Sinyal “Blank” Saat Pemadaman Listrik

Saya adalah pengguna XL. Di sini saya sangat mengeluhkan mengenai jaringan XL yang saya alami. Sinyal XL di lokasi saya berada, di Jl. Pangeran Romo, Kota Gede, Yogyakarta ,selalu hilang ketika listrik padam. Bahkan apabila muncul pun, untuk internet tidak bisa digunakan sama sekali. Sehingga membuat saya sebagai pengguna, merasa terganggu sekali, tidak seperti provider lainya.

Hal ini sudah saya keluhkan ke pihak CS XL. Bahkan semua pengguna di sini mengalami kendala yang sama pada saat listrik padam. Namun CS mengabaikan bahkan cenderung slow respons dengan apa yang saya keluhkan dan tidak melanjutkan keluhan pelanggan.

Semoga dengan adanya keluhan ini dari XL bisa berbenah, agar seluruh pengguna XL di sini bisa nyaman dalam pengguna XL.

Ade Iryansyah Putera
Yogyakarta, DIY


Update (27 Juli 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sinyal “Blank” Saat Pemadaman Listrik”

Jakarta, 26 Juli 2023 Ref.CM/CU/E/004/0723/SN Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Ade Iryansyah Putera...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Sinyal “Blank” Saat Pemadaman Listrik

  • 18 Juli 2023 - (07:27 WIB)
    Permalink

    BTSnya khan pk listrik, jd kl listrik padam ya terpengaruh, kecuali kl menara BTSnya ada gensetnya.

  • 18 Juli 2023 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf sekedar sharing…setahu saya itu BTS kan memang pakai Listrik untuk operasional radionya..dan ada cadangan baterai cm buat beberapa saat aja pada waktu mati lampu. Jadi otomatis kalo mati lampunya lama jaringan internet nya dimatikan. Ditempat saya Telkomsel juga sama begitu, kalo pemadaman lama ya off jaringan internet nya dan akan normal kembali setelah listrik kembali nyala..

  • 18 Juli 2023 - (08:15 WIB)
    Permalink

    BTS MAKE LISTRIK PAK , KALO LISTRIK PADAM YA GA ADA INTERNET LAHH OTOMATIS , KECUALI BTS NYA ADA BACKUP LISTRIK MUNGKIN MASIH BISA INTERNETAN , BUKAN CUMA DAERAH BAPAK DOANG SEMUA DAERAH YANY BTS NYA GA ADA BACKUP LISTRIK YAA BAKAL PUTUS INTERNET NYA , SOLUSI YA PAKAI DUA KARTU CARI YANG KALO LISTRIK PADAM GA PUTUS INTERNET NYA BIAR BISA BACKUP BUAT INTERNET BAPAK NYAA , TERUS MAU INI DITULIS DI MK JUGA GA BAKAL NGARUH KE XL PAKK KARNA GA MUNGKIN XL MAU NARO BATERAI BACKUP BUAT TOWER BTS NYA HARGA NYA MAHAAALLL

    5
    1
  • 18 Juli 2023 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Di tempat saya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat malah lebih parah sih(saya pakai kartu Indosat IM3), klo mati lampu udah jelas internet hampir g bisa dipakai, klo pun bisa lemotnya minta ampun, jadi ya mending g usah dipake sekalian, tapi yg bikin kesel g hanya itu aja, klo misalkan kelebihan daya listrik dan akhirnya listrik Jeglek/Jepret, anehnya jaringan Indosat ikutan terganggu seperti mati lampu, padahal kan yg mati hanya lampu di rumah saya aja, harusnya kan jaringannya g ikut terganggu? meskipun listriknya udah dinyalakan kembali tetap saja jaringannya masih error dan klo udah gitu harus nunggu beberapa menit dulu sampai jaringannya kembali normal, sampai sekarang saya masih g ngerti kenapa jaringannya bisa terganggu padahal cuma Jeglek/Jepret aja, bukan mati lampu secara keseluruhan.

