Tokopedia dan Kurir Rekomendasi SAP Express, Sistem Anda Berdua Benar-benar Kacau!

Sebagai seller, saya ingin menyampaikan unek-unek mengenai sistem pemilihan kurir Rekomendasi Tokopedia. Saya mendapatkan order dengan kurir yang agak asing, yaitu SAPX. Setelah googling, akhirnya baru tahu ada kurir yang kerja sama dengan Tokopedia dengan nama SAP Express. Ternyata banyak seller yang tidak tahu ada kurir SAPX ini di jasa pengiriman Tokopedia (ada yang bertanya juga di fan page official keluarga Tokopedia).

Untuk yang belum tahu, kurir rekomendasi Tokopedia ini sifatnya random (SiCepat, JNE, Lion Parcel, SAP Express, dan ID Express). Sistem dari Tokopedia yang menentukan kurir yang mana yang akan didapatkan nanti. Ternyata hal ini menimbulkan masalah baru bagi saya dan bagi beberapa seller (yang saya baca pengalamannya di fan page Tokopedia).

Pesanan saya yang masuk dan sudah di-request pick up dari tanggal 03 Oktober 2023, tetapi sampai tanggal 6 Oktober 2023 tidak kunjung di-pick up juga. Status hanya “Kurir Rian**** Sa****** dalam perjalanan untuk mengambil pesanan dari penjual”. Kenyataannya tidak pernah ada satu orang pun dari SAP Express yang datang untuk pick up paket ke alamat saya, bahkan sampai saya tulis artikel ini ke Media Konsumen.

Hingga akhirnya saya mendapatkan notifikasi bahwa pesanan saya berpotensi untuk dibatalkan oleh sistem karena tidak kunjung juga di pick-up.

Saya pun menghubungi Tokopedia Care untuk menanyakan, bagaimana kelanjutan proses ini. Karena sudah dapat notifikasi akan dibatalkan oleh sistem, padahal ini kesalahan dari pihak ekspedisi yang tidak datang menjemput. Pihak Tokopedia Care meminta saya untuk menunggu, dimaksimalkan ke pihak jasa pengiriman dan memberikan saya saran untuk melakukan drop off paket ke gerai terdekat.

Saya pun inisiatif datang ke alamat gerai yang diinfokan oleh tim Tokopedia Care. Jarak yang tempuh itu tidaklah dekat kurang lebih sekitar total 10 Km untuk sampai ke kedua alamat gerai tersebut. Tidak ditemukan adanya gerai SAP Express. Bahkan sempat tanya-tanya ke orang lingkungan sekitar dibilang sudah gak ada buka lagi SAP Express. Inisiatif googling cara lagi gerai SAP Express untuk survey lokasi dulu, karena saya jalannya sudah malam supaya besok bisa drop off ternyata sama aja zonk. Tanya ke lingkungan sekitar juga bilang SAP Express-nya sudah ga ada.

Selain menunggu kontak Tokopedia Care, saya pun juga menghubungi Customer Service SAP Express via WhatsApp. Dari chat awal hanya bilang akan di-push ke cabang. Namun setelah ditunggu, tidak ada follow up, chat baru direspons besoknya pukul 13.21.

Kontak Tokopedia Care sudah, kontak Call Center SAP Express sudah, akhirnya googling dan dapat alamat Kantor Pusat Operasional SAP Express di Halim yang jaraknya 20 Km dari alamat saya. Karena saya sudah cape cobain datengin alamat-alamat gerai yang ada di Google, akhirnya memutuskan untuk drop off paket ke sana daripada nanti disamperin zonk lagi.

Drop off sudah sesuai arahan dari Tokopedia Care, ternyata permasalahan tidak selesai sampai di sini. Karena apa? Sudah jauh-jauh drop off paket, tapi status pengiriman tidak berubah di Tokopedia. Saya kontak Tokopedia Care disuruh menunggu update 1×24 jam untuk informasi kelanjutannya. Ini apakah sistem Anda tidak terintegrasi atau gimana? Ini saya drop di Kantor Pusat Operasional-nya loh.

Apakah pihak Tokopedia tidak melakukan studi kasus terlebih dahulu untuk perubahan sistem yang Anda buat dengan menambah kurir-kurir yang ada di Kurir Rekomendasi Tokopedia? Karena selama ini saya tidak pernah mendapatkan SAP Express hanya dapat SiCepat & JNE saja.

