Saya Tidak Memesan di Akulaku, tapi Tiba-tiba Ada Tagihan

Saya sangat terkejut ketika mendapat notifikasi, bahwa saya memiliki tagihan PayLater di Akulaku. Padahal saya tidak memesan apa pun dari aplikasi ini. Saya mencoba buat pengaduan melalui CS, pada tanggal 5 Juli 2023. Waktu itu CS Nurul yang menerima pengaduan saya. Semua saya ceritakan dan saya tidak memesan apa pun. Saya diberi nomor pengaduan yang menurutnya 3-5 hari kerja, bisa kurang dari itu.

Hari ini, tanggal 11 Juli 2023, saya mendapati ada panggilan tidak terjawab di ponsel saya. Saya tidak membawa ponsel saya saat bekerja, jam istirahat baru saya cek. Saya kembali membuat pengaduan ke CS dan yang menerima pengaduan saya adalah CS Ririn.

CS ini mengatakan bahwa dari hasil investigasi menyatakan bahwa itu dari akun saya, sementara saya tidak memesan apa pun. Saya meminta bukti pengiriman dari toko jika memang saya yang memesan. Saya juga minta bukti resi pengiriman dan juga nama penerima beserta foto penerima, jika memang benar dikirim, serta nomor siapa yang membeli paket tersebut.

Saya tidak mau membayar sama sekali. Mohon diusut, saya merasa dirugikan dan nama baik saya tercemar. Saya belum pernah memesan apa pun di Akulaku, tapi sudah mendapat hal seperti ini.

Sohngerina Zedekia Trisdah
Kab. Pelalawan, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Saya Tidak Memesan di Akulaku, tapi Tiba-tiba Ada Tagihan”

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Sohngerina Zedekia Trisdah pada tanggal...
Baca Selengkapnya

36 komentar untuk “Saya Tidak Memesan di Akulaku, tapi Tiba-tiba Ada Tagihan

    • 15 Juli 2023 - (15:28 WIB)
      Permalink

      Rencana begitu, Pak. Tetapi pihak dari sana bilangnya itu memang benar akun saya. Akunnya ga ada namanya dan alamatnya juga berbeda dengan alamat saya. Saya blm pernah begini, di e-commerce lain saya pelanggan, tapi ga pernah ada kejadian seperti ini. Makanya saya nunggu keputusannya bagaimana.

      • 16 Juli 2023 - (21:00 WIB)
        Permalink

        Harusnya anda menyertakan screenshot riwayat pemesanan/pembelian/tagihan.
        Walaupun riwayat itu kosong (alias ga ada riwayat) tetap harus di screenshot, data riwayat hasil transaksi selalu bisa di lihat, walaupun install ny telat. rekaman/riwayat data transaksi tidak akan salah, kecuali ada yang menyalahgunakan.
        Saran saya, anda lakukan pengambilan video sambil anda otak atik aplikasi akulaku, paylater dan riwayat. Rekam jgn terlalu cepat. Pake perasaan, sedikit lambat tapi tepat sasaran.

        Setelah selesai video, anda email ke akulaku. Jgn chat menggunakan aplikasi akulaku, orang yang jadi livechat di aplikasi akulaku, tidak begitu berguna, alias fungsi kegunaan nya beda.
        Pokoknya langsung email + lampirkan video hasil rekaman tadi. Beri penjelasan detail masalah ny.

        Bila akulaku bersikeras, tahap akhir, naik banding, laporkan ke ojk. Masih ga dapat solusi…

        [TIDAK UNTUK DI IKUTI,HANYA DIRENUNGKAN]

        Bila ingin berlanjut, tuntut balik akulaku, dengan tuntutan pencemaran nama baik (klo anda yakin 1000% benerrr) ada baiknya di kawal dengan ahli hukum.

        Sidang……. Eng,,ing,,Eng,,,

        (klo sukses, tinggal nunggu uang denda dari akulaku, cair dehhh…) Bisa buat bayar ahli hukum. Masih ada lebih duit ny, jangan lupa sedekah kiri dan kanan.

        Bukan ngajarin, cuma untuk pembelaan diri, kita orang kecil, bukan berarti orang lain bisa semena-mena.
        Hanya perlu sedikit keberanian dan ketabahan hati, untuk meracik mental yang kuat.

