Kesalahan Agen First Media Dibebankan Kepada Customer

Saya Hamid Hunaif, pelanggan First Media dengan nomor customer: 12293271. Saya telah berlangganan First Media selama satu tahun, pemasangan dan permasalahan selalu berkontak dengan agen yang bernama Yo** Adi***.

Paket saya berakhir pada tanggal 15 Juli. Dan sejak tanggal 30 Juni, saya berinisiatif untuk mengontak agen yang bersangkutan, dengan niat agar paket tahunan dapat saya lanjutkan tanpa ada biaya siluman.

Agen mengatakan akan di follow up

Agen mengatakan akan dilakukan follow up. Hampir tiap hari saya konfirmasi lagi bagaimana kelanjutannya, dan agen mengatakan sudah di-follow up dan telah diproses.

Agen bahkan mengatakan sudah diproses dan hanya tinggal menunggu antrian untuk ditelepon oleh pusat.

Karena proses yang lama, saya memastikan lagi apa betul Pak Yogi masih merupakan agen First Media, dan beliau jawab masih. Bahkan saya konfirmasi ulang, apa betul saya hanya tinggal menunggu telepon saja?

Masih merupakan agen First Media.

Saya konfirmasi lagi dan memastikan bahwa saya tidak ingin ada charge yang tidak saya setujui terlebih dahulu. Agen memastikan bahwa proses perpanjangan tahunan hanya tinggal menunggu telepon dari pusat.

Tiba-tiba pada tanggal 15 Juli muncul tagihan bulanan (bukan tahunan seperti permintaan saya) dari First Media dan ada tambahan-tambahan add ons yang tidak pernah saya setujui sebelumnya. Saya tanyakan ke agen dan dikatakan “belum muncul tagihan kan”. Saya screenshotkan tagihannya.

Saya komplain ke agen karena saya sudah konfirm hampir 10x dijawab sudah difollow up terus dan hanya tinggal tunggu proses.

Tiba-tiba saya mendapat email bahwa saya harus membayar dahulu tagihan yang tidak sesuai tersebut dan yang disebabkan oleh ketidakbecusan agen tersebut, sebelum saya dapat memperpanjang paket tahunan saya.

Saya komplain saya tidak berkenan membayar tagihan yang diakibatkan oleh kelalaian agen First Media sendiri yang tidak melaporkan permintaan perpanjangan tahunan saya tepat waktu. Dan dibalas oleh tim CS bahwa perpanjangan tidak dapat dilakukan oleh agen.

Bahkan saya langsung diancam untuk pemutusan layanan.

Dear First Media. Menurut pribadi saya, Anda melakukan bertumpuk-tumpuk kesalahan di case ini.

Yang pertama, Anda katakan bahwa perpanjangan promo tidak dapat dilakukan oleh agen. Saya sebagai customer mana tahu aturan tersebut, lha wong dari awal sampai ada permasalahan ya saya kontaknya ke agen tersebut. Bahkan saat case ini agen tersebut sudah mengatakan semua sudah diproses. Seharusnya Anda mendidik agen-agen Anda agar dapat langsung mengarahkan customer. Bukan malah menyesatkan. Ini bahkan saya sendiri lo yang mengejar sebelum paket saya berakhir.

Yang kedua, mengapa tidak ada inisiatif tim sales Anda untuk mengontak customer yang paketan tahunannya akan segera berakhir? Bahkan saya sendiri yang mengejar, malah diperumit seperti ini.

Yang ketiga, Anda justru membela agen Anda yang jelas-jelas salah dan lebih memilih membebankan kesalahan agen tersebut ke customer.

Yang keempat, Anda justru memilih mengancam customer dengan penghentian layanan. Padahal solusi yang terbaik adalah Anda tinggal menghapus tagihan yang salah tersebut akibat agen Anda sendiri dan melanjutkan paketan sesuai dengan permohonan saya selama setahun. Anda menjaga customer, dan menghukum agen yang memang jelas salah.