Melalui Media Konsumen ini saya ingin menyampaikan unek-unek saya kepada ke dua belah pihak ini. Semoga dapat menjadi pertimbangan dan masukan.

Untuk Tokopedia:

  • Dengan kebijakan kurir rekomendasi Anda, apakah Anda sudah melakukan studi kasus mengenai persebaran gerai drop off dari pihak kurir yang bekerja sama dengan Anda? Seperti kasus ini di mana saya harus drop off ke gerainya yang kurang lebih 20 Km sekali jalan dari rumah saya hanya untuk drop off. Karena kebanyakan gerai drop off yang ada di sekitar alamat saya sudah tidak ada lagi. Bagaimana dengan seller lain yang di pedalaman yang tidak banyak opsi kurir?
  • Sinkronisasi sistem Anda dengan pihak jasa pengiriman tidak automated kah? Saya sudah drop off paket ke gerai sesuai arahan, ternyata tidak otomatis berubah di status di Tokopedia (tidak seperti JNE/SiCepat, begitu diinput langsung berubah). SAPX bukti penerimaan masih di tulis tangan.
  • Tokopedia memberlakukan kebijakan baru untuk request pickup minimum 50 transaksi selama 30 hari terakhir, bagi yang tidak memenuhi syarat harus drop off di gerai. Dengan sistem kurir yang random ini, apakah sudah ada studi kasus seperti kejadian saya di mana tidak banyak gerai-gerai drop off untuk kurir yang dipilih random oleh sistem Tokopedia? Dan harus mengantarkan jaraknya yang tidaklah dekat dan sangat jauh.
  • Kami sebagai seller yang menanggung Gratis Ongkir pembeli yang tergabung dalam program gratis ongkir (walau hanya dibebankan beberapa persen saja di luar biaya fee, power merchant dll), setidaknya mohon jangan menyulitkan kami para seller yang berjualan di Tokopedia. Bayangkan bila seller yang menjual barang-barang dengan volume besar, jumlah orderannya banyak dan hanya bisa antar pakai motor karena tidak ada mobil, dan harus bolak balik antar ke gerai.
  • Mohon perbaharui SOP kerja sama Anda dengan pihak ekspedisi yang bekerja sama dengan Tokopedia. Seperti yang bisa request pickup mohon disertakan nomor kurirnya. Sehingga jika kami sudah request pick-up mendadak ada urusan urgent bisa menginfokan ke kurirnya, atau jika tidak datang-datang kami bisa follow up. Kami sering kali simpan no kurir ternyata nanti yang jemput beda orang, karena kurirnya yang lama sudah resign / yang pickup dari gerai lain karena gerai yang biasa pickup sudah tutup.
  • Tindakan apa yang akan dilakukan dengan kurir-kurir yang sering melakukan update status palsu “Sedang menjemput paket”, tapi kurirnya datang aja enggak. “Paket belum siap dipickup”, padahal kurirnya datang aja enggak, info enggak asal masukin foto aja. Atau mungkin bisa mengubah kebijakan, jika 1×24 jam tidak kunjung di pick-up dan tidak ada gerai drop off terdekat bisa otomatis ganti kurir tanpa dibebankan selisih ongkir. Lapor ke Tokopedia Care atau ke CS ekspedisi tidak membantu seperti kasus saya ini sudah 3 hari loh tidak ada perkembangan. Apakah Anda tidak memperhitungkan kecepatan pemrosesan barang dari seller sampai ke buyer?
  • Lamanya proses dan kendala pengiriman seperti ini sering kali menjadi pengalaman yang tidak baik antara seller ke buyer, ataupun seller dan buyer dengan Platform Tokopedia.
  • Potensi pesanan dibatalkan karena tidak kunjung di-pick-up sungguh aneh. Kenapa tidak membuat sistem yang lebih ringkas? 1×24 jam tidak di pick-up seller bisa mengubah kurir ke ekspedisi lain. Kesalahan bukan ada di pihak seller loh, tapi ada di pihak jasa ekspedisi yang bekerja sama dan yang dipilih oleh pembeli atau oleh sistem Tokopedia (dalam opsi kurir rekomendasi).
  • Di beberapa keluhan seller lain saya membaca seller yang sudah menonaktifkan kurir rekomendasi sering kali tiba-tiba kurir rekomendasinya aktif sendiri. Bahkan ada seller yang tidak mengaktifkan kurir rekomendasi, tapi masih mendapatkan kurir rekomendasi. Sistem ini perlu sekali diperbaiki. Terkesan memaksakan seller untuk tetap memakai kurir rekomendasi padahal sudah di non-aktifkan.

