Pelayanan Return/Refund Akulaku Buruk dan Merugikan Pembeli

4 Agustus 2023, saya menerima pesanan produk yang sebelumnya saya order, yaitu iPhone X seharga Rp2.751.000, dibayar lunas melalui rekening BRI. Namun produk yang diterima terdapat kerusakan dan bermasalah, seperti IMEI tidak muncul dan kamera depan blank hitam. Sedangkan sebelum saya memesan produk, saya sudah menanyakan kondisi produk terlebih dahulu kepada seller.

Akhirnya, saya menghubungi seller kembali, untuk menanyakan kondisi produk yang rusak dan tidak sesuai dengan info penjual sebelumnya. Dikarenakan tidak kunjung mendapatkan jawaban dari seller, akhirnya saya menghubungi CS untuk retur produk agar langsung dapat ditindaklanjuti.

CS pun menyuruh saya untuk membuat laporan retur dengan mengirimkan seluruh bukti percakapan, bukti produk, dan video unboxing melalui email dengan estimasi jawaban keputusan 3-5 hari kerja.

Pada tanggal 8 Agustus 2023, saya mendapatkan pesan email bahwa saya disarankan untuk menghubungi seller. Sementara saya merasa muak dengan seller yang tidak merespons. Dirasa tidak mendapatkan jawaban, saya pun menghubungi CS kembali untuk menanyakan kelanjutan keluhan saya.

CS memberikan pesan yang sama seperti di email, yaitu untuk menghubungi seller secara pribadi. Saya mengatakan bahwa nomor seller tidak aktif. Bahkan baru aktif setelah 1 minggu saya mengirim pesan, tetapi pesan saya tidak dijawab sama sekali. Hal ini membuat saya kesulitan menyelesaikan masalah ini jika terus harus menunggu seller yang tidak kooperatif.

Pada 10 Agustus 2023, entah bagaimana, saya tidak bisa melakukan retur. Namun, akhirnya saya baru bisa mengeklik refund produk. Namun, tidak lama setelah itu, seller menolak refund saya. Saya kemudian mengajukan bantuan kepada Akulaku untuk memproses keluhan saya.

Saya berpikir bahwa pihak Akulaku akan membuat keputusan berdasarkan keluhan dan bukti dari pembeli dan penjual. Sebelum menghubungi CS, saya sudah menghubungi seller, tetapi tidak mendapat respons. Ketika saya menghubungi CS, CS memberikan jawaban yang sama, yaitu harus menunggu seller untuk menyetujui refund, meskipun masalahnya seller sulit dihubungi. Artinya, pembeli terus dipaksa untuk menghubungi seller penipu tersebut.

Pada 11 Agustus 2023, saya menanyakan hal yang sama. CS menjawab bahwa return/refund bisa dilakukan jika seller menyetujui, meskipun terdapat masalah pada pembeli yang kesulitan menghubungi seller. Saya menyimpulkan bahwa pihak Akulaku tidak mengambil tindakan atas keluhan ini, karena keputusan tetap pada seller. Sehingga, saya sebagai pembeli merasa tidak memiliki hak untuk tidak menerima produk rusak dan merasa dirugikan, bahkan sangat tidak aman membeli produk di Akulaku.

Pada tanggal 13 Agustus 2023, saya menghubungi CS terkait maksud dari “refund diproses Akulaku”. CS mengatakan bahwa keluhan saya tidak bisa diproses oleh Akulaku karena produk yang saya beli adalah ex-display.

Saya bingung dengan pernyataan tersebut. Karena pengalaman saya terkait retur di aplikasi Shopee, di mana ketika pembeli ingin retur produk dan seller menolak, diajukanlah banding. Yang mana pihak Shopee akan membuat keputusan berdasarkan bukti dan penjelasan kedua pihak. Sehingga ini dirasa adil, karena tidak memberatkan siapa pun dan sebagai pembeli atau seller, harus menyetujui keputusan.

Bahkan tidak ada pula ketentuan produk ex-display atau baru. Yang jelas, selama produk bertransaksi pada aplikasi Shopee, maka retur/refund bisa dilakukan. Kemudian, saya membaca Syarat dan Ketentuan Akulaku yang tidak mencantumkan bahwa produk ex-display tidak bisa dikembalikan atau di-refund.

