Paket Jualan Lazada Hilang Diambil Oknum Saat Pengiriman di JNE, Namun Saat Diklaim Malah Dipersulit

Dengan surat terbuka ini, saya ingin memberikan keluhan saya kepada pihak Lazada dan JNE dikarenakan paket retur saya kembali dengan keadaan ditukar isinya dan diambil.

  • Nama Toko: StubyOnline
  • ID: ID6870FT3V

Kronologi:

Tanggal 19 Mei 2023, saya mendapatkan pesanan di Lazada sebanyak 3 pesanan dan saya langsung memproses dan mengirimnya pada hari yang sama. Bukti pengiriman saya lampirkan di bawah:

Tanggal 27 Mei, saya menanyakan keberadaan paket saya karena statusnya tidak jelas alias terhenti di kota tujuan selama 5 hari tanpa pergerakan. Jawaban dari pihak Lazada adalah:

Namun, pada tanggal 31 Mei, saya menerima paket retur yang dikirim kepada saya, dan ternyata itu adalah paket yang saya kirimkan tanggal 19 Mei sebelumnya. Karena status pelacakan yang tidak jelas, saya langsung memberitahu kurir untuk menunggu agar saya bisa membuka paket di depannya, merekam prosesnya, dan hasilnya isi paket kosong seperti telah dibuka dan dikemas ulang. Saya segera mengajukan keluhan kepada Lazada dan diarahkan untuk mengajukan klaim melalui formulir di situs Lazada dengan syarat-syarat klaim berupa:

  • Foto paket dengan tanda resi tertera
  • Surat Bukti Antar Penolakan (BAP) yang ditandatangani kurir
  • Foto produk saat diterima

Saya langsung mengirimkan bukti-bukti yang diminta melalui email pada hari yang sama.

Kemudian, pada tanggal 1 Juni, saya menerima email bahwa saya diminta menunggu selama 3 x 24 jam untuk investigasi.

Pada tanggal 2 Juni, saya menerima email lagi yang meminta saya melampirkan bukti dengan menambahkan video “unboxing” paket saat diterima. Beruntungnya, saya telah membuat video tersebut di depan kurir saat paket datang.

Saya juga diminta untuk menunggu 2 x 24 jam untuk investigasi lebih lanjut.

Kemudian, pada tanggal 4 Juni, saya menerima email yang berisi bahwa diperlukan video pengemasan paket. Saya bingung apakah hal tersebut diperlukan, dan apakah ada aturan yang mengharuskan penjual untuk merekam video pengemasan tiap paket saat dikemas satu per satu? Saya adalah penjual rumahan yang tidak menggunakan CCTV. Beruntungnya, pada saat itu pelanggan saya meminta saya merekam video sebelum pengemasan, yang kemudian saya gunakan sebagai bukti.

Video packing bisa di lihat di https://youtu.be/9lHpCBEVwpk

Tanggal 5 Juni, saya menerima email lagi yang meminta saya untuk membuat ulang video pengemasan dan mengirimkannya kembali. Alasannya adalah nomor pengiriman (AWB) tidak terlihat jelas menurut mereka. Menurut saya, nomor tersebut sudah jelas terlihat. Saya merasa agak lucu harus diminta untuk membuat ulang dan mengirim ulang video pengemasan untuk paket yang telah dikirimkan berminggu-minggu yang lalu. Saya telah menjelaskan alasan ketidakjelasan kualitasnya melalui email.

Saya sudah menjelaskan kenapa kualitas tidak terlihat bagus di email.

Namun, setelah saya menjelaskan, tanggapan email saya langsung mengatakan bahwa investigasi tidak akan dilanjutkan karena kurangnya bukti. Saya bertanya, mengapa saya diminta membuat video “unboxing” saat paket tiba dan hal lainnya jika tidak akan digunakan sebagai bukti?

Setelah itu, nomor laporan saya ditutup dan tidak ada kejelasan. Saya mencoba menghubungi pihak Lazada setiap hari, namun tidak ada hasil. Pihak JNE juga menyarankan agar saya menghubungi Lazada karena klaim dilakukan di sana.

Lebih mengejutkan lagi, pada tanggal 8 Agustus, akun saya dinonaktifkan setelah berbulan-bulan saya mengajukan pertanyaan mengenai paket yang isinya diambil oleh oknum. Padahal, sejak bulan Juni, saya tidak mau memproses pesanan yang masuk ke Lazada karena belum ada solusi atas kerugian sebelumnya.

Saya mohon kepada pihak Lazada dan JNE untuk mengatasi masalah ini. Jika klaim saya ditolak karena harus melampirkan video pengemasan berkualitas baik, padahal tidak ada aturan di Lazada yang mengharuskan penjual merekam video pengemasan sebelum mengirim paket, mohon agar barang yang hilang atau ditukar oleh oknum dapat dikembalikan atau diganti dengan kompensasi klaim.