Mohon kaji ulang kebijakan Anda sehingga memberikan kemudahan kepada Seller dan Buyer.

Untuk SAP Express:

  • Kurir Anda sama sekali tidak menunjukkan batang hidungnya. Kurir Anda tidak profesional dalam bekerja membuang waktu orang-orang, mengapa tidak dialihkan ke kurir lain?
  • CS WhatsApp Anda tidak profesional, tidak ada follow up. Sudah berhari-hari tidak ada pickup. Chat dibalasnya lama sekali.
  • Mohon take down alamat-alamat gerai yang ada di google yang memang sudah tidak bekerja sama dengan SAP Express. Jika ingin pasang alamat gerai setidaknya sertakan no telepon gerainya yang aktif. Ini nomor yang terdaftar di Google address dihubungi tidak bisa, disamperin tidak ada gerainya.
  • Dengan pengalaman ini saya mendapatkan kesan yang tidak menyenangkan dengan jasa Anda. Dan saya sudah pasti blokir jasa Anda untuk tidak dipakai lagi.

Ratna Dewi
Bekasi Utara, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Tokopedia dan Kurir Rekomendasi SAP Express, Sistem Anda Berdua Benar-benar Kacau!

  • 7 Oktober 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Kurir rekomendasi Tokopedia memang aneh, sebelumnya saya tidak pernah mendapatkan ekspedisi ID Express pada Toko saya, tiba² ada orderan masuk dengan menggunakan kurir rekomendasi ID Express, sudah saya request pick up hingga 2 hari tidak ada yang pick up dari kurir tsb. Akhirnya saya komplain ke cs tokped untuk merubah kurir pengiriman karena udh terlanjur kesal menunggu tapi tidak di pick up juga, khawatir pembeli merasa kesal lama menunggu yang berakibat pemberian rating yg kurang baik bagi toko kita, padahal yg salah disini kurir rekomendasi pilihan Tokopedia.

    • 7 Oktober 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      nah ini kak yang harusnya jadi pembahasan toped. Apalagi ada peraturan baru kan yang dibawah 50 orderan dalam sebulan ga bisa request pickup. Yang bisa pickup aja ga dateng-dateng. Giliran mau drop off point, drop off poinnya jauh2. Semoga bisa jadi pertimbangan toped juga ya

  • 7 Oktober 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Kalau aku kurir rekomendasi nggak tak centang si. Centang kurir opsional aja yang bisa. Kan ada JNE, sicepat sama J&T. Dia masih bisa dapet free ongkir. Selain itu dak tak centang, jauh” tempatnya soalnya. Jadi lebih enak. Itu saranku si, biar gak dapet orderan kurir random

  • 8 Oktober 2023 - (07:08 WIB)
    Permalink

    Menurut saya gak semua yang salah kan kurir SAPX kenapa karena dari SDM nya kurang dan kurir juga sambil deliv paket,toko pedia dan jasa SAPX baru-baru kerja sama jdi pasti ada kekurangan yang lebih membuat seller kesel mukin kedepan nya akan lebih baik.
    Masyarakat ada yang tau dan ada yg gak tau logistik SAPX ini bawah logistik ini tidak seperti logistik yang sudah punya nama besar jadi kalangan masyarakat tau nya seperti JNE,LAZADA dan J&T dll

    • 8 Oktober 2023 - (08:46 WIB)
      Permalink

      kan saya juga ga menyalahkan ke semua kurir SAPX kak, cuma kalo liat dari kasus saya kan kurirnya statusnya menjemput tapi ga dateng2. Makanya di MK ini saya berharap kan jadi evaluasi buat SAPX dan tokopedia. Terlebih tokopedia ga ada sosialiasi penambahan kurir SAPX dan ID express ke kurir rekomendasi. Coba dibaca baik2 dah tulisan diatas

  • 9 Oktober 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih kepada SAP express yang sudah mengirim tim langsung dengan Pak Danang & Mas Fadil selaku penanggung jawab SAP Express sudah datang menemui saya , dan Pak Galih selaku Regional Area Manager menjapri saya. Mendengarkan keluhan dan masukan saya sebagai salah satu pengguna baru SAP express yang memfollow up permasalahan ini.

