Berbulan-bulan Alami Kendala SMS OTP dan “Incoming SMS”, Apakah Indosat Serius Menangani Keluhan?

Surat terbuka ini saya tujukan langsung kepada Indosat. Karena keluhan yang saya sampaikan selama beberapa bulan terakhir melalui jalur telepon 185 atau jalur komunikasi lain seperti Twitter, tidak kunjung menemui penyelesaian yang berarti.

Saya pengguna aktif layanan kartu kredit berbagai bank dan selalu aktif bertransaksi online dengan kartu kredit setiap hari. Semua kartu kredit perbankan saya terhubung dengan nomor Indosat saya dengan nomor ***0901 (silakan Indosat menghubungi redaksi Media Konsumen untuk mengetahui nomor lengkap saya).

Tentu setiap transaksi selalu membutuhkan kode OTP untuk verifikasi transaksi di semua e-commerce. Namun selama beberapa bulan terakhir (kurang lebih sejak Mei 2023) hingga hari ini, kode OTP selalu delay diterima atau hampir tidak pernah masuk ke nomor Indosat saya. Saya harus mengulang berkali-kali permintaan OTP dengan hasil antara lain sebagai berikut:

  1. Setelah berkali-kali mencoba meminta kode OTP baru, hanya 1 atau 2 kode OTP yang masuk. Tentu saja transaksi saya menjadi gagal karena kode OTP yang masuk telah expired.
  2. Sering kali setelah berkali-kali request OTP, kode OTP tersebut masuk (delay) sekitar 30 menit hingga 1 jam lebih setelah permintaan OTP, dan bahkan lebih parah lagi kode OTP tidak pernah diterima ke nomor saya.

Delay dan tidak diterimanya kode OTP ini terjadi pada semua kartu kredit saya dari berbagai bank dan pada semua e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dll. Dengan kondisi nomor saya masih aktif dan memiliki pulsa yang cukup.

Kemudian, troubleshooting yang telah saya lakukan (sesuai dengan arahan CS Indosat):

  1. Melakukan restart berkali-kali pada ponsel saya;
  2. Memindahkan SIM Card dari ponsel iPhone ke ponsel Android dan sebaliknya;
  3. Mengatur Nomor Pusat Pesan pada ponsel dengan input nomor +62855000000;
  4. Mengizinkan pengaturan SMS Premium;
  5. Bahkan, mengganti fisik SIM Card saya dengan yang baru di Gerai Indosat.

Kondisi  terkait kode OTP ini juga saya alami pada penerimaan SMS masuk dari operator lain. Sudah beberapa operator seluler saya lakukan percobaan SMS ke nomor Indosat saya. Namun tidak satu pun SMS saya terima dan hanya 1 atau 2 SMS yang berhasil masuk, itu pun mengalami delay hingga berjam-jam kemudian. Yang anehnya, saya dapat mengirimkan SMS dengan lancar dan diterima langsung ke semua operator tersebut.

Pada intinya, berbagai upaya telah saya lakukan sesuai anjuran CS Indosat, namun kendala masih tetap saya alami hingga saya menulis surat terbuka ini. Kebanyakan informasi yang saya terima dari CS Indosat hanyalah formalitas dan retorika klise semata, “Tidak ada masalah pada jaringan pada sistem kami“, dan kemudian hanya menjalankan prosedur “normalisasi jaringan” pada nomor saya. Dan semua itu sama sekali tidak membantu.

Nomor laporan terakhir saya pada CS Indosat adalah: 1-81167545147. Saya sudah lelah mengejar-ngejar Indosat agar segera mengeskalasi permasalahan ini dengan serius, karena saya telah rugi secara materi dan waktu. Demikian surat ini saya sampaikan agar dapat menjadi perhatian khusus oleh Indosat untuk penyelesaian dan solusinya. Terima kasih.

Yan Saputra Tanaiel
Kota Malang, Jawa Timur


Update (12 Juli 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Indosat sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Berbulan-bulan Alami Kendala SMS OTP dan “Incoming SMS”, Apakah Indosat Serius Menangani Keluhan?