Sungguh aneh mengapa tim PR Anda tidak berpikir demikian dan memilih melindungi agen yang tidak becus tersebut. Anda telah kehilangan customer dan membuat kerja tim PR semakin ruwet.

Hamid Hunaif
Kota Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan First Media atas Surat Bapak Hamid Hunaif

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan adanya surat pembaca berjudul “Kesalahan Agen First Media Dibebankan Kepada Customer” dari Bapak...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Kesalahan Agen First Media Dibebankan Kepada Customer

  • 23 Juli 2023 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Kenapa mengandalkan agent, kenapa tdk inisiatif menelpon call center first Media di 1500595
    Pasti langsung di jawab bisa/tdk.
    Sama halnya anda mau mengajukan hapus iuran tahunan kartu kredit, ndak bisa dong lewat agent/sales yg menawarkan pertama kali.
    Semua layanan lewat call center resmi perusahaan.

  • 24 Juli 2023 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Saya sudah tidak pake Firstmedia lagi, paket promo tidak otomatis diperpanjang, promo habis berlaku tarif normal, ancam putus langganan baru dikasih promo lagi, capedeh….. Masih banyak provider yang lain.

  • 24 Juli 2023 - (07:35 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sebaik nya anda kedepan bisa langsung hub Call Service FS untuk berhenti langganan FS, dan dr operator akan di sambungkan ke bagian pemutusan…. biasa nya nanti akan ada drama sedikit dimana mereka akan mencoba merayu customer untuk tidak berhenti berlangganan dan akan ditawarkan penawaran menarik lain nya dan itu sama dengan promo sebelunya…. jd udah tidak perlu hub sales agent nya lagi.

    Itu dr pengalaman
    sy selama pakai FS 🙂

  • 24 Juli 2023 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Menurut saya,saya pernah berlangganan. Fm 1 tahunan 2014-2018, dan setiap 1 tahun sekali saya ke kantor nya untuk perpanjang dan tidak melibatkan agen atau sales terkait.bukan masalah yang salah yang mana kasus ini,tetapi ini kesalahan keduanya. pertama cust tidak mendalami cara perpanjangan dan pihak agen memanfaatkan pasang baru gara gara cust gak mau repot laporan csnya atau ke kantor nya langsung. Ya jadi nya gini,… Sekedar saran saja , Jika Permasalahan upgrade ,Perpanjangan paket,dll mending ke cs nya langsung atau kantor nya agar tidak terjadi seperti ini biasanya jika pelanggan e malas pasti di manfaatkan oleh oknum 🙏🙏😁

  • 24 Juli 2023 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Kalau saya kemaren sudah 1 tahun. Harga kembali normal dari 400ribuan ke 595ribu. Langsung saya tutup telepon. Ganti ke mmc play. Tinggalkan first media. 3 bulan kemudian mereka yg mengemis2, minta pasang lagi dengan harga promo.

  • 24 Juli 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Lagi2 kesalahan konsumen mau dibebankan kpd produsen (pelaku usaha). Kok ya ga berpikir logis, agen hanya sbg sales, selebihnya urusan lain2 ya ke CS atau call center. Skr dah gini nyalahin pelaku usaha, piye toh…

    • 24 Juli 2023 - (20:09 WIB)
      Permalink

      enggak begitu. Sales itu ujung tombak perusahaan. Gajinya paling besar daripada cs. Makanya, sales itu harus paling terdepan follow up customer dan ke cs. Apalagi masalah kayak begini.

  • 25 Juli 2023 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Kelakuan Sales Firstmedia ya gtu itu,suka nipu omdo doang dulu udah 2x ketipu juga soal detail paket nya,si sales bilang A tau nya di pusat konfirm bilang B.bilang nya kabel udah FTTH gak taunya FHC
    Mending pakai kompetitor lain aja udah biar bangkrut itu perusahaan
    Di daerah saya sudah di cap sebagai provider sales tukang tipu dan internet buruk

 Apa Komentar Anda mengenai First Media?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kesalahan Agen First Media Dibebankan Kepada Customer

oleh Hamid dibaca dalam: 2 menit
11