Tidak Bisa Mengalihkan Kartu Pascabayar Indosat Ooredoo ke Prabayar

Dengan hormat,

Saya Muhammad Mas’ud, merupakan pelanggan setia Indosat Ooredoo dengan 5 nomor telepon yang terdaftar. Saya menulis surat ini untuk mengajukan keberatan terkait dengan berhenti langganan kartu perdana Indosat Ooredoo Postpaid yang saya miliki, tetapi tidak dapat mengalihkan nomor tersebut ke Prabayar.

Saya ingin menyampaikan beberapa alasan mengapa saya ingin menghentikan langganan kartu perdana Postpaid dan mengalihkan nomor tersebut ke Prabayar:

1. Fleksibilitas: Saya ingin memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam mengelola penggunaan layanan telekomunikasi saya. Dengan Prabayar, saya dapat dengan mudah mengontrol dan mengatur pengeluaran bulanan saya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang saya miliki.

2. Biaya yang Lebih Rendah: Saya menyadari bahwa langganan Postpaid sering kali melibatkan biaya bulanan dan batasan penggunaan tertentu. Dalam situasi ekonomi saat ini, saya ingin mengurangi pengeluaran rutin dan beralih ke opsi Prabayar yang lebih hemat dan dapat disesuaikan.

3. Portabilitas: Saya ingin mempertahankan nomor telepon saya yang telah lama saya gunakan dan dikenal oleh keluarga, teman, dan mitra bisnis. Mengalihkan nomor telepon saya ke Prabayar akan memungkinkan saya untuk tetap terhubung tanpa mengganggu kontak penting yang telah terbentuk seiring waktu.

Namun, saya menemui kendala dalam upaya saya untuk mengalihkan nomor tersebut ke Prabayar. Saat berkomunikasi dengan layanan pelanggan Anda, saya diberitahu bahwa nomor asli bawaan Postpaid tidak dapat diubah ke Prabayar. Sebagai alternatif, saya diminta untuk mengganti nomor bawaan Postpaid dengan nomor baru Prabayar. Juga saat pertama kali mendaftar langganan saya tidak di informasikan hal tersebut.

Saya merasa bahwa ketidakmampuan untuk mengalihkan nomor asli saya menjadi kendala yang signifikan. Saya ingin mempertahankan nomor telepon yang telah terhubung dengan identitas saya selama ini. Mengganti nomor akan menyebabkan ketidaknyamanan, baik dalam hal memberitahukan nomor baru kepada kontak penting maupun dalam membangun kembali jaringan komunikasi yang telah terbentuk.

Saya mengharapkan respons positif dari pihak Indosat Ooredoo sehubungan dengan permohonan keberatan saya ini. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Hormat saya,

Muhammad Mas’ud
Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Tidak Bisa Mengalihkan Kartu Pascabayar Indosat Ooredoo ke Prabayar

  • 24 Mei 2023 - (09:41 WIB)
    Permalink

    seharusnya migrasi pascabayar ke prabayar (atau sebaliknya) itu merupakan hak konsumen.

  • 24 Mei 2023 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Mungkin operator tertentu (termasuk Indosat) membedakan klasifikasi jenis layanan dari kode-kode awal nomor telepon. Hal ini bisa terjadi jika infrastruktur jaringan masih mempertahankan skema lama—mungkin dengan alasan menghemat alokasi anggaran karena migrasi ke sistem baru belum mendesak dan signifikan (atau belum ada data untuk kesitu).

    Kadang kita yang awam melihat segala sesuatunya hanya dari permukaan sehingga menduga sesuatu yang sederhana bisa diatasi dengan cara yang sederhana pula. Ibarat gonta-ganti transmisi kendaraan dari manual ke matik dan sebaliknya, bayangan kita cukup tinggal ganti blok transmisi, padahal tak selalu semudah itu ferguso…

    • 24 Mei 2023 - (16:22 WIB)
      Permalink

      Ngga bisa lah. Digit awal tertentu dr operator kek 0815, 0816, 0811… Itu kan jelas pascabayar. Sebagai pemegang nomor pascabayar, saya juga ngga akan mau jika tiba” aturan nya berubah (apa gunanya bayar lebih mahal tapi ngga bisa dibedakan dgn yg isi pulsa pas”an). Nomor pascabayar di mana” lebih bisa dipercaya, karena ngga bisa sebebasnya ganti nomor tiap hari layaknya prabayar. Saat pertama daftar juga datang langsung ke gerai operator setor muka, NIK & KK. Prabayar blm tentu yg pegang nomor daftar pake NIK nya sendiri. Makanya hampir bisa dipastikan jika niat menipu, pascabayar bukan pilihan pertama.
      Di mata rekan bisnis dan pihak bank, jelas ada nilai plus tersendiri jika nomor terdaftarnya itu digit pascabayar. Terlebih jika pegang yg 10 digit, bisa dikategorikan org kaya lama gitu lah. Lebih bonafide lagi jika masih memiliki landline/nomor telkom, karena alamatnya sudah pasti jelas bisa dilacak… Mau ajuin kredit apapun, lebih gampang disetujui.

