Akun Dibobol, Transaksi Kirim Uang dan QRIS DANA CICIL Tanpa Verifikasi!

Dear DANA,

Kronologinya, pada tanggal 16 Juli 2023 saya akses akun DANA. Tanggal 20 Juli 2023, baru saya kembali akses akun saya. Tiba-tiba ada notifikasi transaksi, saldo yang sebelumnya Rp276.765 menjadi Rp765. Saya lihat di riwayat transaksi, ada 4 transaksi illegal pada tanggal 18 Juli 2023, pada hari yang sama.

Satu transaksi kirim uang, 3 transaksi QRIS dengan DANA CICIL (bukti terlampir). Dari awal punya akun DANA, saya tidak pernah menggunakan metode QRIS, kok bisa-bisanya transaksi diluluskan ditambah pakai DANA Cicil? 4 transaksi itu, tidak ada pemberitahuan verifikasi face id saat transaksi, seperti biasa.

Masalah kemudian  timbul, sudah beberapa minggu saya ditelepon dari wilayah Jakarta Greater dengan nomor yang berbeda-beda. Sungguh saya merasa tidak nyaman.

Saya sudah hubungi dana.id, tapi yang respons bot. Email juga sampai sekarang slow respond. Telepon ke DANA Care pun yang jawab bot. Kepada pihak DANA untuk menindaklanjuti masalah tersebut dan perbaiki keamanan akun DANA seperti semula.

Jamaludin
Kab. Teluk Wondama, Papua Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Akun Dibobol, Transaksi Kirim Uang dan QRIS DANA CICIL Tanpa Verifikasi!”

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Jamaludin di Media Konsumen, “Akun Dibobol, Transaksi Kirim...
Baca Selengkapnya

30 komentar untuk “Akun Dibobol, Transaksi Kirim Uang dan QRIS DANA CICIL Tanpa Verifikasi!

    • 5 Agustus 2023 - (17:45 WIB)
      Permalink

      Udah aktifkan Dana Viz (face id) tidak berfungsi. Padahal beda device harusnya aktif.

      2
      1
      • 2 September 2023 - (09:06 WIB)
        Permalink

        Ko sama y sy jga kehilangan saldo dana…. Trus yg sy pingin tau adakah tindakan dari pihak dana.. ….dgn timbul masalah seperti ini.
        Laporn dana sudah,bhkn smua peintaan dari pihak dana untuk mengirimkan bukti kehilgan seperti foto ktp, selfi, scrensout, sudh tpi seakan gk ada kejelsan hanya sekedar masuk pemberitaun di email bhwa dgn kjdian ini. Sy telah melaporkan ke pihak yg ber wajib. Buat saya hal smacam ini bagus yg di lakun oleh pihak dana…. Tapi jagn sekedar. Mnerima laporan saja. Tindakan nya seperti apa agar konsumen tidak mengeluh mengunakan akun dana ini. Dn maaf saya sekedar ber tanya, ada kah tindakn ganti rugi apa yg di alami konsumen y… Dgn ada nya kehilgan yang semacam ini. Trimakasih

    • 6 Agustus 2023 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Untung saya sudah hapus aplikasinya. Sbgai antisipasi. Padahal biasa saya gunakan buat transaksi. Sekarang beralih ke mobile banking saja

    • 5 Agustus 2023 - (12:11 WIB)
      Permalink

      Maaf, Anda Sebelumnya Akun nya pernah Ke Logout sendiri? Dan kemudian ada yg mengaku² CS dengan dalih Untuk Membuka Akun? Jika seperti itu Penipuan, Mereka itu Sengaja Spam Login untuk Me-Logout Otomatis Akun Dana Anda Dan kemudian Mereka chat Ngaku² Sebagai CS. Jika kalian Ngasih OTP, tamat lah sudah Akun Kebobol. Itu Modus Mereka, Jadi hati² Untuk kalian Semua.

      • 5 Agustus 2023 - (19:47 WIB)
        Permalink

        Mestinya biar kode otp atau pin bocor, fitur dana viz (face id) aktif ga bsa dihack dong…🤔

        • 6 Agustus 2023 - (19:30 WIB)
          Permalink

          Klo sudah tau password nggk perlu face buat verifikasi, saya sering keluar masuk tp nggak pake verifikasi wajah. Biarpun beda device,

          Cuma saya klo ada saldo di dana hampir setiap hari buka aplikasi. Klo saldo diatas 1jt saya alihin ke bank.

    • 5 Agustus 2023 - (16:25 WIB)
      Permalink

      Banyak kejadian dana… Jngn nyimpen banyak2 di saldo dana… Klo bisa hapus aja… Banyak kejadian …

      5
      1
      • 5 Agustus 2023 - (18:16 WIB)
        Permalink

        Setiap hari diMK masalah aplikasi dana udah tau sering kebobolan sistem keamanannya masih bisa dibobol tetap aja ada yang nyimpen uang disana

  • 5 Agustus 2023 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Tolong saldo di dana jangan banyak”. Skrg aplikasi dana rawan, sering kecolongan. Apalagi maling dr aplikasi lazada, gak ada habisnya. Padahal apk nya di update trs, tapi masih sering terjadi kemalingan akun dana nya. Yg heran nya pin, dana viz, dan otp bisa di lewatin dengan mudah, kalau hacker org luar sih kayaknya kemungkinan kecil bisa kebobolan, masa tanpa di minta otp dan pin / viz, bisa kebobolan.
    Terdapat kecurigaan besar dalam kemalingan saldo akun dana ini. Hampir setiap bulan akun” dana kemalingan utk pembayaran lazada, yg parahnya sekali sedot 1jt per akun.
    Terlalu pro yg nge-hack akun dana ini.
    Kalau bisa sih pihak berwenang memeriksa sistem di dalam ini, secara sering update berkala, masih saja bisa kemalingan. Nggak masuk akal kalau hacker dr luar sana.