        Good-Luck la…

        6
        1
        • 17 Juli 2023 - (12:59 WIB)
          Permalink

          Baik, terima kasih sarannya, Kak. Semoga saya segera mendapatkan solusi dan keadilan. Saya akan coba.

  • 15 Juli 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Anda minta bukti tapi apakah anda sendiri punya bukti? Anda nampaknya menginstall aplikasi AkuLaku sehingga posisi anda kurang menguntungkan. Anda mungkin bisa tunjukkan bahwa tagihan 170 ribu tersebut tidak ada dalam riwayat transaksi di aplikasi.

    1
    10
    • 15 Juli 2023 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Maksud anda bagaimana? Saya instal setelah mendapat SMS yang bunyinya ada tagihan. Saya yakin tidak memesan apapun, makanya saya instal. Ternyata benar ada tagihan dan itu terjadi saat tidak ada aplikasi akulaku di ponsel saya. Apakah saya salah jika merasa keberatan? Itu sebabnya saya bicarakan dengan CS dan mendapat nomor pelaporan. Tentu saja bukti riwayat ada di akun saya, kalau tidak ada, bagaimana mungkin bisa ditagih dan saya ajukan complain?

      • 15 Juli 2023 - (20:26 WIB)
        Permalink

        anda sebenare punya akun akulaku tidak ? soalnya instal akulaku kalo tidak masukin data juga gak akan kebuka ?

        1
        2
        • 17 Juli 2023 - (12:57 WIB)
          Permalink

          Ada akun akulaku, bulan februari 2023, saya lupa tanggal. Namun, setelahnya, tidak pernah pakai akun itu kembali. Setelah ada tagihan, saya install kembali. Ternyata benar ada tagihan itu.

          • 22 September 2023 - (06:50 WIB)
            Permalink

            Kalau mau hapus aplikasi di bekuka dulu ada di menu keamanan pasti ga akan kejadian begini.

    • 15 Juli 2023 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Ga usah di bayar pak.
      Itu persis kejadian sama terhadap sodara saya. Tau tau ada pesanan hp oppo a76 kalo ga salah, lewat apk Blibli.
      Padahl hp+nomer+aplikasi dalam genggaman sodara saya.
      Aneh nya sodara saya belum pernah regist/daftar, maka dari itu sodara saya langsung hubungin pihak akulaku namun ga ada solusi, akhirnya hub pihak Blibli jg sm ga ada silusi. Akhirnya debcol yg datang dan Alhamdulillah melalui aplikasi yg ada di hp debcol nya ada menu pilihan bahwa sodara saya tidak pernah memb barang tsb. Dan akhir nya lansung diblok+dirutp permanen akun akulaku nya.
      Semoga ini bisa jadi pilihan solusi. Kalo sama persis kejadian nya.

    • 16 Juli 2023 - (15:57 WIB)
      Permalink

      Lah, kalau sama2 tidak punyi bukti, ya sudah dua2 nya tidak usah saling berhubungan lagi, yg satu ga usah nagih, yg satu ga usah response. Sekarang kalau saya bilang anda punya utang 1 M ke saya. Apa anda punya bukti anda ga berhutang? Tunjukan buktinya…

      2
      1
  • 15 Juli 2023 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Ini kejadian sama seperti sy sy tidak pesan barang tapi ada tagihan yg membengkak dan sy sudah membuat pengaduan tapi tidak ada tidak dan sy harus membayar apakah akulaku menjual akun kepihak ke 3

    5
    1
    • 15 Juli 2023 - (17:54 WIB)
      Permalink

      memang akulaku parah sih..penjual fiktif semua,akun penipu semua rata2,apalagi toko “metrodata” hati2 ya guys..brg tidak dikirim dibilang sdh nyampe..

      • 17 Juli 2023 - (12:49 WIB)
        Permalink

        Semoga saja semua segera dapat penyelesaian yang baik dan menguntungkan kedua belah pihak.

    • 17 Juli 2023 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Saya kurang memahami Pak. Mungkin saja kita mengalami penyalahgunaan akun. Semoga saja kita segera mendapat solusi dari permasalahan kita, aamiin.

  • 15 Juli 2023 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Ga papa masuk slik ojk ,, bisa jadi itu anugerah, karena YME tidak ingin beliau berhutang lagi, dan di mudahan rizki nya

    11
    • 17 Juli 2023 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Aamiin, saya aminkan untuk doa yang baik ini tentunya. Hanya saja, sedikit menggelitik, saya kurang memahami maksud kalimat anda, maafkan saya. Maksudnya bagaimana yah isi kalimat anda?

