Paket Anteraja Tidak Bergerak Saat Cek Resi, Akhirnya Dinyatakan Hilang, Seller Rugi 😭

Bismillah.
Assalamualaikum,
Salam sejahtera untuk kita semua.

Sebelumnya, saya baru tahu ada situs Media Konsumen ini yang membantu menyelesaikan masalah. Semoga masalah saya cepat selesai dan ditayangkan di situs ini.

Barang saya dinyatakan hilang setelah satu bulan tanpa kabar. Setelah saya rajin follow up melalui DM Twitter Anteraja, akhirnya barang saya hilang melalui pesan WhatsApp, dan saya diinfokan untuk menunggu penggantian dana selama 2 hari. Namun, janji-janji itu hanya tinggal janji.

Saya kembali DM Twitter, ternyata saya dilempar, saya yang harus follow up ke Shopee. Baiklah, saya menghubungi Shopee untuk membuat tiket pelaporan agar bisa dikonfirmasi dengan pihak ekspedisi. Anehnya, seharusnya mereka memberi informasi kepada saya agar saya yang melakukan follow up, mengapa di pesan WhatsApp saya disuruh untuk menunggu? Hanya membuang-buang waktu saja.

Setelah saya rajin follow up ke Shopee, akhirnya ada kompensasi masuk sebesar 400 ribu rupiah, sedangkan harga barang saya 554.900 rupiah. Saya konfirmasi ke Shopee dan mereka mengatakan kompensasinya sudah sesuai, diganti dengan 10 kali ongkir. Tidak ada solusi dari Shopee. Lalu, saya DM lagi ke Anteraja dan informasinya juga sama. Kenapa tidak diganti secara penuh?

Saya sangat kecewa karena modal pembelian barang saya lebih besar daripada kompensasinya. Saya merugi sebesar 154.900 rupiah. Saya merasa dirugikan karena saya sudah mem-packing barang dengan baik. Saya juga merugi waktu dengan bolak-balik DM antara Anteraja dan Shopee. Kehilangan ini disebabkan oleh kelalaian pihak ekspedisi. Mungkin bagi orang lain selisih uang tersebut kecil, tapi bagi seller kecil seperti saya, itu sangat berarti.

Saya adalah pembeli dengan status Platinum di Shopee. Jika seperti ini, saya menjadi takut. Sungguh mengerikan jika saya membeli barang dengan nilai yang besar dan kemudian hilang. Kali ini, saya sangat kecewa dengan e-commerce Shopee dan ekspedisi Anteraja.

Detail tanggal terlampir dalam gambar yang saya kirim. Terima kasih.

Aprilia Iryanti
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Paket Anteraja Tidak Bergerak Saat Cek Resi, Akhirnya Dinyatakan Hilang, Seller Rugi 😭

  • 26 Mei 2023 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Sopi kurang mengakomodir pilihan asuransi pengiriman, sehingga seller yang harus inisiatif melakukannya secara mandiri. Kejadian seperti ini kerap berulang tapi tidak ada solusi nyata. Anda “beruntung” penggantian dan nilai kerugian selisihnya kecil, tak terbayangkan bagi seller dengan barang nominal besar seperti ponsel atau laptop.

    Saran terbaik adalah berjualan dengan total harga dibawah 10x ongkir. Atau berjualan di marketplace lain dengan ketentuan yang lebih jelas mengenai asuransi pengiriman atau penggantian produk apabila hilang.

    Semoga ada secercah harapan agar kerugian bisa diganti penuh.

    2
    1
    • 30 Mei 2023 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Selama ini alhamdulilah kalau saya beli di toko hijau dan biru barang yang nominalnya jutaan tidak ada masalah. Jadi saya baru merasakan banget pentingnya asuransi untuk seller dan cust gak kebayang deh sakitnya jual laptop cm diganti 10x ongkir. Kalau di toko oren belum pernah beli yg mahal bgt tapi skrg jadi kapok mending bayar asugansi lumayan dari pada ilang. Iya dalam case ini saya beruntung selisih tidak besar tapi ya lumayan juga 😂

  • 26 Mei 2023 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Ketentuan smua kurir seperti itu cuma ganti 10x ongkir kalo gak pake asuransi, makanya sering hilang klo kirim barang mahal

    1
    1
    • 30 Mei 2023 - (21:40 WIB)
      Permalink

      Iya, saya baru tau tapi td saya dapat wa katanya mau di ganti full di proses 7 hk semoga aja benar. Amin

  • 27 Mei 2023 - (01:49 WIB)
    Permalink

    seperti nya barang anda itu sudah sampai di konsumen , jadi ketika diantar kelokasi konsumen anda sedang tidak ada otomatis kurir pun membawa lagi paket nya ke gudang , dan dikarnakan butuh konsumen pun akhir nya menjemput atau ambil sendiri langsung kegudang , seprti nya pihak bagian cheking lupa mrubah status barang nya

  • 27 Mei 2023 - (08:58 WIB)
    Permalink

    Penulis sebagai penjual/pengirim ya, sudah sesuai ketentuan sih kalau hilang digantirugi 10x ongkir, ini ongkirnya 40rb sekilo ya jadi 400rb sudah sesuai. Apalagi shopee tidak ada otomatis atau wajib asuransi.

