Paket Saya Tidak Dikembalikan oleh Shopee Express

Saya adalah penjual di marketplace Shopee dengan akun batik*** . Saya mempunyai masalah pengiriman, yang mana paket yang telah digagalkan sepihak oleh Shopee Express karena terlalu lama pengiriman. Namun paket belum dikembalikan, sejak putusan diterimanya pengajuan pengembalian dana pembeli pada tanggal 4 Agustus 2023.

Berikut di bawah ini kronologi beserta bukti pelacakan sistem Shopee Express:

  1. Pembeli memesan produk (gambar terlampir) dengan status terbayar (non COD), pada tanggal 24 Juli 2023 pukul 10.39, dengan alamat tujuan adalah Jakarta dan nomor pesanan: 2307300B34C1RSP.
  2. Penjual mengirim pesanan dengan ekspedisi yang telah ditentukan, yaitu Shopee Express, pada tanggal 25 Juli 2023 pukul 17.42, dengan alamat asal adalah Solo dan nomor resi pengiriman SPXID036881294257.
  3. Paket pesanan per tanggal 26 Juli 2023 pukul 03.29 sudah masuk di wilayah Jakarta (DC Cakung).
  4. Kenyataannya hingga tanggal 30 Juli 2023 pukul 08.55, paket pesanan belum diterima pembeli, dan akhirnya pembeli mengajukan pengembalian dana.
  5. Penjual telah mengajukan banding untuk menyelidiki paket pesanan yang belum diterima, dengan sanggahan bahwa paket masih dalam pengiriman oleh ekspedisi. Sehingga penjual tidak bisa berbuat apa-apa selain menunggu pengiriman.
  6. Shopee memutuskan sepihak mengembalikan dana pembeli pada tanggal 4 Agustus 2023 pukul 21.30, dengan keterangan “Paket akan dikembalikan kepada pengirim”.
  7. Tanggal 5 Agustus 2023 pukul 04.04, transaksi diselesaikan sepihak oleh Shopee.
  8. Hingga tanggal 20 Agustus 2023, surat pembaca ini dibuat, paket masih dengan status yang sama sejak tanggal 4 Agustus 2023, dengan keterangan “Paket akan dikembalikan kepada pengirim”.
  9. Tanggal 18 Agustus 2023 pukul 08.35, penjual telah membuat laporan kepada CS Shopee untuk menanyakan di mana paket, yang seharusnya dikembalikan dengan kode laporan 1692354401578106932.

Dari kronologi di atas, saya sebagai penjual ingin menanyakan kepada Shopee dan Shopee Express, sebagai pihak yang bertanggung jawab kepada pengambil keputusan dan sekaligus ekspedisi, di mana paket saya? Tolong kembalikan paket saya!

Jika paket ini ternyata sudah hilang, berikan hak saya dengan penggantian penuh senilai produk saya, karena ini sudah melanggar banyak perjanjian yang dibuat sendiri oleh Shopee dan Shopee Express. Sebagai informasi tambahan, kejadian ini sudah terjadi 3 kali kepada saya, dan baru ini paket tidak kembali.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat pembaca ini dan silakan surat pembaca ini digunakan sebagai referensi pembaca yang mengalami masalah yang sama.

Esa Zunu
Solo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Paket Saya Tidak Dikembalikan oleh Shopee Express

  • 21 Agustus 2023 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Jangan Khawatir dan panik ya pak, ditunggu saja sampai proses pengembalian paket ke penjual selesai,

    Tunggu sampai status paket di sistem tracking shopee berubah ” Paket telah dikembalikan ke penjual / Agen “. Selanjutnya untuk penjual yang Drop off paketnya, Paket bisa diambil penjual di tempat Drop off. Sedangkan untuk penjual yang telah memiliki jadwal pick up, paket retur akan dikembalikan oleh kurir pick up.

    Prosedur retur barang gagal kirim itu memang membutuhkan waktu, bahkan ada yang sampai 3 minggu lamanya barang baru sampai ke tangan kami sebagai penjual.

    Pengalaman kami untuk semua paket yang gagal kirim atau dibatalkan oleh sistem di Shopee menggunakan SPX, Semuanya kembali kepada penjual. Ratusan paket kami gagal kirim, Alhamdulillah, semuanya kembali.

    Semoga membantu, Salam hangat.

    • 22 Agustus 2023 - (12:50 WIB)
      Permalink

      SO??
      kalau saya kecewa terus saya harus kapok dagang?
      kalau saya kecewa dengan hidup saya, saya harus tidak hidup?
      kekecewaan bukan berarti harus berhenti melakukan sesuatu.. tapi harus diperbaiki, kapan ada perbaikan kalau kecewa dan berhenti memperbaiki
      Pernah kecewa terhadap negara ini? apakah membuat kita berhenti menjadi warga negara ini?

  • 22 Agustus 2023 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Klo chat cs shopee pasti jawabannya selalu
    AKAN KAMI TERUSKAN KE TIM TERKAIT MOHON KESEDIAAN MENUNGGU DAN TIM TERKAIT AKAN SEGERA MENGHUBUNGJ ANDA APAKAH ADA EMAIL DAN NO TELEPON YANG BISA DI HUBUNGI,,tetapi kenyataan boro2 kita d hubungi

    • 22 Agustus 2023 - (12:52 WIB)
      Permalink

      nyatanya memang dihubungi kalau dimuat di media konsumen, 3x kemarin dihubungi, dan beberapa kali laporan memang ditelpon dan dihubungi email juga.. selebihnya ya tetap.. diminta menunggu… hehehe

  • 26 Agustus 2023 - (19:30 WIB)
    Permalink

    Saya selaku penjual juga di Shopee, tetapi yg sering malah ongkir sebagian dibebankan ke seller.. Setelah komplain ke cs, baru ada yg di refund dan ada yg tidak di refund..
    Ya semoga bisa diperbaiki sistem shopee nya, karena sering error..

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Express?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Paket Saya Tidak Dikembalikan oleh Shopee Express

oleh Esa dibaca dalam: 1 menit
7