Saya mohon kejelasan mengenai ketiga paket saya.

Terima kasih.

Nursodikhin
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Paket Jualan Lazada Hilang Diambil Oknum Saat Pengiriman di JNE, Namun Saat Diklaim Malah Dipersulit”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 23 Agustus 2023 berjudul “Paket Jualan Lazada Hilang Diambil...
Baca Selengkapnya

60 komentar untuk “Paket Jualan Lazada Hilang Diambil Oknum Saat Pengiriman di JNE, Namun Saat Diklaim Malah Dipersulit

    • 23 Agustus 2023 - (13:18 WIB)
      Permalink

      Iya kak tapi aturanya emang enggak ada yg bilan seller harus ada video pengemasan saat klaim atau barang rusak. Itu yang buat saya bingung kenapa minta bukti yg seharusnya gak di minta?

      10
      1
      • 28 Agustus 2023 - (13:13 WIB)
        Permalink

        Ngeri,
        ke 1
        CoD paket dr lazada biasa ny hny bisa di proses di Pusat Dan di Validasi oleh Pusat, klo di gerai agen jne gk bakal bisa

        Ke 2
        Gw denger2 sudah ada warning dr pihak JNE utk menolak paket atau minimal ada SP tertanda pengirim mengenai COD karna bnyk data OKNUM yg mengklaim DANA COD yg dianggap gagal alias ada Indikasi Penipuan yg mana beban itu di tanggung JNE

        Ke 3
        Terkait benar atau salah, biasa nya JNE hny mengizikan Fitur COD ongkir bukan harga

        Ke 4
        Semoga lekas kelar

    • 28 Agustus 2023 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Jl. Gang thamrin ii cipondoh
      0878 8481 32xx stuby Online

      2pkt 1 alamat daerah karawang

      1pkt masih cikampek karawang

      Ini mah fix anda melakukan sesuatu CELAH

      Fix anda CERDAS

      Lanjutkan

  • 23 Agustus 2023 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Waduuuh, ini benar-benar tidak profesional dan tidak ada akhlak. Jelas banget Lajadah nginjek Seller. Banyak cing cong, jawaban template.
    Bikin video untuk Tiktok, biasanya bakal Viral Negatif di Tiktok bikin Marketplace ini kebakaran jemboot eh jenggoot. Nanti langsung bergerak dia.
    Serius, aku pengalaman pribadi, tapi aku pihak pembeli sih.
    Akhir nya, semoga bisa terselesaikan dengan solusi yang terbaik

    9
    2
    • 23 Agustus 2023 - (12:12 WIB)
      Permalink

      Masalah apa kak kalo boleh tau? Aku udah coba hubungi lazada beberapa kali baik baik tapi gak pernah ada solusi karena emang template saja yang di balas sama mereka.

      7
      1
  • 23 Agustus 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Emang sering ya kak?soalnya kalo di shopee saya pakai nya jnt dan shopee Exp saja gak pernah hilang baru kalo ini jualan ilang barang

    1
    1
  • 23 Agustus 2023 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Iya kak saya baca ternyata banyak keluhan ya dari masalah affiliator sampe uang di tahan gak dibayar dan memang lazada lagi sepi

    1
    1
  • 23 Agustus 2023 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Gak ada kak bukti apa apa kalo paket saya benar benar dibawa dan dikirim dengan seharusnya karena di tracking pun status nya tidak jelas saya udah tanya bukti apa yg buat mereka bilang bukti2 saya tidak valid tidak pernah dijawab

  • 23 Agustus 2023 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Saya udah kasih semua kak dari BAP video unboxing sampai foto paket saat datang dengan tertempel resi tapi kayak gak berguna karena dibilang enggak valid

  • 23 Agustus 2023 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Iya kak saya udah kasih bukti yang diminta lengkap semua tapi dibilang tidak valid selama 2 bulan saya coba berkala menanyakan tapi tetap saja hasil nya nihil.

  • 23 Agustus 2023 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Enggak ada kak kewajiban syarat klaim video pengemasan yg diperlukan :

    – BAP bertanda tangan kurir
    -foto produk saat datang dengan tertempel resi
    -VIDEO unboxing saat paket datang

    Itu saja kak.

  • 23 Agustus 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Update :

    Setelah keluhan saya tampil di Media Konsumen saya langsung mendapatkan email laporan baru yang akan melakukan cek kembali atas 3 paket saya ke tim terkait lazada, semoga ada kabar baik.

    Dan juga tolong jangan sampai up ke media dulu baru di bantu dan mau di selesaikan.

