Ada Biaya Saldo Tidak Cukup di Aplikasi Livin Mandiri

Saya Lukman, nasabah Mandiri Tabungan NOW sejak Oktober 2022. Pada tanggal 09 Juni 2023, saya ada transaksi di Livin Mandiri, dengan tujuan pembayaran e-commerce (Lazada) sebesar Rp45.000. Namun saldo per hari itu di rekening cuma Rp50.200.

Setelah transaksi dinyatakan gagal, saya cek di histori transaksi ternyata saldo berkurang Rp5.000 (dalam hati, mungkin potongan biaya ATM bulan lalu). Saya lanjut transfer lagi ke rekening sebesar Rp5.000, ternyata gagal lagi dan malah memotong lagi sebesar Rp5.000 dengan uraian yang sama (biaya saldo tidak cukup). Saya coba lagi transfer ke rekening sebesar Rp5.000 dan transaksi lagi, tetapi masih seperti itu.

Saya lalu mencoba searching ke Google apa ada biaya seperti itu, tetapi saya tidak temukan keterangan terkait biaya “Saldo tidak cukup”. Pihak call center Mandiri (14000) juga sudah menjelaskan ke saya, bahwa potongan Rp. 5000 sebanyak 3 (tiga) kali adalah karena saya transaksi saat saldo saya kurang.

Hal ini sangat merugikan kami sebagai nasabah Bank Mandiri. Apakah nominal Rp5.000 sekali potong tidak terlalu besar buat kami selaku nasabah, yang sama sekali tidak tahu menahu tentang hal tersebut? Mohon penjelasan dari pihak terkait.

Terima kasih kepada Media Konsumen dan pihak terkait yang meluangkan waktu untuk menjawab keluh kesahku.

Lukman
Maros, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Lukman

Menanggapi pengaduan Bapak Lukman melalui mediakonsumen.com pada tanggal 12 Juni 2023 Perihal Ada Biaya Saldo Tidak Cukup, dapat kami sampaikan...
Baca Selengkapnya

33 komentar untuk “Ada Biaya Saldo Tidak Cukup di Aplikasi Livin Mandiri

    • 12 Juni 2023 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Apakah bisa ditunjukkan pernyataan tarik tunai saldo tidak cukup ads biayanya?

      Karena saya sudah buka link itu tapi tidak menemukan pernyataan seperti itu.

      • 12 Juni 2023 - (19:27 WIB)
        Permalink

        Ada coba diteliti lagi bacanya
        Ada dibawah
        Bagian produk kartu > mandiri kartu debit.
        Gagal transaksi karena saldo tidak cukup dan salah PIN di ATM jaringan GPN

        • 12 Juni 2023 - (19:43 WIB)
          Permalink

          Oh, ya. Sudah ketemu.

          Biaya Rp5.000 itu karena gagal transaksi saldo tidak cukup di ATM jaringan Visa/Plus.

          Artinya, penulis melakukan transaksi di ATM bank lain, bukan di ATM bank Mandiri.

          Ya pantas kalau ada biayanya.

          • 13 Juni 2023 - (07:06 WIB)
            Permalink

            Saya transaksi melalui mobile banking Pak (Livin Mandiri)

            Trus yang saya baca
            Gagal transaksi karena saldo tidak cukup di ATM jaringan Visa /Plus Rp5.000,-/trx

            Gagal transaksi karena saldo tidak cukup dan salah PIN di ATM jaringan GPN Rp3.000,-/trx

            Apa diberlakukan sama transaksi di Mobile Banking?

      • 14 Juni 2023 - (13:16 WIB)
        Permalink

        Ini yang terjadi di rekening Bank Mandiri saya juga yang Platinum..setelah tidak di pakai hampir 1 tahun lebih..saya slalu isi batas minimum saldo sebesar Rp 100rb untuk memperpanjang masa aktif rekening..setelah saya isi rekening saya dengan nominal yang lebih besar saya cek untuk sisa saldo saya menggunakan aplikasi livin saya kaget terdapat 14 transaksi biaya admimistrasi kartu debit sebesar Rp 8500..jika di kali 14 mungkin totalnya Rp 119rb an..belum biaya administrasi bank bulanan sebesar Rp 25rban..jika di total hampir terpotong sebesar Rp 250rban..saya coba tlp Mandiri call center..infonya adalah karena limit saldo saya tidak mencukupi untuk biaya administrasi bulanan jadi di potong lagi perbulan sebesar Rp 8500..ya klo saldo kita ga cukup brarti per bulan potongan nya akan lebih mahal menjadi sekitar Rp 35rban..padahal dulu ga ada potongan seperti itu sama sekali..ini sungguh memberatkan..disaat kita dalam artian tidak mengisi saldo pada Rekening Mandiri dengan alasan tertentu karena klo berbicara untuk administrasi bank seharusnya sudah lebih dari cukup dari administrasi bulanan nya saja

        • 14 Juni 2023 - (14:42 WIB)
          Permalink

          Wow luar biasa cara bank ini meraup keunrungan dari nasabah… Mereka buat aturan yang sangat merugikan nasabah.

  • 12 Juni 2023 - (16:24 WIB)
    Permalink

    ini yg teman2 sy bahas di kantor, bank mandiri anti nasabah missqueen. kalo saldo kurang pasti dipalak Rp 5.000,- . Jd caranya biar ga kepalak, ya sediakan saldo banyak2. he he he…
    Candaan tp ada benarnya juga.

