Pembelian Motor Dibatalkan, tapi Bunga Tagihannya Tetap Berjalan

Saya berniat mau beli motor listrik subsidi yang ditawarkan melalui aplikasi Shopee, karena saya pikir harganya murah. Menurut informasi dari penjual, motor akan dikirim setelah ada persetujuan dari pemerintah. Lalu saya pun mengisi berkas yang diminta oleh penjual sebagai persyaratannya.

Tidak panjang lebar, lalu saya beli dengan cara dicicil melalui SPayLater selama 24 bulan. Karena persyaratan dari penjual, barang harus dibeli dahulu, agar ada nota pembelian sebagai salah satu syarat pengajuan subsidi.

Selang beberapa hari, ada notifikasi bahwa barang sedang dikirim. Saya kaget dong, apakah berkas saya sudah disetujui? Saya tanya ke penjual “Apa benar motor saya sedang dikirim?”. Penjual menjawab “Yang dikirim bukan motor, melainkan nota bukti pembelian motor. Untuk motor itu sendiri akan dikirim apabila sudah disetujui oleh pemerintah.” Katanya, waktu menunggunya bisa 3 sampai 7 bulan.

Lalu saya menanyakan apa ada biaya-biaya lain apabila sudah disetujui. Kata penjual ada, biaya pengiriman barang, biaya administrasi dll. Dari situ saya gak setuju, karena ga ada informasi yang tercantum di iklan penjualan. Lalu saya mengajukan pengembalian barang dan dipersilakan oleh penjual.

Namun masalahnya setelah pengembalian selesai, di aplikasi Shopee ada tagihan atas bunga pembelian barang yang gak jadi tersebut, selama 24 bulan dan jumlahnya mencapai Rp1 juta lebih. Saya kaget, mengapa bisa? Soalnya barangnya gak jadi saya beli.

Saya tanya ke pihak Shopee beberapa kali, jawabannya tetap sama, yaitu tagihan sudah sesuai. Saya bingung harus dibayar apa tidak, jika tidak dibayar nama saya jelek, jika dibayar alangkah banyaknya. Uang segitu bagi saya lumayan banyak, berhubung pekerjaan saya yang hanya bergaji pas-pasan. Semoga dari surat pembaca yang disediakan oleh Media Konsumen ini ada jalan terang bagi saya. Terima kasih.

Dondon Ramdani
Kota Bandar Lampung, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Pembelian Motor Dibatalkan, tapi Bunga Tagihannya Tetap Berjalan

  • 18 Juni 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Semoga problem TS bisa diselesaikan shopee.

    Dari reviewnya, hampir semua belum terima unit.

    10
    1
  • 18 Juni 2023 - (12:03 WIB)
    Permalink

    harusnya pertanyaan2 seperti itu harus ditanyakan di awal, jangan ketika sudah terjadi proses pembelian yang akhirnya menggagalkan jual beli.

    sekarang saya tanya, niat awal pingin beli motor subsidi tersebut apa? kebutuhan apa karena pingin aja?

    6
    16
    • 18 Juni 2023 - (12:57 WIB)
      Permalink

      Setiap saya membeli barang, saya jarang sekali bertanya detail mengenai barang yg di jual, karena biasanya deskripsinya sudah menjelaskan semuanya. Asalkan barang tersebut sesuai dengan kebutuhan saya, saya akan beli.

      1
      8
      • 18 Juni 2023 - (14:29 WIB)
        Permalink

        Jangam dipukul rata juga mestinya.

        Kalau beli panci sih, ga perlu nanya2 lagi. Apa ribetnya beli panci.

        6
        2
        • 18 Juni 2023 - (19:29 WIB)
          Permalink

          Kabar dari konsultan independen subsidi molis RI dr rekanan kami. Kami sampaikan bahwa akun penjual shopee dgn nama Ptbisnissehatharmonis BUKAN DEALER RESMI YG DITUNJUK UNTUK SUBSIDI MOTOR LISTRIK. Mohon teman2 TS atau konsumen yg TS kenal (bisa diliat di review produk) dihimbau utk TIDAK MELAKUKAN PEMBELIAN SELAIN DARI DEALER RESMI. Skema subsidi yang ada deskripsi penjual pun sangat tidak sesuai dengan mekanisme pemerintah (Tidak ada Invoice subsidi yg diperjualbelikan pemerintah, Tidak ada pre order subsidi via marketplace). Jujur, ini merupakan TINDAK PENIPUAN secara masif. Kami pastikan akan berkoordinasi dengan shopee untuk tdk memberantas penipu seperti ini dan tertib dengan peraturan pemerintah. Mohon disebarluaskan ya, TS. 🙏

          15
          • 18 Juni 2023 - (21:52 WIB)
            Permalink

            Terimakasih atas informasinya

          • 18 Juni 2023 - (22:11 WIB)
            Permalink

            Semoga ada tindak lanjutnya dari instansi terkait sehingga tidak ada yg dirugikan

      • 18 Juni 2023 - (16:13 WIB)
        Permalink

        Biasanya nunggu paling lama gk tanggal 26 bulan ini atau tanggal 26 bulan depan tagihan yang di spaylater akan hilang gk ada tagihan apa apa lagi kak. Di tunggu saja ya kak biasanya begitu

  • 18 Juni 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya, toko nya bau” penipuan ketara banget. Masih beruntung kamu ngga termakan janji begitu saja dan sempat ajukan refund sebelum transaksi selesai. Ratusan pembeli lain yg sudah terlanjur berharap toko amanah pasti akan kecewa. Riwayat jualan sblmnya di tahun 2020-2021 itu menjual abon cabai. Kemungkinan besar account hasil beli, alias punya orang lain sblmnya, supaya terkesan toko sudah berdiri lama sekitar 3 tahun.
    Untuk biaya bunga dan penanganan spaylater, dari keluhan” pembaca lain yg pernah masuk sini, memang aturan nya seperti itu, alias refund tidak full.