    14
    1
  • 23 Agustus 2023 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Lazada sekarang memang parah sekali, barang saya hilang di kurir J&T katanya uang saya dikembalikan 3×24 jam.
    Sampai sekarang gak ada kabar

    10
    1
      • 23 Agustus 2023 - (19:02 WIB)
        Permalink

        Lazadut lagi lazadut lagi ogah pesan lazadut Saya juga pernah dibikin kapok lazadut, pengiriman prioritas nya bikin orang kapok mahal doang sudah gak bakal pesen lazadut

    • 23 Agustus 2023 - (19:07 WIB)
      Permalink

      Mending klo jualan jgn di lazada, banyak eCommerce lain seperti Shopee, tokped dan buka lapak

      • 23 Agustus 2023 - (19:09 WIB)
        Permalink

        Emang abis kejadian ini gak buka toko di sana lagi kak,cukup di hijau aja aman dan lancar aja

        4
        1
  • 23 Agustus 2023 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Emang isi paketnya apaan kak? Berapa nominalnya? Di video paking hanya keliatan duanya aja. 🤔

    3
    7
  • 23 Agustus 2023 - (16:41 WIB)
    Permalink

    Jam tangan kak , 3 pesanan itu beda beda tipe dan nominal nya yg paling kecil 655rb.
    Kenapa hanya luar saja karena di box kayu dalam ada seal/segel.

    6
    1
  • 23 Agustus 2023 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Paket anda itu paket fraud. Ngomongnya harga cod cm 600rb an, pas diliat dari tracking oleh teman sy yg kerja di JNE, harga COD hampir 5jt setiap masing2 resi. Mgkn lain x kalo mau buat aduan jd penjual yg jujur dl

    2
    10
    • 23 Agustus 2023 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Tau fraud nya dr mana bos bos nya kerja di JNE ya soalnya saya dlu kena ilangbarang juga di JNE 3,7 jt diganti sih trs kl org blg ilang itu froud ya

      • 23 Agustus 2023 - (18:58 WIB)
        Permalink

        Anda ga baca komen sy?
        Dia blg cod nya 600rb an, tp di tracking 5jt. Paketnya di tolak semua sama penerimanya yg alamatnya sama. Dari situ sj sdh jelas gmna kasusnya. Masih ga paham? Atau anda teman satu groupnya?

        1
        8
      • 24 Agustus 2023 - (05:47 WIB)
        Permalink

        Dan satu lg dia blg “Kenapa hanya luar saja karena di box kayu dalam ada seal/segel”. Unboxing packing paket cm di luar saja dgn alasan tsbt. Bisa anda nilai sendiri kalau pemikiran anda emg jalan

        1
        2
    • 24 Agustus 2023 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Lagi² Lu, Suka Menuduh Orang Terus. Kemarin Nuduh Gw Kurir ternyata Lu sendiri yg Kurir, Selalu main “Katanya Teman” Padahal lu sendiri.

      • 24 Agustus 2023 - (11:17 WIB)
        Permalink

        Iya yg berbau JNE dia selalu muncul hahaha dia org sana kek nya bang bilang nya si selalu temenya temenya aja kalo komen wkwkwkwk emg masalah apa tuh kmrn bang

  • 23 Agustus 2023 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Hai kak saya bilang kan beda tipe dan harga tiap paket nya ,yg saya ambil contohnya harga nominal,paket fraud bagaimana ya jam yang saya jual itu jam yg emg ada merk dan di video pengemasan jelas itu box resmi merk tersebut kok.

    Kok bisa bilang paket fraud itu kakak nya megang acuan apa ya? Bukti ada?

    • 23 Agustus 2023 - (19:00 WIB)
      Permalink

      Coba sj anda dtg ke JNE lgsg tuk cek status paket anda. Kalau ga terima itu status dari JNE, anda bisa kok tuntut ekspedisinya. 😀

      1
      4
      • 23 Agustus 2023 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Itu di atas udah ada kok saya bilang tanya status paket saya ke lazada dan JNE karena paket stuck di kota tujuan setelah komplain baru ada status di tracking nya dan langsung di retur, status dari JNE gimana kak? Fraud? Ada bukti nya kah kak? Kakak ini orang JNE apa gimana?siapa tau aja bisa ada solusi nya kan.

        • 23 Agustus 2023 - (19:27 WIB)
          Permalink

          3 paket cod dgn total nominal hampir 15jt dan semuanya sama statusnya di tolak penerima. 2 paket dgn alamat yg sama dan 1 nya beda tp masih dalam satu kota yg sama. Bisa di nilai itu paket gmna.

