Tokopedia Membatalkan Cashback

Salam untuk semua. Saya melakukan transaksi di Tokopedia, lebih tepatnya di toko “TRIV Exchange,” dengan menggunakan voucher toko yang tersedia. Namun setelah sampai dan melakukan konfirmasi pesanan, ternyata cashback dibatalkan oleh Tokopedia dengan alasan “S&K Tokopedia poin M nomor 12,” yaitu:

“Setiap promo Tokopedia tidak berlaku untuk pembelian logam mulia batangan, voucher belanja, voucher internet, voucher pulsa, paket data, dan minuman beralkohol.”

Seharusnya jika produk tersebut tidak sesuai dengan S&K, maka voucher tidak akan bisa digunakan. Namun nyatanya voucher itu bisa digunakan. Voucher tersebut adalah voucher toko, yang berarti voucher tersebut memang diperuntukkan untuk toko tersebut. Namun Tokopedia langsung membatalkan cashback-nya. Ini jadi seperti Tokopedia membuat jebakan.

Oh iya, satu lagi, saya hanya menggunakan satu akun dan tidak pernah membuat akun lain yang dapat melanggar aturan fraud.

Teddi Priyatna
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Tokopedia Membatalkan Cashback

  • 26 September 2023 - (11:35 WIB)
    Permalink

    kali ini tokopedia yg benar.
    waktu pendaftaran akun tokopedia dibaca dulu syarat ketentuannya. anda mendaftar artinya anda setuju dengan segala peraturan yg dibuat oleh tokopedia. Sudah jelas2 ada kategori voucher dll ga dapet cashback, masih berkelit dan memaksa utk mendapatkannya. Padahal setiap pemakaian voucher, pasti ada kata2 potensi cashback senilai Rp ****, arti dari kata potensi itu adalah peluang, bisa ya bisa juga tidak. mungkin, bisa mungkin bisa juga tidak.

    5
    2
    • 26 September 2023 - (13:51 WIB)
      Permalink

      iya bro saya paham, setelah saya tanya seller , seller bilang yg membuat voucher tersebut adalah tokopedia..lalu untuk apa tokopedia membuat voucher toko khusus untuk toko tersebut? saat pembuatan voucher tersebut seharusnya tokopedia tau dong klo toko itu toko apa? apa maksud mereka membuat voucher yg bertentangan dengan peraturan mereka sendiri?

      • 26 September 2023 - (14:23 WIB)
        Permalink

        sama, cashback saya juga g cair padahal cashback dari toko
        ada yang tau kontak tokopedia? chat k customer service percuma soalnya jawab kayak robot terus

      • 26 September 2023 - (16:27 WIB)
        Permalink

        saya kurang tau, tapi barangkali “kripto” yang dimaksud dalam pembelian termasuk ke salah satu kategori voucher atau logam mulia.

      • 27 September 2023 - (04:30 WIB)
        Permalink

        sekarang toped agak beda sistem tebar cb nya. kalo dulu langsung dipublish di semua akun user. sekarang diinject langsung di toko2. mungkin yang kategorinya pm atau pm pro. rata2 sih 2%. tapi keknya pernah liat juga yang 3%. yg diinject toped sudah pasti mengacu ke s&k mereka. ya kalau dibatalkan berarti memang algoritmanya pas2an kena.

        trus di panel2 seller ada juga voucher toko. terserah mereka mau brp% toh mereka yang tanggung bukan toped. tapi yang jelas, mengarah cb2 yang ada didorong ke seller untuk memberikan. toped hanya memberi seadanya. mungkin ke depan malah ga ada cb sama sekali dari toped kecuali waktu tertentu demi profitabilitas.

  • 26 September 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Seperti biasa jago komplain tapi ga pernah baca..search aja d mk uda banyaj kasus seperti penulis..

    1
    5
  • 26 September 2023 - (14:04 WIB)
    Permalink

    dah tau salah masih komplen baru belanja ditoped kah ?
    yg blanja barang aja kadang cb gak cair

    1
    2
  • 26 September 2023 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Saya juga ada pengalaman sih cashback di batalkan sepihak tokped , seharusnya sistem informasi cashback ditokped lebih profesional dan informatif. Karena terkadang saat akan checkout muncul akan dapat cashback sekian dan sekian, setelah transaksi selesai baru di batalkan cashback dengan alasan ini dan itu ( yang tidak di informasikan diawal). Terkadang saya beli di tokped ya karena ada promo cashback nya, kalau ga ada ya checkout tempat lain. Sekarang saya lebih pilih belanja2 barang agak mahal di shoope / tiktok shop sih karena belum ada pengalaman buruk merasa dibohongi diskon atau cb nya. Tokped khusus transaksi barang2 preloved atau menangan lelang aja. Sebagai penjual pun saya kalau jualan lewat tokped , karena ada asuransi nya. Jadi ada plus minus nya, kekurangan tokped ya itu aja sih, informasi cashback tidak informatif dan cenderung bermain aman dengan kata2 potensi (emang fraud ga bisa di deteksi dini? Toh waktu co udah jelas info pembayaran dan alamatnya)

  • 26 September 2023 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Salah itu diatas kalo ngomong karena kategori produk tidak masuk barang yg bisa di cashback. Jelas itu di email dibatalkan karena kesamaan data. Saya pernah soalnya mengalami kejadian persis begini, dibatalkan krn dianggap melanggar aturan yg sama spt dialamin penulis. Setelah saya chat CS sy minta siapa yg dimaksud dengan pengguna lain dengan data saya.. ternyata itu akun istri saya. Anehnya, knp cashback2 sebelumnya tidak ada yg dibatalkan jika memang alasannya kesamaan data. Dulu sih saya pasrah dan bodoamat aja sama pembatalan itu.. syukur2 kalo surat pembaca ini bisa jadi sarana penjelasan dari pihak ecomm perihal pasal kesamaan data tsb

  • 26 September 2023 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Pertama klo logam mulia setahu saya tidak bisa pakai voucher cashback
    Kedua kemungkinan seller jual bermacam-macam kategori, namanya voucher toko bukan voucher kategori jadi tidak bisa otomatis.

    • 27 September 2023 - (00:18 WIB)
      Permalink

      Setuju dengan pendapat @Adi. Saya lihat di toko Triv Exchange selain menjual gift card dan voucher juga menjual kaos. Saya pikir kupon toko hanya berlaku untuk belanja kaos, sedangkan gift card dan voucher masuk dalam kategori voucher belanja (atau voucher internet) yang tidak masuk kategori potensi cashback.

    • 27 September 2023 - (05:47 WIB)
      Permalink

      gk tau bang, saya gk ngerti sama sistem toped ini, saya pernah lihat voucher toko klo gk salah antara toko lakuemas atau treasury gitu, karena isinya emas atau logam mulia akhirnya voucher toko tersebut tidak bisa dipakai, sedangkan di triv ini benar2 bisa dipakai, yg berarti vouchernya pun bisa mendeteksi kategori.

      1
      3

 Apa Komentar Anda mengenai Cashback Tokopedia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Membatalkan Cashback

oleh Teddi dibaca dalam: 1 menit
13