    Namun masih menunggu dari Tim Tokopedia untuk menanggapi keluhan terkait. Terima Kasih

  • 13 Oktober 2023 - (20:28 WIB)
    Permalink

    tokped emg tambah merosot tambah bobrok , pakai kurrir jne yes harusnya sehari sampe tapi 2 hari baru sampai , padahal ada gratis ongkir saya pake yang jne yes, sehari biar cpt sampai barangnya cpt dipakai , malah telat , tidak ada pengembalian uang pengiriman telat skrg , jadi kurrier seenaknya sndiri , bobrok bgt .

  • 15 Oktober 2023 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Jadi snagat Khawatir saya akan Hal ini. Karena saya dapet kurir SAP Express, kurir rekomendasi tokopedia. Malahan di jam luar kerja lagi, bisa saja ini menjadi alasan mereka atas keterlambatan pesanan. SDH DI REQUEST Pick Up Kurir jam 4 sore hari sabtu 14 Oktober 2023. Mudah2 besok minggu bisa di pick up Dan paling tidak minimal pagi2 sdh di pick up

    • 16 Oktober 2023 - (11:22 WIB)
      Permalink

      kejer terus gan, kalo perlu chat ke customer servicenya. Kalo di tempatku emang kurirnya yang males ga pickup2 paket ternyata. Sampe di trace oleh pihak SAP nya sendiri kalau memang kurirnya yang tidak jalan / datang ke alamat saya.

  • 5 November 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Ini ekspedisi paling lucu. Barang saya dikirim ke alamat berbeda, ditandai penerima bernama Doni. Saya sampai datangi alamat yang salah tersebut, gak ada yang namanya Doni. Ini Doni siapa Doni, Doni Salmanan kah hahaha. Tokopedia harus lebih baik dalam memilih partner, jangan sampai user base setianya akhirnya churn ke platform lain karena hal kaya gini. Sangat merugikan sekali.

  • 21 November 2023 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai buyer juga sangat kecewa dengan kurir rekomendasi Tokopedia spt ID Express dan SAPX, status shipping sering tidak bergerak di satu tempat sampai 2 hari, sayangnya Tokopedia hanya memberikan kesempatan kepada buyer untuk menilai seller, sehingga bila kelambatan terjadi, terpaksa buyer memberi nilai rendah kepada seller, padahal sangat dipastikan yg salah kurir, jadi sangat tidak adil system yg diterapkan Tokopedia, disamping itu Tokopedia hanya menyediakan komunikasi (chatting dan diskusi) antara buyer dan seller, seharusnya disediakan juga komunikasi antara buyer dan kurir. Ayo Tokopedia kalau mau maju perbaiki system kerjanya, btw media ini dibaca gak ya sama Tokopedia dan kurir???

  • 5 Desember 2023 - (16:56 WIB)
    Permalink

    B*ngke memang tokopedia MEMAKSA seller mengaktifkan kurir rekomendasi. di saya padahal tidak tercentang tapi selalu dapat kurir rekomendasi.

    awal awal masih mending dapat yang drop off JNE, lalu diantar oleh kurir lain.

    BARUSAN Per hari ini 05 desember, mulai dapet aneh aneh paket di pick up ID EXPRESS. kurir pick up nya juga tidak pernah nongol. alhasil kita harus drop sendiri lagi ke gerai ID Express.

    bagian programming nya kaya memaksa implementasi kebijakan baru yang belum matang.

    benar benar 1 kata = B*ngke

  • 6 Desember 2023 - (13:57 WIB)
    Permalink

    per tanggal 5 Desember walau tidak mengaktifkan kurir rekomendasi, dipaksa aktif… dicari2 ga nemu cara non aktifkan nya… di chat ke tokped care, mnrt mereka tidak bs ubah klo nyalain bebas ongkir, akan otomatis dapat kurir rekomendasi.. dan sampai tulisan ini di ketik tidak kunjung datang itu kurir pickup.. rekomendasi bapak kau

