Kapok Top Up E-Money di Shopee, Jika Ada Masalah CS Ribet, Dana Saya Belum Direfund Shopee

Sebelum kejadian ini, sebenarnya saya sudah muak belanja di Shopee karena masalah pengiriman pesanan MacBook saya yang sengaja dipermainkan kurir SPX Express hingga saya harus repeat chat dan hard complaint ke CS dan eskalasi ke TL hanya dapat janji palsu. Sampai saya harus effort lagi repeat chat baru issue pengiriman diselesaikan sama mereka.

Kali ini saya harus bermasalah lagi dengan Shopee tentang issue top up e-money Mandiri. Tanggal 10 September 2023, saya top up e-money sebesar Rp 100.070 via Shopee, dan pesanan sedang diproses tidak ada tombol yang bisa diklik sama sekali.

Saat itu juga kartu e-money langsung saya gunakan naik TransJakarta, tapi declined karena saldo tidak cukup. Padahal saya sudah top up. Pada malamnya, saya coba update saldo via HP dengan NFC support via Shopee tapi tidak terbaca. Berulang kali saya lakukan tapi hasil nihil.

Besok siangnya saya cek di ATM Mandiri juga tidak terbaca, sampai keseringan dicek tanpa sadar kartu e-money saya ada retakan patah di sisi luarnya.

Saya komplain ke KCP Bank Mandiri disarankan buat ke KCU Mandiri untuk cek saldo. Astaga seribet itu kah? Gara-gara top up via Shopee tapi saldo tidak update, bikin saya apes. Saat itu saya cek pesanan top up tanggal 11 September 2023. Pesanan top up e-money sudah tersedia tombol yang bisa diklik, di antaranya tombol pengembalian dana dan pesanan diterima. Saya klik tombol pengembalian dana dan sedang diproses, namun dana belum direfund.

Pagi ini tanggal 12 September 2023, saya cek dana top up e-money saya belum direfund juga. Saya sudah berkali-kali repeat chat CS Shopee hanya dijawab suruh tunggu. Saya minta eskalasi juga dijawab suruh tunggu entah sampai kapan.

To be honest, saya sudah capek komplain di Shopee, tidak ada progress. Saya harus repeat chat dan hard complaint setengah mati agar issue saya resolved. Sampai saya tulis di Media Konsumen pun dana saya belum direfund, hanya suruh tunggu.

Percuma level akun Shopee Platinum kalau dapat pelayanan yang slow response dan unsatisfied. Hati-hati belanja di Shopee, siap-siap effort buat complaint dengan energi lebih dan waktu karena pelayanan CS nothing on customer oriented.

Sulistiowati
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kapok Top Up E-Money di Shopee, Jika Ada Masalah CS Ribet, Dana Saya Belum Direfund Shopee

    • 13 September 2023 - (12:38 WIB)
      Permalink

      Saya gak punya rekening mandiri dan saat itu posisi di terminal Blok M transit mau top up via vending machine jauh dari halte saya tunggu Minitrans Jakarta. Saya googling info channel top up e-money bisa via marketplace dan di Shopee ada fitur top up e-money Mandiri, gak ada salahnya dong saya top up e-money di Shopee. Ternyata setelah bayar top up, tapi saldo gak masuk malah bikin jadi ribet, mau refund juga dipersulit.

      • 13 September 2023 - (15:48 WIB)
        Permalink

        setelah pembayaran saldo emoney nya di update ga ? kalo ga di update ya tetep ga nambah nominal nya , saya juga pengalaman top up emoney terus di update pas mau keluar parkir saldo malah ga cukup , ga tau nya memang harus top up e money , terus kalo berhubungans sama bank ya emang begitu ribet .

        • 14 September 2023 - (12:19 WIB)
          Permalink

          Diupdate dan saldo masih Rp 1.600,- hingga saya cek saldo berulang via HP yang udah support NFC tentunya, besoknya ke ATM Mandiri di KCP Bank Mandiri tapi malah tanpa sadar e-money saya ada retakan di tepian kartu, jadi rusak. Coba ketika setelah top up saldo e-money Mandiri saya masuk dan berhasil tap di Minitrans Jakarta, tentu gak ada drama seperti ini.

  • 13 September 2023 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Saya klo beli barang mahal dan topup emoney udah ga pake shopee, banyak banget kasus dan penanganan lelet ga selesai lagi, Paling klo belanja beli kancut aja udah itu pun cari murah, kan ga lucu klo sampe bermasalah cuma gara² kancut mahal 🤣

  • 13 September 2023 - (15:35 WIB)
    Permalink

    level member shopee tingkat platinum.
    sudah malas belanja di shopee.
    tp tetep order di shopee mau hemat karena ada koin shopee.