    • 13 Juni 2023 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Hehehe bener… Tapi setidaknya ada info ke nasabah lah bahwa ada kebijakan Baru… Melalui sosial media atau di aplikasi Livin kan Mudah tuh sosialisasinya biar makin keliatan MARUKnya Mandiri meraup saldo nasabah.

    • 18 Juni 2023 - (06:40 WIB)
      Permalink

      Sekarang ga musim naro2 uang di bank banyak2 apalagi mandiri sering nyolong uang nasabah buat ASU RANSI AXA buat makan karyawan mandiri yg MISQUEEN kaya anda. Dengan iming2 investasi berkedok penipuan oleh staff MANDIRI YG GAJI G LEBIH DARI 4 JUTA WKWK , simpan dan tabung aja DI OBLIGASI , REKSADANA , SURAT BERHARGA NEGARA , di rekening nyimpen duit SEPERLUNYA supaya ga DI COLONG OLEH ANDA STAFF MANDIRI SEPERTI ANDA sangat PAHAM KANNNNNN???

    • 6 Juli 2023 - (14:19 WIB)
      Permalink

      Waduh Mas Bener aku cek di livin mandiri ada potongan 5rb wkwk.Ngelawak mandiri ini lama2.Pdhal minus gara2 di potong admin mereka.Lama2 Bank ini Kayak Pinjol.Memudahkan cust karna ada livin.Tpi konsekwensinya Banyak biaya tersembunyi.Tinggal kalikan saja 5000 per brp jumlah nasabah yg yg tdk Paham.Tambah kaya Ini bank.Pdhal udah gelontorkan dana 1 TRILYUN ke KREDIVO.Ampun bagi Nasabah Pas2 an.

  • 12 Juni 2023 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga kena neh, mau bagi pengalaman deh. Baru tahu kalau ada biaya saldo tidak cukup. Ini sungguh sadis sih menurut saya. Saya ngeh sewaktu ada promo Mc.D 6.6 dengan kartu debit mandiri, saldo sewaktu itu ada 200K-an transaksi Rp 200.500, kemudian gagal transaksi, saya coba lagi krn saya kira ada masalah signal atau apa, transaksi kedua gagal juga. Saat saya cek rekening di Livin’ ternyata ada potongan 2X Rp 5.000,- gara-gara saldo tidak cukup. Awalnya transaksi hanya kurang Rp 500,- tapi di denda Rp 5.000,- sampai 2X. Tidak masuk akal cara nyari duit bank ini. Kasian dong ya, masyarakat miskin yang suka saldo kurang bakalan makin miskin karena sudah saldo kurang ehhh kena biaya karena “salahnya” kenapa saldo kurang di rekening wwkwkwkwkwk.
    Kartu kredit yang katanya kartu setan saja tidak sampai segininya, kalau dipakai transaksi dan limit tidak mencukupi hanya transaksi gagal saja, tidak ada palakan biaya limit kurang.

    2
    1
  • 12 Juni 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Wah baru tau juga saya klo system bank m***iri begitu…ada biaya saldo tdk cukup…
    Baiknya jgn dibebani biaya semacam itu, cukup keterangan gagal transaksi karena saldo tidak cukup..
    Bukannya nasabah sdh dikenakan biaya kartu ATM dan biaya admint lainya.

  • 13 Juni 2023 - (10:06 WIB)
    Permalink

    aturan yg aneh, mau bayar duitnya kurang koq malah dipalak 5ribu. padahal kan sudah ada saldo mengendap 100 ribu. tapi gak bisa ya diambilkan dari situ…

    untung saya jadi nasabah BCA dari tahun 1999 sampai sekarang, belum ada aturan aneh begitu.

  • 13 Juni 2023 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Mohon pihak mandiri ukt meninjau potongan biaya krn saldo nggak cukup. Sudah terlalu byk biaya yg dipotong tiap bulan. Bank lain nggak ada kok biaya semacam ini. Yah kalo saldo nggak cukup gagal transaksinya jgn dipotong saldo lagi. Jgnlah menjadi bank terbesar tapi profitnya byk diperoleh dari potongan biaya2 yg aneh2. Mohon menjadi perhatian pihak manajemen bank. Apalagi bank BUMN yg hrsnya tugasnya melayani dan memudahkan masyarakat dan bukan menyulitkan. Thanks

    • 13 Juni 2023 - (16:21 WIB)
      Permalink

      Hehe ini pake Mandiri karena kantor pindah Bank rekanan. Sdah nyaman di BRI dan BNI…

      1
      1
  • 14 Juni 2023 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Ada2 aja ya, biaya saldo tidak cukup 😇 ntar ada lagi biaya saldo kurang banyak. Habis dah 😇

  • 14 Juni 2023 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Oh jadi ini toh sebab potongan pinalti saldo minimum.

    Saya juga pernah beberapa kali kena potongan 5rb. Saya pikir ini biaya apaan?

 Apa Komentar Anda mengenai Aplikasi Livin Mandiri?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Ada Biaya Saldo Tidak Cukup di Aplikasi Livin Mandiri

oleh Lukman McFadden dibaca dalam: 1 menit
33