    • 6 Desember 2023 - (14:54 WIB)
      Permalink

      emang gitu. sudah sy kontak CS, kata CS walaupun gk kita aktifkan kurir rekomendasi, tapi kalau kita aktifkan “bebas ongkir” itu si kurir rekomendasi nya dapat.

      kalau begitu buat apa ada fitur centang kurir rekomendasi, kalau pada ujung ujung nya tetap “dipaksa” pakai kurir rekomendasi.

      bener bener implementasi kebijakan yang belom matang.
      tim Programming nya faktap

  • 7 Desember 2023 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Sama nih, terjadi juga dengan saya. Udah 3 hari statusnya begitu. Semoga Tokopedia bisa melepas ekspedisi abal-abal seperti ini.

  • 17 Desember 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Kejadian juga sama saya, saya sebagai pembeli, ini kurir aneh, gonta ganti kurir, tapi barang ga sampe2, udah 4 harian, nyesel pake tokopedia plus sekarang, biasa dikasih anteraja sehari sampe, atau sicepat, kedepannya males perpanjang tokopedia plus lagi..

  • 21 Desember 2023 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Astagaaaa, saya beli susu baby cat dapet sap xpress, dah 2 hari gak maju2. Mana ni bayi2 tanpa induk dibuang kerumah saya. Biasanya beli ditoko oren pake free ongkir dapet spx sehari sampe secara masih 1 kota. Pengalaman buruk banget belanja di tokped pake sap xpress. Moga auto cancel ajadeh ni, dana balik buat beli ditoko lain. Kapok.

  • 24 Desember 2023 - (17:22 WIB)
    Permalink

    saya juga sangat kesal dengan SAP dan ID Express, tingkat kelalaian nya sekitar 50% !!
    pernah kejadian juga kurir memberikan status delivered tanpa saya menerima barang, dan tokopedia tetap lebih percaya ke si kurir bobrok !!! ***** !!

  • 29 Desember 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Hallo, mau tanya saya sbg penjual di toped. Di resinya ada keterangan di pick up oleh: ID EXPRESS, diantar oleh: JNE. Maksudnya bagaimana ya ada yg tau ga?

    • 29 Desember 2023 - (14:24 WIB)
      Permalink

      itu kurir rekomendasi, nanti yang pickup si IDexpress, di tengah jalan di oper ke JNE buat pengantaran ke konsumen. Kurir rekomendasi emang gt kak

  • 31 Januari 2024 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Wah emang jelek dan buruk ya, kejadian bulan lalu didesember aturannya tanggal 15 sampai, tapi mundur sampai tanggal berapa lupa, status pesanan infonya sudah sampai diterima oleh RIFAL, tapi dalam 1 rumah ga pernah ada yang nerima paketnya, sampe saat ini sih sudah close case dan barang dinyatakan hilang, dan untuk CS tokopedia nya ini tergolong lambat menolong dan merespon keluhan user, saya tau kok barang yang ssaya order itu murah, tapi saya butuh barang itu, karna di kota saya susah cari. SAPX dari awal penjemputan barang sampai barang di kirim ke kota saya, lalu berpindah ke Lion Parcel, buat temen2 kurir, jangan malas kerja..

  • 6 Februari 2024 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Kurir SAPX ini memang paling tidak jelas, saya sebagai pembeli selalu was was kalau dikasih kurir random seperti ini. Tanggal 2 Feb saya pesan barang dari penjual lokasinya satu kota Bogor, masa paket dibawa muter-muter dulu ke Tangerang Selatan, terus ke Jakarta, baru sampai ke Bogor lagi per tanggal 6. Transaksi sudah masuk hampir hari ke-5 pengiriman, padahal saya butuh barangnya dan ini sesama kota loh. Estimasi pengiriman juga diubah sendiri sama sistem Tokopedia, estimasi awal tanggal 3-5, jadi tanggal 4-8. Mau komplain ke sistem pun tidak bisa karena estimasi diubah, mau komplain ke penjual juga kurang tepat karena yang busuk kurirnya. Padahal saya sudah langganan Plus 6 bulan, tapi tidak ada jaminan kepuasan tepat waktu atau kompensasi, tidak niat betul Tokopedia pilih partner. Di toko oren masih mending, walau saya hanya pakai vocer gratisan masih ada opsi ganti kurir 1x. Makin malas kalau begini belanja di Tokopedia. Saya juga sebagai seller punya 3 toko (2 golden, 1 silver) di Tokopedia dan sudah jualan dari tahun 2016. Makin kesini semakin diskriminatif sistem Tokopedia sama penjual, ada batas minimal order per bulan kalau mau pick up rekomendasi. Tapi ketiga toko saya nonaktifkan saja kurir rekomendasi karena sistemnya kacau seperti ini. Pernah saya tunggu 3 hari kurir tidak kunjung pick up, alhasil harus drop off sendiri, bikin pembeli dan penjual kesal aja, payah.

