Barang Pengganti Pembeli Dikirim atas Instruksi Pihak Tokopedia, tapi Setelah Dikirim, Barang Disuruh Tarik

Saat ini barang dalam proses pengiriman dan Tokopedia tidak bertanggung jawab serta ingin masalah ini diselesaikan secara hukum.

Perkenalkan, saya Tri Darmawan, adalah salah satu seller di aplikasi Tokopedia. Pada tanggal 31 Juli 2023, saya mendapatkan komplain terkait barang yang salah kirim/tidak sesuai dengan pembeli dengan nomor pemesanan: INV/20230721/MPL/3357602304. Setelah saya cek di gambar, memang benar ada kesalahan dalam pengiriman barang berupa tangga, yang seharusnya dikirimkan kepada orang lain. Karena di situ saya merasa memang ada kekeliruan, akhirnya saya memilih solusi penukaran barang yang ada pilihan solusi Tokopedia.

Setelah itu, pihak Tokopedia kemudian menyuruh pembeli mengirimkan paket yang salah ke pihak penjual kembali. Akhirnya paket yang salah telah saya terima. Karena di Pusat Resolusi, Tokopedia menyuruh saya mengirim barang pengganti dikirim sebelum tanggal 2 Agustus 2023, akhirnya pun saya mengirim paket pengganti yang benar sebelum tanggal 2 Agustus 2023. Tiba-tiba setelah saya kirim dan memasukkan resi yang diinstruksikan Tokopedia, mereka kemudian menyuruh saya menarik balik barang yang sudah saya kirim, dengan alasan pembeli melakukan pengajuan return refund.

Saya yang merasa tidak salah akhirnya tetap tidak mau melakukan penarikan barang, dikarenakan saya sudah mengikuti instruksi Tokopedia dan tentu saja sudah membayar ongkos kirim.

Anehnya, dengan sepihak, Tokopedia berubah solusi dengan mengembalikan dana ke pembeli, sementara status barang pengganti saya masih dalam proses kirim. Mereka justru menantang saya untuk menempuh jalur hukum karena dianggap saya salah dan seharusnya tidak mengirim paket pengganti tersebut.

Tri Darmawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Barang Pengganti Pembeli Dikirim atas Instruksi Pihak Tokopedia, tapi Setelah Dikirim, Barang Disuruh Tarik

  • 2 Agustus 2023 - (19:18 WIB)
    Permalink

    aduh si om ini lagi, turut beduka hahahahha. GImana om duit 200 juta udh balik belum?

    3
    3
      • 2 Agustus 2023 - (23:07 WIB)
        Permalink

        Ada di percakapan sambungan telepon yg tentu saja percakapan telepon bisa diputar 🙂

        • 3 Agustus 2023 - (03:24 WIB)
          Permalink

          Orang usaha pasti ada saja masalahnya, dan tunggu saja masalah2 berikutnya berderet didepan,Jadikan pelajaran buat kedepan agar lebih teliti dalam berjualan, Kita Jualan di Lapak dia, Terserah dia mau ngaturnya, toh anda juga rugi cuma recehan untuk masalah ini.
          Percaya Tuhan itu ada dan adil kan?

          • 3 Agustus 2023 - (05:48 WIB)
            Permalink

            Banyak komentar yang bernada sinis dan menyalahkan pihak yang mencari keadilan, mereka menyampaikan unek-unek untuk mencari solusi terbaik sekaligus mengingatkan pihak terkait untuk bersikap lebih profesional. Sekarang orang lain yang mendapat cobaan mungkin esok lusa anda yang selalu sinis akan merasakannya, karena sesuatu itu datang tanpa diinginkan. Maka bijaklah dalam berkomentar dan yang sedang mendapat cobaan segera teratasi….Aamiin

          • 3 Agustus 2023 - (08:13 WIB)
            Permalink

            Maaf anda itu berhubungan dengan pihak profesional bukan sama orang .Kalau pihak tsb tidak profesional..Semua kebijakan bisa berubah sesuai isi hati kayak manusia..Makanya sebuah lembaga itu harus bersifat profesional .dan bila lembaga/pihak tsb tidak profesional perlu ditanyakan kredibilitasnya .dan bisa dicabut hak izin kelembagaanny

            1
            2
      • 3 Agustus 2023 - (05:07 WIB)
        Permalink

        Ya bisa jadi pembeli berubah pikiran dan beli offline tangganya karna kelamaan, jadinya dia minta refund saja biar cepat, dan tokopedia mengacc ini, lagian salah si seller salah kirim.

        • 3 Agustus 2023 - (07:52 WIB)
          Permalink

          Makanya dibaca yang jelas , karena tokopedia adalah pihak profesional🙂

          2
          1
  • 2 Agustus 2023 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Tadinya mau komen, tapi ngeliat balasan penulis di artikel bank BTN sebelumnya jadi males
    Ini orang ngeyelan, ndableg, sombong lagi. Paket komplit.

    8
    2
    • 2 Agustus 2023 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Begitulah ciptaan Tuhan dimana menciptakan manusia dg berbagai karakter ..Dan Tuhan yg menciptakan saya adalah Tuhan yg sama yg menciptakan Kamu🙂🙂🙂

      1
      8
  • 3 Agustus 2023 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Sadah jelas2 Pembelinya mengajukan Pengembalian Barang dan Dana, maksdnya barang yg salah dikirim balik kemudian Dana nya dikembalikan ke Pembeli.
    CS nya sprtnya juga krng Fokus waktu menjawab chat…

    1
    1
    • 3 Agustus 2023 - (07:53 WIB)
      Permalink

      Dibaca ya kak .disitu ada pilihan penukaran barang dan ada intruksi tokopedia menyuruh mengirim barang pengganti..Jadi bukan saya inisiatif sendiri..

      1
      1
  • 5 Agustus 2023 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Tinggal minta ke expedisinya aja utk return ke pengirim aja itu mah gan, biasanya pihak expedisi akan menurutinya.

  • 5 Agustus 2023 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Bukan masalah itu aja ya kak. Disni kedribilitas tokopedia sebagai lembaga profesional menjadi pertanyaan…
    Masak sebuah lembaga keputusan nya bisa berubah ubah ..ini sangat merugikan ..

    • 5 Agustus 2023 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Menuruti kemauan tokopedia di akhir sama aja disitu tokopedia tidak ada tanggung jawabnya..dan melimpahkan kesalahan ke saya

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Barang Pengganti Pembeli Dikirim atas Instruksi Pihak Tokopedia, tapi …

oleh Tri dibaca dalam: 1 menit
19