Shopee Menuduh PetShop Saya Menjual Produk Terlarang

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya. Saya sangat keberatan dengan tim Shopee, yang dengan seenaknya dan semena-mena menghapus item produk di petshop saya tanpa saya bisa mengklarifikasi.

Ini sudah kejadian kali kedua produk saya di-takedown karena dikira alat bantu s*ks! Memalukan, apa tim Shopee yang pikirannya terlalu liar sehingga mainan anjing bisa difungsikan sebagai alat bantu s*ks?! Produk yang pertama sudah saya adukan, dan ada permintaan maaf dari Shopee.

Namun ternyata kemarin di-takedown yang satunya lagi (produk berbeda).

“Produk PSSS1 Kong Squeezz Stick Large telah dihapus karena Meng-upload dan memperjualbelikan produk dewasa penunjang kegiatan seksual.

Mohon ketahui bahwa produk akan dihapus jika melanggar ketentuan produk Shopee. Pahami alasan pelanggaran dan hindari melakukan hal yang sama untuk ke depannya. Tinjau dan konfirmasi penghapusan produkmu di Seller Centre sekarang.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ketentuan produk dan cara menghindari pelanggaran produk, silakan lihat Kebijakan Daftar Produk kami.”

Semoga tim Shopee bisa setidaknya berkomunikasi, bukan seenaknya main hapus. Karena email kalian itu secara tidak langsung menuduh saya melanggar dan tidak paham aturan kalian! Terima kasih.

Ferdinal Chandra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Shopee Menuduh PetShop Saya Menjual Produk Terlarang

  • 23 Juni 2023 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Shope sama si ijo emang dikit-dikit sensitif.Kalo kasus saya di si ijo.saya jual tumbler mahal yg viral itu,hasil reward dari alfagift.Produk ditolak dengan alasan menjual produk terlarang,alat bantu seksual dan foto hasil comotan google,padahal hasil jepretan saya sendiri.

  • 23 Juni 2023 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Kayaknya bot yg hapus, squeez itu kata yg menjurus ke situ dan salah satu istilah. Ya mungkin anda harus mikir bahasanya juga

    • 23 Juni 2023 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Duh segitunya samoe tulis dimedia konsumen, gimana kabarnya kami para driver online yg tiap hari harus pick up dg berat dan dimensi yg menyalahi aturan, terutama salah satunya dari toko² petshop.
      Berat barang ditulis 5kg kadang 7kg, dimensi ditulis 0cmx0cmx0cm, kenyataannya bawa makanan kucing 20kg atau pasir kucing dg berat 15kg s/d 20kg.
      Pernah dpt orderan berat dideklarasi total 15kg, tapi ternyata bawa makanan kucing 2 karung dg berat masing² 20kg plus pasir kucing 20liter yg kalo ditotal berat keseluruhan bisa hampir 60kg.
      Sedangkan menurut aturan barang yg boleh dikirim itu berat ga boleh lebih atau sama dengan 20kg dg dimensi maksimal 50cmx50cmx50cm.
      Kalo di cancel akun kami anyep alias susah dpt orderan, kalo diambil resiko dijalan karena menyalahi aturan.
      Jadi sama aja kalian memeras kami dg kecurangan kalian tapi kalian tidak terima bila kalian kena sangsi spt diatas.
      Prinsip kalian “Yang Prnting barang gue laku kejual, urusan driver mati dijalan gara² kecurangan kalian, masa bodo amat.” Mau diambil, ga mau ya cancel aja, itu jawaban yg pernah saya terima sampe saya marah besar ke tokonya.
      Kalian ga mikir apa?
      Tindakan kalian sama aja dg secara tidak langsung dan perlahan² mematikan rezeki orang lain yaitu kami para driver online.
      Introspeksi dulu bos.
      Itu urusan sepele ga usah di up di media konsumen, bisa malu sendiri kan kalo saya respon kaya gini.

      5
      1
      • 23 Juni 2023 - (18:46 WIB)
        Permalink

        Knp saya musti malu? Saya gak melakukan itu koq. Saya nganggep kurir itu team, gak bakal saya melakukan itu. Jadi jangan samaratain!

        Harusnya yang ngeluh2 yang malu bos!!! Gak suka ya jangan ambil kerjaan kurir boss, atau lapor ke provider, malah komen di post saya.

        Hahahahahhahahaha

        1
        6
  • 23 Juni 2023 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya anda ganti saja judul produknya jadi lebih nasionalis, misalnya “PSSS1 Kong – Tongkat Remas Mainan 4n71n6 (ukuran besar)”. Mungkin “bot” yang dipakai Sopi agak g****k dengan bahasa asing. Kalau produknya masih di takedown hanya gara-gara ada kata “4n71n6” di judulnya, berarti itu “bot” emang anj…

    • 23 Juni 2023 - (20:06 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah jualan Minyak Zaitun , cuma gara gara ada deskripsi bisa untuk melumasi obat kapsul agar mudah ditelan.

      Padahal Uda pernah terjual sampai Singapore. Kena banned dengan alasan yang sama 😁🤣

  • 28 Juni 2023 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Hmm,, agak kecewa sebenernya kok hal gini aja masuk ke media konsumen.. produm pertama kan sudsh clear dan ada pemintaan dari shopee. Kenapa produk yg kedua gak melakukan hal sama saja. Kan masalah beres.

    Hal kayak gini terjadi karna sistem BOT shopee,, ganti saja keyword yang lebih aman ,,, saya juga ada jualan alat khitan,, beberapa kali juga terkena takedown, akhirnya beberapa keyword saya hilangkan di nama dan habis itu aman.. marketplace sebesar shopee dan tokopedia pasti menggunakan BOT untuk screening produk, bahkan dengan alat seperti itulun amsih banyak produk yg kelolosan… jadi tinggal pinter2nya seller mengatur keyword biar lolos dari sistem BOT takedown shopee..

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Shopee Menuduh PetShop Saya Menjual Produk Terlarang

oleh ferdinal_chandra dibaca dalam: 1 menit
13