Paket Isi Makanan Dikembalikan SiCepat dalam Keadaan Rusak Setelah 47 Hari, Laporan Ditutup Sepihak

Laporan Ditutup Karena Lewat Batas Komplain 14 Hari, Tidak Mau Memberikan Alasan Sebenarnya dan Tidak Tanggung Jawab.

Saya selaku pemilik toko online yang menjual bahan makanan setiap hari mengirimkan puluhan paket dengan layanan kurir SiCepat. Pada tanggal 22 Juni 2023, saya mengirimkan paket pesanan pembeli via Shopee dengan nomor resi: 004217586235 untuk tujuan Jakarta-Tangerang.

Pada tanggal 27 Juni 2023 menurut tracking di aplikasi Shopee dan website SiCepat, pengiriman gagal dilakukan dan paket akan dikembalikan namun tidak ada perkembangan untuk waktu yang sangat lama. Pada tanggal 18 Agustus 2023, kurir SiCepat datang mengembalikan paket retur dimana nomor resi dari paket tersebut tidak dapat terlihat dengan jelas diduga untuk menyulitkan proses investigasi langsung secara kasat mata.

Setelah saya proses membuka dan investigasi ternyata paket tersebut sudah bolong dan sobek hingga ke dalam seperti ada gigitan tikus, terlihat tertindih untuk waktu lama dan saya langsung inisiatif mengajukan komplain kepada kurir SiCepat via email resmi dalam waktu 15 menit setelah menerima paket tersebut.

Jawaban dari email yang saya terima pada tanggal 20 Agustus sungguh mengejutkan dimana CS SiCepat mengatakan bahwa paket tersebut sudah diterima saya pada tanggal 14 Agustus 2023 dan itu sudah melewati batas waktu komplain yaitu 2 hari dari dinyatakan diterima oleh seller menurut tracking resmi SiCepat. Saya langsung membantah dugaan tracking palsu tersebut dan menawarkan bukti CCTV di tempat namun CS SiCepat menolak untuk membuat laporan di awalnya.

Setelah berdebat, akhirnya pada tanggal 21 Agustus CS SiCepat membuatkan pelaporan dengan nomor W-1404210 dan saya diminta menunggu 3 hari. Setelah menunggu sekian lama dan menanyakan berulang kali perkembangannya, akhirnya CS SiCepat memberikan jawaban pada tanggal 4 September 2023 bahwa kurir tetap pada pendiriannya tidak bisa proses komplain karena melewati batas waktu dan telah menutup laporannya secara diam-diam.

Saya mempertanyakan terus kepada CS SiCepat apa hasil dari investigasi pelaporan mereka yang menjadi pertimbangan keputusan tersebut dan meminta bukti foto kurirnya yang mengembalikan paket agar kami dapat investigasi bersama kapan foto tersebut diambil namun CS SiCepat tidak bisa memberikan satu pun buktinya.

CS SiCepat pun diduga hanya melempar tanggung jawab kepada dugaan oknum gerai nakal dan menyampaikan bahwa mereka hanya dapat menjebatani peristiwa ini antara saya dan diduga oknum gerai nakal seolah perusahaan tidak memiliki tanggung jawab terhadap gerainya sendiri.

Setelah terus diminta penjelasan dan saya menolak terus untuk mengikuti dugaan tracking palsu tersebut, akhirnya CS SiCepat memberikan penjelasan teknis lanjutan pada tanggal 11 September 2023 bahwa penutupan laporan itu sudah berdasarkan SOP perhitungan batas komplain RTS berlaku yaitu 14 hari dari terhitung 27 Juni 2023.

CS tersebut juga membuat pernyataan yang berdasarkan kebohongan bahwa komplain baru masuk tanggal 4 September 2023 di mana sudah lewat jauh dari batas komplain.

Saya sebagai konsumen merasa sangat dirugikan dan dijebak oleh kurir SiCepat yang mengatakan batas waktu komplain adalah 14 hari dari SLA Pengiriman yaitu 27 Juni 2023 padahal paket saya baru dikembalikan 14 Agustus 2023 atau setelah 47 hari menurut resi di website resmi SiCepat itu sendiri walaupun tracking tersebut diduga palsu karena saya sendiri yang menerima paket tersebut tanggal 18 Agustus 2023 atau setelah 51 hari.

Setelah penjelasan tersebut, saya kerap menanyakan mengapa SiCepat menahan paket saya selama itu jika batas komplain adalah 14 hari dan sangat disayangkan setelah lebih dari 100 pesan email lanjutan yang ditukarkan. Seluruh CS SiCepat berpura-pura tidak pernah memberikan penjelasan mengenai SOP 14 hari tersebut dan terus memaksa saya untuk memberikan CCTV saya diduga untuk membuang tanggung jawab kepada gerai yang diduga memalsukan tracking. Padahal sudah saya sampaikan berulang kali bahwa bukti CCTV tidak ada kaitannya dengan paket saya ditahan selama 47 hari dan jelas di website resmi SiCepat sendiri paket saya dikembalikan setelah 47 hari jauh diluar batas waktu komplain.