    • 18 Juni 2023 - (13:01 WIB)
      Permalink

      Saya memahami jika refund tidak full, atau ada biaya administrasi jika ada pembatalan pembelian, tetapi mengapa harus dibuat seolah-olah saya minjem uang, dan uangnya dikembalikan, tetapi bunganya harus dibayar selama 2thn. Kenapa ga langsung aja diminta sekian atau berapa gitu untuk biaya administrasinya

      1
      1
      • 18 Juni 2023 - (15:24 WIB)
        Permalink

        Saran saya,klo beli molis lebih bijak datang langsung ke dealer molis,di situ bisa langsung di cek sama dealer nya.Apakah dPt subsidi apa gak setelah menyerahkan dokumen yg di butuhkan dealer.Hal yg gak masuk akal,barang di beli dlu,baru di ajukan ke pemerintah.Lah,ini kan aneh,dari situ aja udh keliatan klo dealer “Maksa” bget,suruh beli dlu,di tambah lagi pke Spay later,klop udh.

      • 18 Juni 2023 - (16:06 WIB)
        Permalink

        Maaf ikut nimbrung, setau sy kalo pake paylater, kalau refund biaya2 tidak bs dikembalikan, termasuk biaya admin dan bunga, cicilan gak bs dibatalkan kak jadi akan tetap nyicil. Jujur sy merasa anda msh beruntung cm kena bunga sejutaan, dibandingkan hrs nyicil 24x karna hampir bisa dipastikan tokonya nipu.

    • 28 Juni 2023 - (14:25 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah….
      Sudah ada konfirmasi dari Pihak Shopee, bahwa permintaan penghapusan bunga pengembalian dana saya sudah disetujui oleh Shopee. Dikonfirmasi dan di tanggapin dengan baik oleh Shopee.
      Saya berterimakasih sekali kepada Media konsumen, shopee dan semua teman-teman yang sudah membantu saya disini.
      Sekali lagi saya ucapkan Terimakasih dan case saya saya anggap selesai.

  • 18 Juni 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Tanya aja langsung k shopee rules spaylater seperti apa…. Bisa dihapuskan apa gk kalo transaksi batal/refund..

  • 18 Juni 2023 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Hallo bapak, kebetulan saya bergabung di forum motor listrik di sebuah platform.

    Untuk saat ini, apakah calon pembeli berhak menerima subsidi atau tidak bisa di check melalui dealer molis yg di tunjuk pemerintah di daerah sekitar anda, wajib datang sendiri dengan membawa KTP dan k.k jika anda berhak mendapat subsidi, bisa di lanjutkan dengan verifikasi lebih lanjut, tapi ingat, DP sewajarnya saja DAN harus ada hitam di atas putih jika tidak tembus subsidi, DP di kembalikan.
    Untuk salah satu syaratnya adalah daya listrik adalah 450VA dan atas nama yg akan di ajukan untuk STNK nya.

    Jgn tergiur bujukan sales tentang subsidi,
    Memang subsidi di buat untuk yg berhak.

    Jika ingin molis, di anjurkan beli yg tanpa subsidi.

  • 19 Juni 2023 - (01:19 WIB)
    Permalink

    Dari sistem penjualnya indikasi mau nipu… Belum pernah membatalkan pembelian dengan Spaylater… Tapi klu ternyata tetap dikenakan admin dan bunga padahal transaksi batal maka itu akan sangat merugikan. Semoga ada kebijakan dari pihak Shopee

  • 19 Juni 2023 - (03:44 WIB)
    Permalink

    jauhkan dari kredit apalagi barang yg bukan kebutuhan primer … apapun namanya yg namanya jebakan batman udh bnyk .. kita ga bisa apa2 sebagai korban .. stop pake paylatter apapun itu namanya. .

  • 19 Juni 2023 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Setau saya S&K nya memang kalo pembatalan pembelian via spaylater itu bunga akan tetap berjalan di tagihan, di shoope nya sendiri nulis nya bgtu

  • 19 Juni 2023 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Untuk masalah seperti ini.gak udah di bayar karena sudah di batalkan… Intinya jgn di bayar. klu dibtagih ke rumah biarkan aj jgn di bayar….karena sudah di batalkan…..

  • 19 Juni 2023 - (23:51 WIB)
    Permalink

    Inti nya SHOPEE emang ngk mau RUGI.penjual Kena Admin Toko hampir 4 pesen.pembeli kena biaya layanan 1 persen plus bunga yg hampir 2.95 persen perbln.dan hitungan nya tidak jelas.Semoga Ada Bank bisa memberi pinjaman yg murah kpd rakyat yg belum terlayani.untuk memberantas Pinjol Bunga Besar.

    • 28 Juni 2023 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Lebih bijak dan teliti lagi saat berbelanja di online shop, apalagi produk yang kira-kira menggiurkan tapi mencurigakan.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Pembelian Motor Dibatalkan, tapi Bunga Tagihannya Tetap Berjalan

oleh Dondons dibaca dalam: 1 menit
23