Refund Tiket yang Dibatalkan Maskapai Tidak Ada Kejelasan

Terima kasih Media Konsumen untuk kesempatan bisa menulis artikel ini. Langsung kepada poinnya saja. Tiket Lion Air rute JKT-DPS, yang saya booking melalui Traveloka, dibatalkan oleh airline pada tanggal 26 Juni 2023. Saya mencoba mencari tahu cara refund atau reschedule, ternyata keduanya dikenakan biaya. Padahal tiket dibatalkan secara sepihak oleh pihak maskapai dan tidak ada kompensasi.

Ya sudahlah, asuransi Chubb Travel pun hangus, walaupun Chubb Travel akan meng-cover asuransinya ke penerbangan berikutnya, dengan syarat pembelian di Traveloka lagi. Namun saya pikir lebih baik beli di platform lain atau langsung ke maskapai. Jadi pada tanggal 1 Juli 2023, memutuskan untuk refund saja.

Tanggal 1 Juli 2023, pengajuan refund ke maskapai. Tanggal 15 Juli 2023, saya tanya kabar refund ke Traveloka, katanya sudah dikirim ke maskapai dan masih menunggu pihak maskapai. Saya tanya ke pihak maskapai, katanya dikembalikan ke Traveloka, malah dipingpong.

Tanggal 16 Juli 2023, tiba-tiba muncul notifikasi warna oranye pada tanggal 2 Juli 2023 (di-review). Cukup aneh, update status tanggal 2 Juli 2023, tapi munculnya pada tanggal 16 Juli 2023. Setelah itu  saya hubungi maskapai untuk konfirmasi review refund. Saya takut ini akan lama refund-nya, padahal uang tersebut rencananya untuk membeli tiket baru.

Dilihat dari kejadian-kejadian sebelumnya, refund waktunya sangat lama, bahkan yang beli adds-on 1 jam proses refund, butuh waktu berbulan-bulan. Ada juga yang tidak dapat uang kembali, tetapi akan voucher/poin. Saya tegaskan di sini saya tolak jika mendapat itu. Customer membeli tapi dibatalkan sepihak, buang-buang waktu, refund lama.

Untuk pihak maskapai dan Traveloka, sekarang progress refund saya sudah sampai di mana? Para pembaca yang lebih berpengalaman, mungkin ada ide dan masukan? Terima kasih.

David
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Traveloka untuk David

Kepada Yth., Bapak David, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak David tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Refund Tiket yang Dibatalkan Maskapai Tidak Ada Kejelasan

  • 18 Juli 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Traveloka dan Lion Air = kombinasi yang….. (isi sendiri yah)

    Anyway, kalau beli di Travel Agent (baik online ataupun offline) yang mesti dikejar Travel Agent tsb. Jangan mau kalau dipotong sebab kesalahan maskapai. Ini tertuang koq diperaturan PM 89 TAHUN_2015. Bisa di google.

    • 18 Juli 2023 - (11:16 WIB)
      Permalink

      Kombinasi yang….

      Terima kasih gan masukannya, sebenarnya dari minggu lalu saya sudah tanya-tanya buat kisaran yang direfund berapa jawaban abu2, bikin cape, kalau hitungan saya sendiri jadi kurang “31ribu sekian perak” hitungan dari estimasi refund yang diberikan. Lalu ini acara penting keluarga, jadi mikir mau cepat selesai aja untuk beli tiket baru. Taunya mau refund juga ribet sekali

      Kapok juga pake traveloka

    • 18 Juli 2023 - (11:46 WIB)
      Permalink

      Agan Firman, terima kasih atas info tentang peraturannya, di sana ada tertulis mengenai durasi maximal refund juga.

      Tidak selang berapa menit setelah terbit di media konsumen, cepat sekali traveloka menghubungi saya, info yang diberikan, karena tiketnya 1 paket, refund di proses 14 hari setelah tiket kepulangan saya selesai, yaitu tanggal 18 Agustus (Tiket kepergian saya yang dibatalkan saja tanggal sebelum tanggal 18 AMPUN) Kontradiksi sama peraturan PM tahun 2015. Saya tidak refund tiket kepulangan karena tiket yang dibatalkan sama maskapai saja ada biayanya, apalagi tiket saya batalkan sendiri.

      • 18 Juli 2023 - (12:32 WIB)
        Permalink

        Munduuur terus selama masih ada peluang untuk “dimundurkan secara resmi”…
        Cari alasan pun macam kelas kreativitas mengarang, kenapa gak bilang begitu mulai dari tgl 1 kemarin?
        Jangankan melanggar PM, bahkan UU pun dilanggar oleh para pelaku bisnis tanpa takut ada konsekuensi (entah pihak mana yg salah kalau sudah begini?). Contohnya charge penggunaan KK di toko2 offline yang beralasan bhw “harganya sudah terlalu murah”, mayoritas s & k yang menyatakan bisa berubah se-waktu2 tanpa pemberitahuan, dll.

        Maaf, saya tidak bisa kasih saran lain selain: di kemudian hari lebih baik langsung booking di maskapai aja. Di travel agent online mungkin dapat benefit2 seperti diskon/cashback (kalau harga dasar tiket pasti tdk akan lbh murah drpd langsung ke maskapai), tapi yah mesti ingat & siap mental utk hal2 yg tdk terduga (contohnya: e-mail dari maskapai yang tidak ter-forward-kan ke inbox kita).

      • 18 Juli 2023 - (13:55 WIB)
        Permalink

        @Pak David
        Sepengalaman saya kalau Lion Group bisa minta dialihkan ke Maskapai lain asalkan masih di bawah Lion Group dan tidak ada dikenakan biaya apa pun.
        Bapak bisa hubungi CS Lion Group by WhatsApp.
        namun untuk terhubung ke cs membutuhkan waktu yang agak lama.
        Semoga saran saya dapat membantu jika ada kendala di kemudian hari.
        Terima kasih.

  • 6 September 2023 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Hallo kak david! Saya tertarik dengan kasus pembatalan tiket yang dialami oleh kak david untuk penelitian saya, jika kaka berkenan apakah boleh saya untuk menerima informasi lebih lanjut dari kasus tersebut, terimakasih sebelumnya

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Refund Tiket yang Dibatalkan Maskapai Tidak Ada Kejelasan

oleh David dibaca dalam: 1 menit
6