Bahkan, jelas terpampang bahwa gadget rusak bisa mengajukan pengembalian barang. Maka, hal ini menjadi tidak jelas jika barang ex-display tidak bisa diretur, dan CS pun tidak bisa menjelaskan alasannya.

ex-display tidak bisa retur tanpa alasan
ex-display tidak bisa retur tanpa alasan

Hingga saat ini, keluhan return/refund saya masih belum jelas bagaimana penyelesaiannya. Saya telah berulang kali menghubungi CS, tetapi jawaban yang diberikan selalu sama. Saya sangat kecewa dengan pelayanan Akulaku karena:

  1. Tidak memberikan solusi alternatif yang dapat diterima oleh kedua pihak. Selain itu, solusi yang diberikan sangat merugikan pembeli, yang harus menerima produk rusak. Akulaku bahkan menjadi fasilitator seller penipu yang tidak bertanggung jawab, dan tidak diberi sanksi.
  2. Ketentuan yang tidak jelas. Saya pikir, selama transaksi dilakukan melalui aplikasi, maka proses return/refund haruslah tetap bisa dilakukan, karena kami membeli produk secara legal.

Dengan kasus ini, saya berharap bisa meningkatkan kualitas aplikasi dan pelayanan Akulaku. Saya mohon dengan sangat bahwa saya memiliki hak untuk tidak menerima produk rusak. Oleh karena itu, saya ingin mengajukan refund, karena saya mendapatkan perlakuan yang tidak memuaskan dan sangat merugikan.

Ratih Anissa
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pelayanan Return/Refund Akulaku Buruk dan Merugikan Pembeli”

Jakarta, 21 Agustus 2023 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Ratih...
Baca Selengkapnya

33 komentar untuk “Pelayanan Return/Refund Akulaku Buruk dan Merugikan Pembeli

  • 15 Agustus 2023 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Sy juga pernah pesen diakulaku, tp yg dateng zonk, mau dibalikin tp susahnya minta ampun.
    pihak cs nya males2an ngejawab dn gak bisa kasih solusi, pdahal harusnya bisa jd penengah
    Jd kaya beli barang rongsokan yg gak sesuai judul
    Lama kelamaan akulaku isinya penjual penipu semua.

      • 16 Agustus 2023 - (12:57 WIB)
        Permalink

        Sudah tahun 2023, masih aja belanja barang mahal di Akulaku a.k.a Akutipu. Lihat track record Akutipu di masa lalu. Apakah bisa dipercaya? Sudah banyak pembeli ditipu sama Akutipu. Tanggung jawab aplikator apa? 0 besar, lepas tangan.

    • 16 Agustus 2023 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Iya kena tipu oleh seller sama aplikasi, jangan mau belanja disitu lagi. Mudah2an Akulaku segera menangani keluhan ini.

  • 15 Agustus 2023 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Basi. AkuLaku sempat jadi trending dan top biang masalah 2021-2022 di MK. Belanja di MP AkuLaku ini harus banyak-banyak berdoa semoga urusan lancar. Banyak kok iPhone X bekas di MP lain di kisaran harga 2,5-6,5 juta, toh bisa dicicil juga pakai AkuLaku di MP tertentu seperti Sopi. Lagipula saat ini jangan beli iPhone nggak jelas karena ribuan IMEI terblokir gegara mafianya terbongkar.

    • 16 Agustus 2023 - (08:10 WIB)
      Permalink

      Iya Akulaku MP online bermasalah sampe sekarang tidak ada peningkatan dan ternyata tidak aman berbelanja disitu.

  • 15 Agustus 2023 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Banyak sekali masalah beli produk di Akulaku. Saya heran Aplikasi sebesar itu tidak menyortir penjual jadinya pembeli korban barang cacat. Ikut kesel sih baca chat dengan CS nya yang tidak ada solusi.