  • 10 Juli 2023 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Mirip dengan yang pernah saya alami, tiap kali mau bayar nunggu OTP nggak pernah nyampai, akhirnya harus pencet Resend/Kirim Ulang sampai jatah OTP habis tetep tidak terkirim, atau telat terkirim. Tapi akhir-akhir ini sudah berangsur normal dan tidak perlu klik kirim uang OTP lagi. Entah masalah di mana (yang jelas di Indosat, bukan masalah di perangkat atau fisik SIM card karena dulu tidak pernah ada masalah delay OTP).

  • 10 Juli 2023 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Saran saya coba gunakan Kartu SIM ini di ponsel lain dan lakukan uji ulang pengiriman dan penerimaan SMS. Ini untuk mencari tahu apakah akar masalahnya adalah jaringan Indosat atau justru ponsel yang biasa anda gunakan. Ponsel jadul (feature phone) yang mendukung maksimal 3G biasanya lebih bisa diandalkan.

    • 10 Juli 2023 - (08:49 WIB)
      Permalink

      Saya kemarin mengalami hal ini pasca hp samsung saya reset ke setelan pabrik.Untuk mengatasinya bisa dicoba dulu cara saya :

      -Buka menu SMS pastikan aktif di recent App sebelum akan transaksi yg butuh SMS OTP di aplikasi apapun.

      -Untuk transaksi via website,coba browser jgn pake chrome gunakan aplikasi lain bisa browser bawaan,opera mini,ucweb dll.jangan lupa juga buat buka recent app menu SMS

      • 10 Juli 2023 - (10:11 WIB)
        Permalink

        Terima kasih sarannya, pak. Namun cara ini juga sudah saya lakukan. Kebetulan saya juga tidak pernah transaksi via website, melainkan melalui aplikasi ecommerce langsung seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dll..

    • 10 Juli 2023 - (10:07 WIB)
      Permalink

      Seperti yg saya jelaskan di surat, berbagai cara sudah sy tempuh untuk troubleshootingnya. Termasuk memasang SIM Card di ponsel lain dan bahkan di ponsel jadul (feature phone), dan tetap sama hasilnya: sms OTP masuk sangat delay.

    • 10 Juli 2023 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Seperti yg saya jelaskan di surat saya, berbagai cara sudah sy tempuh untuk troubleshootingnya. Termasuk memasang SIM Card di ponsel lain dan bahkan di ponsel jadul (feature phone), dan tetap sama hasilnya: sms OTP masuk sangat delay.

    • 11 Juli 2023 - (05:03 WIB)
      Permalink

      Ini sih bug di operator, banyak yg gini tapi kayaknya CS juga ngak ngerti solusinya makanya bolak balik walaupun 10 laporan hasilnya sama, inilah kadang sy merasa IT perushaan besar kayak makan gaji buta makanya BSI sempat kebobolan karna hal2 sepele gini selalu di salahkan hp anda, restart, instal ulang dsb

  • 10 Juli 2023 - (16:57 WIB)
    Permalink

    persis apa yg dialami oleh indosat sy. dan parahnya, otp itu berbayar dari bank permata & cimb. bayangkan, udah berbayar tp nyampenya telat, kode udah keburu basi ga kepake. Ga pake lama2, sy ubah no hp sy di bank2 tsb ke nomor telkomsel sy. dan tidak ada keluhan otp lagi.

  • 10 Juli 2023 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Kendala ada di sistem indosatnya, biasanya harus di reset no nya by sistem, coba datang langsung ke gerai nya aj pak.

  • 11 Juli 2023 - (00:50 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami apa yang Bapak alami. Yang jelas jika semua hal dasar sudah Bapak lakukan, seperti ganti fisik kartu SIM, ganti perangkat dll.
    Kemungkinan besar, yang bermasalah ada di BTS setempat.

    Kasus yang saya alami lebih parah lagi Pak, jika saya berada di kawasan rumah dengan BTS terdekat, jangankan menerima SMS, nomor saya ketika dihubungi mendapatkan keterangan : Nomor tidak terdaftar.
    Dengan bantuan Media Konsumen, masalah bisa diselesaikan kurang dari 24 jam. Usut punya usut, BTS yang mengcover rumah saya belum sinkron,

    Sebagai langkah percobaan terakhir untuk Bapak, coba lakukan transaksi diluar bts yang mengcover rumah bapak, kalau normal, bisa dipastikan yang bermasalah ada di BTS terdekat

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo Hutchison?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Berbulan-bulan Alami Kendala SMS OTP dan “Incoming SMS”, A…

oleh 32 dibaca dalam: 2 menit
10