    Kalau pembeli sih tinggal komplain tidak menerima pesanan, dana kembali penuh.

    0
    1
  • 27 Mei 2023 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Dari dulu kalau ga pake asuransi biaya maksimal penggantian 10x, ini berlaku nasional semua ekspedisi. Kalau barangnya mahal saya lebih cocok jual di tokopedia, kirim pake asuransi. Hilang dibalikin full meskipun prosesnya agak lama

  • 27 Mei 2023 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Ini penulis sebagai penjual atau pembeli? Bingung saya, kalau pembeli anda berhak menerima seluruh uang anda karna barang tidak sampai ke anda, tapi kalau penjual ya benar di ganti 10x lipat. Perlu di pertimbangkan ke depan jika harga barang lebih dari 10x lipat tambah asuransi ataupun lainnya.

    • 31 Mei 2023 - (06:24 WIB)
      Permalink

      Saya ada pengalaman ambil di gudang sicepat syaratnya di foto dan ttd digital. Kalau cust ambil ke gudang seharusnya saat anteraja investigasi ada bukti itu saya rasa sopnya harusnya sama atau minimal bisa cek dari cctv

  • 27 Mei 2023 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Kurir anteraja sering menyatakan paket hilang dah banyak banget keluhannya, kenapa juga masih pada aktifin kurir entaraja hmmmm. Kurir lain masih banyak opsi.

    • 30 Mei 2023 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Baru kali ini saya bermasalah dengan kurir anter aja biasanya selalu sampai saya aktifin karena opsi paling dekat lokasi dari rumah jadi bisa drop off ga nunggu lama pick up

  • 27 Mei 2023 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Saya juga penjual seperti kakak ini,
    Masalah yang saya hadapi lebih parah.
    Paketnya di nyatakan rusak/hilang, dgn status terakhir
    Paket1 “dikembalikan ke seller” tapi aslinya tidak ada pengiriman kembali ke seller
    Paket2 “dinyatakan crosslabel” akhirnya konfirm rusak/hilang.
    Ke 2 paket tsb. Akhirnya di nyatakan rusak/hilang setelah di followup melalui CS shopee.
    Tapi anehnya, pihak kurir tidak mau mengganti/mengembalikan paket tsb dengan alasan, “paket tsb tidak menggunakan buble”.
    Kasus ini saya sdh bolak balik followup ke CS shopee, CS anteraja, manager area anteraja, tapi tanggapan nya masih sama seperti itu.
    Akhirnya saya datang ke kantor anteraja yg biasa pickup ke toko saya. Dan saya bicara dengan supervisor dan managernya, kalau tidak mau di ganti dan tidak mau di kembalikan paket tsb, saya akan lapor polisi, masukan kasus penipuan dan penggelapan.
    Akhirnya supervisor nya berinisiatif mengganti dgn uang pribadi.
    Sampai sekarang, saya tidak lagi menggunakan jasa kurir anteraja.

    • 30 Mei 2023 - (21:52 WIB)
      Permalink

      Aneh, iya sebagai seller emang harus kita follow up terus karena kesalahan bukan dari pihak kita.

  • 29 Mei 2023 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama dan berkali2..
    Sudah protes ke SHOPEE dilempat ke ANTERAJA dan dari ANTER dilempar balik ke SHOPEE..

    Barang itu dinyatakan RUSAK oleh ANTERAJA, tapi tidak bisa diminta kirim balik. Menurut saya barang hilang atau di ambil pihak ANTERAJA. Hal serupa saya temui juga di TikTok dan berbagai medsos lainnya.

    BUSUKNYA ANTERAJA.

    1
    1
    • 29 Mei 2023 - (14:38 WIB)
      Permalink

      Jika ada pihak official mau kroscek saya punya no laporannya, saya tidak asal komentar.
      No Laporan Anteraja : 10449755 dan 10450124. Hanya di nyatakan RUSAK, packing tidak baiklah, dll. Kita ada bukti FOTO, CCTV. Packing kita sangat baik dan menggunakan buble + dus. Jikapun rusak, barang bisa dikembalikan bukan di makan ANTERAJA.

  • 9 Juni 2023 - (13:51 WIB)
    Permalink

    Update :

    Tgl 30/05/23 saya dapat chat dan sudah saya review baik di kolom link yg anteraja kirim tapi apa lah janji sudah lewat 7hk. Saya hub shopee di lempar lagi ke jasa kirim. Gitu aja terus saya di php in😆. Saya chat balik ga bisa nomornya ga bls lg. Capek deh.

    Hi Kak,

    Kami dari Customer Care Anteraja. Terkait paket kakak dengan nomor resi 10007063775182 detail item “inara signature dressrosegold l/xl haideeorlin ha”. Sebelumnya kami mohon maaf terkait kendala yang kakak alami. Kami ingin menginformasikan terkait sisa refund dana kakak saat ini masih dalam proses ya kak, yang nantinya akan dikembalikan oleh pihak Shopee. Dan kami akan bantu makasimalkan prosesnya dalam waktu 7 hari kerja ya kak. Mohon ketersediaan kakak untuk menunggu.

    Terima kasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Paket Anteraja Tidak Bergerak Saat Cek Resi, Akhirnya Dinyatakan Hilan…

oleh April Alhafidz dibaca dalam: 1 menit
23