  • 13 September 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    pusing amat, uninstal …. emang marketplace cu.a shopee aje?
    lagian di shopee, barus hati2 klo belanja, banyak cebakan batmen…. kaya produk bor…. ada yg bor komplet, mata aja dll .. mabok gw belanja si sompret

    • 13 September 2023 - (16:47 WIB)
      Permalink

      Berarti level anda masih sekelas warung kelontong, itu saja mungkin utang. 😀 saya saja sebagai seller sering menemukan tipe seperti anda. Yg penting order, tdk pernah baca deskripsi, tidak baca pilihannya dll. Misalnya ada produk dengan judul seperti ini : JUAL BAN TUBELESS MATIC, nah terus harganya tertera hanya 10rb. Tapi dipilihan ada PENTIL, BAN 80 90, BAN 90 90. Nah harga 10rb itu untuk pentil, sedangkan harga ban pasti berbeda dan pasti tertera harganya. Tp orang spt anda yg dibeli PENTIL harga 10rb, Mumpung murah atau dikira diskon, anda kira itu ban dan ternyata PENTIL, dan itu memang jual pentil, yg dikirim juga pentil. 😀

        • 14 September 2023 - (06:42 WIB)
          Permalink

          Satu yg blm diketahui buyer, di ecomm itu seller dibatasin upload produk. Jadi cara menyiasatinya ya dgn bikin varian, salah satunya kalo jual produk yg bs dipreteli alias bs bagian2nya aja. Misalnya jual kompor gas, ntar bs pilih mau kompor lengkap, apa cm kompor aja, atau regulator aja, atau bahkan cm tatakan dan selang.

          • 14 September 2023 - (11:25 WIB)
            Permalink

            di shopee setau saya bisa sampai 2rb – 3rban produk.
            kebanyakan memang cuma buat ngakalin filter harga terendah saja.

      • 14 September 2023 - (12:59 WIB)
        Permalink

        Kalo sebagai seller yg jelas2 aja supaya tokonya amanah bagi konsumen ,kalo jual ban kasih harga ban.
        Kalo jual pentil kasih harga pentil.
        Kalo jual ban kasih harga pentil , itu gak masuk akal ,sama ja mengelabui pembeli,nnti yg datang pentil.

  • 14 September 2023 - (05:33 WIB)
    Permalink

    Mampu beli macbook harusnya punya akun bank bca, bri atau mandiri yg bisa top up emoney, ini mau cari untung 1000an karna promo top up akhirnya ribet sendiri, baru juga pengembalian tggl 11 berharap tgl 12 sudah di kembalikan, sedangkan uang selip di atm kadang bisa sampe 1 minggu. Ngak usah gembar gembor lebih baik uninstall saja, abis itu mudah2an ngk ada komplain lagi ke MK karna pake shopee. Sy rasa saat ini belum ada aplikasi jual beli yg sekuat shopee, toko ijo kalau di jkt mungkin banyak free ongkir tapi bagi luar pulau free ongkirnya masih shopee juaranya, jadi masih bergantung ke dia.

  • 14 September 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Haha statement anda sangat subjektif sekali, kalu saya beli macbook or barang pricey lainnya, saya wajib punya semua rekening bank ya. Jelas saya komplain dong saldo e-money saya gak update dan ajukan refund status masih diproses hingga harus saya repeat CS buat speedup baru ada progress refund rejected sedangkan saldo gak masuk. Lagian ini juga bukan kejadian pertama saya dirugikan, kejadian sebelumnya masalah pengiriman Macbook oleh kurir SPX Xpress jasa ekspedisi milik Shopee. Kalu saya gak effort repeat chat dan insist, keluhan saya gak akan dimaintain dan resolved immediately. Intinya, kalu anda sebagai buyer merasa masalah saya ini adalah wajar, thats your opinion but it doesnt your experience what i’ve been through. Anyway terima kasih atas sarannya tentang saya wajib punya semua rekening bank karena saya beli Macbook😂.

  • 14 September 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Baiknya dan hematnya setiap orang memiliki kartu uang elektronik sesuai rekening milik pribadi. Jika kamu punya rekening mandiri, pakailah emoney dan aktifkanlah segera mobile banking (Livin By Mandiri) nama aplikasi mandiri. Kalau punya rekening BRI, pakailah brizzi dan aktifkan Brimo. Begitu juga yang lain. Jika hp tidak memiliki fitur NFC setidaknya belilah cepat cepat agar biaya admin dihemat. Karena bisa saja kita transaksi top up 10kali dalam sebulan, jika biaya admin 1.500 dikali 10 maka hasilnya 15.000. Sudah menghemat 15.000 rupiah.

  • 14 September 2023 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Thanks for remind me. Actually saya punya 2 e-money dari Mandiri & BCA. Untuk e-money Mandiri saya dapat dari gift reward meski saya gak punya rekening bank ybs, it doesnt wrong to have this card. Untuk BCA sendiri saya punya rekening. Kondisi waktu itu saya ingin gunakan e-money Mandiri dan top up via Shopee, dari searching info Google jadi gak ada salahnya pakai fitur top up e-money via marketplace yang memang mereka sengaja provide fitur tsb. Kalau semua orang berfikir mendang mending punya rekening sesuai e-money yang dimiliki, nantinya marketplace gak bisa improve fiturnya lebih baik dong. Era digital ini orang bebas pake e-money tanpa harus punya rekening bank ybs, mangkanya marketplace provide fitur top up for easy way, hanya saja masih ada defect saldo gak update di kasus saya. Saya tulis di sini karena ini bukan kali pertama ada issue, yg pertama justru parah tapi saya tahan diri tidak blow up media.

  • 17 September 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi aplikasi shopee cuma buat beli bakso aci aja, lainnya pakai Toko ijo, udh bertahun-tahun nggk ada masalah termasuk topup emoney apasaja..

 Apa Komentar Anda mengenai top up di Shopee?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kapok Top Up E-Money di Shopee, Jika Ada Masalah CS Ribet, Dana Saya B…

oleh Miss dibaca dalam: 1 menit
17