Proses Klaim Asuransi yang Dibatalkan Secara Sepihak

Kronologinya, saya membeli ponsel Xiaomi di Tokopedia. Saya juga menggunakan asuransi pengiriman untuk keamanan tambahan. Namun, ketika paket sampai, setelah saya merekam video pembukaan paket, yang ada di dalamnya hanya kotaknya saja dan unit ponsel tidak ada ~ penjual juga tidak memiliki video saat proses pengepakan.

Saya telah mengajukan keluhan selama 2 bulan dan awalnya disetujui untuk pengembalian dana dengan tanggal estimasi pengembalian yang ditentukan. Namun, setelah melewati 7 hari dari tanggal estimasi pengembalian tersebut, tiba-tiba pengembalian dana saya ditolak oleh pihak asuransi. Sementara itu, dana yang awalnya bermasalah telah diserahkan kepada penjual. Akibatnya, saya tidak mendapatkan apa-apa dan mengalami kerugian sebesar 4 juta rupiah.

Saya meminta bantuan untuk mengupayakan kasus saya dengan harapan agar uang saya dapat dikembalikan sesuai dengan biaya asuransi yang telah saya bayar.  :’)

Nuniek Kusumastuty
Jakarta Timur 13950

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Proses Klaim Asuransi yang Dibatalkan Secara Sepihak

  • 24 Mei 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Di Toped umumnya ada 2 jenis asuransi yakni asuransi pengiriman dan asuransi proteksi (ditawarkan dengan tanda centang sebelum checkout). Asuransi pengiriman biasanya di handle Toped atau penjual. Asuransi proteksi otomatis berlaku setelah barang diterima pembeli, adapun asuransi pengiriman, sesuai namanya, berlaku saat proses pengiriman.

    TS belum bisa klaim asuransi proteksi karena barang belum diterima. Dalam kasus ini, TS fokus saja lewat pusat resolusi sehingga Toped akan melakukan investigasi masalah. Jika kendalanya ada di pengiriman, dana pembeli akan dikembalikan dan penjual berurusan dengan kurir untuk klaim kehilangan. Jika ada bukti kendala terjadi di luar pengiriman, Toped akan menentukan siapa pihak yang curang.

    Dari screenshot yang TS sertakan, saya lihat penjual sudah menyertakan bukti video dan foto, meskipun videonya tidak bisa dilihat di forum ini. Sementara TS hanya menyertakan bukti foto. Jika TS bisa memberikan bukti video (dengan menunjukkan detail pengepakan luar dan label yang belum rusak) maka bukti itu bisa digunakan untuk melawan bukti video yang diberikan penjual. Hanya mencantumkan bukti foto, posisi TS lebih lemah.

    Semoga kendalanya cepat selesai.

    1
    1
    • 24 Mei 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Saya udah kasih video unboxing om. Lengkap kok. Penjual gaada video packing nya hanya unit sebelum dikirim aja 🙂

    • 24 Mei 2023 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Video unboxing saya menggunakani link karna size nya besar jadi bukan hanya foto ya kak 🙏

    • 25 Mei 2023 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Iya kak tapi malah saya yang jadi korban pdahal saya pembeli / udah pakai asuransi . Penjual gaada video packing

  • 25 Mei 2023 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Diasuransikan saja masih bisa raib. bagaimana bila tak asuransi? bukan asal menuduh, saat ini pihak kurir banyak yg menyambi sbg maling.

  • 25 Mei 2023 - (21:07 WIB)
    Permalink

    percuma meski pakai asuransi saya pernah mengalami kejadian seperti anda dan akhirnya uang saya tidak kembali seharusnya dari awal langsung anda komplain dan minta refund dana, kalau bukti inboxing anda lengkap uang anda akan dikembalikan marketplace

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Proses Klaim Asuransi yang Dibatalkan Secara Sepihak

oleh Nuniek Kusuma dibaca dalam: 1 menit
7