Selama saya menggunakan layanan SiCepat, saya beberapa kali mengalami kendala seperti paket rusak walaupun packing sudah sangat maksimal, kurir SiCepat tidak pernah mau mengambil tanggung jawab dan selalu menyalahkan saya sebagai penjual packing tidak benar.

Peristiwa-peristiwa tersebut saya masih coba memahami walaupun berat tapi dugaan penipuan dengan modus seperti ini sudah sangat keterlaluan menurut saya. Bagaimana bisa penjual menebak paketnya sudah rusak atau belum jika paketnya masih ditahan oleh kurir dan bagaimana bisa penjual mengajukan komplain jika tracking diduga dipalsukan agar penjual tidak punya hak apa pun untuk mengajukan komplain.

Suraj Kaish
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Paket Isi Makanan Dikembalikan SiCepat dalam Keadaan Rusak Setelah 47 Hari, Laporan Ditutup Sepihak”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Suraj Kaish dengan judul “Laporan Ditutup Karena Lewat Batas Komplain 14 Hari, Tidak Mau...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Paket Isi Makanan Dikembalikan SiCepat dalam Keadaan Rusak Setelah 47 Hari, Laporan Ditutup Sepihak

    • 15 September 2023 - (15:14 WIB)
      Permalink

      Memang betul pak, sungguh tidak cocok namanya. Jarak dari Tangerang ke Jakarta dekat masa membutuhkan waktu 47 hari untuk kembalikan paket padahal sudah ditulis isinya makanan. Kita komplain pun, kurir tidak mau tanggung jawab sama sekali padahal jelas bukti nya. Setelah email hampir 100 kali, tidak ada satupun CS SiCepat yang bisa menjelaskan kenapa paket ditahan segitu lama nya karena sudah tau salah tapi merasa benar.

      • 16 September 2023 - (00:42 WIB)
        Permalink

        Mungkin kirim paket ya pakai keong x.. jadi butuh waktu yg lama.
        Klo di kirim pakai manusia dan menggunakan kendaraan ga mungkin selama itu.
        Coba tanya kak. Yg kerja ya masih orang semua bukan..?😅😅😅

        • 16 September 2023 - (01:04 WIB)
          Permalink

          Hehe ide bagus nih nanti coba saya mau tanya kak. CS nya pun seperti robot copas2 jawaban sebelumnya kirim bukti cctv, ditanya hampir 50 kali apa alasan dan hubungan dengan paket ditahan 47 hari tapi tidak ada satu pun yang bisa jawab.

      • 17 September 2023 - (10:03 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal yang sama kak. Paket saya hilang 2x dan yg hilang selalu paket yg mahal. Sudah lama juga tanggung jawab kurang selalu berbelit belit. Penggantian kehilangan juga sangat jauh dr harga produk. Sungguh sangat merugikan. Ini lewat ecomerse seandainya tdk juga pasti tdk ada tanggung jawab apapun

        • 18 September 2023 - (12:41 WIB)
          Permalink

          Iya kak saya juga beberapa kali hampir mengalami. Beberapa waktu yang lalu kirim paket isi minyak samin 17 botol senilai 3,5 juta ke Denpasar. Masa pembeli chat paket berubah dengan ajaib dari kardus besar menjadi paket kecil isi 1 botol dan kertas resi nya beda dengan saya punya. Beruntung saya punya bukti foto packing dan cctv, saya kirim ke marketplace dan hanya setelah itu kurir cabang denpasar nya chat ke pembeli info paket ketuker karena ada 2 paket dengan nomor resi sama. Padahal tidak masuk akal sama sekali isinya bisa sama juga. Ketika komplain ke CS juga terkesan hanya bela diri seolah yang penting sudah dikirim 17 botol nya dan mengabaikan peristiwa awal nya.

    • 15 September 2023 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Memang betul kak, sungguh tidak cocok namanya sicepat. Jarak dari Tangerang ke Jakarta dekat masa membutuhkan waktu 47 hari untuk kembalikan paket padahal sudah ditulis isinya makanan. Kita komplain pun, kurir tidak mau tanggung jawab sama sekali padahal jelas bukti nya resi di website sendiri. Setelah email hampir 100 kali, tidak ada satupun CS SiCepat yang bisa menjelaskan kenapa paket ditahan segitu lama nya karena sudah tau salah tapi merasa benar. Malah admin CS nya hanya terkesan copy paste jawaban sebelumnya demi menghindari pertanyaan dan keluhan sebenarnya.