      • 19 Juli 2023 - (10:40 WIB)
        Permalink

        Maksudnya dia itu. Data anda di perbank’an jd jelek, otomatis, jika anda mau pengajuan kredit atau pinjam uang di bank itu sulit/ga bisa. Nah, dr situ anda secara otomatis terhindar dr yg namanya hutang online/via perbank’an.
        Harapan dia, semoga anda mendapat rejeki yg mengalir banyak tanpa harus berhutang.
        Mungkin seperti itu maksud pesan dia.

  • 15 Juli 2023 - (22:55 WIB)
    Permalink

    Adakah di daftar transaksi, riwayat pembelian apa dan dikirim kemana, harusnya di share juga, barangkali ada user MK yg kenal alamatnya

    • 17 Juli 2023 - (06:54 WIB)
      Permalink

      Ente pernah kasih data ke calo prakerja ato calo Pembukaan Rekening Bank ga? Ato survey online?inget² lagi…!!! ,Biasanya dari situ data ente di jual, klo ntar d pake sama orang yg beli buat akulaku misalnya yg salah siapa?

      • 17 Juli 2023 - (12:43 WIB)
        Permalink

        Saya ga pernah daftar cari kerja karena saya punya pekerjaan dan di sini ga marak calo pencari kerja.

    • 17 Juli 2023 - (13:14 WIB)
      Permalink

      Kebetulan saya tidak se teliti itu. Alhamdulillah saya sudah mendapatkan nomor ponsel yang memesan melalui aplikasi saya dari Ibu Michelle yang mewakili pihak aplikasi. Saya sedang menunggu hasil investigasi selanjutnya. Semoga saja segera selesai dengan win win solution.

    • 17 Juli 2023 - (12:46 WIB)
      Permalink

      Sepertinya emang penyalahgunaan, Kak. Masih diselidiki oleh pihak akulaku. Semoga saja terungkap.

  • 17 Juli 2023 - (09:41 WIB)
    Permalink

    coba di inget inget lagi pernah share data diri gak foto ktp atau foto megang ktpnya. emang gak merasa pernah daftar atau beli tapi kalau pernah share data pribadi gitu bisa juga di salahgunain orang. tanggung jawab dah

    • 17 Juli 2023 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Kebetulan saya ga pernah melakukan itu. Dugaan memang penyalahgunaan, Kak. Sedih saya.

  • 17 Juli 2023 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, hari ini 17 Juli 2023 pukul 10:20 ada telepon dari +622150959985 dan saya berbicara dengan Ibu Michelle. Saya mengutarakan dari awal kejadian. Alhamdulillah, terbaca oleh sistem kapan aplikasi itu diinstal dan juga sudah mendapatkan nomor ponsel yang memesan yang memang benar bukan milik saya. Namun, pada akun itu memang terdaftar nomor ponsel saya. Beliau menyarankan agar saya segera mengganti password aplikasi saya dan akun saya sudah di blokir. Saya juga menanyakan apa yang harus saya lakukan terhadap tagihan ini, beliau menyarankan untuk menunggu hasil investigasi berikutnya. Kini, saya sedang menunggu hasil investigasi selanjutnya melalui email saya. Terima kasih untuk responnya akulaku, juga terima kasih atas saran dari teman-teman. Ini pelajaran berharga bagi saya, semoga saja saya mendapatkan solusi yang terbaik dari kasus ini. Saya akan tetap mengabari hasil keputusan melalui kolom komentar.

  • 18 Juli 2023 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas bantuan dan juga respon yang cepat dan baik dari pihak Akulaku. Hari ini tanggal 18 Juli 2023 pukul 19:00 kasus saya sudah ditutup. Saya dihubungi kembali oleh Ibu Michelle di nomor +622150959985. Beliau menyampaikan kepada saya sebuah informasi berharga berupa nomor ponsel dan nama pelaku pemakai akun saya dan menyatakan bahwa tagihan akan tetap menjadi tanggung jawab akun saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Saya Tidak Memesan di Akulaku, tapi Tiba-tiba Ada Tagihan

oleh Dara rahman dibaca dalam: 1 menit
36