          • 23 Agustus 2023 - (20:00 WIB)
            Permalink

            Kok ditolak kak?di tracking JNE nya saja saya share itu stuck dan tiba2 dalam proses retur,bilang ditolak sama penerima kakak tau darimana?hmmmmm

            Sebelum nya aku jelasin dlu ya kak sebelum kirim saya sudah konfirmasi ke pembeli dan lazada apakah tetap dikirim pihak lazada pun menganjurkan dikirim kalo dibatalkan toko kena penalty poin -1

            Mohon maaf kak kayanya Kaka tau banyak nih yg kerja di jne kakak apa teman kakak yg benar? Dan status paket saja tidak ada di tracking tidak ada keterangan di tolak, daripada mempertanyakan perihal paket saya lebih baik menilik ke akun pembeli yang salah 1 nya ada bernama Muhammad.R yang beli, apa itu anda? Bingung kapasitas anda ini orang yg bekerja di JNE yg ada di area tersebut apa teman anda?

          • 23 Agustus 2023 - (20:13 WIB)
            Permalink

            Org dalem bang?apa temenya 😅kalo org dalem ngomong aee bang tu tracing nya bnr in dlu tracing cuma sampe sub agen aja lgsg retur gw udh tracing di situs mana mana sama semua hasil nya soalny ga pernah dikirim tp abangnya blg ditolak…

          • 24 Agustus 2023 - (05:39 WIB)
            Permalink

            @hadi tracing? Racing kali bos. Wkwkwkwkwk
            Tau dari mana bos itu cm sampe sub agen? Cm liat di website doang ya?

  • 23 Agustus 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Kalo harga mahal jangan mau di COD in banyak yg main COD buat tukar tukar barang saya beberapa kali di tukar saat COD

  • 23 Agustus 2023 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Sicepat JNE itu ekspedisi yg suka ilang barang apalagi jne di Shopee waduh suka banget ilang barang nya

    • 23 Agustus 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Masa sih kak? Baru tau saya soalnya kalo di toko hijau saya pakai nya jnt aja sih.
      Oke kak makasih info nya.

  • 23 Agustus 2023 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Kalo di oren sih anti bgt sama JNE dan sicepat kalo buat kirim paket yg mahal mahal soalnya suka ilang gini mending pake pengiriman instant kalo barang mahal bro, dulu saya jual kacamata di oren kirim 19 paket JNE sm sicepat 26 dr JNE balik 5 si cepat balik 3 semua nya isi nya di tukar sama kacamata 10rban hehe

    Pengalaman pribadi aja sih.

      • 24 Agustus 2023 - (05:43 WIB)
        Permalink

        Ternyata banyak ya temen seperjuangannya.
        Pdhl yg di muat dsni banyak yg kehilangan itu JNT loh.
        Baru buat akun ya? Ngakak, wkwkwkwkwkwk

  • 23 Agustus 2023 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Jne dr jaman 2020 emg sering ilang barang retur ilang dijalan juga banyak jadi ya maklumi aja banyak yg butuh di jne upsss

  • 24 Agustus 2023 - (00:40 WIB)
    Permalink

    Sebagai pembeli pernah juga hilang barang saat pengiriman pakai JNE baru 3 bulan lalu tracking cuma stuck sedang dikirim saja tapi 2 minggu gak sampai2 akhirnya setelah komplain ke JNE dan ke lazada barang dibilang hilang saya waktu itu beli TV 32 inch. Jadi sih emg true kalo JNE suka hilang barang entah siapa yang ambil-_-

  • 24 Agustus 2023 - (00:54 WIB)
    Permalink

    Ya tuh gw jg pernah kena gt sama lazada itu. Waktu itu kurir ninja dah dipanggil ga dtg pick up. Trus kurirnya sengaja wa ke nomor lain biar ga ada balasan trus bilang kita ga bs dihubungi. Kita kirim bukti dll ke lazada, bukannya dibantu tertibkan kurirnya malah kita kena pinalty. Pingin ngomong kotor gw ke yg punya lazada asli! Sampah banget itu pelayanan lazada ke seller! Lapak plg busuk dari segala lapak.

  • 24 Agustus 2023 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Itu di video pengemasannya sih emang nmr resi atau AWB nya ga terlihat jelas ya, terlalu jauh dan kecil jd ga terlalu terlihat. Seharusnya didekatkan ke kamera biar tulisannya jd terlihat jelas.

    2
    1
    • 24 Agustus 2023 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Tapi kalo pakai CCTV pun gak bakal keliatan jelas juga sih emg susah kalo gk di buat secara proper bang gabakalan jelas awb nya

 Apa Komentar Anda?

Ada 60 komentar sampai saat ini..

Paket Jualan Lazada Hilang Diambil Oknum Saat Pengiriman di JNE, Namun…

oleh Vion dibaca dalam: 2 menit
60