    • 5 Agustus 2023 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Fitur Dana Viz ga aktif padahal pengaturan udah diaktifin… tapi entah kenapa transaksi illlegal tidak aktif… padahal sebelumnya transaksi biasa Dana Viz aktif..

      • 2 September 2023 - (09:15 WIB)
        Permalink

        Selain akun dana sy jg ada banking
        Tpi belum pernah saya seperti kejadian di dana….. Mungkin lambat laun pengguna akun dana akan habis klo prmasalahn yg muncul tidak ada respon tepat untuk menanggulangi y

  • 5 Agustus 2023 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Lebih baik pindah ke ovo aja setau saya jarang ada keluhan tentang ovo di media konsumen

    1
    1
  • 6 Agustus 2023 - (01:03 WIB)
    Permalink

    kalo saya untuk saldo di wallet digital akan saya isi kalo saya perlu saja, jadi gak saya endapkan , semoga masalah ini cepet selesai dan gak menimpa rekan2 lainnya , salam

    • 6 Agustus 2023 - (05:18 WIB)
      Permalink

      Iya bang.. begitu lebih baik..pun mestinya ada lapis keamanan dari Dana yang katanya keamanan terjamin 100%.

        • 7 Agustus 2023 - (05:53 WIB)
          Permalink

          Menurut saya semua aplikasi mempunyai kerentanan dalam kebocoran akun, tinggal bagaimana kita selalu waspada cermat dan selalu update info terkait masalah penipuan penipuan di aplikasi pembayaran yang sdh kita instal.

    • 6 Agustus 2023 - (13:05 WIB)
      Permalink

      Sdh banyak kasus model gini & sudah di share di Media Konsumen dan di Sosmed, namun masih banyak yang kena tipu.

      Mulai sekarang sering-sering membaca supaya tau dari pengalaman orang lain untuk pegangan diri.

      • 6 Agustus 2023 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Yah ampun ada lagi,kmrn pas baca berita yg keilangan 1jt lgsg buru2 pindahin saldo dana abis itu langsung uninstall. Ngeri skrg dana

  • 6 Agustus 2023 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Sebelum kejadian pembobolan ini terjadi, ada kejadian apa sama TS, sepertinya TS kena tipu orang. Dan lagi-lagi dari Palembang orang yang nipu TS.

    Penipu lebih pintar dari TS sepertinya, jadi alangkah baiknya jangan mudah percaya sama orang tidak dikenal di Internet, jangan memberikan akun keuangan kita meskipun orang tersebut ngaku-ngaku karyawannya.

  • 6 Agustus 2023 - (13:48 WIB)
    Permalink

    Salam TS, kami turut prihatin atas masalah TS. Kami sudah banyak berkomentar dan memberikan wawasan solusi ttg masalah Dana yg sama dgn TS. Kesimpulannya, kami tegaskan sekali lagi : bila akun anda diretas, tanpa babibu lg, pada DANA TIDAK ADA Jaminan Saldo Kembali.

    Jika kami analisis mendalam, alasan mayoritas user menggunakan DANA adalah fitur gratis transfer dan fleksibelitas top up yg gratis (via alfamrt dan via merchant lain). Namun, sayangnya dibalik benefit2 tsb, DANA Sangat Tidak Aman. Melalui perusahaan konsultan keamanan TI kami, Kami pernah menguji keamanan TI Dana ini, dan kagetnya kami mengetahui fakta ketidakamanan sampai mengelus dada. Hingga sekarang, kerentanan keamanan ini belum jg diperbaiki.

    Jika ingin fitur gratis transfer dan fleksibelitas top up saldo yg jg gratis, kami Tidak Merekomendasikan Dana krn alasan keamanan. Namun, kami menyarankan perusahaan lain yg lbh bisa diandalkan, memiliki legalitas perbankan (bkn ewallet), CS lbh responsif dan memiliki kantor perusahaan yg tersebar di seluruh Indonesia. Saran kami ialah Bank Neo Commerce.

    Bila ada saran yg lbh potensial dr rekan2 medkom utk fitur gratis transfer dan gartis isi saldo yg fleksibel, mohon share sini ya. Thx 🙂

  • 6 Agustus 2023 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Saya dulu pernah di Spam email sm custdana.care bilang suruh kasih WA buat registrasi katanya akun akan dinonaktivin klo nggk registrasi ulang,, saya coba kasih WA ternyata cs abal2 , awal chat nggk ada sopan2nya, langsung nanya Kakak pengguna Dana,

    Tak bales,, bukan tp tukang sant*t eh nggk dibales,,,

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Akun DANA?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Akun Dibobol, Transaksi Kirim Uang dan QRIS DANA CICIL Tanpa Verifikas…

oleh Jamaludin dibaca dalam: 1 menit
30