  • 24 Mei 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Saya punya pengalaman nomor prabayar Indosat hangus karena lupa top up pulsa (2018), Alhamdulillah bisa dihidupkan lagi tapi menjadi nomor pascabayar paket freedom pospaid M. Setelah 4 tahun (2022) saya ingin mengembalikan lagi jadi nomor prabayar Alhamdulillah bisa dibantu di galeri setelah di iming-iming ganti paketan internet yang lain yang lebih hemat agar nomor saya tetap di pascabayar, tapi saya tidak tertarik. Alhamdulillah langsung diproses menjadi prabayar.
    Yang pernah saya dengar Kalau nomor yang bawaan lahir pascabayar, tidak bisa diapa-apain lagi , hanya ganti paketan internet lain tapi tetap pascabayar.

    • 24 Mei 2023 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum ka, ka saya boleh minta bantuan ga, kartu indosat saya hangus,
      Kronologi nya : kan saya isi pulsa yg 50k, pertama masih bisa buat di cek ke *123#, terus pas saya beli in itu pulsa ke paket data, tiba² kartu saya hilang sinyal nya dan tidak terbaca lagi, mhon bantuan nya kak, karna nomer indosat ini sangat penting bagi saya🙏

      • 24 Mei 2023 - (18:13 WIB)
        Permalink

        Ganti kartu rusak secara offline & online:
        https://pdscustom.com/ganti-kartu-indosat-dengan-nomor-yang-sama-online/

        Semoga masih bisa ya (tau bisa diurus online juga dr respon salah satu pembaca di sini di artikel laen).

        Krn punya pengalaman buruk saat membantu urus SIM tante yg tiba2 no signal, tanpa tau bahwa bisa dicoba urus online, kita datangi gerai indosat… Dikatakan bahwa kartunya 3G tidak bisa lg dipakai, harus ganti ke 4G… DAN paket yg sblmnya tidak berlaku dan hangus, harus migrasi ke pascabayar dan wajib paket data yg sekitar 240rb/3 bulan dibayar dimuka. Krn bukan nomor penting, pemakainya usia oma2, sy putuskan beli prabayar baru keluaran operator laen.

      • 24 Mei 2023 - (23:34 WIB)
        Permalink

        Wa’alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh. Bisa dikira-kira masa aktif nya masih berapa lama. Apakah benar hangus atau SIM card nya kotor/ banyak lecet di magnetik nya. Coba dilepas lalu dilap magnetik nya.

  • 24 Mei 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Setahu saya kalau kartu dari awalnya pasca bayar itu tidak bisa dirubah ke prabayar.
    Pengalaman saya
    1. Saya punya kartu pascabayar Halo 0811******, saya mengajukan untuk pindah ke prabayar idak bisa karena itu memang kartu pascabayar
    2. Saya juga punya kartu prabayar indosat 0816******, saya daftar kan ke pascayar bisa dan saya pindah kan lagi ke prabayar bisa, karena memang kartu indosat saya awal nya kartu prabayar

  • 24 Mei 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    kalo awal ya prabayar.. ke pascabayar lalu berpindah ke prabayar lagi bisa lewat gerai.. tapi dari pascabayar ke prabayar nggak bisa..

  • 24 Mei 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Klo awalnya udah pascabayar memang gk bisa di ubah ke prabayar, kecuali awalnya prabayar trus ke pascabayar lalu mau jd prabayar lagi baru bisa, mas nya aja gk baca2…

  • 24 Mei 2023 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Secara teknis sebenarnya bisa, cuma belum ada regulasinya. Jangankan ganti pasca bayar ke prabayar, ganti operator dengan nomer yang sama saja bisa kok. Secara teknis ya, ini di luar negeri sana.
    Pernah dapat no dari kantor pasca bayar, ternyata di tempat baru sinyal susah. Bisa pindah operator nomer tetap, dari KPN ke T-Mobile. Disini aja yang belum ada regulasinya.

    • 24 Mei 2023 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Betul, nomor luar negeri bisa pindah provider dengan nomor yang sama, bahkan aktivasi cukup mudah bisa online hanya perlu input kode yang ada di SIM card baru (apa namanya lupa), kalau di negeri ini, wah entah kapan itu bisa.

      Sekarang ini apa-apa enak prabayar, bisa ngontrol biaya biar tidak keluar berlebihan. Meteran listrik PLN aja saya belain ganti ke token, cuma sayang air PDAM gak bisa prabayar.

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Mengalihkan Kartu Pascabayar Indosat Ooredoo ke Prabayar

oleh Yandi dibaca dalam: 1 menit
21