  • 28 Februari 2024 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya sebagai seller, saya sangat merasa dirugikan oleh SAP Express ini. Sampai saat ini pun toko kami sering mendapat komplain paket tidak sampai. Padahal status paket sudah sampai tujuan/diterima. Lalu pintarnya SAP Express ini mencantumkan nama penerima paket nya random. Misal nama pemesan “Aulia”, nah di status pesanan diterima ini mereka cantumkan nama penerima “Bowo”. Jadi customer kami banyak yg komplain, kenapa seperti itu? Lalu saat masalah sudah ditangani oleh tokopedia untuk investigasi pun, ujung2nya status paket direturn ke seller. Padahal kami tidak pernah sama sekali terima return. Jadi SAP Express ini sering membuat status pesanan palsu dan hal ini lolos dari Tokopedia sehingga tidak ter detect bahwa pernyataan tsb palsu. Sehingga solusi yg diberikan Tokopedia adalah “hanya” refund dana ke pembeli. Kami sebagai seller sudah tidak mendapat dana, barang yg kami kirim pun hilang. Saat ditanya langsung ke kontak SAP Express di daerah kami, tidak ada respon sama sekali. Begitu pun pihak tokopedia saat kami minta bukti retur dari jasa kirim, tidak bisa menjawab. Hal ini tidak terjadi satu kali saja, namun berulang kali. Kami sangat dirugikan oleh SAP express. Semoga Tokopedia membaca ini, dan bisa lebih bijak dan lebih adil kepada seller seperti kami

  • 5 April 2024 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkw emng payah kurir tokopedia yg namanya SAPX ,masa dri Surabaya utara ke Surabaya utara mau ngehabisin estimasi paket sebagai buyer sangat emosi diriku melihatnya mana lokasi cabangnya kgk jelas seperti lion parcel/jne/jnt/ yg didekat rumah sudah keliatan batang hidung cabangnya. Seperti kurir abal abal. Tokopedia gk responsif dipostingan ini yg jelas jelas merugikan juga untuk buyer

  • 10 April 2024 - (22:34 WIB)
    Permalink

    Paket saya belum diantar, namun status diganti oleh pihak SAPX bahwa paket sudah diantarkan dengan penerima “MAILROOM”. Saat dikomplain perlu investigasi internal 1 minggu lebih, namun tidak berbuah apa-apa. Oleh karena itu paket dinyatakan hilang dan penjual harus mengisi form klaim kehilangan barang (penjual sangat cepat menanggapinya). Setelah dokumen di submit, prosesnya masih macet lagi karena pihak SAPX tidak mau kooperatif dalam melengkapi BAP. Saya sudah tunggu 1 bulan, namun SAPX masih tidak melengkapi BAP agar dana saya bisa dikembalikan. Pihak Tokopedia pun sangat tidak berguna, CFS kalau ditanya hanya bisa menjawab copy paste dari jawaban sebelumnya.

  • 10 April 2024 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Tambahan: penjual apalagi pembeli seharusnya tidak perlu dilibatkan dalam kekonyolan platform/marketplace dan ekspedisi. Kalau sudah bayar asuransi, dana wajib dikembalikan setelah barang dinyatakan hilang. Kalau berani meminta dan mengambil uang, harus berani bertanggung jawab atas jasa/jaminan yang diberikan.

    Tolong kembalikan uang saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir rekomendasi Tokopedia?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Tokopedia dan Kurir Rekomendasi SAP Express, Sistem Anda Berdua Benar-…

oleh Premium dibaca dalam: 5 menit
29