masuk dari teknisi, yang menginformasikan bahwa daerah saya belum bisa dipasang layanan IndiHome, dengan alasan belum terjangkau fiber optic. Padahal tetangga dan yang lain sudah ada yang memasang IndiHome. Kemudian saya melapor ke call center 147, tapi tidak ada solusi. Saya mencoba menghubungi seluruh media sosial IndiHome, tidak ada jawaban. Terakhir, saya melaporkan ke email customercare@indihome.com, tapi customer care lebih mempercayai teknisi tersebut.

Kemudian pada hari Sabtu kemarin, tanggal 06 Mei 2023, saya kembali mendapatkan tawaran dari sales yang berbeda. Karena kebetulan sekolah yang letaknya berdempetan dengan rumah saya, juga telah mendaftar dan berhasil dipasang jaringan pada hari Senin.

Namun ketika giliran rumah saya pada hari Rabu, teknisi yang sama kembali berkunjung. Mereka menawarkan opsi kepada saya, yaitu harus membayar pendaftaran yang dibayarkan melalui minimarket/rekening bank dan harus membayar kepada teknisi. Jadi otomatis saya harus membayar double. Saya pun menolak.

Alasan kenapa saya tertarik kembali mendaftarkan jaringan internet IndiHome, karena promo yang sales tawarkan. Sekolah yang di samping rumah saya juga berhasil dipasang, tanpa ada embel-embel biaya layanan teknisi. Oleh karena itu, saya memohon atensinya kepada seluruh jajaran pimpinan PT Telkom Indonesia Persero, khususnya IndiHome, karena saya sebagai calon konsumen sangat dirugikan oleh waktu dan pikiran.

Terima kasih.

Muhammad Husni Mubarok
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkom Regional III Jawa Barat atas Surat Bapak Muhammad Husni Mubarok

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca dari Bapak Muhammad Husni Mubarok pada 16 Mei 2023...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Pemasangan Jaringan IndiHome Dipersulit Teknisi

  • 16 Mei 2023 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Teknisi tidak boleh menerima pembayaran tunai, anda bisa melaporkan ke plasa telkom terdekat. Anda sudah benar menulis di MK supaya cepat ditanggapi.
    Saya dulu juga pernah dimintai biaya dengan alasan biaya kabel, saya bilang akan saya bayar di plasa telkom dengan kuitansi resmi kantor telkom. Setelah itu teknisi diam dan tetep lanjut pemasangan, saya tanya ke plasa katanya kabel gratis.

    3
    1
    • 16 Mei 2023 - (15:05 WIB)
      Permalink

      Iya kang, saya up ke MK ini karena rasa kekesalan saya setelah beberapa kali gagal pasang dan terakhir ada opsi demikian. Syukur hari ini sudah ada klarifikasi permintaan maaf dari Telkom beserta petugasnya, mereka menjelaskan secara rinci bahwa sesuai dengan SOP tidak ada pungutan biaya apapun, semoga kedepannya tidak ada kasus seperti ini lagi.

      2
      1
  • 16 Mei 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Celah ini sering dimanfaatkan teknisi nakal buat nyari uang sampingan,dari uang nambah kabel yg katanya kurang panjang,uang pemasangan+rokok&kopi

    1
    1
  • 16 Mei 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Celah ini sering dimanfaatkan teknisi nakal buat nyari uang sampingan,dari uang nambah kabel yg katanya kurang panjang,uang pemasangan+rokok&kopi!

    1
    1
  • 16 Mei 2023 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Saya kutip:
    “Mereka menawarkan opsi kepada saya, yaitu harus membayar pendaftaran yang dibayarkan melalui minimarket/rekening bank dan harus membayar kepada teknisi.”

    Ada indikasi teknisi memanfaatkan celah dari SOP yang berlaku. Sebaiknya anda datang ke Plasa Telkom dan laporkan “kendala” dipersulit teknisi. Untuk anda ketahui, instansi awal tidak dipungut biaya apapun (uang tips atau suguhan makan minum adalah opsional). Kabel FO dan perangkat yang diperlukan (router, STB, remote, dst) disediakan dari teknisi.

    1
    1
  • 16 Mei 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Yah memang sih cukup menyebalkan nemu yang begitu.
    Tapi sebenernya kalo ga d minta pasti di kasih,sebagai uang tiplah gitu buat jasa yg di berikan.biar yang kerja semangat.karena pengalaman pakai indihome ini sering bgt dpt mslah misalkan kabel digigit tikus,kalo nelpon langsung ke hotline center belum tentu cepet di kerjain masalahnya,tapi dengan kebaikan kita ngasih tip ini,yg kerja biasanya lebih semangat dan kalo ada masalah jadi lebih di prioritaskan.
    Mungkin aja memang port yang tersedia lebih jauh makanya mereka ga berani ambil resiko kena marah atasan katna boros borosin kabel,biasanya sih kalo udh gitu nunggu ada pelanggan yg berhenti atau nunggu kekumpul bbrp orang buat bkin port baru.
    Saya jg dlu pernah pas awal pasang 3x cek ke area belum ada spot,br stlah 6 bulan ada telpon lg dan d pasangin.pdhl sekolah dasar yg deket malah duluan di pasang.
    Yah yg sabar aja,karena belum tentu semua hal yg kita pengen bakal langsung jadi

  • 17 Mei 2023 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Suami saya kbetulan seorang marketing indihome. Dan tidak ada satupun pelanggan dibebankan untuk pembelian kabel pemasangan atau pemasangan tiang . Kita cuma bayar dimuka biaya pasang/alat indihome dan itupun tujuan transaksinya ke perusahaan telkom bukan ke teknisi. Selanjutnya baru bayar bulanan.

  • 18 Mei 2023 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Saya juga gtu mau masang indihome juga dipersulit dengan terminal yang terlalu jauh/tidak ada tiang untuk kabel, padahal tetangga saya baru pasang sekitar 2 bulan itu pun masih bisa, tetapi kata teknisinya itu peraturan baru klo pemasangan lebih dari 400 meter ke terminal itu tidak bisa, alhasil dari pusatnya disuruh nunggu tiang baru atau terminal yang baru

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pemasangan Jaringan IndiHome Dipersulit Teknisi

oleh Muhammad dibaca dalam: 1 menit
10