    • 16 September 2023 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Pengalaman juga pake sicepat,, 1 provinsi bisa 3 hari..
      Padahal kalo pake jnt order sore malam udah masuk sortir, 5 pagi dah sampe kantor jnt tujuan 12 siang sudah sampe tangan…

      Kecamatan tempat saya sicepat udah tutup,, karna sepi paketnya,,

      • 16 September 2023 - (14:48 WIB)
        Permalink

        Iya sudah keterlaluan lama nya terus merasa benar saja sesuai SOP, sedih banget lihat nya.

  • 15 September 2023 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin dengan pelayanan yang kurang baik seperti ini. Semoga jadi introspeksi untuk kedepannya. Dan terutama jasa kurir tsb tanggung jawab jika terjadi hal yang tidak meng enakkan

    • 15 September 2023 - (22:38 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Kak, iya sudah saatnya kurir introspeksi dan belajar ambil tanggung jawab jangan selalu cuci tangan. Semoga pimpinan nya membaca dan melakukan perbaikan terutama layanan CS yang seperti ini tidak mau menjawab pertanyaan sederhana berulang kali dan malah mengalihkan permasalahaan.

  • 15 September 2023 - (23:13 WIB)
    Permalink

    memang begitu scpt kalo alamat susah dicari/pedalaman gak mau antar lbh baik retur mungkin tinggal dikit kurirnya

    • 15 September 2023 - (23:29 WIB)
      Permalink

      Retur sih ga masalah kak tapi kalo retur setelah 47 hari padahal jarak cuman dari Tengerang (masih Jabodetabek) kan parah. Mau komplain juga tidak diterima karena alasan-alasan diatas yang tidak masuk akal.

    • 16 September 2023 - (01:06 WIB)
      Permalink

      Parah memang, sudah jelas salah juga masih merasa benar. Gimana penjual bisa ajukan komplain dalam 14 hari kalo paket dikembalikan setelah 47 hari kan tidak masuk akal.

  • 16 September 2023 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Ternyata issue umum klo siCepat jadi siLambat atau siRibet…. barang saya pun gak sampai /return dg alasan tidak jelas.. padahal alamat jelas /kurir sebelah slalu sampai tujuan.. gak prnah nelpon atau wa untuk konfirmasi alamat… kantor saya pun dekat dg kantr SiLambat…
    Jangan pakai si lambat lagi…

  • 16 September 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Iya kak ini juga gagal pengiriman tanpa alasan jelas, dikebalikan setelah 47 hari ditanya alasan kenapa selama itu tidak mau jawab sama sekali cs nya. Diminta tanggung jawab kerusakan karena terjadi di tangan mereka juga tidak mau sama sekali malah merasa benar sudah sesuai SOP. Sungguh aneh CS perusahaan besar perilaku nya begini.

  • 16 September 2023 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Astagaa kasusnya sama dgn saya kak.paketnya di kembalikan katanya ad yg rembes dari dalam,lucunya si kurir yg unboxing itu paket,,atas dasar apa main unboking paket orang.kalo emang mau di return tinggal di balikin aja ke saya.audah chat,tlpn,email jawabannya lucu,produk saya tidak bisa di ganti karena pengemasan tidak sesuai dgn prosedur.langaung saya jawab,saya tidak butuh di ganti,saya butuh barang saya balik apapun kondisinya.mau busuk,mau petok,rusak,rembes bodo amat yg pnting barang saya balik.mau bkin rugi kita sebagai seller kok tangung tangung amat,harusnya kalo mau return biarin aja si penerima menerima dulu,baru di unboxing oleh penerima..kalo sampai barang saya tidak balik,,udahlah mending putus mitra

    • 16 September 2023 - (23:49 WIB)
      Permalink

      Sama kak saya juga beberapa kali kejadian begitu. Kirim paket isi tepung 10, kurir chat ke pembeli ada indikasi rusak sedikit bubuk keluar dari paket dan sebaiknya jangan diterima saja, pembeli ajukan komplain uang kembali dan paket saya disimpan begitu aja. Sampe harus berantem sama admin shopee dan akhirnya setelah mereka yang tekankan ke kurir baru dikembalikan. Ternyata ketika dibuka 1 bungkus bocor halus banget dan 9 nya aman saja tapi kok mereka ambil keputusan untuk seolah tidak mungkin dikembalikan karena rusak. Paket kalo rusak beneran juga selalu alasan klasik “penjual salah paking” dan ada aturan packing siluman baru yang muncul lah seperti harus ketebalan bubble segini atau kardus harus tebal segini hahaha capek deh…

  • 18 September 2023 - (20:03 WIB)
    Permalink

    Masih ada ya ka yg pake sicepat? Di tempat saya udah 2 gerainya tutup.. Dulu langganan saya sekarang saya offkan semua di semua akun marketplace sya, kebijakan nya jg tdk adil soalnya..

    • 18 September 2023 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Masih nih kak hehe tapi mungkin tidak untuk lama lagi setelah melihat pelayanan nya kaya begini…

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspress?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Paket Isi Makanan Dikembalikan SiCepat dalam Keadaan Rusak Setelah 47 …

oleh S dibaca dalam: 3 menit
22