  • 15 Agustus 2023 - (22:38 WIB)
    Permalink

    “Ketentuan yang tidak jelas. Saya pikir, selama transaksi dilakukan melalui aplikasi, maka proses return/refund haruslah tetap bisa dilakukan, karena kami membeli produk secara legal”

    Jelas anda membeli produk ilegal , memang transaksi nya legal tapi produk nya ilegal , sekarang pikir berkali” untuk membeli iphone karena lagi gencar” nya blokir imei , kalo pun ada pedagang bilang imei aman pasti ga akan bertahan lama kalo bisa bertahan lama ya berarti beruntung , mending beli flaship lain yang harga segitu tapi imei aman & hardware dan sofrware aman . satu lagi janga pernah belanja langsung di akulaku , kalo pu mau cicil mending di shopee atau ga market place yang join sama akulaku , jadi pembayaran nya bisa dicicil pakai akulaku

    • 16 Agustus 2023 - (07:43 WIB)
      Permalink

      Kalau beli produk ilegal kenapa penjualnya bisa berjualan di apk yang diawasi OJK? harusnya Akulaku memilah penjual terlebih dahulu dong apalagi diawasi OJK, makanya saya komplain karena Akulaku ini sebagai tempat penjual penipu. Yang saya tekankan disini adalah pihak seller dan pelayanan Akulaku yang lepas tangan padahal masalah belum selesai. Disini masalahnya terdapat adanya “garansi imei dan kelayakan produk” tetapi ketika protes barang yang diterima tidak sesuai, tidak ada itikad baik dari seller untuk menangani produk yang dikirimkan lalu melaporkan keluhan ini kepada pihak Akulaku tidak ada solusi yang membuat pembeli aman berbelanja di Akulaku.

      • 16 Agustus 2023 - (08:48 WIB)
        Permalink

        La kan udah jelas” kalo iphone bukan resmi ya jatuh nya ilegal , terus situ bilang kenapa akulaku ga memilah” pedagang ya karna akulaku hanya penyedia jasa , ga cuma akulaku semua market place itu pasti ada aja yang jual barang ilegal apalagi kasus ini iphone yang kebanyakan second ex luar negeri yang jelas” ga bayar bea masuk dan ga bakal dapet imei , jadi solusi nya situ ke bea cukai terus registrasi untuk imei nya biar bisa ke pake dan buat kamera bawa ke kang service ya tapi gitu sparepart iphone mahal” atau lain kali beli yang second ex ibox dijamin imei aman sentosa

        • 16 Agustus 2023 - (09:40 WIB)
          Permalink

          Ya kan permasalahan disini yang jelas transaksi saya legal dan produk ada di aplikasi. Di mana terdapat garansi yang bisa didapatkan pembeli tetapi penjual menolak tanpa alasan. Seluruh aplikasi yang diawasi OJK perlu memilah2 penjual agar tidak terjadi penipuan dan transaksi gelap. Makanya saya mempertanyakan tanggung jawab Akulaku sebagai aplikasi yang awasi OJK tetapi masih sering terjadi penipuan. Jika kasus ini terus dibiarkan maka besar kemungkinan penipuan terus meningkat, yang jadi korban pasti pembeli.

    • 16 Agustus 2023 - (08:03 WIB)
      Permalink

      Nggak semua orang tau kasus ini, banyak yang sudah beli produk dan baru tahu bahwa itu ditipu termasuk saya.

      • 16 Agustus 2023 - (08:15 WIB)
        Permalink

        Ya karena anda ga pernah mau tau kalo kasus ky gini banyak beredar di media sosial. Kalo sdh kejadian aj, baru kenal media

        • 16 Agustus 2023 - (09:28 WIB)
          Permalink

          Makanya itu saya gembor2 lagi kasusnya biar makin meluas penyebaran infonya. kalau sampai sekarang masih ada yang kena tipu berarti informasi kasus Akulaku belum begitu luas dan masih terjadi penipuannya.

          • 16 Agustus 2023 - (13:03 WIB)
            Permalink

            Kalo msh ada yg ketipu pasti orgnya sama ky anda, baru tau media atau org yg tidak pintar.