    Dulu pakai Telkomsel kayanya g ngaruh deh klo mati lampu internet masih tetap nyala, pernah pakai XL, asli jelek banget jaringannya, dipakai browsing lemot, dipakai download juga sama, jaringannya g pernah full, klo pun full g terlalu berpengaruh sih, tetap aja lemot, akhirnya ganti ke Indosat karena paketnya lebih murah dibanding Telkomsel, namun jaringannya lebih stabil dari XL, sementara itu Telkomsel hanya dipakai untuk M-Banking.

    • 18 Juli 2023 - (16:54 WIB)
      Permalink

      Aduh ini kok greget ya bacanya.
      Ketika listrik dayanya turun mesti sesaat (sedetik atau hanya sepintas/istilah didunia industri yaitu trip) maka mau ga mau sistem yang dipake BTS (kalau tidak pake UPS atau baterai atau apa gitu) akan ikutan down juga, atau langsung booting/restart secara otomatis. Ya kalau sistem booting, ya itu memakan waktu dari hitungan detik sampai hitungan menit sampai sistem bisa kembali ready. Dikira ketika listrik down, sistem langsung ready kaya kita nyalain air jetpump, langsung nyembur gitu… :))).
      Kalau mau bukti, coba aja cabut dan langsung colokin lagi kabel power wifi router yang ada dirumah atau dimana saja yang ada wifi router, dan hitung berapa detik/menit gadget nya bisa tersambung kembali.

  • 18 Juli 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Di bts banyak banget perangkat, ada juga back up battery cuma biasa nya battery ga bisa tahan lama, kalau back up battery nya sudah habis ya semua perangkat mau ga mau harus mati semua termasuk sinyal dan internet 4G, walaupun ada sinyal palingan cuma sinyal 2G itu juga ngambil dari bts yang paling dekat saja, dan bts yang terkena pemadaman listrik termasuk perangkat buat 4G atau buat internet mati kecuali di bts tersebut ada genset.

    • 18 Juli 2023 - (12:15 WIB)
      Permalink

      Kebetulan sy pake 3 provider, Telkomsel, XL dan Ooredoo. Dan setau sy kalo listrik padam, semuanya gak bs buat internet-an ya, walaupun ada signal internet 4G sekalipun, mungkin karna asking lemotnya. Jadi ini bukan masalah di provider, tp di kelistrikannya.

  • 18 Juli 2023 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Jelaslah banyak yg mengalami hal spti anda kalau listrik padam, menaranya jg pake daya listrik kok. XL jg pasti cm ketawa2 doang baca keluhan anda ini. Pikir mereka “ini org baru kluar goa atau turun dari gunung kali ya”

  • 18 Juli 2023 - (14:42 WIB)
    Permalink

    trus kalo komplen disini bisa otomatis nyala gitu? alamak

    mending ya biasakan ada backup cadangan operator..makanya di indo kan hape semua dual sim…

    emang si biaya bengkak..tapi gimana lg…

  • 18 Juli 2023 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Kebanyakan BTS ga pakai baterai.
    Karna sering hilang di colong.
    Klo ga di colongin, yakin pasti operator akan berbondong” Untuk pemakaian baterai di semua BTS.

    Lumayan 1 baterai harganya jutaain.

  • 18 Juli 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Ngak layak muat, di negeri 62 ini sdh wajar, apa saya juga harus komplain saat beli hp 5G tapi ngak ada signal 5G di daerah saya?

  • 20 Juli 2023 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Lawak nih. Semua menara telekomunikasi itu sama kayak kita, butuh listrik PLN juga. Kalau terjadi pemadaman listrik di daerah anda, ya jelas mereka juga mati. Protesnya jgn ke XL, tapi ke PLN, kenapa daerah anda sering mati listrik.

  • 21 Juli 2023 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Salahkan lah itu PLN klau emng sering ada pemadaman .. karena tidak ada listrik semuanya mati suri😂

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Sinyal “Blank” Saat Pemadaman Listrik

oleh Ade Iryansyah dibaca dalam: 1 menit
19