    • 16 Agustus 2023 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Aku bingung, kok ada orang yg tertarik bertransaksi di akulaku sih jika ada sopi toped? bahkan di bl laz aja aku ga tertarik explore

  • 16 Agustus 2023 - (01:08 WIB)
    Permalink

    Ya elah udah dari tahun berapa tu akulaku di MK udah dari pandemi sampe tahun 2022 di MK banyak dan gk ada solusinya gw kira 2023 dah pada pinter dan ngerti kalau beli di akulaku harus siap2 dapet zonk atau enggak unit bagus banget dengan harga yang murah tapi resiko zonknya lebih tinggi
    Lagian kan lu posting masalah di MK harusnya tau akulaku sliweran di MK dari masa pandemi
    Dah ikhlasin aja

    • 16 Agustus 2023 - (07:48 WIB)
      Permalink

      Baru tau banyak masalah Akulaku setelah beli dan rata-rata yang bermasalahan di Akulaku buat keluhan disini, mudah-mudahan aja masalahnya segera selesai tanpa merugikan pembeli. Tidak bisa ikhlas jika uang segitu diterima oleh seller penipu itu seakan mendukung kegiatan menipu mending uangnya saya kasih ke panti asuhan jelas-jelas berkah.

  • 16 Agustus 2023 - (06:44 WIB)
    Permalink

    Menurut saya produk yang dibeli dan transaksinya pun tidak ilegal karena sah-sah saja beli iphone dimanapun hanya saya kerugiannya kemungkinan besar. Iphone inter terjual banyak di MP online dan offline hanya saja imeinya harus didaftarkan lagi ke bea cukai atau kemenperin. Hak penulis ingin beli produk dimanapun dan hak penulis juga untuk melaporkan hal yang merugikan pembeli.

  • 16 Agustus 2023 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah persis seperti ini, sebenarnya masalah bukan di produk yang dibeli dan masih bisa terima jika ada itikad baik dari seller tetapi sikap seller yang tidak kooperatif dan tidak bertanggung jawab atas produk yang dikirimkan membuat saya semakin kesal lalu pihak Akulaku yang selalu memaksa menghubungi seller kan jelas2 seller tidak bisa dihubungi lah ini di terus2an dipaksa chat jadinya saya pilih untuk komplen terus2an. Saya juga tau Akulaku setelah berbelanja dan tertipu lalu berita tentang penipu Akulaku baru bermunculan.

    Yang sabar ya mbak nya semoga masalahnya cepat selesai, itu bukan uang yang sedikit masalahnya.

    • 16 Agustus 2023 - (07:56 WIB)
      Permalink

      Produknya sampai saat ini tidak saya pakai bahkan saya simpan dikardusnya dengan rapih, untuk apa menikmati produk cacat makanya saya mau retur/refund. Semoga Akulaku segera menyelesaikan masalah ini dan tidak merugikan pembeli.

    • 16 Agustus 2023 - (07:58 WIB)
      Permalink

      Produknya sampai saat ini tidak saya pakai bahkan saya simpan dikardusnya dengan rapih, untuk apa menikmati produk cacat makanya saya mau retur/refund. Semoga Akulaku segera menyelesaikan keluhan saya ini.

  • 16 Agustus 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Akulaku gada kapoknya emng, seller disitu model gacha pernah beli hp Sony Xperia 1 II batangan kondisi 90% di situ, karena tergiur harga jdi langsung co pas dateng anjiiirrr layar udah shadow, hp kaya hbs diajak perang Afganistan full baret 😭, mau aku refund udah terlanjur males karena seller slow respon ga kaya pas mo beli… Yaa jdi pengalaman aja deh langsung ku kasih bintang 1 trus uninstall 🤣

  • 17 Agustus 2023 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Kami sarankan Netizen yang bijak…Toko online yang tidak benar atau amanah. jebak aja dengan order COD dengan Alamat Fiktif. Sekali kali Biar rugi Pengirimannya.
    Salam Tuyul 100K

  • 17 Agustus 2023 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Gua Tuyul tp klo sehari gak dapat Money Juga Rugi….
    Tp yang penting Kami sbg tuyul sudah bekerja baik cari duit atau mengirim duit.
    Salam sehat dari Tuyul Milenium

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Return/Refund Akulaku Buruk dan Merugikan Pembeli

oleh Ratih dibaca dalam: 3 menit
33